cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP Asep Mohamad Alwi; Sholeh Hidayat; Isti Rusdiyani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i1.7474

Abstract

Tujuan dari penelitian ini menghasilkan dan mengetahui efektivitas modul IPA berbasis  pendekatan saintifik tema gerak tubuh kita kelas VIII SMP Negeri 2 Cipeucang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Borg and Gall, dengan urutan: 1) potensi dan masalah,  2) pengumpulan data, 3) desain produk menggunakan model Purwanto 4) validasi desain meliputi ahli materi, ahli media, dan praktisi 5) revisi desain, saran ahli 6) uji coba produk, tanggapan perwakilan peserta didik 7) revisi produk, masukan peserta didik 8) uji coba pemakaian dengan pre dan postest control group desain  9) revisi produk, temuan saat kegiatan eksperimen. Hasil validasi ahli materi 84,85 %, ahli media 87,5 %, praktisi 85,1 % dan hasil uji coba produk 89,16 % semuanya masuk kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas melalui uji pemakaian antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran dihasilkan 69,44 % untuk pembelajaran menggunakan modul dengan kategori efektivitas kuat dan 58,53 % menggunakan buku teks dengan kategori efektivitas cukup. Pembuktian melalui uji-t diperoleh sig 0,00 angka sig. tersebut ≤ 0,05. Dengan demikian modul baru yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA siswa SMP kelas VIII.Kata kunci: Modul IPA, Pendekatan Saintifik.
PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD Buang Buang; Sholeh Hidayat; Suparno Suparno
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i1.7470

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) cara mendesain pembelajaran terpadu connected untuk peningkatankreativitas dan hasil belajar IPA, (2) cara menerapkan pembelajaran terpadu connected  untuk peningkatan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V, (3) cara mengevaluasi pembelajaran terpadu connecteddi kelas V, (4) peningkatan kreativitas  setelah diterapkannya pembelajaran terpadu  connected, (5)Peningkatan  hasil belajar IPA setelah diterapkannya pembelajaran terpadu  connected kelas V SDN Kedaleman I Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan menggunakan pembelajaran terpadu connected, bertempat di SDN Kedaleman I Kota Cilegon. Penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai bulan Desember 2017. Subyek penelitian terdiri dari peneliti dan penerapan pembelajaran tematik connected untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan kreativitas siswa sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara obyeknya adalah siswa kelas V SDN Kedaleman I Kota Cilegon berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran terpadu connected dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA tema sehat itu penting  siswa kelas V SDN Kedaleman I Kota Cilegon. Kata kunci : model connected, hasil belajar IPA, kreativitas.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DAN SIKAP BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Mufti Ali; Sholeh Hidayat; Yayat Ruhiat
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i1.7475

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh strategi pembelajaran konstruktivisme dan sikap belajar siswa pada pelajaran Fisika. Subjek penelitian kelas X dengan populasi 98 responden dan sampel masing-masing 33 responden kelas X.1 dan X.2 di SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon pada bulan Mei. Sampel menggunakan simple random sampling. Metode penelitian adalah eksperimen dengan disain faktorial 2x2, yaitu satu variabel kriteria berupa hasil belajar dan dua variabel perlakuan berupa strategi pembelajaran konstruktivisme (A1) dan ekspositori (A2), serta sikap positif (B1) dan negatif (B2). Analisis data meliputi analisis deskriptif dan induktif (uji Tukey). Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara strategi pembelajaran konstruktivisme dan strategi pembelajaran ekspositori (Fhitung 5,388>Ftabel 3,988), 2) tidak terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap belajar siswa (Fhitung 1,468<Ftabel 3,995), 3) terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara strategi pembelajaran konstruktivisme sikap belajar positif dan strategi pembelajaran ekspositori sikap belajar positif (Qhitung 4,610>Qtabel 3,739), 4) tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara strategi pembelajaran konstruktivisme sikap belajar negatif dan strategi pembelajaran ekspositori sikap belajar negatif (Qhitung 0,559<Qtabel 3,739); dan 5) tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara strategi pembelajaran ekspositori sikap belajar positif dan strategi pembelajaran ekspositori sikap belajar negatif (Qhitung 1,397<Qtabel 3,739).Kata kunci: model pembelajaran, konstruktivisme, ekspositori, sikap belajar siswa, hasil belajar fisika.
PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR Sumamah Sumamah; Sholeh Hidayat; Suparno Suparno
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i1.7471

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) meningkatkan hasil pembelajaran tematik; (2) meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada tema makanan sehat materi organ pencernaan hewan dan manusia; (3) adanya respon siswa yang positif dalam pembelajaran setelah menggunakan pendekatan saintifik . Subyek penelitian terdiri dari peneliti dan penerapan pendekatan saintifik dalam upaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik dan keterampilan berpikir kritis siswa sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara obyeknya adalah siswa kelas V A SDN Blok I Kota Cilegon berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik tema makanan sehat kelas V SDN Blok I Kota Cilegon sudah melampaui KKM 75; (2) Pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada tema makanan sehat kelas V SDN Blok I Kota Cilegon dengan kategori baik; (3) Adanya respon siswa yang baik setelah  menggunakan pendekatan saintifik dibandingkan sebelum menggunakan pendekatan saintifik pada tema makanan sehat kelas V SDN Blok I Kota Cilegon. Kata kunci : pendekatan saintifik, tematik, keterampilan berpikir kritis.
PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA BUKU CERITA ANAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BANTEN PADA ANAK USIA DINI Astuti Ambarwati; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i1.7467

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu peningkatan kemampuan literasi dan penguasaan kosakata pada anak usia 5-6 tahun melalui media buku cerita kearifan lokal Banten. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2017 yang terdiri dari tiga siklus yaitu siklus I,II dan III yang masing-masing diadakan dua kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan dilakukan observasi, hasil yang diperoleh menunjukkan anak belum diberikan upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi dan penguasaan kosakata melalui media buku cerita kearifan lokal Banten, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan hasil observasi dan dokumentasi berupa foto-foto. Hasil pengamatan awal sebelum dilakukan tindakan prosentase skor yang diperoleh anak sangat kurang dengan data sebagai berikut : pada pra siklus kemampuan literasi dan penguasaan kosakata anak hanya mencapai 32%. Setelah menemukan masalah kesulitan yang dialami anak dalam kemampuan literasi dan penguasaan kosakatanya, kemudian melakukan tindakan yang telah direncanakan, melakukan pengamatan dan refleksi dengan kolaborator. Pada siklus I mencapai 47%, siklus II rata-rata mencapai 55% dan siklus III mencapai 86%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan prosentase kemampuan literasi dan penguasaan kosakata anak. Dengan demikian penelitian ini berhasil. Kesimpuln bahwa melalui  media buku cerita kearifan lokal Banten yang menarik, dapat membantu kesulitan-kesulitan dalam hal peningkatan kemampuan literasi dan penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 3 Kota Serang. Kata Kunci : buku cerita kearifan lokal Banten, literasi, kosakata.
PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Nenah Nenah; Sholeh Hidayat; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i1.7472

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual dan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA Siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain grup faktorial 2x2. Penelitian ini dilakukan di SD  Islam Al-Husna Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI A dan VI B, dengan 20 sampel pada kelas eksperimen dan 20 pada kelas kontrol, jadi sampel penelitian sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Hasil analisis pendekatan pembelajaran (Kontekstual dan berbasis masalah), didapatkan nilai Fhitung >Ftabel (20,429 > 4,013) dengan nilai Sig. (0,000) > 0,05, sehingga dapat di ambil kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah. 2) Hasil analisis pengaruh interaksi didapatkan nilai Fhitung< Ftabel (1,470 < 4,013) dengan nilai Sig. (0,230) > 0,05, sehingga dapat di ambil kesimpulan tidak terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA Siswa. 3) Hasil analisis pendekatan pembelajaran Kontekstual dan Berbasis masalah pada kemampuan berpikir kritis tinggi, didapatkan nilai Fhitung> Ftabel (16,431 > 4,013), dengan nilai Sig. (0,000) < 0,05, sehingga dapat di ambil kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. 4) Hasil analisis pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah pada kemampuan berpikir kritis rendah, didapatkan nilai Fhitung> Ftabel (5,469 > 4,013), dengannilai Sig. (0,023) < 0,05, sehingga dapat di ambil kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.Kata kunci: pembelajaran kontekstual, berpikirkritis, hasil belajar sains
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR Devi Fadila; Masrupi Masrupi; Yuyu Yuhana
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i1.7468

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik yang rendah dalam menguasai kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Inggris berbasis lingkungan kelas satu Sekolah Dasar untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode R & D dengan metode pengembangan Four D, meliputi studi pendahuluan untuk langkah perbaikan, perencanaan, pengembangan produk awal, dan diseminasi. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa LKS bahasa Inggris berbasis lingkungan untuk kelas satu Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDS Rendhawa English School Cilegon dengan subjek penelitian peserta didik kelas satu yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dengan guru dan peserta didik, serta menggunakan soal pre-test dan post-test untuk mengetahui penguasaan kosakata dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan bahan ajar berupa LKS bahasa Inggris berbasis lingkungan, peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata derta mampu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Kata kunci : Bahan Ajar, Kosakata, Hasil Belajar Bahasa Inggris
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH UNTUK MENIGKATKAN POLA WACANA ARGUMENTASI SISWA SEKOLAH DASAR Agus Wahyudi; Sholeh Hidayat; Enggar Utari
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i1.7473

Abstract

Modul pembelajaran adalah media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam belajar secara mandiri untuk menguasai konsep dan materi-materi yang harus dikuasai.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis masalah untuk meningkatkan pola wacana argumentasi pada tema selamatkan makhluk hidup dan juga perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan modul. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan ASSURE, yang merupakan singkatan dari Analyze learners, State Objectives, Select methods, media and material, Utilize media and materials, Require learner participation, Evaluate and revise.Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus sampai dengan Desember 2017 Semester satu tahun pelajaran 2017/2018.Instrumen dalam penelitian ini adalah angket penilaian kualitas modul, lembar kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar saran serta lembar angket respon siswa terhadap produk akhir modul.Modul dinilai dari aspek didaktik, konstruksi, dan teknis.Sedangkan rencana pelakssanaan pembelajaran dinilai berdasarkan kelengkapan dan kesesuaian dengan modul.Data diperoleh dari angket penilaian kualitas modul dan rencana pelaksanaan pembelajaran dianalisis secara kuantitatif.Data yang diperoleh dari lembar saran digunakan untuk perbaikan modul yang disusun.Hasil dari penelitian ini adalah tersusunya modul berbasis masalah untuk meningkatkan pola wacana argumentasi pada tema selamatkan makhluk hidup. Berdasarkan hasil penilaian kualitas modul oleh ahli media/desain, materi dan praktisi, memperoleh nilai 94 dan penilaian kualitas rencana pelaksanaan pembelajarn memperoleh nilai 94,2, serta dari hasil respon siswa terhadap hasil akhir modul memperoleh nilai 90. Ketiganya termasuk kedalam kategori sangat layak, Dari perolehan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa modul berbasis masalah dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam kelas. Kata kunci : Modul Berbasis Masalah, Argumentasi, Tema Selamatkan Makhluk Hidup, Respon Siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SD Hermawan Hermawan; Asnawi Syarbini; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i1.7469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswagan menggunakan model STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran IPA pada materi sistem pernapasan manusia. Subjek penelitian dalam hal ini yaitu siswa kelas V SDN Barugbug 1 yang berjumlah 40 orang siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Maret sampai bulan Mei 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu pada pra siklus siswa kelas V masih pasif dan proses pembelajaran masih berlangsung secara klasikal atau guru sebagai sumber pengetahuan, pada siklus I mulai terlihat keaktifan siswa walaupun tidak seluruhnya, hasil pos tes sebesar 78. 63 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89. 12, siswa lebih aktif, responsif serta saling kerjasama pada siklus II, hasil angket minat meningkat dari 57. 5 siklus I menjadi 80. 62 pada siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar, STAD, Minat Belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue