cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 7 Documents clear
BAHASA FIGURATIF DALAM NOVEL SUPERNOVA KARYA DEWI LESTARI : PENDEKATAN STILISTIKA Heleri Mariani Sinabutar; Ikhwanuddin Nasution; Eddy Setia
Basastra Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i2.14456

Abstract

Bahasa Figuratif dalam Novel Supernova Karya Dewi Lestari: Pendekatan Stilistika ini merupakan analisis penggunaan bahasa di dalam novel tersebut. Penelitian ini bertujuan melihat aspek kebahasaan dalam karya sastra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan pemilihan dan penggunaan gaya bahasa figuratif yang meliputi idiom, metafora, simile, personifikasi, dan hiperbola, yang terdapat dalam novel Supernova. Data penelitian ini berupa kata, frasa dan kalimat yang diambil dari dua seri novel Supernova yaitu Kesatria Putri dan Bintang Jatuh dan Intelegensi Embun Pagi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik analisis data yaitu dengan analisis mengalir yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode distribusional yang dijabarkan lewat teknik substitusi dan teknik pelesapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gaya bahasa figuratif yang unik menimbulkan efek estetis pada pembaca yaitu penggunaan idiom, metafora, simile, personifikasi dan hiperbola. Hal tersebut menunjukkan bahwa Dewi Lestari sebagai penulis mampu menunjukkan pemanfaatan bahasa yang spesifik dan lain dari yang lain dalam menciptakan karya sastra. Hal tesebut menghasilkan style tersendiri yang menjadi ciri khusus Dewi Lestari dalam menuangkan gagasannya melalui novel Supernova.
EFEKTIVITAS MODEL NOVICK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ANGKASA LANUD SOEWONDO MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Bobby Tambunan; Salmah Naelofaria
Basastra Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i2.14470

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang keterampilan menulis teks drama dengan model Novick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Novick terhadap keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas VIII SMP Swasta Angkasa Lanud Soewondo Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri atas 3 kelas yang berjumlah 61 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan one group pretest posttest design. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata-rata = 54,15 dan standar deviasi = 15,28. Sedangkan hasil posttest dengan rata-rata = 83,61 dan standar deviasi = 8,73. Dari uji data pretest  dan posttest diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data pretest diperoleh Lhitung < Ltabel (0, 1889 < 0,190) dan data posttest diperoleh Lhitung < Ltabel (0, 1242 < 0,190). Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu <  (1,75 < 2,12). Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperoleh  = 7,47. Selanjutnya  Dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan 5% dengan df = 19, maka diperoleh sebesar 2,09. Oleh karena  Yang diperoleh lebih besar dar  Yaitu 7,47 > 2,09, maka  Diterima.Hal ini membuktikan bahwa model Novick efektif digunakan terhadap keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas VIII SMP Swasta Angkasa Lanud Soewondo Medan tahun pembelajaran 2018/2019.
PERALATAN DAPUR DALAM BAHASA KARO KAJIAN METABAHASA SEMANTIK ALAMI Hariati Br Sembiring; Mulyadi Mulyadi
Basastra Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i2.14466

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan kategorisasi dan makna peralatan dapur  dalam bahasa Karo. Data yang digunakan adalah data lisan, data tulis, dan data intuitif.Data dikumpulkan dengan menggunakan metode cakap dan metode simak.kemudian, data dianalisis dengan metode agih dan hasilnya disajikan dengan metode formal dan informal.Teori yang digunakan adalah teori metabahasa semantik alami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peralatan dapur dalam bahasa Karo  dikategorisasikan menjadi dua. Pertama peralatan dapur yang digunakan untuk mengolah makanan/ minuman (‘benda [M] ini ada karena seseorang ingin mengolah makanan/minuman [M]’). Kedua peralatan dapur yang digunakan untuk menyimpan makanan, air, dan peralatan masak (‘benda [M] ini ada karena seseorang ingin menyimpan  makanan/ minuman/ peralatan masak [M]’). Selanjutnya, makna peralatan dapur  dibentuk oleh  elemen makna asali SESUATU, KARENA,  SESEORANG,  ADA, INGIN, dan MELAKUKAN. dari elemen makna asali tersebut terbentuklah struktur komponen semantis (a) salah satu jenis benda [M], (b) benda [M] ini ada karena seseorang membuatnya [M], (c) benda ini berukuran [M] …., (d) seseorang mengambilnya dengan satu atau dua tangan [M]. Peralatan dapur dalam bahasa Karo juga dibentuk oleh molekul molekul semantik  yang berkombinasi membentuk sintaksis makna universal ‛sesuatu ada karena seseorang ingin mengolah/menyimpan [M] sesuatu’.
PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP MENULIS PERSUASIFSISWAKELAS VIII SMPN 15 SUKABUMI Anisa Firdaus; Hera Wahdah Humaira; Asep Firdaus
Basastra Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i2.14467

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Sukabumi dengan menggunakan metode Brainstorming. Penerapan metode Braintorming dilakukan agar siswa berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran dengan mengumpulkan ide, pendapat atau gagasan siswa sebanyak mungkin tanpa dinilai benar atau salah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pra eksperimental dengan uji-t. Sampel berjumlah 38 siswa dengan desain penelitian one group pretest posttest design.Data yang diperoleh adalahnilai hasil pretest dan posttest melalui tes tulisan dan observasi. Juga dengan mencari nilai Ʃd dan Ʃd2. Nilai hasil pretest yang diperoleh siswa rata-rata 55,52% dapat dikatakan masih kurang. Namun setelah diberi treatment, yaitu metode Brainstorming nilai hasil posttest siswa rata-rata 87,23%. Mengalami peningkatan sebesar 31,71%. Berdasarkan uji statistik, nilai thitung sebesar 13,90 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,042. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa thitung ˃ ttabel atau hipotesis diterima (H1), artinya metode Brainstorming berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Sukabumi tahun ajaran 2018/2019.
PERJUANGAN PEREMPUAN DALAM SARINAH KARYA SOEKARNO: KAJIAN KRITIK SASTRA FEMINISME MARXIS Arwan Arwan; Mahyuni Mahyuni; Nuriadi Nuriadi
Basastra Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i2.14468

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode analisis dekskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan kata-kata dan kemudian diinterpretasikan dalam pembahasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bentuk perjuangan perempuan yang tertuang dalam Sarinah karya Soekarno dengan menggunakan teori kritik sastra feminisme marxis. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa gerakan perlawanan perempuan untuk menentang penindasan terhadap kaumnya sudah terjadi sejak dulu. Gerakan perlawanan tersebut ditandai dengan pemahaman perempuan akan persamaan hak dengan laki-laki. Persamaan hak dari semua aspek kehidupan, hak secara sosial dan politik. Sehingga kewajiban perempuan untuk mendapatkan emansipasi bisa terpenuhi dengan berjuang bersama bahu membahu bersama laki-laki.
ANALISIS NILAI NOVEL NEGERI 5 MENARA DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DISEKOLAH : PSIKOLOGI SASTRA Feri Mutri Ramdhani; Rusdiawan Rusdiawan; Johan Mahyudi
Basastra Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i2.14455

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai struktur nilai yang terdapat dalam novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi dan implikasi terhadap pembelajaran sastra disekolah dengan menggunakan kajian psikologi sastra. Jenis penelitian ini menggunakan dengan objek penelitian adalah nilai-nilai pada novel Negeri 5 Menara menggunakan kajian psokologi sastra. Sumber data penelitian adalah novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Data penelitian berupa kata dalam rangkaian kalimat dan suber data primer adalah novel karya Ahmad Fuadi. Teknik pengumpulan data menggunakan simak dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi, yaitu menganalisis nilai-nilai novel Negeri 5 Menara dan dikorelasikan menggunakan kajian psikologi sastra. Dari analisis novel Negeri 5 Menara ditemukan nilai-nilai. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan dalam penelitian ini disimpulkan bahwa dalam novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi dan implikasi terhadap pembelajaran diskolah terdapat Nilai-nilai Pendidikan, Nilai Motivasi, Nilai Moral, dan Nilai Agama.
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN MEDIA LUAR RUANG DI PANYABUNGAN Nikmah Sari Hasibuan
Basastra Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i2.14469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa pada penulisan media luar ruang di Panyabungan dan memperbaiki kesalahan berbahasa tersebut sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan tulisan-tulisan pada media luar ruang kemudian dianalisis kesalahan penulisannya dan memperbaiki tulisan tersebut. Objek dalam penelitian ini  adalah media luar ruang di Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal.  Penelitian ini dilaksanakan hanya berdasarkan fakta sebagaimana yang ada dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil analisis data-data media luar ruang di Panyabungan dapat disimpulkan bahwa masih banyak kesalahan-kesalahan penulisan yang terdapat pada media luar ruang tersebut. Bentuk-bentuk kesalahan tersebut berupa diksi/pilihan kata yang kurang tepat, semantik/pemaknaan kata yang tidak pada tempatnya ejaan yang salah seperti tanda baca, pemakaian huruf kapital, penulisan singkatan, garis miring dan lain-lain, dan masih banyak kesalahan yang ditemukan dilapangan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue