cover
Contact Name
Christiand
Contact Email
cylinder@atmajaya.ac.id
Phone
=6287784604672
Journal Mail Official
cylinder@atmajaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Cisauk, Sampora, Kec. Cisauk, Tangerang, Banten 15345
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : 2252925X     EISSN : 30469821     DOI : https://doi.org/10.25170/cylinder
Cylinder: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin is an open-access peer reviewed journal that aims to publish original articles on research and development in the field of engineering and applied science. Topics of interest include, but are not limited to: - Renewable Energy & Thermofluids - Material & Manufacturing - Mechatronics, Robotics, & Optoelectronics - Mechanical Design & Mechanism - Industrial Engineering & Ergonomics - Automotive Engineering - Environmental Engineering
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2019): APRIL 2019" : 5 Documents clear
Kaji Eksperimental Pengaruh Jumlah dan Interval Pembuluh Sayap Di Arah Chord Terhadap Propulsi Sayap Lentur Fauzan Putraandari; Sheila Tobing
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 5 No. 1 (2019): APRIL 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Selama dua dekade terakhir, telah banyak studi mengenai manfaat sayap membran lentur terhadap kinerja aerodinamika untuk pengembangan Micro Air Vehicles (MAVs). Studi eksperimental kali ini dilakukan untuk mengeksplorasi manfaat pengaruh profil sayap lentur terhadap kinerja aerodinamika pada bilangan Reynolds sebesar = 50000. Pengujian pengaruh kelenturan sayap dilakukan dengan cara menguji berbagai jumlah dan interval antar pembuluh sayap di arah chord. Pengujian untuk mengetahui kinerja aerodinamika pada setiap variasi profil sayap lentur dilakukan dengan menggunakan terowongan angin. Kinerja aerodinamika dapat diketahui dengan mengukur gaya angkat dan gaya hambat pada setiap variasi profil sayap lentur terhadap berbagai sudut serang. Hasil pengukuran menunjukan bahwa profil sayap dengan distribusi interval tidak seragam, terutama lebih padat di daerah dekatdengan pangkal sayap (root), akan memberikan manfaat kinerja aerodinamika yang signifikan. Pengukuran menunjukan bahwasayap dengan pembuluh yang lebih padat di daerah root dapat meningkatkan leading edge vortices (LEVs) dan membentuk pusaran udara di daerah tepi sayap (tip vortices) yang berguna untuk menyeimbangkan beban aerodinamika pada permukaan sayap atas dan bawah.
Analisis Laju Aliran Material Hot Melt Adhesive (HMA) pada Bagian Nozzle 3D Printer Stefanus Julius Junaedi; Filian Arbiyani; Marten Darmawan
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 5 No. 1 (2019): APRIL 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan 3D Printer bukanlah hal yang tabuh lagi di era modernisasi ini. Berkembangnya teknologi 3D Printer yang didasari oleh additive manufacturing ini tidak luput dari pengembangan yang dilakukan dari segi material pembentuk produk. Pengembangan terkait penggunaan soft material banyak dilakukan dalam satu dekade terakhir ini dikarenakan karakteristik dari soft material yang cukup unik. Istilah Non Newtonian selalu melekat pada karakteristik dari soft material ini. Material Hot Melt Adhesive (HMA) tergolong pada material yang lunak dan cenderung mudah dibentuk dan diasukmsikan dapat mewakili pengembangan dari soft material yang sudah ada, dan didasari oleh kemiripan sifat material dengan soft material. Penelitian dilakukan dengan melakukan metode secara Simulasi maupun secara eksperimen dengan melakukan variasi terhadap laju aliran dan temperatur pemanasan terhadap material uji. Penelitian sifat laju aliran secara Simulasi dilakukan dengan menggunakan program ANSYS dengan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Tahapan Komparasi laju aliran dilakukan dengan cara melakukan percobaan secara eksperimen terhadap variasi yang diberikan, dan hal ini bertujuan untuk membandingkan antara hasil simulasi dengan hasil eksperimen. Kesalahan terhadapSimulasi yang tidak melebihi 10% , maka Simulasi dapat diterima dan dapat diimplementasikan pada pengoperasian 3D Printer.
Pengukuran Efisiensi Volumetrik Untuk Motor Bensin Berbasis Karburator Albertus Alvin Wahyudi; Arka Dwinanda Soewono
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 5 No. 1 (2019): APRIL 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mesin otto merupakan salah satu sumber energi utama yang digunakan untul mengkonversi bahan bakar menjadi energi mekanik untuk menggerakan kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Dalam upaya untuk meningkatkan performa mesin, instrumen berupa bangku uji sering digunakan untuk mengukur efisiensi mesin otto. Dalam penelitian ini, proses rancang bangun bangku uji dilakukan dengan tujuan untuk mengukur efisiensi volumetrik dan engine power loss dari mesin motor dengan bahan bakar bensin. Dari hasil pengujian untuk mesin dalam kondisi tanpa beban (idle), dikethaui bahwa efisiensi volumetrik terbesar adalah sebesar 66,7% pada saat kondisi katup terbuka penuh. Faktor lain yang mempengaruhi efisiensi volumetrik dari motor bakar adalah putaran mesin, di mana efisiensi volumetrik menurun pada saat putaran mesin makin cepat. Selain itu, perhitungan engine power loss menunjukan bahwa semakin tinggi putaran mesin, engine power loss semakin bertambah yang mungkin disebabkan oleh adanya peningkatan friction loss dan pumping loss.
The Development of Climbing Mechanism for Cable Inspection Robot Hanshen Jordan; Christiand
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 5 No. 1 (2019): APRIL 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

For the maintenance of large cable-stayed bridge, cable inspection task using robot becomes an alternative method that is safer, easier and more efficient than a manual inspection. The method is believed to be superior than using drone or human in performing the cable inspection. Our research work focuses on the development of climbing mechanism for cable inspection robot. Our design of climbing mechanism enables the robot to climb on 115 mm cylindrical object, e.g. supporting cable or beam of the bridge. The mechanism can be controlled wirelessly to climb the cylindrical object with the diameter between 100 mm to 120 mm at maximum speed of 10 mm/s. The mechanism is powered by Li-Ion battery that is capable to reach 50 meter distance without the need of charging. The mechanism is also equipped with camera to take pictures of physical inspected objects, e.g. outer part of cable.
Streamline Monohull Ship Form For Sea-High Speed Crafts Frederikus Wenehenubun
Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 5 No. 1 (2019): APRIL 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sea transportation for many inhibited small islands with no transportation link to market and education center is one of the most concern for economic growth. A good reliable hull form for fast marine vehicles carrying passengers, car, and goods has been defined. The design process was to apply the concept of monohull and frigate form for good seakeeping and structural strength considering wavy Indonesian water. Smiplaning hull form was introduced to meet the criteria of fast marine vehicles and take into account streamline hull surface, fluid flow, total resistance in calm water were studied by towing tank model tests. Variation of waterline entrance angles as the main variable result good performance of 9.50 angle hull form more than the two others 6.50 angle and 110 angle. Sectional area dan breadth ratios to their maximum values were prepared. This as means for preliminary design and further study of the hull form.

Page 1 of 1 | Total Record : 5