cover
Contact Name
Andi Patimbangi
Contact Email
andipatimbangi85@gmail.com
Phone
+6285239390445
Journal Mail Official
jurnal_akunsyah@iain-bone.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah
ISSN : 28284399     EISSN : 29618703     DOI : 10.30863
Core Subject : Economy,
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Akunsyah) is a peer-reviewed journal published by Department of Sharia Accounting, Faculty of Economics and Business, IAIN Bone twice a year (June and December). Akunsyah aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide the significant contribution to the development of Sharia accounting practices and the Sharia accounting profession in Indonesia and in the world. Consistent with its purpose, Akunsyah provides insights in the field of accounting and finance for academics, practitioners, researchers, regulators, students, and other parties interested in the development of accounting practices and accounting profession. Akunsyah accepts manuscripts of either quantitative or qualitative research, written in either Indonesian or English. Akunsyah accepts manuscripts from Indonesian authors and also authors from various parts of the world.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021" : 5 Documents clear
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Fitriani Fitriani
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i2.3026

Abstract

Penelitian ini mengkaji Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu PT. Mayora Indah Tbk dan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk periode 2016-2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Rasio likuiditas (Current Ratio) dan rasio Profitabilitas (ROA dan ROE). Jenis penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif dan data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan jenis data sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis rasio keuangan. Berdasarkan hasil analisis rasio likuiditas (Current Ratio) dan Rasio profitabilitas (Return on Equity/ROE dan Return on Asset/ROA) selama lima tahun yaitu dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2020, bahwa perusahaan yang lebih likuid dan menguntungkan yaitu PT. Mayora Indah Tbk. Artinya PT. Mayora Indah Tbk lebih likuid dalam memenuhi kebutuhan jangka pendek atau operasional perusahaan serta mampu memberikan laba/keuntungan bagi perusahaan yang menggambarkan keberhasilan kinerja perusahaan. 
ANALISA KESEHATAN BANK Muhammad Ardi; Mutiyah Mahdin
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i2.3027

Abstract

This paper aims to determine the  bank financial statements in terms of bank liquidity which is one of the most important media for assessing the economic condition of banks regarding the cash position of a bank and the ability of banks to meet short-term needs (debt) on time.The method used in this article is descriptive method with  library research, such as  several sources of books, figures and  formulas. Liquidity management is one of the most important functions carried out by banking institutions. An efficient management needs instruments and financial market  both short term and long term whether  conventional and sharia banking with the CAMEL approach. It is easy to identify the bank if the bank condition reaches a ratio scale healthy (19%-0%) with predicate 81-100, moderate (24%-19,1%) with predicate 66-81, less healthy (49%- 34.1%) with predicate 51-66 and unhealthy (100%-49%) with predicate 0-51. 
STRATEGI PENERAPAN BUSINESS PLAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Irmayanti Irmayanti; Ismail keri
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i2.3023

Abstract

Business plan merupakan suatu rencana tertulis yang berisi tentang usaha yang akan dikelola, visi dan misi bisnis, entrepreneur dengan usahanya serta cara atau strategi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan penjualan adalah ilmu dan seni yang dilakukan oleh penjual dalam menawarkan barang atau jasa kepada orang lain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana strategi penerapan business plan yang dilakukan pada usaha mebel PT Al Faqih Putra Risjaya, (2) Bagaimana efektivitas penerapan business plan dalam meningkatkan penjualan menurut perspektif ekonomi Islam. Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penerapan business plan yang dilakukan pada usaha mebel PT Al Faqih Putra Risjaya, telah dirancang sejak awal pendirian bisnis hingga saat ini dan diimplementasikan melalui aspek keuangan, aspek pemasaran (produk, harga, lokasi dan saluran distribusi, promosi), aspek operasional/produksi serta aspek Sumber Daya Manusia (SDM). Adanya penerapan business plan pada PT Al Faqih Putra Risjaya sangat efektif dalam meningkatkan penjualan dan pengembangan bisnis. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat penerapan business plan maka akan semakin tinggi tingkat potensi laba yang akan diperoleh dan semakin besar peluang untuk membuka cabang usaha dalam rangka pengembangan bisnis. Dalam perspektif ekonomi Islam, penerapan business plan dalam menjalankan kegiatan usaha pada PT Al Faqih Putra Risjaya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dalam ekonomi Islam yaitu tauhid, keadilan dan keseimbangan, kehendak bebas dan tanggung jawab, dan juga pada kegiatan ekonomi yang dilakukan telah mencontoh sifat-sifat Nabi Muhammad saw yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah. 
AUDITOR SYARIAH DENGAN SERTIFIKASI SYARIAH (ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN) Sari Utami
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i2.3024

Abstract

Lembaga Keuangan Syariah yang diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah memiliki suatu tanggung jawab dari segi aspek Syariah. Auditor Syariah hadir untuk memperbaiki segala yang menjadi tanggung jawab dan tugasnya, penelitian ini hadir untuk membahas perkembangan audit syariah di Indonesia yang menjadi peluang sekaligus tantangan kedepannya agar audit syariah ini menjadi bagian dalam menjaga kesesuaian prinsip syariah pada lembaga keuangan syariah di Indonesia. Dimana menjadi seorang auditor Syariah itu harus memiliki sertifikasi Syariah yang menjadi penunjang dalam melaksanakan tugasnya. Sebuah organisasi profesi akuntansi, IAI memberikan serta memfasilitasi Sertifikasi Akuntansi Syariah (SAS) bagi auditor syariah, namun sertifikasi yang ada ini dirasa masih belum optimal karena materi dalam SAS belum mencakup konsep dasar dan proses audit syariah seperti yang diterapkan oleh lembaga sertifikasi atau pelatihan auditor syariah di beberapa negara yang telah memiliki auditor syariah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan deskriptif dengan data studi pustaka. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa peluang auditor akuntansi syariah di antaranya: 1) Mengikuti ujian sertifikasi akuntansi umum dan syariah, 2) Mengikuti Shariah Audit in Islamic Finance Workshop, dan 3) Mengikuti Shariah Audit Certificate Course. Adapun beberapa tantangan terkait kompetensi auditor syariah di Indonesia adalah 1) Memperbaharui pengetahuan serta kompetensi dewan pengawas syariah, 2) Kerjasama antara DSN-MUI dengan OJK dalam menciptakan sertifikasi dewan pengawas syariah yang wajib, 3) Lembaga pendidikan mampu memenuhi kebutuhan Industri terkait dewan pengawas syariah. 
PENGARUH TRUST DAN MUTU E-BANKING TERHADAP LOYALITAS BERTANSAKSI SECARA ONLINE PADA BANK SULSELBAR SYARIAH SENGKANG Jumarni Jumarni; Nenni Hardianengsi
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 2 (2021): Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i2.3025

Abstract

Dimasa pandemi sekarang ini kita perlu memahami tentang kemudahan-kemudahan layanan yang ditawarkan oleh pihak perbankan, agar kita tetap bisa bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini membahas tentang pengaruh trust dan mutu e-banking terhadap loyalitas nasabah bank sulselbar syariah cabang sengkang. Trust atau kepercayaan konsumen adalah pengetahuan konsumen tentang suatu objek, atributnya, dan manfaatnya. Mutu sistem E-Banking merupakan suatu proses evaluasi menyeluruh pelanggan mengenai kesempurnaan system. Sedangkan Loyalitas adalah respon perilaku atau pembelian yang bersifat bias dan terungkap secara terus-menerus oleh pengambil keputusan dengan memperhatikan satu atau lebih merek alternatif dari sejumlah merek sejenis dan merupakan fungsi proses psikologis.Jenis penelitian ini tergolong  penelitian kuantitatif dengan penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus lemeshow. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Trust dan Mutu E-banking memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Bertransaksi secara online Karena Trust dan Mutu E-Banking tersebut memiliki jumlah persentase yang berada di taraf Tinggi  yaitu sebesar 66,8%. Hasil dari analisis yang didapatkan bahwa terdapat pengaruh positif Trust dan Mutu E-banking terhadap Loyalitas Bertransaksi secara online hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah presentase Trust dan Mutu e-Banking dengan nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel pada tingkat signifikansi 5%, dimana F hitung sebesar 93,364 dan F tabel sebesar 3,09. Selain itu, nilai signifikansi sebesar 0,000 juga menunjukan nilai yang lebih kecil dari nilai yang telah ditentukan yaitu 0,05 (0,000 0,05). Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,817 sehingga kemudian didapat koefisien determinasi (R2) sebesar 0,668. Nilai koefisien determinasi tersebut menggambarkan bahwa sebesar 66,8%  Loyalitas dapat dijelaskan oleh variabel Trust dan Mutu. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5