cover
Contact Name
Katon Abdul Fatah
Contact Email
katonfath@gmail.com
Phone
+628975841020
Journal Mail Official
jemb@jurnalistiqomah.org
Editorial Address
Metuk No.8 Kec, Mojosongo Kab, Boyolali, 57322
Location
Kab. boyolali,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB)
ISSN : 30267153     EISSN : 30309026     DOI : https://doi.org/10.62017/jemb.v1i6
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) adalah Jurnal manajemen dan bisnis menyediakan forum bagi Mahasiswa dan Dosen untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan penelitian kuantitatif. Memuat artikel dibidang ekonomi khususnya ilmu manajemen, yang meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia dan kewirausahaan. Diterbitkan 6 kali setahun : September, November, Januari, Maret, Mei, dan Juli. Oleh Publikasi Inspirasi Indoensia. Silakan buat Artikel Template baru lalu kirimkan naskah anda. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) menerima makalah dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2024): Maret" : 6 Documents clear
EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI JASA PERCETAKAN BUNGA CITRA Muhammad Fadly; Irwan Septayuda
Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) Vol. 1 No. 4 (2024): Maret
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jemb.v1i4.955

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial sebagai sarana promosi dan pemasaran pada UMKM Percetakan Bunga Citra dalam mengembangkan usahanya di era digital ini, yang kita ketahui dimana perkembangan teknologi digital saat ini telah memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan manusia, tanpa terkecuali dalam membentuk efektivitas media sosial dalam mendorong promosi dan pemasaran yang ada. Promosi dan Pemasaran di media sosisal biasanya menggunakan platform-platform online yang sering digunakan oleh masyarakat dunia. Adapun platform online yang digunakan oleh Percetakan Media Sosial dalam pemasaran dan promosinya yaitu instagram. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriftip kualitatif untuk membuat deskripsi dan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-faka serta hubungan antar fenomenanya. Dengan segala upaya dilakukkan diharapkan dapat membuat promosi dan pemasaran lebih efektifit dalam penggunaan media sosial yang dilakukan oleh UMKM Percetakan Bunga Citra, sehingga dalam promosi dan pemasarannya lebih hemat biaya dan dapat meningkatkan penjualan UMKM Percetakan Bunga Citra.
PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP INOVASI PRODUK PADA OMAH JENANG KELAPA SARI BLITAR Ratri Mila Maretha
Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) Vol. 1 No. 4 (2024): Maret
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jemb.v1i4.962

Abstract

Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap Inovasi Produk dalam perusahaan pada tahun 2022 Permasalahan pada penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan terhadap Inovasi Produk di Omah Jenang Kelapa Sari Blitar. Dengan mengetahui bagaimana penerapannya sehingga jika dirasa perusahaan belum melakukan dengan baik bisa dilakukan perbaikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dan dokumentasi dengan pemilik usaha Omah Jenang Kelapa Sari. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Omah Jenang Kelapa Sari Blitar sudah menerapkan akuntansi manajemen lingkungan tetapi belum melaporkan biaya lingkungan khusus sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku. Hal ini ditunjukkan bahwa dengan biaya yang sebenarnya ditujukan untuk biaya lingkungan sebesar Rp 2.376.000,- dimasukkan kedalam biaya lain-lain. Selain itu penerapan inovasi produk yang baik meningkatkan kemampuan Omah Jenang Kelapa Sari Blitar dalam menghasilkan produk yang berkualitas, sehingga dapat dikatakan bahwa akuntansi manajemen lingkungan merupakan alat pengendalian untuk meningkatkan inovasi produk.
Analisis Produktivitas Usaha Kecil Menengah Kerupuk Asap Baputra Desa Tegalwangi Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Siti Maimunah; Hanif Puji Triani; Arzeti Maryam Zaidina; Alvis Fahreisy; Fais Jefri Al Buchory; Septian Teguh Maulana
Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) Vol. 1 No. 4 (2024): Maret
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jemb.v1i4.963

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produktivitas Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerupuk Asap Baputra di Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengevaluasi potensi pasar, kualitas bahan baku, proses produksi, aspek keuangan, pemasaran, manajemen, serta dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hasilnya menunjukkan bahwa UMKM ini memulai usahanya dengan modal sendiri, menggunakan beberapa bahan baku dan peralatan produksi, serta menerapkan strategi pemasaran yang inklusif. Manajemen yang efektif, alokasi modal yang tepat, dan dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan yang positif juga teridentifikasi. Dengan komitmen terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab, UMKM Kerupuk Asap Baputra menunjukkan potensi pertumbuhan yang berkelanjutan, memberikan kontribusi positif bagi ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.
Partisipasi dan Kesadaran Masyarakat Dalam Pengembangan Ekonomi Syariah Rahma Zhafirah; Djauharotun Nafisah; Siti Nur Jannah; Renny Oktafia
Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) Vol. 1 No. 4 (2024): Maret
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jemb.v1i4.968

Abstract

Sistem yang menurut ajaran Tuhan dan dapat menjamin kesesuaian ajarannya dengan semua umat yaitu sistem ekonomi Islam. Ekonomi Islam tidak hanya sekedar nilai normatif dan etika namun juga positif pelaksanaannya. Karena, membahas perilaku manusia positif dan permasalahan ekonomi di dalam perspektif Islam. Ekonomi syariah disajikan dengan tujuan untuk mencapai keadilan yang tidak memihak dan bebas dari kendala, sehingga menciptakan kehidupan ekonomi masyarakat yang lebih kaya. Oleh karena itu peran masyarakat juga penting dalam ekonomi Islam. Pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode  penelitian kepustakaan telah digunakan dalam penulisan jurnal ini. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian kepustakaan berasal dari artikel, hasil penelitian, dan referensi yang membahas topik-topik yang berkaitan dengan topik peneliti. Peran masyarakat dalam ekonomi Islam adalah krusial dalam menciptakan ekosistem yang inklusif dan berkelanjutan. Masyarakat dapat berperan di berbagai bidang ekonomi seperti pengembangan keuangan mikro syariah, sektor keuangan sosial Islam, serta pendidikan ekonomi dan keuangan.
ANALISIS PERAN CROSS-SELLING DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK PERBANKAN (Studi Kasus Pada Bank Rakyat Indonesia Unit Oebobo) Shahnaz Al’mawaddah
Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) Vol. 1 No. 4 (2024): Maret
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jemb.v1i4.985

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran cross-selling dalam peningkatan penjualan produk perbankan pada Bank Rakyat Indonesia Unit Oebobo. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. penelitian ini menggunakan model deskriptif yaitu  metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai apa adanya, dengan pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah pihak bank dan juga nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Oebobo. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa peran cross-selling efektif untuk meningkatkan penjualan produk perbankan.
STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PUPUK DENGAN ANALISIS SWOT PADA KIOS WIRA TANI DI BENGKULU Cindi Fatikah; Safania Haudiyah Rachmat; Dony Arta Wijaya; Desi Anila; Rusdi Hidayat Nugroho; Maharani Ikaningtyas
Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) Vol. 1 No. 4 (2024): Maret
Publisher : Publikasi Inspirasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62017/jemb.v1i4.1021

Abstract

Strategi pemasaran merupakan usaha untuk menyusun perencanaan secara menyeluruh dalam bisnis guna memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan pupuk anorganik di Kios Wira Tani, Kecamatan Pinang Raya, Bengkulu. Metode Analisis SWOT digunakan untuk mengevaluasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) yang memengaruhi kinerja pemasaran pada kios tersebut. Data primer yang dikumpulkan melalui wawancara dan survei, sementara data sekunder diperoleh dari literatur terkait dan penelitian sebelumnya. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis yang dilakukan diketahui bahwa dari hasil matrix IFE dan EFE, matrix IE kios wira tani termasuk kedalam golongan V (Hold and maintain). 

Page 1 of 1 | Total Record : 6