cover
Contact Name
Rohim Habibi
Contact Email
habib.rohim83@gmail.com
Phone
+6281393304394
Journal Mail Official
habib.rohim83@gmail.com
Editorial Address
Jl. Blora No.151, Wonotejo, Cepu, Kec. Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58312
Location
Kab. blora,
Jawa tengah
INDONESIA
TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 29855233     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam. ISSN: 2985-5233 is the Islamic Educational Research Journal published every six months in June and December by the Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAI Al Muhammad Cepu, Blora, Jawa Tengah, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionals in the field of Islamic education to publish their researches in our Journal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2022): Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam" : 5 Documents clear
IBADAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN Erwin Kusumastuti
Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 1 (2022): Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAI Al Muhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bagi umat yang beragama islam Al-Qur’an merupakan kitab suci yang didalamnya  memuat petunjuk berbagai macam prinsip agar dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan. Substansi Al-Qur’an tidak pernah dirubah, sehingga orsinalitasnya sangat terjaga. Dalam Al-Qur’an disebutkan penciptaan manusia merupakan tujuan utama Allah SWT, yaitu ialah agar umat manusia senantiasa melakukan ibadah kepada-Nya. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan dibantu teknik pengumpulan data dokumen merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Terdapat beberapa manfaat yang disampaikan yaitu, (1) untuk meningkatkan takwa, (2) untuk menghapus kesalahan yang dilakukan di masa lalu, (3) sebagai media penguji
Penggunaan Media Video Untuk Peningkatan Motivasi Belajar PAI Materi SKI Siswa Sekolah Dasar Befika Fitriya Dewi; Ika Nurhayati; Handayani Handayani; Purwanto Purwanto; Rohim Habibi
Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 1 (2022): Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAI Al Muhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media video dalam peningkatan motivasi belajar PAI Materi SKI Siswa SDN Karanganyar 03. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilatarbelakangi adanya dorongan dan kebutuhan siswa dalam belajar masih rendah, hal ini terbukti pada pembelajaran tidak semua siswa menyelesaikan tugas. Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PAI pada materi SKI dengan menggunakan media video. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karanganyar 03 kelas IV tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 10 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 3 RPP yang berbeda. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar observasi dengan 6 indikator motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 hasil prosentase 70,27% dengan kategori motivasi sedang, siklus II hasil prosentase 80,00% dengan kategori motivasi sedang, dan siklus III menghasilkan prosentase 86,38% dengan kategori motivasi tinggi. Hal tersebut menunjukkan kesimpulan bahwa penggunaan media video pada pelajaran PAI materi SKI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Pelaksanaan Pembelajaran PAI Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama Inklusif rohim habibi; Anisa Nur Hasanah; Hakiman Hakiman
Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 1 (2022): Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAI Al Muhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa berkebutuhan khusus pada masa pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama inklusif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukaa melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan forum grup diskusi. Data dianalisis melalui analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan melalui trianggulasi sumber, metode dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa berkebutuhan khusus tunagrahita, retardasi mental dan borderline menggunakan kurikulum reguler. Pembelajaran dilaksanakan secara inklusif dengan melibatkan guru kelas dan guru pendamping khusus dengan menggunakan perencanaan pembelajaran individual yang dibuat tanpa modifikasi. Pembelajaran bagi siswa kebutuhan autis menggunakan kurikulum modifikasi, praktik pembelajarannya dilaksanakan secara pull out dengan didampingi oleh guru pendamping khusus. Perencanaan pembelajaran disusun melalui perencanaan pembelajaran individual yang dimodifikasi sesuai kemampuan siswa autis. Pembelajaran anak berkebutuhan khsusu juga dudukung oleh rencana pembelajaran individual terfokus atau smart plan.
Rekonstruksi Pendidikan Islam di Era Globalisasi Siti Afifah Adawiyah; Meitia Rosalina Yunita Sari
Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 1 (2022): Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAI Al Muhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Arus globalisasi saat ini menimbulkan banyak sekali perubahan dari segala aspek kehidupan. Perubahan ini tidak dapat dihindari akibat ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih. Hal ini menggugah kesadaran masyarakat umum akan pentingnya pendidikan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kewajiban bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Rekonstruksi Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (library research) kemudian menganalisis sumber sumber data yang diperoleh kedalam karya ilmiah ini. Hasil dari karya ilmiah ini yaitu Rekonstruksi pendidikan Islam di era globalisasi dilakukan untuk mempersiapkan pendidikan Islam menghadapi keadaan tersebut, dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut: (1) mewujudkan persatuan, (2) koordinasi peningkatan sumber daya manusia, dan (3) konsentrasi pemanfaatan dana. Kebijakan perubahan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka merupakan sebuah ikhtiar dan wujud dari prinsip dasar kurikulum change and continuity, yaitu hasil dari kajian, evaluasi, kritik, respon, prediksi, dan berbagai tantangan yang dihadapi. Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka diyakini sebagai kebijakan strategis dalam menyiapkan dan menghadapi tantangan globalisasi dan tuntutan masyarakat Indonesia masa depan
Tafsir Kontekstual Fazlur Rohman Andra Isnaini Kartomo; Muhammad Akmaludin
Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 1 (2022): Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAI Al Muhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

       Al-Qur’an turun dengan bahasa Arab di kawasan Arab. Dengan demikian, pemahaman gramatikal dan kondisi sosio-historis menentukan penafsiran ayat yang ada dalam al-Qur’an. Penafsiran dengan pola pemahaman gramatikal umumnya berorientasi tekstual dan lepas dari kesejarahan dan sebab turunnya al-Qur’an. Penafsiran seperti itu akan menyebabkan Al-Qur’an dipahami secara eksklusif dan partikular. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Tafsir Kontekstual Fazlur Rahman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (library research). Hasil dari karya ilmiah ini yaitu Ilmu tafsir, termasuk hasil tafsirnya tidak bisa dilepaskan dari sebab turunnya ayat, kondisi sosio-historis, politik, ekonomi dan kebudayaan masyarakatnya. Dengan menempatkan ayat Al-Qur’anpada konteksnya, maka kandungan Al-Qur’anakan tetap terus relevan dengan kebutuhan manusia dan makhluk yang lain. Metode tafsir kontekstual yang ditawarkan Fazlur Rahman setidaknya telah menyediakan landasan filosofis untuk pengembangan penafsiran pada saat ini dan masa mendatang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5