cover
Contact Name
Prayudi Lestantyo
Contact Email
prayudilestantyo@uin-malang.ac.id
Phone
+6285234744044
Journal Mail Official
j-iems@uin-malang.ac.id
Editorial Address
Jalan Gajayana No. 50 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Ulul Amri
ISSN : 28301420     EISSN : 28301420     DOI : https://doi.org/10.18860
Core Subject : Education,
Ulul Amri:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, memberikan kesempatan kepada para mahasiswa, peneliti dan profesional di bidang pendidikan untuk mendiskusikan isu-isu paling aktual mengenai pengembangan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan Islam. Demikian pula, mengatasi peran manajer pendidikan yang semakin kompleks, menawarkan banyak perspektif mengenai masalah-masalah umum dan menyediakan forum untuk berbagi ide, informasi, dan keahlian. Jurnal ini mengeksplorasi penelitian dalam bidang-bidang berikut: 1. Manajemen pendidikan Islam 2. Kepemimpinan pendidikan Islam 3. Inovasi pendidikan Islam 4. Manajemen strategis dalam pendidikan Islam 5. Transformasi digital dalam pendidikan Islam 6. Pengembangan sumber daya manusia dalam pendidikan Islam 7. Penjaminan mutu dalam pendidikan Islam
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam" : 10 Documents clear
Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak dalam Mewujudkan Mutu Pembelajaran di Kota Batu Yaqien, Nurul; Haikal, Imam Fikri; Maulida, Rizky
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i3.824

Abstract

Dengan tujuan pemulihan pembelajaran tahun 2022 sampai tahun 2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Pandemi Covid-19 yang menyebabkan berbagai permasalahan dalam proses belajar-mengajar di lembaga pendidikan sehingga memberikan dampak yang cukup signifikan. Kurikulum 2013 sebelum adanya Covid-19 menjadi satu-satunya kurikulum yang diimplementasikan. Masa pandemi Covid-19 yang berawal dari tahun 2020-2021 menyebabkan Kemendikbud Ristek mengeluarkan kebijakan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Darurat. Masa pandemi pada tahun 2021-2022 Kemendikbud Ristek mengeluarkan kebijakan penggunaan Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan. Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan menjadi wasilah untuk memperbaiki dan pemulihan proses pembelajaran yang dikeluarkan pada tahun 2021. SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu merupakan sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perencanaan implementasi kurikulum bersifat Merdeka di SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 dalam mewujudkan mutu pembelajaran di kota Batu, (2) Implementasi kurikulum bersifat Merdeka di SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 dalam mewujudkan mutu pembelajaran di kota Batu, dan (3) Hasil implementasi dari kurikulum bersifat Merdeka di SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 dalam mewujudkan mutu pembelajaran di kota Batu. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumenn pengumpulan data adalah peneliti sendiri dengan mengamati secara langsung ke lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa reduksi data dan triangulasi baik sumber metode dan waktu. Hasil penelitian ini adalah, (1) Pada tahap perencanaan Kurikulum Merdeka, kedua sekolah sudah melaksakan sesuai dengan arahan yang diberikan saat pelatihan, yaitu Kurikulum Merdeka harus menerapkan perancangan kurikulum operasional pendidikan, (2) Implementasi Kurikulum Merdeka pada kedua sekolah berjalan dengan baik. Di SMA Negeri 2 dan SMP Muhammadiyah 8 sudah menerapkan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan (3) Hasil implementasi dari Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 2 Batu adalah peserta didik lebih sigap dan aktif karena kegiatan proyek mengharuskan diterapkan secara berkelompok atau kerja tim. Adapun hasil implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah 8 adalah guru lebih leluasa mengajar dalam hal memberikan materi ajar kepada peserta didik. Antara SMP Muhammadiyah 8 dan SMA Negeri 2 Batu dalam tahapan sekolah penggerak sudah masuk pada tahap 4. Pada tahap 4 ini memuat beberapa poin, seperti berpusat pada siswa, refleksi guru dan perbaikan pembelajaran terjadi, serta guru dan kepala sekolah melakukan pengimbasan. Ke dua lembaga tersebut sudah memusatkan segala kegiatan pendidikan kepada siswa serta guru sudah melakukan perbaikan dalam pembelajaran seperti melakukan penyesuaian pengajaran yang dilihat dari karakteristik siswa.
Manajemen Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sekolah Dasar Islam Mohammad Hatta Malang Insani, Gita Adam
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i3.865

Abstract

Proses pembelajaran yang efektif dan efisien dapat terwujud melalui usaha optimal dari guru. Guru perlu melakukan perencanaan proses pembelajaran dengan baik, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan tindak lanjut hasil proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi salah satunya yaitu dengan kompetensi pedagogik. Apalagi di masa pandemi, sistem pembelajaran akademik maupun non akademik di sekolah dilakukan secara daring sehingga membutuhkan sistem pembelajaran yang baru guna meningkatkan antusiasme dari siswa. Hal inilah yang melatarbelakangi perlunya peningkatan kompetensi pedagogik guru pada masa pandemi covid-19. Pada penelitian ini akan dipaparkan upaya yang dilakukan dalam mengembangkan keahlian dalam pengajaran guru di masa pandemic covid-19. Berdasarkan latar belakang, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana perencanaan peningkatan kapasitas ilmu pendidikan tenaga pendidik pada masa epidemi covid-19 untuk mendeskripsikan implementasi kualifikasi keguruan oleh pengajar pada masa wabah covid-19, untuk mendeskripsikan evaluasi kemampuan tenaga pengajar di era merebaknya virus di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pertama observasi lapangan, kedua teknik wawancara, dan yang ketiga adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan langkah meliputi editing, virifying, classifying, analizying, dan concluding. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kegiatan rapat bersama yang dilakukan satu minggu sekali, rapat kerja bulanan, dan rapat kerja tahunan, yang melibatkan pimpinan staff dan guru yang bisa dilakukan secara online dan bertahap mulai dari pelatihan pembuatan video hingga pembuatan kelas dalam aplikasi zoom meet kegiatan yang diseleggarakan pendekatan internal maupun eksternal. Setelah itu, sekolah membuat pemetaan permasalahan, mencari alternatif solusi apa saja yang mungkin dilakukan dari segi materi, dan melakukan kerjasama dengan sekolah lain melalui kepala sekolah berupa organisasi yang dinamakan K3S (Kelompok Kepala Sekolah.
Model Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kinerja dan Kesejahteraan Guru (Studi Kasus di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat) AR, Asnan Khomis; Yaqien, Nurul
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i3.892

Abstract

ABSTRAK Model manajemen sumber daya manusia merupakan suatu bentuk pengelolaan individu di dalam organisasi yang dilakukan secara sadar dalam mencapai tujuan. Penguasaan dalam mengelola sumber daya manusia sangat penting dalam perbaikan tingkat produktivitas dari setiap individu di sekolah. Pencapaian produktivitas diperlukan upaya dari pemegang kebijakan dan guru yang menjadi penentu kemana arah yang akan dicapai. Untuk itu peningkatan kinerja dan kesejahteraan guru menjadi perhatian khusus dalam pencapaian output (peserta didik) yang berkualitas yang menjadi produk dari sekolah. Karena guru yang paling dekat dan berhadapan langsung dengan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan model manajemen sumber daya manusia di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat, (2) mendeskripsikan pelaksanaan model manajemen sumber daya manusia di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat, (3) mendeskripsikan hasil pelaksanaan model manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan kinerja dan kesejahteraan guru di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model manajemen sumber daya manusia di SMP IT Darull Hikmah Pasaman Barat adalah menggunakan pendekatan soft model dan hard model yang dilakukan secara kontijensi, pelaksanaan model manajemen sumber daya manusia dilakucar melalui proses perencanaan, pengembangan, kompensasi dan penilaian kinerja/evaluai SDM, sedangkan hasil pelaksanaan model manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan kinerja dan kesejahteraan guru yaitu hasil penilaian kinerja guru sudah baik berdasarkan loyalitas, integritas dan kapasitas guru. Sedangkan Kesejahteraan guru sudah tercapai melalui gaji, tunjangan-tunjangan, penghargaan dan lingkungan kerja yang nyaman.
Strategi Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Di Sekolah Dasar NU Hasyim Asy’ari Kotalama Malang Annur, Irkham Rois
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i3.1052

Abstract

The school's relationship with the community is essentially a means that plays a role in fostering and developing the personal growth of students in school. Schools and communities have a very close relationship in achieving school or educational goals effectively and efficiently. Educational institutions, especially schools, cannot be separated from management, because management is an intergal component that cannot be separated from the overall educational process. This study aims to determine: (1) How to plan public relations management strategy in building image in NU Hasyim Asy'ari Elementary School Kotalama Malang. (2) How to implement supporting and inhibiting factors as well as public relations management strategy solutions in building image in Elementary School NU Hasyim Asy'ari Kotalama Malang. (3) What are the results of the public relations management strategy in building an image at the NU Hasyim Asy'ari Elementary School Kotalama Malang. The results showed that (1) The development of public relations management strategies in building the image at the NU Hasyim Asy'ari Elementary School Kotalama Malang was carried out and carried out by the deputy public relations officer and public relations staff in the formulation of the plan. (2) The implementation of supporting and inhibiting factors as well as public relations management strategy solutions in building an image at the NU Hasyim Asy'ari Elementary School in Kotalama Malangh carried out several programs, namely understanding the internal and external conditions of the school, improving physical and non-physical conditions, introducing school to the community. (3) Constraints and solutions to the development of public relations at the Mohammad Hatta Islamic Elementary School, there is no special staff who handles the media, lack of coaches in the academic field, disapproval of some of the community towards the program held by the school, the solution is to recruit special staff who handle this.
Implementasi Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Mutu dan Daya Saing Sekolah di SMA Brawijaya Smart School Malang Minanda, Amiga Putri
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i3.1376

Abstract

The principal is a leader who has an important role in improving the quality and competitiveness of schools. Principals must have a serious attitude and high work ethic so that they can produce mature strategies. The strategy aims to make change truly materialized by the birth of new innovations that have an impact on improving the quality and competitiveness of education in schools. Democratic leadership style is a leadership style in which the leader involves all subordinates in making policies and actions. The purpose of this study was to determine and describe 1) the planning of the implementation of democratic leadership by the principal in building a culture of quality and school competitiveness at SMA Brawijaya Smart School Malang, 2) the implementation of the democratic leadership of the principal in building a culture of quality and school competitiveness at SMA Brawijaya Smart. School Malang, 3) the results of the planning of the implementation of the Principal's Democratic Leadership in Building a Culture of Quality and School Competitiveness at SMA Brawijaya Smart School Malang. The results showed that the implementation of the Principal's Democratic Leadership in Building a Culture of Quality and School Competitiveness at Sma Brawijaya Smart School Malang, namely 1) planning by making superior programs that are guided by the vision, mission and goals of the school in order to create a culture of quality and school competitiveness. which is SMART (Spiritual, Motivated, Active, Respectfull, Technological), 2) its implementation is in the form of student activities in the field of student affairs and academics that are accommodated by the school, 3) the result is the realization of a quality culture and school competitiveness as evidenced by behavior and achievements obtained by students.
Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Mengimplementasikan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Era Digital Rohmawati, Zidny Nur
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i3.1380

Abstract

Teacher development is an important component in educational institutions. This is because the teacher is one of the potential resources that affect the quality of students and the achievement of educational goals. In an increasingly rapid pace of development, madrasa heads as managers of educational institutions are required to be able to manage existing human resources (HR). As an effort to improve teacher competence, especially in the pedagogic and professional dimensions, the teacher continuous professional development (CPD) program is a means for teachers to develop their competence and knowledge. Thus, it is necessary to have the role of the madrasa head in involving teachers in the PKB program. The research focuses raised in this study are: 1) How is the head of madrasah in planning the sustainable professional development program for digital era teachers at MAN 2 Malang City; 2) How is the madrasa principal in implementing the digital era teacher continuous professional development program at MAN 2 Malang City; 3) How is the implementation of the digital era teacher sustainable professional development program at MAN 2 Malang City. This study uses a descriptive qualitative approach, where the researcher describes the research findings which are unique in the field. To obtain data related to the managerial competence of the madrasah principal in implementing the CPD program, data collection techniques were carried out in the form of observation, interviews and documentation. The data that has been collected will be analyzed using data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the results of the study, it can be concluded that: 1) CPD program planning is carried out on: a) the madrasah annual work meeting agenda; and b) in the MGMP professional organization. The planning carried out is based on three aspects, including: a) the times; b) madrasa vision and mission; and c) reports on the results of supervision. 2) The implementation of the PKB program consists of three components, including: a) self-development; b) scientific publications; c) innovative work. In implementing the CPD program, the role of the madrasa head as manager is as follows: a) placing teachers according to academic qualifications; b) directing teachers in development programs; c) formulating and setting educator standards; d) socialize and motivate teachers to participate in the CPD program; 3) The results of the implementation of the CPD program, including: a) Increasing the pedagogic and professional competence of teachers; b) Increasing student academic achievement.
Peran Komite Untuk Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kabupaten Kediri Nauval, M. Mirza Azizin
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i3.1386

Abstract

Community involvement in education is embodied in the Madrasah Committee organization formed by each education unit. This organization aims to channel community aspirations and initiatives, responsibilities, community roles and a transparent, accountable and democratic atmosphere in the implementation of education can actually be realized. So that this goal is not just a slogan, a strategy is needed so that the role of the Madrasah Committee can be optimal and can contribute to education so that the quality of education is increasing. Based on the description above, it can be formulated a problem formulation, first, how the tasks carried out by the Madrasah Committee in improving the quality of education in Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri Regency. Second, how is the function carried out by the Madrasah Committee in improving the quality of education in Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri Regency. This research use desciptive qualitative approach. There are 3 kinds of data collection methods used by researchers, namely the observation method, the interview method, and the documentation method. Analysis of the data in this study by recording data from interviews, observations and documentation, organizing the data, sorting it out to answer the formulation of the problem then looking for and finding meanings related to the formulation of the problem. The results of the study, first, the Madrasah Committee's duties are as an advisory agency in all activities carried out, a supporter (supporting agency), controller (controlling agency) and a mediator or liaison between parents and schools to make a superior school or madrasah. The Madrasah Committee is running well. Second, the function of the Madrasah Committee is to encourage public attention and commitment to the implementation of quality education, to collaborate with the community (individuals/organizations/business/industrial world) and the government regarding the provision of quality education, to accommodate and analyze aspirations, ideas, demands. and various educational needs proposed by the community, providing input, considerations, and recommendations to the education unit regarding: education policies and programs, RAPBS, educational unit performance criteria, education personnel, educational facilities, and so on, encouraging parents and the community to participate in education in order to support the improvement of the quality and equity of education, to raise public funds in financing the implementation of education in the education unit, to evaluate and supervise the policies, programs, implementation, and outputs of education in the education unit. From these results, the researcher suggests that these tasks and functions be maintained and further developed so that the role of the Madrasah Committee is more optimal so that the quality of education in Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri Regency is increasing.
Pengembangan Kurikulum melalui Program Keterampilan Vokasional di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Nganjuk Mufida, Aninda Husna
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i3.1521

Abstract

Education is the main key in the development and progress of a country. The bigger a country, the higher the quality of education it has. For this reason, it is necessary to develop and improve the education system in Indonesia as a form of awareness of the development of the quality of education. Schools as a place for students to understand, study and practice this science have at least a qualified curriculum as a benchmark in their learning. Not only by learning in the classroom, schools at least provide applied teaching as a way for schools to provide provisions and realize a knowledge while increasing the potential and talents of students. Knowledge and application of vocational skills is one of the keys in learning applied science and printing output that is ready to work.
Implementasi Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Dan Pelayanan Administrasi Madrasah Stepanny, Dilla
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i3.1666

Abstract

Dalam dunia pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan bentuk manajemen yang akan mengoordinasikan pengembangan dan mengatur sumber daya yang berada dalam sebuah madrasah, Manajemen sebagai bagian yang fundamental dan tidak dapat terpisahkan dari seluruh komponen yang ada didalam proses pendidikan. Terlebih, manajemen memiliki fungsi sebagai kerangka yang berguna untuk melehirkan kepekaan dalam memahami urgensi yang ada disekolah. Tata usaha sebagai salah satu hal yang fundamental memiliki fungsi luas dalam melaksanakan ketentuan serta visi misi pendidikan, Sehingga, dapat diartikan bahwa tata usaha madrasah tak hanya berkutat seputar tata usaha madrasah saja namun berhubungan dengan seluruh aktivitas akademik dalam lembaga Pendidikan, yang dapat dilihat melalui kurikulum, Fungsionaris, rancangan program dalam madrasah tersebut yang tak luput dari kolaborasi antar komunitas madrasah, leadership, materi dan aspek lainnya. Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada bagaimana perencanaan pengembangan kompetensi manajerial kepala tata usaha, pelaksanaan Implementasi kompetensi manajerial kinerja tenaga kependidikan dan evaluasi kompetensi manajerial pelayanan administrasi yang terjadi pada MtsN 15 Jombang. Kata-Kata Kunci: Manajemen tata usaha; Manajemen Tenaga kependidikan; pelayanan administrasi madrasah
Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningktkan Kinerja Guru Dan Brand Image Di MTs Negeri Berau Kalimantan Timur Anggreini, Khofifah Evaralda
Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2023): Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/uajmpi.v2i3.1673

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan mengenai perencanaan, penerapan, dan evaluasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dan brand image di MTs Negeri Berau. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan dianalisis menggunakan Reduksi Data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam hal pengecekaan keabsahan data, peneliti menggunakan 4 teknik yakni Kredibilitas, Transferabilitas, Dependabilitas), dan Konfirmabilitas. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa: 1) perencanaan strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meninkatkan kinerja guru dan brand image madrasah dengan merencanakan program-program yang mendukung pengembangan skill dan kinerja guru seperti BIMTEK, Diklat, seminar-seminar, dan penanaman nilai agama kepada guru-guru, kemudian menyiapkan bahan ajar dan perangkat pembelajaran. Untuk perencanaan brand image, kepala madrasah membentuk program-program seperti program kelas tahfidz, mengadakan ekstrakulikuler, melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti PHBI, mengadakan komite madrasah, dan membuat MoU dengan pihak luar madrasah. 2) penerapan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dan brand image dilakukan dengan menetapkan kebijakan-kebijakan untuk mendukung kinerja guru dan brand image madrasah. Terdapat bebrapa hambatan selama pelaksanaan strategi ini, misalnya terlalu banyaknya beban administrasi yang harus dipenuhi oleh guru, hambatan dari murid maupun orang tua. Tetapi hambatan tersebut masih dapat diatasi dan tidak menganggu pelaksanaan program-program madrasah. 3) evaluasi stategi kepala madrasah mengenai kinerja guru dilakukan melalui penilaian SKP, aplikasi SIEKA, serta penggunaan blanko supervisi internal madrasah. Dan untuk mengevaluasi ketercapaian startegi mengenai brand image, MTs Negeri Berau mengacu pada pemenuhan 8 standar pendidikan nasional dan ini erat kaitannya dengan akreditasi madrasah. Selain itu, ketercapaian program dapat dilihat melalui laporan pertanggung jawaban yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Kata-Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah; Kinerja guru; Brand Image

Page 1 of 1 | Total Record : 10