cover
Contact Name
Lalu Usman Ali
Contact Email
ahsjurnal@gmail.com
Phone
+6285333491112
Journal Mail Official
notasiahsjurnal@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Kila Rengganis Blok E5 Bajur Kecamatan Labuapi, Kab. Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Notasi: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 29885906     DOI : DOI: https://doi.org/10.70115/notasi
Core Subject : Education,
NOTASI : Jurnal Pendidikan Matematika [e-ISSN: 2988-5906] adalah Jurnal Open Access yang membahas terkait tentang pendidikan matematika yang terjadi dalam konteks masyarakat di tingkat pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi. Jurnal Notasi menerima artikel ilmiah penelitian atau kajian teoritis (penulis undangan) di bidang pendidikan matematika. Semua artikel yang dikirimkan tidak akan pernah diterbitkan di tempat lain dan tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi lain. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember NOTASI : Jurnal Pendidikan Matematika mengundang artikel penelitian asli dan tidak secara bersamaan dikirim ke jurnal atau konferensi lain. Seluruh spektrum penelitian dalam pendidikan matematika dipersilakan, yang meliputi, namun tidak terbatas pada topik-topik berikut: 1) Pendidikan matematika realistik; 2) Proses belajar mengajar matematika; 3) TIK dalam pendidikan matematika; 4) Penilaian dan evaluasi pendidikan matematika; 5) Kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran matematika; 6) Psikologi dalam pendidikan matematika; dan 7) Lesson Study dalam pendidikan matematika.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal NOTASI" : 5 Documents clear
Model Pembelajaran MURDER (mood, understand, recall, digest, explaind, review) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Nurul Hardianti Dewi; Lalu Muhammad Fauzi; Rody Satriawan
NOTASI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal NOTASI
Publisher : Alpatih Cahaya Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK NURUL HARDIANTI DEWI 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPLAND, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan  model pembelajaran MURDER (mood, understand, recall, digest, expland, review)terhadap kemampuan berpikir kritis mtematis siswa. Pada sub materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimen dengan design one shot case study. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA dan sampel penelitian ini kelas X IPA 3 sebanyak 34 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian dan angket persepsi siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan liliefors, uji linearitas data dengan uji-F. Hasil uji  Hipotesis di peroleh dari uji t dengan nilai thitung = 4,330 ttabel = 1,692 karena thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, maka disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran MURDER (mood, understand, recall, digest, expland, review) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun nilai determinasi korelasi sebesar 0,612 termasuk kedalam kategori kuat. Pengaruh model pembelajaran MURDER (mood, understand, recall, digest, expland, review)terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 37,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa Kholifatun Nisa'
NOTASI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal NOTASI
Publisher : Alpatih Cahaya Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) telah sejalan dengan kondisi di kurikum merdeka. Namun, tidak banyak model ini diterapkan dan diukur melalui kemampuan pemecahan masalah dan self efiicacy siswa. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas antara model Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran Langsung dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah cluster random sampling, yang melibatkan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas VII F yang menerapkan Problem Based Learning (PBL) dan kelas VII E yang menggunakan pembelajaran langsung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Test untuk menguji pretest, post-test dan angket dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk kemampuan pemecahan masalah adalah 0,000 dan self-efficacy sebesar 0,000. Kedua nilai signifikansi tersebut lebih rendah dari 0,05. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa berdasarkan penelitian ini.
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Matematika Siswa Eva Maufiroh
NOTASI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal NOTASI
Publisher : Alpatih Cahaya Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah serta minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu  siswa pada kelas eksperimen dan  siswa pada kelas kontrol, yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan teknik ANAVA dua arah pada taraf signifikansi  Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig dan  yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan pada variabel dependen Y1 dan Y2 berdasarkan model pembelajaran yang diterapkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa dapat dipengaruhi oleh penerapan model Discovery Learning dan Think Pair Share
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Sikap Kreatif Siswa Ladys Intana Virnanda
NOTASI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal NOTASI
Publisher : Alpatih Cahaya Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran carousel feedback, 2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran carousel feedback terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan 3) mengetahui peningkatan sikap kreatif siswa secara deskriptif dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran carousel feedback. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuantitatif bersifat eksperimen dengan desain the one group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Ihyauddiniyah Kecik tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 46 siswa. Teknik sampel yang digunakan purposive sampling dan sampel yang dipilih adalah kelas VIII SMP Ihyauddiniyah Kecik tahun ajaran 2024/ 2025. Intrumen yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran carousel feedback memiliki nilai rata-rata sebesar 82,33% dengan kategori baik, 2) pengaruh penerapan model pembelajaran carousel feedback dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebesar 0,890 atau 89% dan sisanya sebesar 11% dipengaruhi oleh faktor lain, 3) sikap kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran carousel feedback dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ke empat mengalami peningkatan, hasil akhir yang diperoleh dari hasil rata-rata nilai rasa ingin tahu sebesar 17,67, bersifat imajinatif sebesar 15,17, merasa tertantang oleh kemajemukan sebesar 10, dan sifat berani mengambil resiko sebesar 17,5.
Pengaruh Pembelajaran STEAM Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis danKecerdasan Emosional Siswa Nawal Afifah; Fahrurrozi; Neny Endriana
NOTASI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal NOTASI
Publisher : Alpatih Cahaya Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran STEAM dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Mu’allimat NWDI Pancor tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 316 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Dimana Kelas yang menjadi sampel adalah VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIE sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan non tes angket kecerdasan emosional. Teknik analisis data menggunakan multivariate analyze of varians (MANOVA) jenis hotelling’s trace dan uji lanjut menggunakan polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pembelajaran STEAM dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional

Page 1 of 1 | Total Record : 5