cover
Contact Name
Tegar Roli
Contact Email
journalelhamra@gmail.com
Phone
+6285647771424
Journal Mail Official
journalelhamra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kenanga VII, Tegalmulya, Ledug, Kec. Kembaran Purwokerto 53182, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. purbalingga,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Published by CV Amerta Media
ISSN : 25283650     EISSN : 27216047     DOI : https://doi.org/10.62630/elhamra
Core Subject : Education, Social,
Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan berfokus pada penerbitan artikel ilmiah yang berkualitas tinggi dan orisinal dalam bidang pendidikan dan kemasyarakatan meliputi: Kurikulum dan penilaian, Teknologi pendidikan, Kepemimpinan pendidikan, Kebijakan pendidikan, Pendidikan inklusif, Pendidikan anak usia dini, Pendidikan dasar dan menengah, Pendidikan tinggi, Pendidikan profesi, Sosiologi, Perencanaan dan Pembangunan Masyarakat, Gender dan Pembangunan, Hak Asasi Manusia, Keberlanjutan dan Lingkungan, Budaya dan Masyarakat.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan" : 5 Documents clear
ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XII Sandy Yudha
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v8i2.117

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan siswa untuk pengembangan panduan praktikum kimia. Panduan praktikum diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kerjasama siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Analisis kebutuhan siswa dilakukan dari analisis awal, analisis siswa, analisis konsep, dan analisis tugas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 6 Medan. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa siswa membutuhkan buku panduan praktikum. Secara umum, dapat dilihat bahwa 86,9% siswa menyukai kegiatan praktikum. 100% siswa menyatakan bahwa dalam kegiatan praktikum mereka tidak menggunakan buku panduan, buku yang digunakan pada saat praktikum, yaitu buku teks, 78,3% siswa menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan ketika melakukan kegiatan praktikum, karena dalam buku teks tidak ada lembar kegiatan untuk siswa dan langkah-langkah dalam melakukan kegiatan praktis juga kurang dipahami oleh siswa. 100% siswa menyatakan bahwa mereka membutuhkan buku panduan praktikum agar kegiatan praktikum dapat berjalan dengan lancar. Kata Kunci: penuntun praktikum, kimia, kebutuhan siswa This study aims to analyze students' needs for the development of a chemistry practicum guide. The practicum guide is expected to improve students' critical thinking skills and cooperation. This type of research is a qualitative descriptive research. Analysis of students' needs was carried out from the initial analysis, student analysis, concept analysis, and task analysis. The research subjects were students of class XII IPA 1 SMA Negeri 6 Medan. From the results of the analysis, it was found that students needed practicum guidebooks. In general, it can be seen that 86.9% of students like practicum activities. 100% of students stated that in practicum activities they did not use guidebooks, books used during practicum, namely textbooks, 78.3% of students stated that they experienced difficulties when carrying out practicum activities, because in textbooks there were no activity sheets for students and the steps in carrying out practical activities are also poorly understood by students. 100% of students stated that they needed a practicum manual so that practicum activities could run smoothly. Keywords: practicum guide, chemistry, students' needs
KEPERCAYAAN GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRAKTIK PENGAJARAN DI KELAS Muthia Farida
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v8i2.119

Abstract

Penelitian di bidang psikologi kognitif pada empat dekade terakhir ini telah meyakinkan bahwa kepercayaan memiliki peran penting dalam sebagai dasar praktik pengajaran guru di kelas. Berbagai pendekatan dan metode pembelajaran dinilai tidak akan bisa berjalan efektif di kelas apabila guru tidak memiliki kognisi pedagogi yang tepat. Kognisi guru berkaitan erat dengan kepercayaan yang dipegangnya. Kepercayaan ini merujuk pada konsep atau teori personal yang diyakini guru terhadap pembelajaran dan subjek yang diajarnya. Artikel ini bertujuan untuk mengulas lebih mendalam tentang kepercayaan guru ini. Pada artikel ini akan dibahas tentang definisi kepercayaan guru, faktor yang mempengaruhi kepercayaan guru, dan terakhir kaitan kepercayaan guru dan praktik pengajarannya di kelas. Diharapkan dengan adanya ulasan ini, para guru lebih memahami pentingnya kognisi dan kepercayaan yang mereka miliki dan bagaimana menyelaraskan hal tersebut dengan praktiknya di kelas sehingga tercipta proses pembelajaran yang berhasil. Kata kunci: kepercayaan guru, praktik pengajaran, kognisi guru, pendidikan
DINAMIKA PEMEKARAN DESA: Studi Kasus Desa Karanggintung, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas Lendra Yuspi
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v8i2.120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemekaran Desa Karanggintung Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pemekaran Desa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karanggintung dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian adalah masyarakat Desa Karanggintung, khususnya grumbul Kedungmalang. Teknik pengambilan sampel purposive sampling, melalui pendekatan what's happening, melalui wawancara, dokumentasi kumpulan arsip dan observasi tak berperan, analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gagasan pemekaran desa datang dari masyarakat Kedungmalang. Gagasan tersebut direspon oleh Pemda Kabupaten Banyumas dengan dibentuknya tim pemekaran desa tingkat kabupaten, karena di kabupaten program ini sifatnya "mendadak", maka lahirlah program yang tidak transparan dan tidak di desain secara logis, sehingga terkait dengan hal-hal lainnya. Organisasi pelaksanaan yang tidak terstruktur dengan baik, komunikasi tidak berjalan, terjadi konflik kepentingan dan bahkan evaluasi program tidak berjalan dengan baik, sementara faktor yang penting berpengaruh adalah masalah dana pemekaran desa, hal ini karena tidak dilakukan survey secara mendalam terlebih dahulu. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Organisasi Pelaksana, Kondisi Ekonomi, Sosial dan Politik The aim of this study is to describe the process of village division the Karanggintung division Sumbang Banyumas annexation and description about the factors that influence the process of that division. This study was done at Karanggitung. The method of this study is descriptive qualitative. The populations of this study are the villagers of Karanggitung, especially the villagers of Kedungmalang; in this research the writer uses the purposive sampling in collecting data through the What's Happening Approach. The instrument of this study used interview, documentation, a set of file and unrolled observation. The writer uses Interactive analysis in analysing the data. The result of this study shows that the concept of village division comes from the society of Kedungmalang itself. That kind of concept was supported by the government in Banyumas regency by formulating the village division team. Because this kind of program is "very sudden" so the process is not transparent and it was not logically design properly. This kind of unstructured organization gives an effect in communication among the villagers. It was happened because of the Conflict of "interest". Even the program of evaluation was not run properly, so the main purpose to have the village division did not finish well, because the team did not do a preliminary deeply survey before. Keywords: Implementation Policy, Organizing Committee, The Condition of Economic, Social and Politic.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF TEORI TINDAKAN KOMUNIKATIF JURGEN HABERMAS Dimas Rahman Rizqian
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v8i2.121

Abstract

Sebagai generasi kedua madzhab Frankfurt, Habermas berupaya mengatasi kebuntuan dan merekonstruksi ulang bangunan pemikiran yang telah dibangun oleh generasi pertamanya. Tokoh yang memprakarsai teori tindakan komunikatif ini, akan selalu penting dan menarik untuk diketengahkan bersamaan dengan kajian pemberdayaan masyarakat. Kajian ini mengupas tentang bagaimana pemberdayaan masyarakat dalam perspektif teori tindakan komunikatif Jurgen Habermas. Pendekatan yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan atau library research. Kajian ini memberikan hasil bahwasanya pemberdayaan masyarakat merupakan anak kandung dari komunikasi pembangunan. Komunikasi menjadi salah satu unsur penting untuk penyampaian pesan-pesan pembangunan secara efektif kepada masyarakat. Teori Tindakan Komunikatif Habermas menekankan akan pentingnya komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Menurut Habermas, relasi sosial yang ideal ialah relasi yang dibangun atas dasar rasionalitas intersubyektif. Karena itu, “Yang Lain” mesti dilihat sebagai subyek komunikatif. Pada era digital seperti sekarang ini, di mana komunikasi dan pertukaran informasi dapat dengan mudah dijalankan, Habermas memberikan “wejangan” yang berarti bagi lintas generasi, yakni perlu pendasaran etika yang ia sebut sebagai “etika diskursus komunikatif”. Ia membedakan antara “yang etis” dan “yang moral”. Yang etis menunjuk pemahaman manusia tentang hidup yang baik, sementara yang moral menunjuk bagaimana cara-cara hidup yang baik itu diatur bersama dalam sistem sosial. Hal ini tersebut juga berlaku terhadap bagaimana kerja-kerja pemberdayaan diimplementasikan.
THE EFFECT OF THE IMPLEMENTATION OF THE 2013 CURRICULUM ON THE ARABIC LEARNING OUTCOMES OF GRADE 10 STUDENTS AT MAN 1 BOJONEGORO Ryan Nurdiana; Dzun Nur Nafiah Muamaroh; Munirul Abidin
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62630/elhamra.v8i2.122

Abstract

This study was to test whether there was an effect of curriculum application 2013 on the Arabic learning outcomes of grade 10 students of MAN 1 Bojonegoro. Sempel collection using simple random sampling. The sample taken was as many as 20 respondents of grade 10 students. This study uses 1 independent variable, namely the application of curriculum (x) and 1 dependent variable, namely learning outcomes (y). The data used in this study are primary data in the form of questionnaires and secondary data in the form of books, journals related to this study. This study used quantitative. The data analysis technique used in this study is simple linear regression analysis. The result of this study is significant by 0.04 meaning <0.05. In addition to the coefficient of determination, a value of 25.9% is obtained so that it can be concluded that variable X has an effect of 0.259 or 25.9 on variable Y. Keywords: Influence, Curriculum, Arabic Learning

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 3 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 3 (2022): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 2 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 3 (2019): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 3 No. 3 (2018): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 3 No. 2 (2018): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 3 No. 1 (2018): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 3 (2017): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan More Issue