cover
Contact Name
Nashrudin Latif
Contact Email
ekobisabdimas@unipasby.ac.id
Phone
+6281553826002
Journal Mail Official
ekobisabdimas@unipasby.ac.id
Editorial Address
Jl. Dukuh Menanggal XII, Surabaya 60234 Jawa Timur
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
EKOBIS ABDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27219933     DOI : https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.
Core Subject : Economy, Education,
FOCUS and SCOPE EKOBIS ABDIMAS :Jurnal Pengabdian Masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya memiliki kajian ruang lingkup pada topik di bidang: Pembangunan manusia dan daya saing bangsa Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal Pengembangan Ekonomi, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM Pengembangan teknologi berwawasan lingkungan Kesehatan, gizi, penyakit tropis, dan obat-obatan herbal, Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial Inovasi teknologi dalam bisnis Pengembangan bisnis konvensional dan bisnis syariah Analisis kebencanaan dari sudut pandang ekonomi, bisnis konvensional dan syariah, akuntansi, manajemen, dan sosial humaniora
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Juni" : 15 Documents clear
Perencanaan Keuangan UMKM Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Slempit Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik Taudlikhul Afkar; Ulfa Puspa Wanti Widodo; Sigit Prihanto Utomo; Martha Suhardiyah; Widiar Onny Kurniawan
Ekobis Abdimas Vol 2 No 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.1.3889

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan tujuannya untuk memberikan wawasandan ketrampilan pelaku UMKM di Desa Slempit-Kedamean-Gresik agar mampu mengelolakeuangan dengan baik dengan mengutamakan kebutuhan yang sangat urgen. Selain itu, jugauntuk menjaga kondisi keuangan pelaku UMKM baik dimasa normal maupun pandemi covid 19ataupun masa-masa resesi ekonomi. Artinya pelaku UMKM harus siap dalam kondisi apapundengan berbagai macam perencanaan keuangan dimana harus mampu memisahkan kebutuhanprioritas maupun kebutuhan yang dapat ditunda. Tidak ada yang menyangka jika pandemi covid19 berpengaruh signifikan terhadap perekonomian secara global. Metode yang dilakukan dalamprogram ini adalah memberikan penyuluhan dan pendampingan mengenai perencanaan keuanganpada pelaku UMKM sampai pada tahap aplikasi sederhana namun dapat dipahami. Hasil programpengabdian masyarakat ini memberikan solusi sederhana untuk bersikap hati-hati dalammengelola keuangan dengan memperhatikan beberapa kemungkinan terburuk. Peserta merasamendapatkan solusi ketika ingin merencanakan keuangan baik dalam jangka pendek maupunjangka Panjang.
Pelatihan Akuntansi Terapan Berbasis Android Pada UMKM Anggota KADIN Kota Malang Kartika Dewi Sri Susilowati; Nur Indah Riwajanti; Riezky Amalia; Muhammad Muwidha; Hari Purnomo
Ekobis Abdimas Vol 2 No 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.1.3899

Abstract

Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan yang penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Akan tetapi, sektor ini juga menghadapi berbagai masalah seperti minimnya penguasaan teknologi modern, akses pasar, akses permodalan, kualitas SDM yang lemah, ketidakmampuan dalam menyusun laporan keuangan dan lain-lain. Berbagai upaya sudah banyak dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM diantaranya dengan mengucurkan dana kredit/ pinjaman murah untuk membantu permodalan usaha, namun hanya sebagian kecil saja yang bisa memanfaatkannya. Hal ini karena terkendala persyaratan pemberi kredit/pinjaman yang tidak mampu dipenuhi oleh UMKM, diantaranya adalah ketersediaan laporan keuangan. Keberadaan laporan keuangan sangat dibutuhkan untuk menjelaskan bagaimana kondisi keuangan usaha mereka saat ini dan juga di masa mendatang. Berkenaan dengan hal tersebut, maka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan kepada UMKM untuk membuat dan menyusun laporan keuangan yang sesuai Standar Akuntansi Keuangan (SAK) EMKM (Entitas Mikro, Kecil dan Menengah) menggunakan aplikasi Lamikro. Aplikasi LAMIKRO (Laporan Akuntansi Usaha Mikro) ini adalah aplikasi penyusunan laporan keuangan berbasis Android yang dibuat dan dikembangkan oleh Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Aplikasi Laporan Akuntansi Keuangan ini memungkinkan pengguna dapat membuat laporan keuangan dengan lebih cepat dan efisien. Aplikasi pembukuan ini dapat diakses kapan saja & di mana saja serta fleksibel dengan banyak pilihan berbasis pengguna.
Pelatihan Daring Pembuatan Masker Berbahan Kain Untuk Tenaga Kerja Jasa Konstruksi Dalam Mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah Garmen Suparji; Ekohariadi; Aisyah Endah Palupi; Mochamad Firmansyah Sofianto
Ekobis Abdimas Vol 2 No 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.1.3900

Abstract

Sejak awal bulan Maret 2020, dunia dihebohkan dengan wabah pandemi akibat penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang menyebabkan beragam kepanikan, baik bidang usaha, bidang pendidikan, bidang kesehatan, atau bidang jasa konstruksi. Penyebaran covid-19 yang banyak melewati saluran pernafasan (hidung) dan mulut, maka kebutuhan akan masker menjadi sangat luar biasa. Peluang bagi usaha kecil dan menengah (UKM) untuk menambah bidang usaha khususnya masker lebih khusus lagi adalah masker untuk pekerja bidang jasa pelaksanaan konstruksi /kontraktor. Menambah bidang baru tentu membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan. Salah satu cara untuk membantu UKM adalah memberikan pelatihan baik pendalaman pengetahuan maupun keterampilan. Tujuan dari kegiatan ini adalah melaksanakan pelatihan dan pendampingan dalam rangka mengembangkan bidang usaha bagi UKM khususnya produksi masker untuk pekerja jasa konstruksi khususnya kontraktor. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan baik daring maupun luring. Subjek kegiatan adalah usaha mandiri Sdri Miftahul Ikhyaril Ulum Desa Sumbergedang Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan pendalaman dengan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara. Responden dari angket ini adalah pekerja kontraktor PT. Linggarjati Utama dan PT. Pembangunan Graha Bumi Nusantara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari kegiatan ini adalah sebuah disain masker yang cocok untuk pekerja yang bekerja pada bidang jasa konstruksi khususnya kontraktor. Spesifikasi masker ini adalah bahan dari kain katun toyobo, cara menggunakannya tidak dengan ditali tetapi tinggal mengaitkan di telinga/kepala, bentuk agak cembung ke depan, dan pengikatnya dari bahan karet elastik. Hasil analisis data dari angket diperoleh skor rerata 3,4 dari 4 skala Likert, dan semua rerata skor setiap butir instrumen juga tidak beda jauh dengan rerata total dengan simpangan baku 1,7. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa spesifikasi yang dimiliki masker ini dapat diwujudkan dengan sangat baik dan dapat diterima para pekerja dengan sangat baik
Optimalisasi Manajemen Pemasaran UMKM Ababil Sublime Printing berbasis Website Henry Bambang; Tutut Wurijanto; Ferian Rezky Hermawan; Herwanda Ayu Destania; I Ketut Adi Suprianta; Rochmat Rizky Alfandy; Muhammad Wahyudi
Ekobis Abdimas Vol 2 No 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.1.3901

Abstract

Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian Indonesia, yang salah satu perannya adalah membuka lapangna pekerjaan yag luas unutk masyarakat. UMKM Ababil Subline Printing merupakan UMKM yang bergerak dibidang Jasa dan Barang. Kegiatan yang dilakukan adalah membuat kaos, sedangkan jasa yang yang ditawarkan adalah jasa printing kain. Semakin pesatnya pertumbuhan UMKM yang sejenis akan menimbulkan munculnya pesaing, beberapa masalah yang dihadapi adalah permasalahan pemasaran, saat ini konsumen masih datang ke lokasi toko dan masih menerapkan metode mouth to mouth. Sampai saat ini pemasaran masih minim hal ini karena minimnya pemanfaatan teknologi dalam menyusun strategi pemasaran, dan juga karena pegawai terlalu sibuk dalam tugas massing-masing. Solusi yang ditawarkan adalah membangun sistem informasi pemesanan serta promosi melalui Website, Serta memberikan pelatihan dalam penggunaaan teknologi informasi dengan menggunakan internet secara efektif dan efisien, untuk memperluas pasar dibandingkan metode sebelumnya. Kegiatan yang dilakukan dengan wawancara kepada pemilik UMKM untuk mengetahui kebutuhan data dan permasalahan, dan mendesain strategis promosi menggunakan Teknologi, dan pelatihan penggunaan internet dana pemakaian sistem informasi yang telah dibuat.
Pelatihan UI/UX Dan Wordpress Dalam Pembuatan Website Untuk Mendukung Startup Bagi Pemula Ayouvi Poernawardhanie; Endra Rahmawati; Norma Ningsih
Ekobis Abdimas Vol 2 No 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.1.3902

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan dunia digital saat ini banyak memunculkan peluang-peluang dalam usaha bisnis, salah satunya adalah dengan membuat startup yang dapat membantu mengatasi permasalahan sosial di masyarakat. Namun, tingkat kesuksesan dalam mendirikan sebuah startup digital di Indonesia masih sangatlah rendah hanya sekitar 5% saja yang dapat terus bertahan. Oleh sebab itu, dibutuhkan kemampuan bagi generasi muda dalam mempersiapkan startup baik secara internal maupun eksternal, mengetahui bagaimana mendesain UI/UX (user interface/user experience) aplikasi yang baik, dan mampu membuat aplikasi berbasis website untuk menunjang proses bisnisnya nanti. Pelatihan dibidang startup ini dilaksanakan secara online dan ditujukan bagi siswa-siswi SMA/SMK dan mahasiswa di seluruh Indonesia yang tertarik pada dunia startup. Hasil dari pelatihan yang didapatkan dari penyebaran kuesioner setelah acara berlangsung adalah pelatihan ini sangat bermanfaat karena peserta tidak hanya belajar secara teori saja namun juga ada praktiknya. Selain itu, untuk kedepannya diharapkan diadakan webinar seperti ini lagi dengan topik seputar teknologi informasi.
Strategi Pemberdayaan UMKM Makanan Berbasis Kearifan Lokal Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Slempit Kedamean Gresik Nurdina; Mutiara Rachma Ardhiani; Christina Menuk Sri Handayani; Fachrudy Asj’ari
Ekobis Abdimas Vol 2 No 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.1.3903

Abstract

UMKM berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui teserapnya tenaga kerja. Demikian halnya di wilayah Kabupaten Gresik. Banyaknya UMKM menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah setempat. Agar UMKM dapat berperan aktif dalam menjalankan usahanya dibutuhkan studi kelayakan, karena dalam kenyataannya belum semua pemilik melakukan hanya terbatas pada bagaimana menaikkan pendapatan, sehingga perlu pemberdayaan. Pengabdian ini difokuskan pada UMKM Makanan di Desa Slempit Kecamatan Kedamean kabupaten Gresik yang merupakan usaha turun temurun seperti tahu, krupik dan kerajinan. Melalui metode pendampingan membantu memecahkan persoalan yang sedang dihadapi khusunya dalam keberlanjutan usaha dimasa pandemi Covid-19 agar mampu mengatasi tantangan dengan kreatif, inovasi produk, pengembangan sumber daya manusia dan pemasaran online. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa dengan adanya motivasi dan pelatihan menunjukkan bahwa terdapat penguatan kapasitas pada pelaku UMKM sehingga mampu mengembangkan usaha dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitarnya
Penerapan Lubang Resapan Biopori Guna Menanggulangi Genangan Air Hujan Di Desa Bohar Kecamatan Taman Sidoarjo Indah Nurhayati; Setyo Purwoto; Pungut
Ekobis Abdimas Vol 2 No 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.1.3904

Abstract

Pada saat intensitas hujan tinggi, Desa Bohar terutama di RW 9 mengalami genanngan air dan masyarakat belum memanfaatkan sampah organik rumah tangga secara optimal. Untuk menanggulangi genangan air hujan dan sampah organik salah satu alternatif dengan menggunakan lubang resapan biopori (LRB). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, ketrampilan, dan kesadaran kepada masyarakat tentang pembuatan dan manfaat LRB. Metode pelaksanaan pengabdian diawali dari survey lokasi, penyuluhan dan praktek pembuatan LRB, dan monitoring serta evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat memperoleh, pengetahuan dan kertampilan serta kesadaran membuat LRB; membangun 20 buah LRB; LRB mengurangi genangan air terutama pada saat hujan dengan intensitas hujan tinggi; sampah organik dari rumah tangga diolah menajdi kompos dengan dimasukan ke dalam LRB
Pemanfaatan Teknologi Biogas Limbah Pabrik Tahu Dalam Meningkatkan Perekonomian Warga Desa Nglebur, Lamongan Novi Darmayanti; Isnaini Anniswati R; Dian Viola Kartka Sari
Ekobis Abdimas Vol 2 No 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.1.3905

Abstract

Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk di antaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Biodegradable merupakan kemapuan penguraian/degradasi di alam dengan mikroorganisme seperti bakteri atau jamur. Sebagian besar limbah cair yang dihasilkan oleh industri pembuatan tahu adalah cairan kental yang terpisah dari gumpalan tahu yang disebut air dadih. Cairan ini mengandung kadar protein yang tinggi dan dapat segera terurai. Limbah cair ini sering dibuang secara langsung tanpa pengolahan terlebih dahulu sehingga menghasilkan bau busuk dan mencemari sungai. Sumber limbah cair lainnya berasal dari pencucian kedelai, pencucian peralatan proses, pencucian lantai dan pemasakan serta larutan bekas rendaman kedelai. Metode memanfaatkan limbah tahu sebagai suatu upaya pemenuhan energi secara swadaya masyarakat pedesaan. (1) Bagaimana metode perancangan pembuatan biogas dari limbah pabrik tahu sebagai bahan alternatif. (2) Bagaimana mekanisme kerja dari biogas limbah pabrik tahu untuk aplikasi di UKM mitra para pemilik pabrik tahu Hasil pengabdian masyarakat (1) Untuk mengetahui cara pengolahan limbah pabrik menjadi biogas. (2) Untuk mengajak mitra para pemilik pabrik tahu untuk memanfaatkan limbah pabrik sebagai biogas pengganti LPG. (3) Membantu meringankan perekonomian warga setempat dalam penggunaan bahan bakar LPG beralih menjadi biogas.
Meningkatkan Pangsa Pasar UMKM Di Desa Banjarkemantren, Kabupaten Sidoarjo Melalui Digital Marketing Mochammad Munir Rachman; Aristha Purwanthari Sawitri; I Made Bagus Dwiartha; R. Bambang Dwi Waryanto
Ekobis Abdimas Vol 2 No 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.1.3908

Abstract

Usaha pada sektor UMKM di desa Banjarkemantren yang ditekuni oleh para pelaku usaha home industry belum dapat menunjukkan hasil yang maksimal. Karena pelaku usaha rumahan memasuki pangsa pasar di era pandemi, agak sulit terutama dalam cara memasarkan produk olahannya. Observasi ini dilakukan dengan metode eksplanatif terhadap 15 pelaku usaha rumahan. Hasil temuan menunjukkan bahwa sebagian warga Desa Banjarkemantren belum memahami penggunaan media sosial sebagai sarana penjualan produk olahan rumah tangga. Dukungan tim dalam menggunakan media sosial untuk berkreasi dan memberikan informasi kepada konsumen antara lain melalui BBM (blackberry Messenger), FB (Facebook), WA (Whatsapp), IG (Instagram), Youtube, email dan Tik Tok, sangat positif dengan penggunaan tersebut. dari pemasaran digital. Oleh karena itu, peluang seperti ini sangat bagus, dan warga tidak merasa kehilangan kesempatan yang bermanfaat untuk menimba ilmu tentang teknologi digital. Warga desa sebagai pelaku bisnis mendapatkan pembinaan dan pelatihan dari tim dalam memanfaatkan digital marketing. Hal ini menjadi salah satu cara untuk membangkitkan semangat para pengusaha home industry dalam meraih kesuksesan bisnis melalui digital marketing.
Business Plan Sebagai Alternatif Strategi Pengembangan UMKM Di Desa Banjarkemantren Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo Ferry Hariawan; Tri Ariprabowo; Aji Prasetyo; Teguh Purwanto; Noerchoidah
Ekobis Abdimas Vol 2 No 1 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.1.3909

Abstract

Usaha rumahan di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah di rintis oleh warga Desa Banjarkemantren mulai menunjukan hasil yang cukup baik meskipun kurang maksimal. Dibutuhkan strategi dalam pengembangan UMKM agar bisnis yang dijalani bisa lebih maksimal. Oleh karena itu, diperlukan sebuah model bisnis untuk mempermudah para pelaku UMKM dalam merancang, mengevaluasi, dan mengelola bisnisnya. Sebagai alternatif strategi pengembangan UMKM Di Desa Banjarkemantren Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, salah satu model Business Plan yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC). Dengan menggunakan Business Model Canvas, maka para pelaku UMKM memperoleh 9 aspek tentang gambaran model bisnis. 9 aspek tersebut diantaranya adalah Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationships, Revenue Stream, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure. Para pelaku UMKM dapat melakukan analisis bisnisnya dengan mengevaluasi 9 (sembilan) aspek yang telah di jelaskan sehingga dapat menyusun strategi pengembangan UMKMnya. Dengan dibantu oleh mahasiswa Universitas PGRI Adi buana Surabaya dan Tim Pengabdian Pada Masyarakat Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Adi buana Surabaya.

Page 1 of 2 | Total Record : 15