cover
Contact Name
M. Bucci Ryando
Contact Email
bucci@global.ac.id
Phone
+6289693099360
Journal Mail Official
jtopik@global.ac.id
Editorial Address
Jl. Aria Santika No. 43A Margasari Karawaci , Tangerang, Provinsi Banten
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Topik Global
ISSN : -     EISSN : 29641829     DOI : http://dx.doi.org/10.38101/jtopikglobal
JURNAL TOPIK GLOBAL (Jurnal Teknologi, Pendidikan dan Manajemen Global) adalah jurnal akses terbuka peer-review yang diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember), jurnal penelitian ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Institut Teknologi Dan Bisnis Bina Sarana Global. JURNAL TOPIK GLOBAL bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para mahasiswa, peneliti dan profesional untuk berbagi ide tentang semua topik yang terkait dengan pendidikan, manajemen dan teknologi informasi. Terbit dengan versi online setiap bulan Juni dan Desember.
Articles 72 Documents
Website E-Commerce Penjualan Online dengan Metodologi Berbasis Objek Studi Kasus pada Toko Rumah Kecantikan Herbal Sri Mulyati; Ayu Agustianza Zhafira; Achmad Sidik; Triono Triono
JURNAL TOPIK GLOBAL Vol 2, No 2 (2023): JURNAL TOPIK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtopikglobal.v2i2.10761

Abstract

Toko Rumah Kecantikan Herbal merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang kecantikan dan kesehatan yang menjual produk sr12. Produk ini dibuat di indonesia oleh owner perusahaan sr12 Tony firmansyah, S. Farm., Apt. dan Asrianty salam S. Farm. Toko ini menyediakan produk kecantikan yang aman untuk digunakan usia 12 sampai 65 tahun cocok untuk laki-laki dan perempuan aman di pakai oleh ibu hamil serta menyusui. Dan produk kesehatan yang aman di konsumsi oleh usia 0 tahun (balita) dan lansia (lanjut usia) cocok untuk laki-laki dan perempuan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD). Hasil dari penelitian ini memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi bagi para konsumen yang berada di dalam kota maupun di luar kota, memberikan kemudahan bagi para konsumen apa saja produk yang dijual oleh toko rumah kecantikan herbal, memudahkan bagi para konsumen untuk efisien waktu atau menghemat waktu dalam berbelanja tanpa harus datang kelokasi.
Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Dengan Metode Waterfall Berbasis Web Tina Amalia; Zainul Hakim; M. Bucci Ryando
JURNAL TOPIK GLOBAL Vol 1, No 2 (2022): JURNAL TOPIK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtopikglobal.v1i2.591

Abstract

PT Bank DBS Indonesia merupakan lembaga keuangan yang bergerak dalam bidang perbankan dengan menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan memiliki produk lain salah satunya adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA). Untuk mengajukan pinjaman, calon nasabah harus menyiapkan dokumen persyaratan dan mengisi form formulir yang masih dikumpulkan secara manual dalam bentuk hard copy. Selain itu proses pengajuan KTA masih dilakukan secara manual sehingga akan terjadinya penumpukan dokumen serta berpotensi hilangnya dokumen persyaratan dari calon nasabah. Aplikasi pengajuan KTA berbasis web ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengajuan dan membantu serta mempercepat proses pinjaman nasabah. Selama penelitian penulis menggunakan beberapa metode antara lain: wawancara, observasi dan studi pustaka, data yang diperoleh dianalisis dalam bentuk Unified Modeling Language (UML) dengan menggunakan software visual paradigm. Serta pada penelitian ini diusulkan pembuatan aplikasi pengajuan KTA berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MYSQL. Aplikasi tersebut diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang ditemui dalam pengajuan KTA secara manual. Dengan adanya aplikasi pengajuan KTA ini dapat meminimalisir kehilangan data karena sudah tersimpan rapi di dalam database.
Implementasi Network Attached Storage Berbasis Raspberry Pi Untuk Manajemen Data Pada PT Farrasindo Perkasa Herman Santoso; William Chicho Ferdinan; M. Iqbal Dzulhaq; Detin Sofia
JURNAL TOPIK GLOBAL Vol 2, No 2 (2023): JURNAL TOPIK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtopikglobal.v2i2.10711

Abstract

Kebutuhan akan penyimpanan data saat ini semakin dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi, demikian juga kebutuhan akan penyimpanan data terpusat atau disebut juga data center. Saat ini proses pertukaran data atau file pekerjaan user di cabang PT Farrasindo Perkasa masih menggunakan sharing file pada masing-masing komputer dan media flashdisk untuk pertukaran data. Namun, itu masih belum optimal karena data tidak realtime, dapat terurai dan tidak terpusat penyimpanannya, di mana user masih harus plug and play flashidsk dan mencari-cari data dengan sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun server Network Attached Storage (NAS) atau media penyimpanan data terpusat berbasis Raspberry Pi yang dapat memudahkan user mulai dari pencarian data, data yang realtime, akses data dari luar kantor menggunakan jaringan internet, hingga pengelompokan data berdasarkan tipe file. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Research and Development (R and D) dan metode pengembangan Network Development Life Cycle (NDLC) dari tahapan analysis, design, simulation prototyping, implementation, monitoring dan management, pengumpulan data menggunakan metodologi research dan studi literatur. Hasil yang dicapai dari pengembangan dan metodologi tersebut adalah berupa sebuah server mini data center, yang berfungsi sebagai penyimpanan data terpusat, sehingga user dapat mengakses data lebih cepat dan mudah dari sebelumnya.
Sistem Informasi Pengolahan Nilai Siswa SDIT Al-Fatih Berbasis Web Qadria Sabilla Rinaldi; Dedi Dedi; Sutarman Sutarman
JURNAL TOPIK GLOBAL Vol 1, No 1 (2022): JURNAL TOPIK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtopikglobal.v1i1.522

Abstract

Masa pandemi ini juga menuntut sekolah harus memperkecil pertemuan atau perkumpulan manusia. Maka untuk memerikan solusi diperlukan penganturan dalam menginput data nilai siswa dengan sistem komputerisasi yang mampu mengelolah database dengan baik dan efektif. Metode perkembangan yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode (Waterfall) observasi, wawancara, analisis dan dengan perancangan alat bantu penggunaan UML (Unified Modeling Languange). Sistem data nilai akademik siswa berbasis website yang nantinya digunakan oleh admin, guru, serta siswa/orang tua murid Sdit Al-Fatih. Website ini dibuat dengan sederhana untuk mempermudah akses yang digunakan oleh siswa, orang tua/wali murid. website yang dibuat ini dapat menyajikan informasi nilai akademik siswa perkelas, semester maupun pertahun, untuk semua mata pelajaran dan nilai ujian, uts dan uas. Data ini sangat berarti sebagai penunjang dalam pengerjaan pengolahan informasi nilai siswa kurikulum 2013 berbasis website.
Sistem Informasi Penjualan Baju Muslim Berbasis Web pada Toko Via Avin Hendrawan; Rahmat Tullah; Ferawati Ferawati
JURNAL TOPIK GLOBAL Vol 1, No 1 (2022): JURNAL TOPIK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtopikglobal.v1i1.513

Abstract

Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Studi kasus pada Toko Via. Keberhasilan pembangunan identik dengan terciptanya laju pertumbuhan perekonomian dan penyerapan tenaga kerja yang tinggi, salah satu sektor riil yang dapat mengurangi tingkat pengangguran adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pengembangan secara internal dari kelompok usaha “Toko Via” dalam meningkatkan potensi penjualan dengan cara menggunakan modal awal dengan tabungan sendiri, melakukan inovasi dengan membuat sistem informasi penjualan berbasis web untuk memperluas jaringan pemasaran dan melengkapi sarana dan prasarana usahanya. Dengan adanya sistem informasi ini sehingga diharapkan dapat meningkatkan kegiatan promosi barang dan memperluas pemasaran barang yang ada di Toko Via. Namun hal ini masih terkendala dari segi permasalahan dalam modal dan pemahaman pada teknologi sistem informasi pada segelintir masyarakat. Metode yang di gunakan dalam penulisan adalah Metode Waterfall. Hasil penelitian semua operasional masih menggunakan manual, mulai dari pemasaran pun masih melalui status Whatsapp.
Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Pada Pondok Pesantren Zuriyah Dahlaniyah Ari Dwi Cahyono; Achmad Sidik; Sutarman Sutarman
JURNAL TOPIK GLOBAL Vol 2, No 1 (2023): JURNAL TOPIK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtopikglobal.v2i1.8963

Abstract

Setiap tahunnya, dunia teknologi mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Adanya perkembangan teknologi ini didasari oleh kebutuhan manusia untuk memudahkan pekerjaan dalam berbagai bidang terutama dalam bidang pendidikan. Website pendaftaran siswa, dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat luas, karena website memiliki kemudahan akses secara global, yaitu melalui media internet. Secara lebih spesifik, Website pendaftaran siswa dapat menyimpan data berupa gambar, suara, animasi, tesk, tabel, diagram dan bentuk data lainnya dengan lebih. Di bidang pendidikan sekarang ini juga telah banyak yang menggunakan website sebagai sarana pendaftaran siswa baru. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dan literature review (studi pustaka). Metode analisa dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity,Threats. Model pada sistem ini dibuat dengan menggunakan UML (Unified Modelling Language), bahasa pemograman PHP, framework CI, Sublime Text 3 sebagai teks editor, Xampp sebagai server atau penghubung bahasa pemograman. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru pada Pondok Pesantren Zuriyah.
Implementasi Private Cloud Computing Menggunakan Sistem Proxmox Studi Kasus Di PT. Pasarro Indonesia Makmur Ardiansyah Jamil; Muhammad Haromaen; Moh Sofjan; Detin Sofia
JURNAL TOPIK GLOBAL Vol 2, No 2 (2023): JURNAL TOPIK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtopikglobal.v2i2.10764

Abstract

Saat ini teknologi informasi di segala bidang industri bisnis semakin berkembang, termasuk infrastruktur teknologi informasi yang menunjang dalam meningkatkan layanan e-commerce untuk segmen korporasi atau business to business. Namun dalam penerapannya, investasi infrastruktur teknologi informasi membutuhkan biaya yang tinggi, oleh karena itu dibutuhkan suatu cara agar biaya investasi infrastruktur teknologi informasi tidak terlalu memakan biaya yg begitu besar. Cloud computing semakin berkembang dan menjadi suatu tren yang banyak digunakan saat ini. Pada e-commerce, teknologi ini menjadi sesuatu yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah ketersediaan sumber daya serta dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses bisnis, hingga dapat memperkuat posisi kompetitif dalam pasar yang cepat berubah. Tentu saja Teknologi Cloud computing dapat dijadikan sebagai solusi dalam menurunkan biaya investasi infrastruktur teknologi informasi, dengan mengusung konsep Infrastructure as a Service (IaaS). Metode penelitian yang digunakan adalah Linear Sequential Model. karena Cloud Computing yang dibangun merupakan sistem yang memiliki kompleksitas yang tinggi dan membutuhkan waktu yang lama. Hasil penelitian ini adalah sistem layanan private cloud computing berbasis IaaS di data center PT. Pasarro Indonesia Makmur, dapat diterapkan menggunakan metode hypervisor native bare metal dan aplikasi proxmox. Proxmox dapat menyederhanakan pemanfaatan sumber daya perangkat keras dengan cara virtualisasi. Hasil pengujian menyatakan bahwa data center berbasis IaaS secara sumber daya dapat menghemat, mengoptimalkan, dan pengelolaan sumberdaya dari kebutuhan layanan sistem infomasi yang harus di sediakan PT. Pasarro Indonesia Makmur. Berdasarkan uji usability menunjukkan aplikasi proxmox telah sesuai dengan kebutuhan manajemen yang ada pada administrator PT. Pasarro Indonesia Makmur, yang memenuhi aspek Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan Satisfaction.
Tantangan Dalam Kegiatan Menabung Mandiri: Program Tabungan Mandiri Warga Muslim Berbasis Mobile Wahyu Abdi Sutrisno; Pramana Anwas Panchadria; Ferawati Ferawati
JURNAL TOPIK GLOBAL Vol 1, No 2 (2022): JURNAL TOPIK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtopikglobal.v1i2.601

Abstract

DKM At-Taqwa memiliki peranan sebagai sumber daya tarbiah dan pembinaan Ummat Islam di lingkungan Perumahan Grand Sutera Blok F di bawah naungan Yayasan Gema Insan Taqwa. Sebagai salah satu fungsi dan tugas DKM untuk pembinaan Ummat Islam, yaitu membantu Warga Muslim Grand Sutera Blok F yang memiliki keinginan untuk melakukan kegiatan menabung secara mandiri, namun terhambat dengan proses pencatatan yang manual menggunakan catatan di smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah proses pencatatan, sehingga warga dapat memasukkan data dalam rutinitas tabungan sehari-hari berdasarkan tujuan yang ingin dicapai berdasarkan nominal yang disarankan. Hasil yang dicapai dari penelitian ini ialah sebuah aplikasi tabungan mandiri berbasis mobile yang dapat digunakan untuk mencatat kebutuhan sesuai target yang ingin dicapai dengan tabungan, di mana user melakukan input data rutinitas menabung setiap hari sesuai target dan berdasarkan nominal yang disarankan oleh aplikasi.
Sistem Informasi Monitoring Proyek pada PT. Lawave Kreasi Indonesia Andika Sanjaya; M. Ramaddan Julianti; Pramana Anwas Panchadria
JURNAL TOPIK GLOBAL Vol 1, No 1 (2022): JURNAL TOPIK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtopikglobal.v1i1.504

Abstract

Perkembangan ilmu teknologi dan komputer yang saat ini sangat pesat memungkinkan perusahaan menghadirkan suatu sistem informasi untuk memudahkan pegawainya dalam pekerjaan. Kantor lawave design yang bergerak dalam bidang jasa pembuatan design dan website, masih melakukan cara semi manual dalam pembuatan berkas yang terkait dengan pengelolaan data monitoring proyek, yaitu sharing data Microsoft Excel antar komputer yang terhubung ke jaringan, serta proses pembuatan surat tagihan menggunakan Microsoft Word. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah stakeholder dalam pengelolaan data arsip proyek. Penelitian ini menggunakan metode perancangan Unified Modeling Language (UML) dengan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai basis datanya. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan rancangan sistem yang cukup sederhana, tampilan antar muka yang mudah digunakan, aman dalam penyimpanan data, dan kemudahan akses selama 24 jam.
Sistem Informasi E-Commerce Toko Madinamart Berbasis Web Milinia Chandya Putri; Satria Audria Sakti; Achmad Sidik; Sutarman Sutarman
JURNAL TOPIK GLOBAL Vol 2, No 2 (2023): JURNAL TOPIK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtopikglobal.v2i2.10763

Abstract

Sejalan dengan cepatnya perkembangan bidang teknologi, terutama di era yang mengharuskan kita melakukan kegiatan secara online, penggunaan internet kelihatannya akan mendominasi kegiatan di seluruh dunia tak terkecuali dalam bidang perdagangan. Namun, pada toko Madinamart belum menggunakan sistem online. Madinamart adalah toko kelontong yang menjual sembako, kebutuhan rumah tangga, makanan, minuman, gas serta kebutuhan sehari-hari lainnya. Toko ini masih menggunakan sistem manual sehingga beberapa kali mengakibatkan kesalahan pada data ketersediaan produk, serta harga produk yang terdapat pada toko tersebut, hingga menyebabkan miskomunikasi antara penjual maupun pembeli tentang harga barang. Dengan alasan tersebut, maka penulis berusaha merancang suatu sistem informasi penjualan berbasis web. Untuk metode analisis memakai Object Oriented Analysis and Design (OOAD) yaitu usecase, activity, sequence, dan class diagram serta bahasa pemrograman PHP dan pengelolaan basis data MySQL. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu toko Madinamart dalam mengatur data barang dan dapat memberikan informasi produk pada pembeli, sehingga dapat meningkatkan penjualan pada Toko kelontong Madinamart