cover
Contact Name
Haniah
Contact Email
haniah@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6285250385270
Journal Mail Official
jael@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Gedung Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Kab. Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, 92118
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Arabic Education and Linguistics
ISSN : -     EISSN : 29878349     DOI : 10.24252/jael
Core Subject : Education,
Journal of Arabic Education and Linguistics adalah jurnal ilmiah yang mulai menerbitkan artikel semi-online pada tahun 2021 dan seluruhnya online pada tahun 2022. Jurnal ini disediakan untuk ahli linguistik Arab, peneliti dan praktisi Pendidikan bahsa Arab di seluruh dunia, dan arsiparis yang membutuhkan atau tertarik untuk mengikuti perkembangan dan isu-isu pendidikan bahasa Arab terkini. Jurnal ini diterbitkan dan dibiayai oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, dan secara teratur menerbitkan nomor isu pada bulan Juni dan Desember. Semua artikel yang dikirimkan akan diperiksa dengan tepat oleh editor jurnal dan dikirim ke peer reviewer kami. Kami hanya menerima karya ilmiah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2023): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab" : 5 Documents clear
KSA The Influence of Mother Tongue Interference on the Translation Process Elnour Hadi
Journal of Arabic Education and Linguistic Vol 3 No 1 (2023): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jael.v3i1.32162

Abstract

This paper aims to investigate the problems of translation encountered by ESL learners when translating texts i-e English to Arabic language and vice versa. Translation problems can be divided into linguistic problems and cultural problems. The solutions proposed to translation problems are based on the types of text, the minor linguistic context, possibility of saying something in the target Language. Some considerations follow this process, which is mainly related to the accuracy, clarity, and naturalness of the meaning, ideas, or messages of the translation. Knowledge of the target culture is crucial for successful translation. To understand this interference in detail, the research shed the light on this problem. The research deals with the significance of the study in the field of second language learning and theoretical reviews of second language acquisition. The researcher used a specific methodology in this study to discuss the collected data and analyze it statistically to reach the main findings in the conclusion.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Quick on The Draw terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs Hj. Haniah Maros Ahmad Munawwir Ahmad; St. Aisyah
Journal of Arabic Education and Linguistic Vol 3 No 1 (2023): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jael.v3i1.37698

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs Hj. Haniah sebelum penerapan model pembelajaran Cooperatif Type Quick On The Draw, 2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs Hj. Haniah setelah penerapan model pembelajaran Cooperative Type Quick On The Draw, 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Cooperative Type Quick on The Draw terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs Hj. Haniah Maros. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimental design dengan jenis desain one group pretest-posttest design yang merupakan desain penelitian yang menggunakan satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif hasil belajar peserta didik sebelum mendapatkan perlakuan menunjukkan skor maksimum yakni 80 dan skor minimum 45, dengan nilai rata-rata hasil belajar yang didapat adalah 59,70. Sedangkan hasil belajar peserta didik setelah mendapatkan perlakuan menunjukkan skor maksimum 90 dan skor minimum 55 dengan nilai rata-rata hasil belajar yang didapat yakni 76,50. Statistik Inferensial menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 29 diperoleh nilai signifikan dengan uji hipotesis dan uji paired sample test mendapatkan nilai sig. 0,001 sehingga nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Maka Ho ditolak dan Hi diterima dengan tingkat kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperatife Type Quick On The Draw efekt terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Hj. Haniah
دور المحفوظات في تنمية مهارة الكلام لدى المتعلمين في المرحلة الإعدادية Ahmad Garba
Journal of Arabic Education and Linguistic Vol 3 No 1 (2023): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jael.v3i1.37922

Abstract

تهدف هذه الورقة تسليط الضوء عن وظيفة المحفوظات ودورها في تنمية مهارة الكلام أو التحدث لدى الطلبة في المدارس الإعدادية وخاصة الذين في الصف الثالث الإعدادي، ولتحقيق هذه الغاية و الهدف لابد من اختيار القطع المحفوظ المناسبة والطريقة التدريس المناسبة لتدريسها ثم أن تبدو من المدرس حماسته لهذه القطع، ومشاركته الوجدانية للطلبة، وعلى هذه الأساس يعتمد نجاح المنهج التعليمي أو فشله، فطريقة التدريس تعد أهم عوامل نجاح العملية التعليمية التي تعتمد على الطالب الذي ظل محورها الأساسي، وهذه الطرائق التدريس تعددت واختلفت في أسلوبها وخصائصها ويعود هذا التعدد والتنوع إلى علماء التربية وعلماء النفس الذين راعوا في وضعهم للطرائق عنصرين اثنين هما الطالب والمادة، ويحتوي هذه الورقة على تعريف المحفوظات وأهداف تدريسها وطرق تدريسها، ودورها في تنمية مهارة التحدث وأهمية مهارة التحدث لدى الطلبة في المرحلة الإعدادية وأساليب تنمية هذه المهارة ومشكلات التي قد يواجهها المعلم في تنمية مهارة التحدث.
Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Bagi Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Darul Ishlah Bulukumba Asrullah; Muhammad Yaumi; M. Yusuf T.
Journal of Arabic Education and Linguistic Vol 3 No 1 (2023): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jael.v3i1.37968

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi, (2) Mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi. Kegunaan penelitian ini, bagi para pengajar, tentunya pengajaran berbantuan perangkat media pembelajaran berbasis video animasi ini juga membantu dalam penyampaian dan penyajian materi yang praktis dan efektif. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), dimana pendekatan penelitian R&D merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan dan menvalidasi produk-produk pendidikan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap utama yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap implementasi program terhadap produk pengembangan dilakukan pengujian lapangan, dalam hal ini peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Ishlah Bulukumba sebagai objek uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi telah diuji dan memperoleh penilaian dan validasi oleh ahli bidang masing-masing. Skor validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 47 dengan kriteria kevalidan adalah sangat valid. Skor validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 60 dengan kriteria kevalidan adalah sangat valid. Skor validasi yang diperoleh dari ahli bahasa sebesar 27 dengan kriteria kevalidan adalah sangat valid. Pada hasil tes belajar siswa, diperoleh nilai rata-rata siswa pada tes atau quiz yang dilakukan setelah pembelajaran menggunakan media video animasi sebesar 91,66. Maka dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi berdasarkan hasil tes belajar siswa termasuk dalam kategori sangat efektif.
Arabic Language and its Development in Sudan Ahmad Musyarraf Irfam
Journal of Arabic Education and Linguistic Vol 3 No 1 (2023): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/jael.v3i1.39220

Abstract

Arabic is the national language in more than 25 countries in the Middle East. One of these countries is the Republic of Sudan, where the majority of the population is Muslim. Sudan is a unique country as it brings together two cultures, Arab and African. Therefore, this research aims to provide an overview of Sudan, the process of Islam and Arabic language entering Sudan, as well as the development of Arabic language in Sudan. This writing is based on the principles of historical methodology, starting with heuristic, criticism, interpretation, and historiography. Sudan gained its sovereignty and became an independent country on January 1, 1956. It is located in Northern Africa with its capital city in Khartoum. The population consists of Arabs (39%), Beja (6%), and various local African tribes (52%). The introduction of Islam and Arabic language in Sudan is closely related to the spread of Islam in Africa and the Arabization of Sudan, leading to the massive development of the Arabic language over the years. The entry of Islam and Arabic language in Sudan is closely linked to the spread of Islam in Africa until its independence. As a result, there has been significant development of the Arabic language over the years, with the emergence of various Arabic language educational institutions in the country.

Page 1 of 1 | Total Record : 5