cover
Contact Name
Ike Betria
Contact Email
jurnalbakoba@gmail.com
Phone
+6281270889797
Journal Mail Official
jurnalbakoba@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan IPS, Universtias Pasir Pengaraian Jl. Tuanku Tambusai, Rambah. Kabupaten Rokan Hulu, Riau. 28558
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
Bakoba: Journal of Social Science Education
ISSN : -     EISSN : 27978036     DOI : -
Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat bukan cerminan sikap dan /atau pandang redaksi. Seluruh isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 010 RAMBAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 010 RAMBAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v1i2.963

Abstract

Pada proses pembelajaran IPS di kelas V SDN 010 Rambah siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan dan nilai – nilai siswa pun dikelas tersebut masih banyak yang belum mencukupi KKM. Untuk itu diperlukan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa dan materi yang diajarkan dari metode ceramah ke metode demontrasi. Subjek penelitian kali ini adalah siswa kelas V SDN 010 Rambah yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur pelaksanaannya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi Sedangkan sebagai alat penilai dalam penelitian ini berupa tugas siswa dan Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan siswa meningkat dibuktikan naiknya nilai siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus 1 rata nilai anak (68,33) sedangkan pada siklus 2 rata- rata naik menjadi (81,33)dan mencapai ketuntasan 100%. Dengan hasil ini bisa disimpulkan bahwa metode demontrasi bisa meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe time token untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v1i2.968

Abstract

learning in social studies learning, this is seen in the initial observations in the learning process. And this research is also motivated by students' inactivity in learning that has not been trained by the teacher. This study aims to improve student learning activeness in integrated social studies class VIIB SMPN 12 North Tambusai. This type of research is classroom action research with research subjects are students of class VII B SMP N 12 Tambusai Utara. The study was conducted in two cycles, each cycle taken with 2 actions and consisted of 4 stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The research data were obtained from observations during the social studies learning activities taking place using student and teacher observation sheets. Documentation. The results showed that (1) the activeness of student learning in the implementation of learning starting from cycle I and cycle II increased. (2) Evidence of increased student activity, the average activity of cycle I was 56%. In the second cycle, it increased to 77.06%. Thus the Time Token learning method can be used to improve the activity and learning outcomes of Social Studies.
KEBUTUHAN KETERAMPILAN MENGAJAR BAGI CALON GURU DAN GURU PENDIDIKAN IPS
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v1i2.982

Abstract

Mengajar merupakan pekerjaan Profesional yang memerlukan keahlian khusus yang ditempuh melalui Pendidikan dan Pengalaman. Untuk dapat melaksanakan Tugas dan Tanggung Jawab secara Profesional, Guru harus memiliki Kemampuan dan Keterampilan Mengajar secara Teori maupun Praktek. Kemampuan Mengajar merupakan perpaduan antara Kemampuan Intelektual, Keterampilan Mengajar, Bakat dan Seni. Keterampilan Mengajar dapat dilatih secara terus – menerus melalui Pelatihan Mengajar. Fenomena dilapangan bahwa keterampilan mengajar mahasiswa jurusan P.IPS belum maksimal dan berakibat kepada mahasiswa tidak mau masuk kelas, berdasarkan informasi beberapa guru, penyebab tidak mau masuk mengajar adalah karena tidak bisa mengelola kelas dengan baik. Oleh karena itu kemampuan atau keterampilan apa saja yang diperlukan sehingga calon guru bisa maksimal didalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa 9 keterampilan mengajar yaitu (1) keterampilan bertanya, (2) memberi penguatan, (3) mengadakan variasi, (4) kemampuan menjelaskan, (5) membuka (6) menutup pelajaran (7) membimbing diskusi kecil, (8) mengelola kelas, dan (9) mengajar kelompok kecil dan perorangan adalah sangat penting bagi guru berdasarkan analisis yang menjawab sangat penting ditambah dengan jawaban
PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS THAMRIN YAHYA KECAMATAN RAMBAH HILIR
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v1i2.1020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Thamrin Yahya Kecamatan Rambah Hilir. Penulis menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan metode discovery learning memiliki skor tertinggi 95 dan skor terendah 56 dengan nilai rata-rata 75,24. Pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional memiliki skor tertinggi 85 dan skor terendah 59 dengan skor rata-rata 70,58. Penggunaan metode discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Pada uji hipotesis Jika lebih besar dari maka diterima dan ditolak. Dari perhitungan sebesar 1,692 dibandingkan dengan (df 56 yaitu 0,2586 taraf signifikan 5% jadi > maka diterima dan ditolak.
BENTUK INTERAKSI SOSIAL ANTARA SUKU MELAYU DAN SUKU JAWA DI DESA MAHATO KECAMATAN TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v1i2.1032

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk interaksi sosial antara suku Melayu dan suku Jawa di Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan suatu data secara sistematis sehingga akan lebih mudah dipahami. Populasi dari penelitian ini masyarakat Suku Melayu dan Suku Jawa di Desa Mahato. Sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Kepala Dusun, dan masyarakat Desa Mahato. Teknik pengambilan informan pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi bentuk interaksi sosial antara masyarakat Suku Melayu dan Suku Jawa di Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu yaitu berupa akomodasi, asimilasi, akulturasi, kompetisi, konflik, dan kontraversi.
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 3 UJUNG BATU
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Bakoba : Journal of Social Science Education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v1i2.1056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Ujung Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 102 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 20 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan angket motivasi belajar kepada siswa yang telah dipilih menjadi sampel. Hasil penelitian ini yaitu: indikator 1 (hasrat keinginan berhasil) dapat dikategorikan baik, karena persentase tingkat capaiannya sebesar 85,6 %. Indikator 2 (dorongan dan kebutuhan belajar) dapat dikategorikan cukup, karena persentase tingkat capaiannya sebesar 77,6 %. Indikator 3 (harapan dan cita-cita) dapat dikatakan baik, karena persentase tingkat capaiannya sebesar 86%. Indikator 4 ( penghargaan dalam belajar) dapat dikategorikan cukup, karena persentase tingkat capaiannya sebesar 68,6%. Indikator 5 (kegiatan yang menarik dalam belajar) dapat dikategorikan cukup, karena persentase tingkat capaiannya sebesar 75,5%. Indikator 6 (lingkungan belajar yang kondusif) dapat dikategorikan cukup, karena persentase tingkat capaian sebesar 71,2%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ujung Batu dalam pembelajaran IPS diperoleh tingkat capaian sebesar 77,4%. Artinya, motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam pembelajaran IPS berkategori cukup.

Page 1 of 1 | Total Record : 6