cover
Contact Name
Elmayati
Contact Email
lppm@univbinainsan.ac.id
Phone
+6281367729051
Journal Mail Official
lppm@univbinainsan.ac.id
Editorial Address
LPPM Universitas Bina Insan Jl. Jend. Besar Soeharto, KM. 13 Kelurahan Lubuk Kupang Kecamamatan Lubuklinggau Selatan I Kota Lubuklinggau
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK)
ISSN : 26568861     EISSN : 16934768     DOI : https://doi.org/10.32767/jurmek.v29i2
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) menerbitkan artikel tentang Ilmu Ekonomi dari berbagai sudut pandang, yang meliputi studi literatur dan studi lapangan. Jurnal ini menempatkan empatis pada aspek-aspek yang berkaitan dengan: 1. Manajemen Sumber Daya Manusia, 2. Pengelolaan Keuangan, 3. Manajemen Produksi dan Operasi, 4. Manajemen Pemasaran, Manajemen Publik
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS FAKTOR-FAKTOR PENGAWASAN PELAKSANAAN PEMERINTAH DAERAH DI INSPEKTORAT PROVINSI BENGKULU TWENTY MARIZA SYAFITRI; Herawansyah Herawansyah; Keri Boru Hotang; Rozie Meidy
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i1.1839

Abstract

Kualitas Pengawasan yang dilakukan oleh Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dalam mengawasi kegiatan penyelenggaraan pemerintahan Daerah menjadi sangat penting, hal ini dikarenakan kualitas hasil pengawasan akan menunjukkan baik atau buruknya penyelenggaraan pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, pengalaman, independensi, integritas, dan standar audit terhadap kualitas pengawasan. Sampel pada penelitian ini adalah 53 orang auditor internal pemerintah dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui self-administered. Penelitian ini menggunakan program SPSS 25 untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kompetensi, integritas, dan standar audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pengawasan. Akan tetapi, pengalaman dan independensi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pengawasan.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI METODE SWOT DI UD MAJU JAYA, TEBING TINGGI Cindi Kusuma; Weny Weny
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i1.1969

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran melalui metodeSWOT yang dapat digunakan di UD Maju Jaya, Tebing Tinggi. Sampel penelitian ini adalah 5orang konsumen UD Maju Jaya, Tebing Tinggi yang telah menjadi konsumen selama lebih dari1 tahun. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilansampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan metodewawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa UD Maju Jaya, Tebing Tinggi memilikikualitas, variasi, harga yang cukup baik, tempat berbelanja yang mudah diakses dan nyaman,serta pelayanan yang memuaskan. Namun, pembayarannya masih terbatas melalui uang tunaidan transfer bank, tidak adanya sarana promosi yang dilakukan, pengiriman barang tidak dapatdilakukan di luar kota Tebing Tinggi,dan belum adanya e-commerce.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UD REZEKI MIE - MEDAN Chavia Zagita Jung; Susanto Susanto; Elserra Siemin Ciamas
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i1.1970

Abstract

UD.Rezeki Mie yang terletak di Jalan Perak No.36, Kota Bangun, Medan merupakanperusahaan yang bergerak di bidang industri makanan yaitu mie basah memiliki kendala tentangbagaimana memberikan kualitas produk dan harga kepada konsumen agar konsumen bisa puasdan dapat memutuskan untuk melakukan pembelian ulang terhadap produk UD.RezekiMie.Penelitian ini betujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Produk danHarga terhadap Keputusan Pembelian konsumen di UD.Rezeki Mie – Medan dengan rumusanmasalah adalah “Apakah kualitas produk dan harga secara bersama-sama berpengaruh secarasignifikan terhadap keputusan pembelian di UD.Rezeki Mie – Medan?”. Metode penelitian yangdigunakan adalah kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian inimenggunakan teknik census sampling atau sampel jenuh sebanyak 30 pelanggan dikarenakansampel yang relative kecil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk danHarga secara parsial dan simultan memiliki pengaruh positif dan bersignifikansi terhadapKeputusan pembelian di UD.Rezeki Mie – Medan. Kesimpulan dari penelitian ini jugamenunjukkan bahwa secara parsial dan simultan, Kualitas Produk dan Harga memiliki pengaruhpositif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di UD.Rezeki Mie – Medan.
PENGARUH PELAYANAN TERHADAPAN KEPUASAN ANGGOTA DAN DAMPAKNYA DENGAN LOYALITAS ANGGOTA PADA KOPERASI RIAS KEC.PURWODADI KAB.MUSI RAWAS Rian Oktavianie; Subianto Subianto; Ronal Aprianto
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i1.2115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan anggota dan dampaknya dengan loyalitas anggota pada koperasi rias Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Teknik pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan kuesioner. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sukunder. Hal ini membuktikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Koperasi Rias sudah baik. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara konstruk pelayanan terhadap konstruk kepuasan anggota. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh antara pelayanan terhadap konstruk loyalitas anggota, 2) Terdapat pengaruh antara konstuk pelayanan terhadap konstruk loyalitas anggota, 3) Terdapat pengaruh antara konstruk kepuasan terhadap konstruk loyalitas anggota, dan 4) Terdapat pengaruh pelayanan terhadap kepuasan anggota dengan loyalitas anggota.
ANALISIS PREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) Sardiyo Sardiyo; Indrawati Mara Kesuma; Arizky Andrinaldo; Nindia Triwulan
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i1.2238

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah terjadinya penurunan penjualan pada setiap perusahaan makanan dan minuman pada rentan tahun 2019-2021 yang banyak mengakibatkan kerugian hingga kebangkrutan yang dialami tiap perusahaan. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan cara data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2016 hingga Tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Altman Z-Score memiliki tingkat kebangkrutan yang dapat diprediksi, dengan beberapa perusahaan yang kebangkrutannya dapat diprediksi. Seperti halnya perusahaan ALTO yang dalam 6 tahun terakhir (2016-2021) berturut-turut bangkrut dalam situasi rentan. Diharapkan bagi perusahaan disarankan melakukan analisis kebangkrutan dengan menggunakan model Altman sejak dini agar perusahaan tidak mengalami kebangkrutan sehingga perusahaaan terhindar dari penghapusan saham di Bursa Efek Indonesia. Kata Kunci : Altman Z-Score, Prediksi dan Kebangkrutan

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 29 No 1 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 27 No 2 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 26 No 3 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 26 No 2 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 26 No 1 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 25 No 3 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 25 No 2 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 25 No 1 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 24 No 3 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 24 No 2 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 24 No 1 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 23 No 3 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 23 No 2 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 22 No 3 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 22 No 2 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 22 No 1 (2017): Jurnal Media EKonomi (JURMEK) April Vol 21 No 3 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 21 No 2 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 21 No 1 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April More Issue