cover
Contact Name
Ahmad Yousuf Kurniawan
Contact Email
frontbiz@ulm.ac.id
Phone
+6281211109125
Journal Mail Official
frontbiz@ulm.ac.id
Editorial Address
Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat Jl. Jend. Ahmad Yani Km. 36, Banjarbaru, Kalimantan Selatan 70714, Indonesia
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Frontier Agribisnis (Frontbiz)
ISSN : -     EISSN : 30481260     DOI : https://doi.org/10.20527/frontbiz
Frontier Agribisnis (Frontbiz) adalah Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM) Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian ULM. Tema jurnal ini mencakup agribisnis secara umum, meliputi: analisis penyediaan input pertanian, analisis usaha tani dan perkebunan, analisis pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, penyuluhan dan komunikasi pertanian, pemberdayaan masyarakat, dan analisis kebijakan pertanian. Terbit 4 kali dalam satu tahun (Maret, Juni, September dan Desember).
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2021)" : 16 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN PRODUK MINYAK GORENG OLEH KONSUMEN DI KOTA BANJARBARU Rusdi Saputra; Djoko Santoso; Abdurrahman Abdurrahman
Frontier Agribisnis Vol 5, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/frontbiz.v5i3.5923

Abstract

Untuk menciptakan produkyangsesuaiataskeinginandankebutuhankonsumensehinggadapatmeningkatnilaikeuntungan, lalu produsen harus wajib mengetahuiFaktor apa sajaberperandidalamkeputusansaatmelakukan pembelianprodukminyak gorengdiKota Banjarbaru.Dengan melihatvariabelyangdibutuhkanolehkonsumenmakaprodusendapatmelakukankombinasiterhadapatribut.Sasarandaripenelitianiniyaknipertimbangan konsumenrumah tanggadidalam memilih minyakgorengdikotaBanjarbaru.PenelitianinibertujuanuntukmenganalisisFaktorapasajayangmenjadipertimbangankonsumen rumah tanggadalammemilih minyak goreng diKotaBanjarbaru.PenelitianinidilakukandibulanAgustus 2019sampaidengan bulanMei 2020.Metodepenarikan contoh yang digunakanyakniMultistage Random Samplingdimana pengambilan contohdiambilsecarabertingkatdanmenggunakan metodekuesionerdalampengambilansebuah data.Sampelyang diambil sebanyak 80orang dari duaKelurahan terpilih, yaitu Kecamatan BanjarbaruUtaraKelurahanSungaiUlindanKometsertaKecamatanCempaka KelurahanSungai Tiung dan Palam.Analisisdatayangdigunakan adalahanalisisFaktor.AnalisisFaktoryaitutehnikuntukmempermudahdalam menyederhanakan variabel menjadiFaktorbaruyangmakinsedikitdaripadasebelumnyatanpamengurangiinformasiyangada.HasilanalisisFaktormenghasilkan6Faktoryangmempengaruhidalamkeputusanpembelianminyak goreng di Kota Banjarbaru oleh konsumen,ialahFaktor1,Faktor2,Faktor3,Faktor4,Faktor5danFaktor6
MOTIVASI PETANI MENANAM PADI VARIETAS UNGGUL DI DESA GUNTUNG UJUNG KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR Suci Tresa; Eka Radiah; Hamdani Hamdani
Frontier Agribisnis Vol 5, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/frontbiz.v5i3.5941

Abstract

Tujuanpenelitianiniadalahuntuk mengetahuimotivasipetanidalam menanam padi varietas ungguldan kendala yang dihadapipetanidiDesaGuntung UjungKecamatanGambutKabupatenBanjar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primerdan data sekunder.Pengambilan sampeldilakukan dengan metodeProportionate random samplingdan dianalisis denganskala likert.Hasilpenelitianmenunjukanbahwarata-ratamotivasiyangmendorong petani untuk menanam padi unggullebih besar berupamotivasisosial(97%)dibandingkanmotivasiekonomi(72%).Kendala yang dihadapi petani dalammenanam padi varietas ungguladalah hama tikus,hama wereng, danburung (54,5%),cuacaataumusimyang tidakmenentu(27,3%), dan ketersediaan pupuk padamasa tanam (18,2%).
ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN BERSIH ANTARA KELOMPOK WANITA TANI DENGAN DAN TANPA KEGIATAN PEKARANGAN PANGAN LESTARI DI KECAMATAN PADANG BATUNG KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN Raetsa Noviantie; Rifiana Rifiana; Yudi Ferrianta
Frontier Agribisnis Vol 5, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/frontbiz.v5i3.5928

Abstract

PenelitianinibertujuanuntukmenganalisispendapatanbersihkelompokwanitatanidengankegiatanP2L,menganalisispendapatan bersih kelompok wanita tani tanpakegiatanP2Ldanmenganalisis perbandingan rata-rata pendapatan bersih kelompokwanita tani dengan dan tanpa kegiatan P2L diKecamatan PadangBatung Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini dilakukanpada KelompokWanitaTaniBinaBersama di Desa Karang JawaMukadanKelompokWanitaTaniMelatiPutih1diDesaPandulangan Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu SungaiSelatan, dilaksanakan mulaiBulan Oktober 2020 sampai denganJuni2021.Rata-ratapendapatanbersihyangdidapatkanolehkelompokwanitataniyangmelakukanusahatanipekarangandengan kegiatan P2Lsebesar Rp1.202.891,75,sedangkanrata-ratapendapatan bersih yangdidapatkan oleh kelompok wanita tani yangmelakukanusahatanipekarangantanpakegiatanP2LsebesarRp168.244,05. Terdapat perbedaan pendapatan bersih kelompokwanita tani yang melakukan usahatani pekarangan dengan dantanpa kegiatan P2L di Kecamatan Padang Batung Kabupaten HuluSungai Selatan. Berdasarkan hasil analisis uji t dengan perhitunganthitungsebesar2,46 lebih besar dari ttabelsebesar 2,05 pada tarafnyata 0,05. Karena thitung> ttabelmaka H0ditolak dan H1diterima.
PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT BUAH SEGAR DI OUTLET KEBUN MAS UNTUNG BANJARBARU Mahfus Mahfus; Mira Yulianti; Djoko Santoso
Frontier Agribisnis Vol 5, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/frontbiz.v5i3.5919

Abstract

Sikapkonsumenbesertaatribut-atributyangmendasarinyamerupakanfaktorpentingdalamproseskeputusankonsumenmemilih suatu produk.Tujuanpenelitian mengetahui atribut yangdiinginkan konsumen dalam pemutusan pemilihan buah segar diOutlet Kebonan Mas Untung Banjarbaru. Populasi dalampenelitianiniadalahmasyarakatyangberbelanjabuahsegardiOutletKebonan Mas Untung Banjarbaru. Jumlah sampel yang diambildalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Analisis dilakukan denganmetodedeskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi konsumendan sikap konsumen terhadap atribut yang dimiliki buah segar diOutlet Kebonan Mas Untung Banjarbaru, atribut kesegaran daribuah segarmerupakanatribut yang diinginkan konsumen dalampemutusanpemilihanbuahsegardenganmemilikinilaiskortertinggi sebesar 46 dari penilaian konsumen, sedangkan nilai totalskorterendahadalahatributaromadenganskor27.Halinidisebabkanolehtanggapan konsumen terhadap aroma buah segaryang akan dibeli, yakni 64% konsumen menyatakan relatif harumterhadap aroma, 13% konsumen menyatakan sangat harum, khasbuah matang dan 23% konsumen menyatakan cukup haurm
FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN LOKAL WANITA TANI TENTANG TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DI DESA ABUMBUN JAYA KECAMATAN SUNGAI TABUK (KASUS KELOMPOK WANITA TANI NUSAIBA NUR) Fuad Hidayat; Masyhudah Rosni; Luki Anjardiani
Frontier Agribisnis Vol 5, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/frontbiz.v5i3.5936

Abstract

TanamanObatKeIuarga(toga)adaIahsekumpuIantanamanberkhasiat obat untuk kesehatan keIuarga.PeneIitianini bertujuanuntukmengetahuigambaran pengetahuanIokaIwanita tani tentangtanaman obat keIuarga, mengetahui gambaran faktor umur,tingkatpendidikan, pekerjaan dan sumber informasi dari wanita tani, sertamengetahuifaktor-faktoryangberhubungandengantingkatpengetahuan wanita tani tentang tanaman obatkeIuarga. Jenis datayang digunakan adaIah data primer dan data sekunder. Data primerdikumpuIkan meIaIui wawancaraIangsung kepadakeIompok wanitatanidengan menggunakan daftar pertanyaan yang teIah disiapkan.DatasekunderdikumpuIkanmeIaIuidinasarsipdanIiteratur-IiteraturyangberhubungandenganpeneIitian.HasiIpeneIitianmenunjukan bahwa dari 30wanita tani yang memiIiki pengetahuancukup tentang tanaman obat keIuarga sebanyak 3 (10%), dan yangmemiIiki pengetahuan baik tentang tanaman obat keIuarga sebanyak27 (90%). Wanita tani yang berumur 18-40 tahun sebanyak 5 (17%),yang berumur 41-64 tahun sebanyak 21 (70%),yang berumur >65tahun sebanyak 4 (13%), wanita tani yang tidak tamat sekoIahsebanyak 1 (3%), wanitatani yang berpendidikan SD sebanyak 14(47%),wanita tani yang berpendidikan SMP Sebanyak 7 (23%),wanitataniyangberpendidikanSMA/SMKsebanyak8(27%),wanita tani yangbekerjasebanyak13 (43%), wanita tani yang tidakbekerjasebanyak 17 (57%), wanita tani mendapatkaninformasimeIaIui media eIektronik sebanyak 16 (53%), danyang mendapatkaninformasimeIaIuimedianoneIektroniksebanyak14(47%).Berdasarkan anaIisis data didapatkan hasiIbahwa tidak ada variabeI(Umur,pendidikan,pekerjaan,dansumberinformasi)yangberhubungandengan tingkat pengetahuanIokaIwanita tani tentangtanaman obat keIuarga.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TELUR ITIK DI KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR Gusti Dina Aryanti Imanah; Rifiana Rifiana; Muhammad Fauzi
Frontier Agribisnis Vol 5, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/frontbiz.v5i3.5932

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntukdapatmengetahui faktor-faktorapasajayangberpengaruh terhadappermintaan telur itik danmengetahuielastisitas permintaan telur itik di Kecamatan Martapura KabupatenBanjar.Datayangdigunakanberupadataprimer:darihasilwawancara.PengambilansampeldilakukandisalahsatupasarterbesardiKecamatanMartapura.Metodepengambilancontohdalampenentuan pasar,digunakanmetodepurposive samplingdanuntukpengambilan contohsampelrespondendigunakan metodeaccidentalsampling.Faktor-faktoryangberpengaruhterhadappermintaanteluritiksertabesarnyaelastisitasdiidentifikasimenggunakananalisis regresi linier bergandabentukmodelCobb-Douglasyang diestimasi melalui logaritma natural.Pada penelitianinifaktor-faktoryangdidugamemilikipengaruhterhadappermintaan telur itik di Kecamatan MartapuraKabupaten Banjaradalahharga telur itik, harga telur ayam ras, pendapatan, jumlahanggota keluarga,danselera.Darihasilanalisisyang dilakukanmenunjukkan harga telur itik dan seleramemilikipengaruhsangatnyataterhadapbesarkecilnyajumlahpermintaanteluritik,kemudianjumlah anggota keluargamenunjukanpengaruh nyatadalam besar kecilnyajumlahpermintaan telur itik,sedangkan hargatelurayamrasdanpendapatantidakmemilikipengaruhnyataterhadapjumlahpermintaanteluritik.Elastisitashargabersifatelastisdanmenunjukkanhubunganyangberbandingsebaliknyaterhadapbesarkecilnyapermintaanteluritikialah–[3,207]>1.Elastisitas silangharga telur ayam rasmemilikisifat inelastisdanmemiliki tandapositif yaitu[0,306]<1 yangdapat diartikantelurayamadalahbarangsubstitusidariteluritik.KemudianuntukElastisitaspendapatanmenunjukkansifatinelastissertamenunjukkan hubungansecarasearahdiantara pendapatandenganpermintaan telur itikdari hasil[0,158]<1.
ANALISIS PEMASARAN SAPI POTONG DI KECAMATAN TAKISUNG KABUPATEN TANAH LAUT Ibnu Husin; Muzdalifah Muzdalifah; Yusuf Aziz
Frontier Agribisnis Vol 5, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/frontbiz.v5i3.5922

Abstract

KecamatanTakisungmenjadisalahsatusentrasapipotongdiKabupaten Tanah Laut.Pemilihan saluran pemasaranyang pendekmerupakan salah satu sistem pemasaranyang efisien, sehingga akanmenguntungkan peternak dan konsumen.Penelitian inibermaksuduntukmengidentifikasibentuksaluranpemasaransapipotong,mengetahui biaya,keuntungan,danmarginpemasaran,beserta bagianharga(farmer’sshare)yangditerimaprodusensapipotong.Selanjutnyauntukmendeteksiefisiensipemasaranpersaluranpemasaran sapipotongdiKecamatanTakisungKabupatenTanahLaut.Penelitian inidilaksanakandiKecamatanTakisungKabupatenTanahLaut denganresponden peternakdipilihsecara acak terproporsitotalsampel 30daridesa yang dipilihsecara sengaja yaitu DesaSumberMakmur,DesaTakisung danDesaGunung Makmur.Untuk memilihpedagang lokal dan pedagang pemotong digunakan metode snowballsamplingyaituteknikpengambilandatadaripeternakkemudianmenjadi sumber informasi tentang pedagang pengumpul dan pedaganglainnya yang dominan yang dijadikan contoh.Waktu penelitianpadabulan April 2019 hingga Juni 2019.Hasil penelitianada4 bentuksaluran pemasaranternaksapipotongdidaerahKecamatanTakisung,yaitupeternak–konsumen,peternak–pedagangpemotong,danpeternak–pedaganglokal–konsumen,sertapeternak–pedaganglokal–pedagangpemotong–konsumen.Selanjutnyabiaya,keuntungan, dan marjin pemasaran sertafarmer’s shareper ekor untukpersaluran pemasaran yaitu saluran 1 dengan biaya, keuntungan, danmarjin pemasaranRp0 danfarmer’s sharememperoleh hasil100%.Saluran 2 dengan biaya Rp 570.000, keuntungan Rp 4.950.000 danmarjin Rp5.520.000 sertafarmer’s sharememperoleh hasil 73,74%.Selanjutnyasaluran3denganbiayaRp243.000,keuntunganRp457.000 dan marjinRp700.000 sertafarmer’s sharememperolehhasil95,39%.Terakhirsaluran4denganbiayaRp1.766.000,keuntunganRp5.124.000 dan marjinRp5.920.000 sertafarmer’s sharememperolehhasil71,84%.3.Saluranpemasaran1relatifpalingefesien dibandingkan dengan tiga saluran pemasaran lainnya karenamemilikifarmer’s shareterbesar.
ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PETANI SWADAYA DI DESA MANGKA KECAMATAN PAMUKAN BARAT KABUPATEN KOTABARU Cristiani Putri; Hamdani Hamdani; Kamiliah Wilda
Frontier Agribisnis Vol 5, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/frontbiz.v5i3.5900

Abstract

Kelapa sawitmerupakan tanamanperkebunan penghasil minyakmasak,minyakindustri,maupunbahanbakar.Kelapasawitmemilikiperananpentingdalamindustriminyakkarenamenggantikan kelapa sebagai sumber bahan baku.Penelitian inibertujuan untukmenganalisis kelayakan finansial usahaperkebunankelapasawitpetaniswadayadiDesaMangka.PenelitianinidilaksanakandiDesaMangkaKecamatanPamukanBaratKabupaten, Provinsi Kalimantan Selatan dimulai pada bulanJanuari2020sampaiselesai.Pengambilan sampel menggunakan metodesensusdengan jumlah responden yaitu 23 responden.Adapununtuk luaslahan per usahatani dalam penelitian ini adalah1hektar.Berdasarkan hasil penelitiandiperoleh hasil,NPVpositif sebesar Rp1.131.670,nilaiNet B/Csebesar 5,2dan nilaiIRRsebesar13,03,sehinggasecarafinansialusahatanikebunkelapasawitpetaniswadayadinyatakan layak.Perhitungan analisasensitivitas, yaituuntuk mengetahui sejauh mana kelayakan usahatani kebun sawitjika terjadi perubahan akibat adanya ketidakpastian. Berdasarkananalisa, jika perubahan manfaat (produksi) mengalami penurunansebesar 5% dan 10% dan atau biaya naik 5% dan 10%, makatingkat kelayakan menunjukkan nilai Net benefit dan NPV menjadinegatif sehinggausaha kelapa sawitpetaniswadaya diDesaMangkaKecamatanPamukanBaratmenjadisangatsensitifterhadap perubahan tersebut diatas.
ANALISIS PROFIT DAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA DAGANG PISANG KEJU DI BANJARBARU Edwin Thomas Ramadhany; Luthfi Luthfi; Nina Budiwati
Frontier Agribisnis Vol 5, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/frontbiz.v5i3.5940

Abstract

Pisang keju sebagai salah satu produk olahan umumnya dijual dipinggirjalan,sehinggaperlustrategipemasaranagarterjadipeningkatan jumlah yang dipasarkan. Penelitian inimemiliki tujuanuntuk mengetahuibiaya,penerimaansertaprofitpenjualan produkpisangkeju,untukmengetahuistrategipemasarannya,sertamengetahuipermasalahanapayang dihadapi usahapisangkeju diBanjabaru. Penelitian dilaksanakan di Kota Banjarbarupada bulanSeptember sampai Desember 2021.Pemilihan lokasi inidilaksanakandengan carasengaja (purposive) dengan pertimbangandi Banjarbarudidapatkan sebanyak 50 orang penjual pisang keju.Penarikan contohdalam penelitian inidilaksanakandengan metodepurposive sampling.Untuk mengetahuibiaya,penerimaan danprofitpenjualan produkpisangkejumenggunakanrumusekonomipertaniandanuntukmengetahui strategi pemasaran pada usaha pisang keju menggunakananalisis SWOT.Berdasarkan penelitian,rata-rata biaya total usahadagang pisang keju sebesar Rp 396.675,00 per hari dengan rata-ratapenerimaan yang didapat sebesar Rp510.000,00 per hari dan rata-rataprofitsebesarRp113.325,00perharidenganpenjualanpisangsebanyak12,75 kg.Permasalahan yang dihadapi usaha pisang keju diBanjarbaru menyatakan tiga respondenmempunyai masalah ketikamenaiknya harga bahan baku mempengaruhiprofit dari penjualanberkurang.Solusi dari permasalahan dengan cara merubah ukuranpisang keju menjadi sedikit lebih kecil atau mengurangi porsi pisangkeju dalam 1 kotaknya.Empat responden mempunyai masalah ketikamenghadapi pesanan yang meningkatsedangkansimpanan bahanproduksi belum tersedia memenuhi permintaan tersebut, solusi daripermasalahan tersebut yaitu bisa bekerja sama dengan pemasok stokpisangyangberadadidaerahBanjarbaruataudiluardaerahBanjarbaru.Tiga respondenmempunyai masalah kurangnya keahliandalam menggunakan media sosial sebagai upaya promosi produkyangdihasilkan,solusidaripermasahantersebutyaitudenganmengenalkan penggunaan fungsi media sosial dalam meningkatkanpenjualan produk.
ANALISIS FINANSIAL USAHA PENGOLAHAN KOPI BUBUK DI DESA JATI BARU KECAMATAN ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR (STUDI KASUS USAHA KOPI BUBUK IBU PATIMAH) Muhammad Guntur Akbar; Rifiana Rifiana; Nurmelati Septiana
Frontier Agribisnis Vol 5, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/frontbiz.v5i3.5917

Abstract

Tujuan dari penelitian iniyaitu:menganalisisbiaya, penerimaan,keuntungan,nilaitambah,kelayakanusahaIbuPatimah,titikimpas,danmendeskripsikanpermasalahan-permasalahandalamusahapengolahankopibubukIbuPatimah.Penelitianinimenggunakanmetodestudikasusdenganberlokasiditempatproduksi kopi bubuk milik Ibu Patimah di Desa Jati Baru RT 02,KecamatanAstambul,KabupatenBanjar.Berdasarkanhasilpenelitian diperoleh biaya total selama bulan Februari 2021 sebesarRp137.167.944denganbiayatetapRp1.361.944,danbiayavariabelRp135.806.000.JumlahpenerimansebesarRp236.000.000 dengan keuntungan Rp 98.832.056.Nilai tambahkopibubuk original Rp 59.715.175 atau Rp 23.326/kg. Nilai tambahkopi bubuk rasa jahe Rp10.464.396atau Rp 32.701/kgsedangkannilaitambahkopi bubuk campur jagung Rp 28.652.482atau Rp14.326/kg. Tingkat kelayakan usaha sebesar 1,721 yang berartiusahalayak untuk diteruskansecara finansial.Titik impas kopibubukoriginaltercapaipada30,2674kgdenganhargaRp36.674/kg dan penjualan sebesar Rp 1.816.044. Titik impaskopibubukrasajahetercapaipada2,70794kgdenganhargaRp37.299/kg dan penjualan sebesar Rp 189.556. Titik impaskopibubuk campur jagung tercapai pada 38,218 kgdengan harga Rp15.674/kgdanpenjualansebesarRp1.146.540.Permasalahanusahayaitu ketersediaan biji kopi yang tidak menentu, penipuanpengadaan bahan baku, pencatatan keuangan tidak teratur, kemasanmasih tradisional, dan tidak mempunyai logo usaha.

Page 1 of 2 | Total Record : 16