cover
Contact Name
Miftah Rakhmadian
Contact Email
ecoducation.journal@gmail.com
Phone
+6285649935787
Journal Mail Official
ecoducation.journal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Citandui, No.46, Kota Malang, Jawa Timur, INDONESIA
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Economic and Education Journal (Ecoducation)
ISSN : 26846993     EISSN : 26565234     DOI : https://doi.org/10.33503/ecoducation.v6i1
Core Subject : Economy, Education,
Economic and Education Journal (Ecoducation): an open access journal to publish research results in the fields of economics and education. Managed and published by the Economic Education Study Program, Insan Budi Utomo University, with ISSN Numbers: P-ISSN 2684-9663 and E-ISSN 2656-5234. This journal is published three times a year; in April, August and December. The scope of this journal: Economic Education, Economics, Accounting, Management, and Entrepreneurship.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)" : 10 Documents clear
Analisis Rasio Profitabilitas dan Likuiditas untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Siantar Top Tbk. Periode Tahun 2016- 2020 An-nurlia Hanifah; Ari Nurul Fatimah
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 4 No 1 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v4i1.1436

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk menilai kinerja keuangan perusahaan yang dinilai dengan analisis rasio keuangan pada PT Siantar Top Tbk. dengan menggunakan Rasio Profitabilitas yang terdiri dari Net Profit Margin, ROA (Return On Assets), ROE (Return On Equity) dan Rasio Likuiditas yang terdiri dari Rasio Lancar (Current Ratio), Rasio Cepat (Quick Ratio) untuk mendapatkan laba dan meningkatkan prestasi yang dicapai perusahaan, maka perusahaan tersebut harus memiliki kinerja keuangan yang efektif dan sehat. Hasil penelitian menunjukkan kinerja keuangan perusahaan dinilai dari rasio profitabilitas menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam kondisi kurang baik, karena masih belum mampu untuk memperoleh keuntungan, sedangkan jika dinilai dari rasio likuiditas menunjukkan bahwa perusahaan dalam kondisi baik, dapat dilihat bahwa rata-rata rasio lancar dan rasio cepat telah mencapai batas standar rata-rata industri. Data yang diteliti adalah laporan keuangan PT Siantar Top Tbk. dari tahun 2016 sampai dengan 2020. Data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan annual report yang bersumber dari website resmi PT Siantar Top Tbk.
Analisis Pembiayaan Mudharabah Bank Syariah Pada Masa Pandemi Covid-19 Meysa Damayanti; Risma Wira Bharata
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 4 No 1 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v4i1.1612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pembiayaan mudharabah pada bank syariah. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta memiliki sifat deskriptif. Penelitian ini termasuk dalam studi literature dengan menelaah sumber tertulis yakni artikel ilmiah, literature dan sumber lainnya yang dianggap sesuai dengan objek. Indonesia sedang dalam permasalahan yang cukup rumit yaitu kasus Covid-19 yang semakin hari mengalami peningkatan yang cukup tinggi, hal ini mengakibatkan semua aspek ekonomi ikut bergejolak. Salah satunya yaitu dalam dunia perbankan syariah pastinya ada pembiayaan yang dilakukan demi kesejahteraan nasabah. Dampak yang terjadi dalam sisi pembiayaan yaitu penurunan pada pembiayaan mudharabah dalam situasi yang berbeda dari sebelumnya. Hasil penelitian ini yaitu bahwa tingkat performing financing akan berpengaruh terhadap tingkat keuntungan pada perbankan syariah. Dengan demikian ketidakstabilan pembiayaan yang ada pada perbankan syariah akan berpengaruh pada keuntungan yang diperoleh pihak bank.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah BMT Bima terhadap Produk Simpanan dalam Berinvestasi Syariah Devita Ramadhani; Retnosari Retnosari
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 4 No 1 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v4i1.1690

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keinginan nasabah BMT BIMA untuk menabung melalui investasi syariah di BMT BIMA. Penulis memilih nasabah di Koperasi Jasa Keuangan Syariah ( KJKS ) BMT BIMA cabang 01 Dukun untuk penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer berupa wawancara langsung dengan nasabah KJKS BMT BIMA dan pekerja. Berdasarkan temuan, KJKS BMT BIMA menawarkan berbagai solusi tabungan, antara lain akad wadi'ah dan mudharabah. Untuk membuka rekening, melakukan penyetoran dan penarikan simpanan ada beberapa prosedur yang tentunya mudah untuk dilakukan oleh nasabah. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi minat nasabah yang seperti strategi BMT BIMA dalam upaya memudahkan nasabah dalam bertransaksi, letak BMT BIMA yang strategis, keuntungan yang didapatkan nasabah trutama pada produk SISUPRA (Simpanan Praktis ), SIJAKA ( Simpanan Berjangka ), dan SBI ( Simpanan Berjangka Inovatif ).
Analisis Laporan Realisasi Anggaran untuk Menilai Pelaksanaan Anggaran Belanja pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Magelang Gusti Ayu Givsa; Octavia Lhaksmi Pramudyastuti
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 4 No 1 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v4i1.1758

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efektivitas serta efisiensi pelaksanaan anggaran dalam belanja daerah pada BPKAD Kota Magelang. Metode penelitian ini metode deskriptif kualitatif pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan dan dokumentasi, jenis analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan laporan realisasi anggaran belanja pada BPKAD Kota Magelang dan berbagai informasi terkait BPKAD Kota Magelang. Hasil analisis menunjukkan bahwa belanja daerah pada BPKAD Kota Magelang tahun 2016-2019 bervariasi. Tingkat efektivitas yang paling tinggi pada tahun 2019 dan paling rendah tahun 2017. Pelaksanaan pada anggaran belanja selama 3 tahun dari 2016 sampai 2018 cukup efektif dan pada tahun 2019 dikatakan efektif karena kegiatan yang dianggarkan telah dilaksanakan dan terealisasi sesuai dengan harapan. Pelaksanaan anggaran belanja daerah tahun 2016 kurang efisien yang mana presentase ada diantara 90%-100%, kemudian pada tahun 2017-2018 mengalami kenaikan dari kriteria cukup efektif menjadi efektif dan tahun 2018-2019 terjadi penurunan dari kriteria efektif turun menjadi cukup efektif
Peran Penyuluhan dan Tingkat Partisipasi Petani dalam Meningkatkan Produksi Usaha Tani Jagung Anita Arajak; Muh Yunus; Muh Fahreza
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 4 No 1 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v4i1.1798

Abstract

Penelitian bertujuan mengatahui penyuluhan serta taraf partisipasi petani pada menaikkan produksi usaha tani jagung. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian semua petani sebanyak 32 orang. Sampel penelitian mengunakan metode (simple random sampling), sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data skoring atau (rating scale). akibat penelitian menujukan bahwa secara keseluruhan, dinilai tinggi sebab indikator seperti adanya motif partisipasi, metode pengambilan keputusan partisipasi, dan sikap partisipasi terpenuhi. Tingginya taraf partisipasi petani terkait dengan fungsi seperti perubahan sosial, agama diri, serta gerakan sosial, dan prinsip-prinsip mirip proses kolaboratif, di mana klien, pekerja sosial, dan penyuluh berkolaborasi sebagai kawan buat menaikkan produksi pertanian jagung. Kesimpulannya kegiatan penyuluhan terlaksana dengan baik, dan partisipasi petani meningkat.
Analisis Efektivitas dan Efisiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja Daerah pada BPKAD Pemerintah Kota Magelang (Tahun 2015-2018) Sekar Ayu Widowati; Ari Nurul Fatimah
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 4 No 1 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v4i1.1799

Abstract

Tujuan penelitian ialah mengkaji kinerja dari BPKAD Kota Magelang tahun anggaran 2015 – 2018. Data dalam penelitian merupakan data sekunder yang didapatkan dari BPKAD Kota Magelang berupa Laporan Realisasi Anggaran periode 2015 – 2018. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif yang menggunakan Teknik analisis efektivitas serta efisiensi untuk mengukur kinerja BPKAD Kota Magelang. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa tingkat efektivitas anggaran belanja selama periode 2015 – 2018 terjadi fluktuasi di setiap tahunya, dimana tahun 2015 tergolong kedalam karakteristik kurang efektif, dan pada tahun 2016 – 2018 masuk karakteristik cukup efektif. Didalam pelaksanaanya, BPKAD Kota Magelang secara keseluruhan telah diolah secara efisien dimana pada tahun 2015 dan 2016 masuk karakteristik sangat efisien dan tahun 2017 – 2018 masuk karakteristik efisien.
Analisis Model Akuntansi Sektor Publik untuk Mencegah Kecurangan Penganggaran Keuangan Divana Meliyana; Nuwun Priyono
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 4 No 1 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v4i1.1800

Abstract

Tinjauan ini dimaksudkan untuk menemukan dan menggambarkan kualitas fraud yang terjadi di ruang publik di masa depan dan mengembangkan model penggunaan Penganggaran Sektor Publik untuk mencegah pungli yang terjadi di area publik dalam waktu yang terkomputerisasi. Eksplorasi yang diarahkan adalah penelitian survei tulisan yang diperoleh dari artikel-artikel yang layak untuk dijadikan bahan pemeriksaan untuk penyelidikan lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ciri-ciri pemerasan di ruang publik yang terjadi di masa depan termasuk pemanfaatan kebingungan tentang tugas teknologi komputerisasi dalam pelaksanaan kewajiban pembukuan publik, penggunaan teknologi komputerisasi untuk meningkatkan kebebasan menyampaikan pernyataan yang keliru, pemanfaatan isu-isu di ruang publik blunder manusia dan tidak adanya informasi dalam pemanfaatan teknologi terkomputerisasi, memanfaatkan item teknologi canggih, untuk menyelesaikan kesalahan fraud. Pemanfaatan pembukuan sektor publik dapat mencegah fraud di area publik di masa depan dengan asumsi itu dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang mempengaruhi pungli, seperti tanggung jawab eksekusi, dan pelaksanaan prosedur khusus, pendekatan dua pandangan, dan teknik pencegahan.
Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Matriyanus Ardinius Mundus; Putri Vina Sefaverdiana; Miftah Rakhmadian
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 4 No 1 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v4i1.1821

Abstract

Modul diartikan sebagai media untuk belajar mandiri karena di dalamnya telah dilengkapi petunjuk untuk belajar sendiri. Artinya, pembaca dapat melakukan kegiatan belajar tanpa kehadiran pengajar secara langsung yang dipadu oleh media modul sehingga mempermudahkan pesera didik untuk belajar kapan dan dimanapun saja. Jenis pengembangan yang digunakan dalam penelitan ini adalah pengembangan atau Research and Development. Alasan peneliti memilih jenis pengembangan ini karena pengembangan merupakan suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu.Hal ini relevan dengan tujuan peneliti yang ingin menghasilkan suatu produk yang valid, praktis, dan efektif, berupa modul. Penelitian dan pengembangan ini berdasarkan model pengembangan yang dipilih, yaitu model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan. Model pengembangan 4D terdiri atas empat tahap yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Development dan 4) Disseminate. Produk yang di hasilkan berupa pengembangan modul pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Ibnu Sina. Berdasarkan hasil validasi oleh ke dua ahli yang pertama ahli materi diperoleh skor 92,64 dan ahli media dengan skor 83,92 dari nilai diatas dapat disimpulkan bahwa modul pelaku ekonomi masuk ke kategori sangat layak dan sudah bisa di implementasikan ke siswa siswi SMP.
Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Keo Tengah Satap Kodiwuwu Yustinus Rano Jawa; Deni Nugroho Setyabudi
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 4 No 1 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v4i1.2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS banyak yang belum bisa mencapai KKM, hanya terdapat beberapa siswa saja yang nilainya memuaskan. Hal tersebut dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga mengakibatkan siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Keo Tengah Satap Kodiwuwu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang melibatkan refleksi berulang yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Keo Tengah Satap Kodiwuwu yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan Tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dari siklus I dan siklus II yang terdiri dari nilai pre-tes, post-tes, dan Ngain (Normalized gain) yaitu sebagai berikut: Nilai rata-rata pre-test siklus I adalah 3,3 dan nilai rata-rata post-test 6,35, nilai pre-test siklus II adalah 4,25 dan nilai rata-rata post-test adalah 8,3 dari hasil tersebut diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sedangkan rata-rata Ngain (normalized gain) pada siklus I adalah 0,45 dan rata-rata nilai Ngain (normalized gain) Siklus II 0,70 hasil ini menunjukan adanya peningkatan rata-rata Ngain. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Keo Tengah Satap Kodiwuwu. Model pembelajaran inquiry terbimbing sangat baik untuk digunakan karena mampu memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Analisis Kebutuhan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Terhadap Mata Kuliah Ekonomi Moneter (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP Budi Utomo) Yulita Pujiharti; Loesita Sari; Amanah Agustin
Economic and Education Journal (Ecoducation) Vol 4 No 1 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Insan Budi Utomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33503/ecoducation.v4i1.2025

Abstract

Kampus Merdeka Merdeka Belajar (MBKM) memberi kebebasan pada civitas akademika untuk berkreasi dan berinovasi tidak terbatas pada ruang dan waktu. Implementasi nya Program studi mengembangkan kurikulum dengan menyesuaikan model pengembangan kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka agar mampu mengimplementasikan keleluasaan pembelajaran yang fleksibel sesuai kebutuhan mahasiswa dan tidak monoton. Perubahan Kurikulum sebagai bentuk implementasi dari peraturan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di IKIP Budi Utomo telah dilakukan sejak awal tahun 2020 begitu kebijakan tersebut diluncurkan. Seiring dengan perubahan kurikulum tersebut maka beberapa mata kuliah melakukan melakukan analisis kebutuhan Mata Kuliah untuk mengkonfirmasi kebutuhan mahasiswa. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana kebutuhan mahasiswa pada mata kuliah Ekonomi Moneter dilihat dari (1)Proses Perkuliahan (2) Proses Studi Literasi (3) Kesesuaian Materi Dengan Perkembangan Era 5.0 (4) Kesesuaian Nama MK dengan Isi Materi Yang disajikan. Desain pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Dengan sampel secara acak dengan jumlah sebanyak 70 mahasiswa yang sedang menempuh MK Ekonomi Moneter dengan menggunakan Google Form.Angket terbuka dipilih karena sifat angket jenis ini yang dapat mengakomodasi berbagai masukan. Setelah dilakukan penelitian analisis kebutuhan terhadap Mata Kuliah Ekonomi Moneter tersebut maka dapat disimpulkan (1) Mahasiswa tidak keberatan dengan kondisi perkuliahan secara daring (2) Untuk Studi Literasi mahasiswa merasa sulit untuk mencari secara daring (3)Materi sudah sesuai dengan Capaian Pembelajaran(4)Responden menyatakan Nama MK tidak sesuai dengan Capaian dan Materi MK. Sedangkan Saran setelah dilakukan penelitian ini adalah (1) Perlu diadakan buku ajar yang disesuaikan dengan perkembangan era 5.0 (2) Perubahan Nama Mata Kuliah dari Ekonomi Moneter menjadi Ekonomi Uang dan Bank sesuai dengan Capaian Pembelajarannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10