cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 10 Documents clear
POLA ASUH ORANGTUA DAN DISIPLIN ANAK DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI LEMBAGA PAUD KECAMATAN CURUGBITUNG KABUPATEN LEBAK Wiwik Adindan; Sholeh Hidayat; Cucu Atikah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i1.17566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). mengetahui Penerapan Pola Asuh Orangtua 2). mengetahui Disiplin anak usia 5-6 tahun 3). mengetahui Penanaman Kemandirian anak usia 5-6 tahun.  metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Setelah data didapatkan selanjutnya dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data,dan pengambilan kesimpulan. temuan penelitian : 1). Pola asuh orangtua untuk pola asuh otoriter hanya ada sedikit yang menerapkan  pola asuh otoriter dan  pada umumnya yang tidak menerapkan pola asuh otoriter 2).Untuk pola asuh permisif  hanya sedikit saja orangtua yang menerapkan pola asuh permisif dan sebagian besar  tidak menerapkan pola asuh permisif 3).Untuk pola asuh demokratis pada umumnya orang tua  menerapkan pola asuh demokratis   dan sisanya sedikit sekali yang  tidak menerapkan pola asuh Demokratis 4).Sebagian besar anak sudah  disiplin dan sisanya hanya sedikit yang belum disiplin. 5).Untuk kemandirian anak  dapat diartikan bahwa ada sebagian besar peserta didik paud usia 5-6 tahun sudah mandiri dan sisanya hanya sedikit saja yang masih membutuhkan bantuan orang tua ataupun guru atau belum mandiri. Kesimpulan dari hasil penelitian diatas bahwa kemandirian pada anak usia dini 5-6 tahun dapat terbentuk dengan adanya pola asuh Demokratis dan Disiplin pada anak.
ANALISIS RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP LKPD DIGITAL BERBASIS KREATIVITAS MATERI PEMBUATAN MAKANAN BERUPA KOLOID Neysia Levtania; Lukman Nulhakim; Enggar Utari
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i1.17558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD digital berbasis kreativitas dalam pembuatan makanan berupa koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE. Penelitian ini terdiri dari lima tahapan kegiatan yang meliputi analisis, desain pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pada tahap analisis dilakukan hal-hal yang berkaitan dengan uji pendahuluan dan mengkaji literature, tahap desain merancang desain pembuatan LKPD digital dan instrument penelitian, tahap pengembangan yaitu membuat LKPD digital dan uji validasi produk. Tahap implementasi berupa uji coba LKPD digital berbasis kreativitas kepada 20 peserta didik. Tahap evaluasi berisi analisis respon peserta didik serta menyusun LKPD digital yang telah disempurnakan serta membuat simpulan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar fespon peserta didik. Teknik pengolahan data yang dilakukan menggunakan skala guttman. Hasil respon peserta didik terhadap LKPD digital berbasis kreativitas sangat sesuai untuk di implementasikan.
PENGEMBANGAN DESAIN PELATIHAN EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SERANG
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i1.17567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan desain pelatihan efektif untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Serang, (2) mengetahui kelayakan desain pelatihan, dan (3) mengetahui efektivitas desain pelatihan. Pengembangan desain pada penelitian ini terdiri dari tujuh langkah utama yang diadaptasi dari model model ADDIE (Analysis, Design. Development, Implementation, Evaluation), meliputi: analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi produk, uji coba terbatas, uji lapangan, dan penentuan produk akhir. Produk akhir dari penelitian pengembangan adalah desain pelatihan efektif untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dasar dengan pendekatan partisipatif yang disajikan dalam bentuk buku panduan. Analisis kesenjangan kompetensi pada dimensi kewirausahaan menunjukkan bahwa kepala sekolah dasar di Kecamatan Serang membutuhkan pelatihan dengan materi unit produksi dan jasa. Hasil validasi media diperoleh nilai rata-rata 4.1, yang artinya desain ini layak dikembangkan. Hasil validasi materi diperoleh nilai rata-rata 4.8, yang artinya materi pada desain ini sangat layak digunakan. Tes formatif berupa pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur efektivitas desain. Hasil uji statistik menunjukkan taraf signifikansi 0.006 untuk aspek pengetahuan dan 0.000 untuk aspek sikap yang artinya desain ini efektif meningkatkan hasil belajar.
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU SD DI KECAMATAN TAKTAKAN KOTA SERANG Nina Rostiana; Muhamad Syadeli Hanafi; Sholih Sholih
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i1.17560

Abstract

Di dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara supervisi kepala sekolah dengankomunikasi interpersonal secara parsial dan simultan dengan etos kerja guru pada SD di kecamatan Taktakan Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan jenis penelitian kuantitatif mendekati. Subjek penelitiannya adalah guru sedangkan objek penelitiannya adalah pengawasan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal.  Hasil yang didapat menunjukkan bahwa ada hubungan antara supervisi kepala sekolah dengan interpersonal komunikasi secara parsial dan simultan signifikan dengan etos kerja guru dalam SD di kecamatan Taktakan Kota Serang
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, DAN MATH) UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SENI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-KAUTSAR KECAMATAN PURWAKARTA KOTA CILEGON Farida Ariyani Kangiden; Luluk Asmawati; Cucu Atikah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i1.17569

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math) yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun?, (2) Bagaimana pelaksanaan Metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math) yang dapat mengembangkan kemampuan Seni anak usia 5-6 tahun?, (3) Apakah terdapat kemajuan perkembangan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math)? (4) Apakah terdapat kemajuan perkembangan kemampuan seni pada anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math)?.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui :(1) Pelaksanaan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math) yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun, (2) Pelaksanaan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math) yang dapat mengembangkan kemampuan Seni anak usia 5-6 tahun, (3) Kemajuan perkembangan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math), (4) Kemajuan perkembangan kemampuan seni pada anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menujukan sebagian besar anak memperoleh predikat baik sekali. Saran, pendidik menggunakan STEAM dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan pengembangan kognitif dan seni pada Peserta Didik.
EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PPKN DI SMAN I PANGGARANGAN Nurfiqa Sarah; Isti Rusdiyana; Lukman Nulhakim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i1.17561

Abstract

Kesan mata pelajaran PPKn yang monoton mempengaruhi antusiasme peserta didik terhadap proses pembelajaran, hal ini menjadi penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan LKPD berbasis liveworksheets pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMAN 1 Panggarangan. Penelitian ini merupakan  Research & Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah wawancara, angket dan tes. Efektivitas pembelajaran pada penelitian ini menggunakan pre-test sebelum penggunaan dan post-test sesudah penggunaan LKPD berbasis Liveworksheets. Hasil dari pre-test dan post-test menggunakan uji n-gain score ialah 0,74 berdasarkan nilai rujukan jika nilai g>0,7 maka masuk dalam kategori “tinggi” yang artinya proses pembelajaran berjalan dengan efektif.
Hubungan Aktivitas Bermain di Rumah dengan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kota Serang - Banten Siti Kholifah; Luluk Asmawati; Fadlullah Fadllulah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i1.17570

Abstract

Orangtua memegang peran sangat penting yang dapat mempengaruhi pendidikan anaknya sekaligus memiliki tanggung jawab atas perawatan dan bimbingan anak-anak mereka untuk mencapai tahapan-tahapan tertentu dalam mempersiapkan diri pada kehidupan sosial. Berdasarkan hasil pengamatan sementara bahwa di Kota Serang, penulis menemui beberapa permasalahan yang ada diantaranya orangtua sibuk dengan tugasnya sendiri, orangtua merasa kesulitan membagi waktu bermain dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan aktivitas bermain di rumah dengan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di Kota Serang-Banten. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian korelasi antara peran orang tua dengan Perkembangan sosial diperoleh nilai (rhitung) 0,609 dengan nilai Sig0,000. /Vilai rhitung > rtabei (0,609 > 0,254). Vilai Sig < nilai a (0,000 < 0,05). Maka, dapat disimpulkan terdapat hubungan antara peran orang tua dengan perkembangan sosial. korelasi antara aktivitas bermain di rumah dengan Perkembangan sosial diperoleh nilai (rhitung) 0,588, dengan nilai Sig 0,002. Nilai rhitung > rtabel (0,588 > 0,254) dan Sig < nilai a (0,002 < 0,05). Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas bermain di rumah dengan Perkembangan sosial anak.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI GUGUS 2 SDN KECAMATAN BAROS SERANG Syadeli Hanafi; Nandang Faturohman
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i1.17556

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri gugus 2 Kecamatan Baros untuk mengetahui (1).masih ada Kepala Sekolah yang kurang memperhatikan kinerja Guru? (2) Masih ada guru yang tidak menyusun persiapan mengajar secara rutin ; (3) Masih ada guru yang membawa pekerjaan luar sekolah ke dalam sekolah ; (4) Masih ada guru yang kurang bersemnagat dalam mensuksesan program sekolah ; dan (5) Masih ada guru yang tidak melengkapi adminitrasi pembelajaran, tidak menggunakan media, model dan teknologi dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian dalam penelitian ini yaitu : (1)Untuk menganalisis dan mendeskripsikan Pengaruh Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah  Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Gugus 2 di Kecamatan Baros (2). Untuk menganalisis dan mendeskripsikan Pengaruh Motivasi Kerja Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Gugus 2 di Kecamatan Baros (3)Untuk menganalisis dan mendeskripsikan Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Secara bersama-sama Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Gugus 2 di Kecamatan Baros. Hasil dari penelitian ini yaitu ; pertama terdapat pengaruh yang kuat Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah  (X1) terhadap Kinerja Guru (Y) ditunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0.569 dan koefisien determinasinya sebesar 32,4 % dan nilai signifikansi 0,000 < 0,005, Kedua terdapat pengaruh yang kuat Motivasi Kerja (X2) terhadap Kinerja Guru (Y). ditunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,722 dan koefisien determinasinya sebesar 52.2% dan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Ketiga terdapat pengaruh yang kuat kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru ditunjukaan nilai koefisien korelasi sebesar 0.771 dan koefisien determinasinya sebesar 59,4 % dan nilai signifikansi 0,000 < 0,005.
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS ANIMASI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI PONTANG II KECAMATAN PONTANG KABUPATEN SERANG Roji Roji; Sudadio Sudadio; Lukman Nulhakim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i1.17565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pada materi sistem pencernaan mata pelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yakni analyze, design, develop, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pontang II. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar wawancara, angket kelayakan, angket respon siswa dan instrument test. Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif. Hasil penilaian uji ahli pada aspek materi dan aspek multimedia secara keseluruhan memperoleh nilai rata-rata 82% dengan kategori sangat layak. Pada hasil penilaian uji efektivitas penggunaan media video berbasis animasi memperoleh nilai rata-rata 76% dengan kategori efektif. Adapun pada hasil uji respons siswa memperoleh hasil 68% dari 19 orang siswa menyatakan media yang dikembangkan sangat menarik, 26% siswa menyatakan menarik dan 0,5% menyatakan cukup menarik. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media video berbasis animasi pada materi sistem pencernaan sangat layak digunakan sebagai media penunjang proses pembelajaran siswa kelas V SD.
HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANGTUA DAN PEYEDIAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SE KECAMATAN GUNUNG KENCANA KABUPATEN LEBAK Dede Isnaeni; Isti Rusdiyani; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v9i1.17557

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perhatiaan orangtua dengan kemampuan membaca permulaan, hubungan antara  penyediaan APE dengan  kemampuan membaca permulaan, dan hubungan antara perhatiaan orangtua dan penyediaan APE dengan kemampuan membaca permulaan di  TK Sekecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui studi korelasi. Populasi berjumlah 65 orang anak TK se-Kecamatan Gunung Kencana dengan jumlah sampel adalah seluruh jumlah populasi. Tempat penelitian dilaksanakan di Kecamatan Gunung Kencana. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif Perhatian Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada siswa TK se-Kecamatan Gunung Kencana, dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien korelasi rx1y sebesar 0,704. (2) Terdapat hubungan Penyediaan Alat Permainan Edukatif (APE)  terhadap Kemampuan Membaca Permulaan  pada Kecamatan Gunung Kencana, dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien korelasi rx1y sebesar 0,714. (3) Terdapat hubungan Perhatian Orang Tua dan Penyediaan Alat Permainan Edukatif (APE)  secara simultan Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan  pada anak TK Se-Kecamatan Gunung Kencana. Ditunjukkan dengan persamaan regresi   Ŷ = a + b1 X1 + b2 X2 = 0,510 + 0,720X1 + 0,189X2. Koefisien regresi sebesar 0,720 dan 0,189  menyatakan bahwa setiap penambahan satu skor atau nilai Kemampuan Membaca Permulaan  akan memberikan peningkatan skor sebesar 0,510. Untuk melihat besarnya hubungan ketiga variabel ditunjukan dari besarnya nilai koefisien korelasi rx1x2y sebesar 0,721. dengan nilai koefisien determinasinya sebesar 0,520.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue