cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 8 Documents clear
AJARAN MORAL DAN KARAKTER DALAM BUKU CERITA NUSANTARA SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA SD Aster Pujaning Ati; Mu'thia Mubasyira; Loecita Sandiar; Sigit Widiyarto; Subhan Harie
Basastra Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i1.23383

Abstract

Pada saat siswa membaca sebuah buku cerita, tentunya ada banyak nilai – nilai yang terkandung dalam sebah cerita. Pemahaman siswa dalam membca sangatlah menentukan untuk diambil ajaran dan karakter yang ada dalam buku tersebut. Data penelitian yang diambil adalah buku cerita nusantara sebanyak lima cerita rakyat nusantara. Dalam ajaran moral dan karakter penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendektan menggunakan analisis deskriptif (menceritakan apa yang sudah dibaca). Dengan cara membaca buku-buku nusantara yang sedang diteliti, untuk mendapatkan hasil analisis mengenai cerita tersebut lalu dituangkan dalam bentuk tulisan. Teknik analisis data dengan pemilahan pesan dalam kalimat berdasarkan nilai pendidikan karakter yang ada dalam cerita. Data yang sudah diolah divalidasi  hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita-cerita nusantara merupakan cerita turun menurun yang sudah digunakan oleh para leluhur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat  11 ajaran moral pada teks buku cerita nusantara, diantaranya adalah, mau meminta maaf sebanyak 4, kepasrahan, mau menerima takdir, mau mengkoreksi diri, bersyukur, sayang,  berani, tegar, berprasangka baik dan bertutur kata halus.
KAJIAN ETNOLINGUISTIK LEKSIKON BAHASA REMAJA MILENIAL DI SOSIAL MEDIA Lailatul Fitriah; Ayu Indah Permatasari; Hikmah Karimah; Daroe Iswatiningsih
Basastra Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i1.23060

Abstract

Bahasa mempunyai peran penting dalam proses prkembangan kehidupan remaja salah satunya sebagai bentuk ekspresi remaja kaum milenial. Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi dan interaksi yang didalamnya terdapat simbol-simbol bunyi dan digunakan dalam suatu layar budaya tertentu. Penggunaan Bahasa remaja milenial pada saat ini sering digunakan secara langsung dalam penggunaan sosial media. Tujuan penelitian untuk mengklasifikasikan leksem berdasarkan bahasanya dan bentuk leksem bahasa remaja milenial di sosial media.   Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dengan teknik pencatatan atau dokumentasi dan kajian kepustakaan.Wujud data penelitian berupa leksem pada bahasa remaja milenial yang  digunakan dalam komunikasi di sosial media instagram, twitter dan tiktok. Hasil penelitian menunjukkan leksem bahasa remaja milenial di sosial media, 1) 33 leksem berasal dari bahasa indonesia. 2) 8 leksem diadobsi dari bahasa daerah. 3) 16 leksem diadobsi dari Bahasa Inggris. 4) 11 leksem diadibsi dari Bahasa Korea. 5) bentuk bahasa remaja milenial di sosial media terdiri dari  21 bentuk singkatan, 20 bentuk akronim , dan 4 bentuk pemendekan kata.
KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBANTUAN PROGRAM ACARA TELEVISI “JEJAK SI GUNDUL” DI TRANS 7 SISWA KELAS XI SMA SWASTA YPI AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 Rohmah Siti Fatila; Rosmaini Rosmaini
Basastra Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i1.24118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis siswa dalam menulis teks prosedur berbantuan program acara televisi “Jejak Si Gundul”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen pada penelitian adalah hasil tulisan siswa yang dijadikan alat ukur untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur berbantuan program acara televisi “Jejak Si Gundul” dengan memperhatikan struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA swasta YPI Amir Hamzah Medan sebanyak 30 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur berbantuan program acara televisi “Jejak Si Gundul” termasuk ke dalam kategori mampu dengan nilai rata-rata seluruh siswa adalah 82. Hal tersebut dapat dilihat dari segi persentasi diperoleh nilai pada kategori sangat mampu tidak ada, pada kategori mampu sebanyak 63%, kategori cukup sebanyak 27%, kategori kurang sebanyak 10%, dan tidak ada siswa yang termasuk ke dalam kategori sangat kurang. Dengan demikian kemampuan menulis teks prosedur berbantuan program acara televisi “Jejak Si Gundul” siswa kelas XI SMA swasta YPI Amir Hamzah Medan tergolong ke dalam kategori mampu.
REFORMASI SOSIAL DALAM SITTI NURBAYA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR SASTRA INDONESIA DI SMA Achmad Yuhdi
Basastra Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i1.24135

Abstract

Pembicaraan tentang roman Siti Nurbaya karya Marah Rusli yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1920 oleh Balai Pustaka, dipandang banyak orang sudah tidak relevan lagi pada masa sekarang. Anggapan tersebut dimungkinkan karena selama ini apresiasi terhadap roman tersebut masih sekadar kisah percintaan antara tokoh Nurbaya dengan Syamsul Bahri yang tidak terwujud karena kerakusan Datuk Maringgi. Tulisan sederhana ini bertujuan untuk menepis tanggapan tersebut. Pada akhir bagian pembahasan ini diharapkan pembaca dapat menarik simpulan bahwa membaca Roman Siti Nurbaya masih relevan dibaca hingga saat ini. Secara khusus tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan reformasi sosial yang terdapat di dalam novel dan mengkaji kelayakannya sebagai materi ajar sastra di SMA. Penelitian sederhana ini menggunakan metode deskriptif. Pemaknaan terhadap teks sastra dalam roman ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Hasil pengkajian terhadap roman ini menunjukkan bahwa selain tema tentang perkawinan paksa, Marah Rusli juga menyampaikan kritik terhadap berbagai masalah sosial lainnya yang terjadi pada masayrakat Minangkabau pada masa itu. Upaya untuk mereformasi beberapa pandangan masyarakat Minangkabau diupayakan dalam novel ini melalui beberapa tokoh seperti Sultan Mahmud dan Syamsul Bahri. Terkait hal itu, hasil analisis terhadap Sitti Nurbaya dipandang dari tinjauan sosiologi sastra relevan disajikan sebagai materi ajar sastra Indonesia di SMA. Hal ini dipandang dari beberapa alasan, yang diantaranya: memuat banyak nilai moral yang dapat diteladani generasi milenial saat ini dalam pergaulan sehari-hasi kepada rekan sebaya dan orang yang lebih tua.
PENGARUH KEMAMPUAN APRESIASI PUISI TERHADAP KEMAMPUAN BERDEKLAMASI SISWA KELAS X SMA ST. ANTONIUS BANGUN MULIA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019 Losten Tamba; Maria Heprida Sibarani
Basastra Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i1.24246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kemampuan apresiasi puisi terhadap kemampuan deklamasi siswa kelas X SMA St. Antonius Bangun Mulia Medan tahun ajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Objek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA dengan jumlah 27 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes essai dan juga tes penampilan. Berdasarkan hasil perhitungan ditemukan bahwa rata-rata kelas X Mia pada penilaian kemampuan apresiasi adalah sebesar 74,07, standar deviasi sebesar 15,03 dan pada penilaian kemampuan deklamasi ditemukan rata-rata sebesar 80,11, serta standar deviasi sebesar 8,31. Uji hipotesis dicari dengan menggunakan rumus manual dengan taraf ???? = 0,05 dan perbandingan nilai ????ℎ???????????????????? , ???????????????????????? dengan hasil perbadingan ????ℎ???????????????????? (5,415)>???????????????????????? (2,060) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan apresiasi (X) terhadap kemampuan deklamasi (Y) pada siswa kelas X MIA SMA St. Antonius Bangun Mulia Medan. Dengan persentase pengaruh yang ditimbulkan oleh kemampuan apresiasi adalah sebesar 40,80% terhadap kemampuan deklamasi, maka dari itu kemampuan apresiasi berpengaruh positif terhadap kemampuan deklamasi.
HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMK YAPERJASA Ida Rufaidah
Basastra Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i1.21619

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menginterpretasikan hubungan minat membaca dengan kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X SMK Yaperjasa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode survei dan teknik korelasional. Peneliti menentukan sampel dengan teknik simple random sampling. Sampelnya yaitu 50 siswa. Angket minat membaca berbentuk skala likert. Tes objektif kemampuan membaca pemahaman bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami sebuah wacana. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara minat membaca dengan kemampuan membaca pemahaman kelas X SMK Yaperjasa. Data minat membaca dan kemampuan membaca pemahaman berdistribusi normal. Hasil penelitian dibuktikan dengan hasil uji-t dan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh  = 4,31 dan  = 1,677. Hasilnya  ≥   atau 4,31 ≥  1,677 maka signifikan. Selanjutnya, uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan koefisien korelasi 0,48. Hasil koefisien korelasi sebesar 0,48 berada pada tingkat sedang. Hasil dari uji determinasi menunjukkan bahwa pengaruh nilai minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman  sebesar 23% dan sisanya 77% dipengaruhi oleh variabel lain. Disimpulkan bahwa antara minat membaca dengan kemampuan membaca pemahaman atau pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X SMK Yaperjasa terdapat  hubungan positif dan signifikan.
PENGARUH MEDIA BLOG (JURNAL ONLINE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RANTAU PRAPAT Rosmawaty Harahap
Basastra Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i1.24611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan adanya Pengaruh Media Blog (Jurnal Online)  terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA N 1 Rantau Prapat Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Rantau Parapat yang berjumlah 240 orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 40 orang yang diacak. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk  essai. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menulis siswa  tanpa menggunakan media blog (Jurnal Online) dan menggunakan media blog (Jurnal Online) pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Rantau Parapat. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan perolehan nilai rata-rata, yaitu menulis puisi dengan pengaruh media blog (jurnal online) dengan nilai rata-rata 74,12 sedangkan menulis puisi tanpa menggunakan media blog (jurnal online) dengan nilai rata-rata 65,12.
KATA SERAPAN DAN ISTILAH ASING JOKO WIDODO DALAM DEBAT CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2019 Dwi Septiani
Basastra Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i1.23423

Abstract

Penggunaan bahasa Indonesia tidak hanya wajib dikuasai oleh pengajar bahasa Indonesia, tetapi juga para pejabat negara negara, salah satunya kepala negara. Sebagai suri teladan, alangkah eloknyamenguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris dan juga menguasai bahasa negara dan bahasa nasional, yakni bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, sebagai kontrol untuk mengembangkan bahasa Indonesia, diperlukan banyak kajian bahasa yang berkaitan dengan variasi diksi dalam wacana lisan yang digunakan para elite politik dalam forum-forum resmi, misalnya dalam debat calon presiden dan wakil presiden. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi penggunaan kata serapan dan istilah asing yang diujarkan oleh Joko Widodo dalam debat calon presiden dan wakil presiden 2019 (debat ke-5). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berjumlah 107 data tuturan. Pada penelitian ini, ditemukan 35 data tuturan yang mengandung kata serapan (32, 7%)  dan 25 data tuturan yang mengandung istilah asing (23,4%). Penggunaan kata serapan dan istilah asing yang dituturkan oleh Joko Widodo ketika debat calon presiden dan wakil presiden 2019 (debat ke-5) yang paling dominan adalah kosakata yang berasal dari bahasa Inggris.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue