cover
Contact Name
Ridwan Zulpi Agha
Contact Email
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Phone
+628999111770
Journal Mail Official
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Editorial Address
UP2M - Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Gedung Q lantai 2 Politeknik Negeri Jakarta Jl Prof. Dr. G. A. Siwabessy Kampus UI, Depok Kodepos 16425
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
ISSN : 14122774     EISSN : 24079081     DOI : https://doi.org/10.32722/eb.v19i2
Core Subject : Economy,
urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ekonomi ,bisnis , manajemen, akuntansi, auditing, perpajakan ,kewirausahaan, serta ilmu yang berkaitan dengan perbankan konvensional maupun syariah.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi " : 11 Documents clear
Analisis Strategi Pengembangan Usaha dengan Pendekatan BUSINESS MODEL CANVAS Mellisa Magdalena Yudha; Iis Mariam; Erlyn Rosalina
Ekonomi & Bisnis Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v22i1.5291

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis, merumuskan alternatif strategi, menentukan prioritas alternatif strategi, dan merancang model bisnis baru dengan pendekatan Business Model Canvas. Penelitian ini dilakukan pada Restoran Ayam Panggang X di Depok menggunakan metode penelitian model Eksploratoris Sekuensial, di mana penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai metode yang utama dan kuantitatif sebagai metode pelengkap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dokumentasi, kuesioner, dan triangulasi. Metode yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) untuk menggambarkan model bisnis saat ini, Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) untuk merumuskan alternatif strategi, dan Matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk menentukan prioritas alternatif strategi. Berdasarkan hasil Analisis SWOT, terumuskan delapan alternatif strategi antara lain 1) Fokus dan kembangkan Value sebagai fnb tech, 2) Melakukan riset pada pasar digital secara berkesinambungan, 3) Melakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran agar lebih terfokus, 4) Memperluas relasi bisnis, 5) Membuat promosi yang lebih menarik, 6) Menambah karyawan baru, 7) Meningkatkan alokasi biaya pemasaran, 8) Membuat peraturan yang lebih tegas bagi karyawan yang melanggar SOP. Berdasarkan hasil perhitungan Matriks QSPM strategi melakukan riset pada pasar digital secara berkesinambungan memiliki nilai tertinggi untuk diprioritaskan dengan niai 13,87.
IMPLEMENTASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA CV. SINAR MAS JAYA PERMATA Sephy Lavianto
Ekonomi & Bisnis Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v22i1.5393

Abstract

Pemasaran yang tepat sangat penting diterapkan untuk mengembangkan bisnis yang berkelanjutan dan mendapatkan target pembeli yang lebih luas. Banyak pedagang menggunakan pemasaran digital sebagai strategi pemasaran untuk mendapatkan pembeli dan menjangkau pembeli dengan lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penerapan digital marketing terhadap penjualan, strategi pemasaran, dan kendala dalam penerapan digital marketing pada CV. Sinar Mas Jaya Permata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan serangkaian wawancara kualitatif serta melakukan observasi lebih detail. Penelitian ini juga menerapkan strategi STP (Segmentation, Targeting, Positioning) salah satu model pemasaran yang penerapannya melibatkan tiga tahapan yaitu melakukan segmentasi pasar, menargetkan segmen yang diyakini paling menguntungkan dan memposisikan produk yang dijual dengan cara yang paling bernilai. Hasil penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukan proses pemasaran yang menerapkan digital marketing memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan perusahaan melalui penggunaan sosial media. Kata kunci: pemasaran digital, strategi pemasaran, sosial media.
PENGARUH TARIF PPN 11% DAN TINGKAT PENDAPATAN SELAMA PANDEMI TERHADAP DAYA BELI MASYARAKAT Febrisha; Kadunci
Ekonomi & Bisnis Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v22i1.5761

Abstract

Kebijakan tarif PPN 11% mendapatkan kontra dari beberapa pihak karena waktunya yang dinilai kurang tepat. Walaupun saat ini pandemi sudah mulai membaik, tetapi masih banyak masyarakat yang pendapatannya belum stabil. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tarif PPN 11% dan tingkat pendapatan selama pandemi terhadap daya beli masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Indomaret di Kecamatan Caringin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive random sampling dengan rumus Lemeshow sehingga diperoleh jumlah sampel 96 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial tarif PPN 11% tidak berpengaruh signifikan terhadap daya beli masyarakat, sedangkan tingkat pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap daya beli masyarakat. Adapun secara simultan tarif PPN 11% dan tingkat pendapatan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat dengan tingkat pengaruh sebesar 34,4%. Kata kunci: Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11%, Tingkat Pendapatan, Daya Beli Masyarakat
RENDAHNYA ADOPSI DIGITAL MARKETING PADA UMKM ANGGOTA IWAPI KOTA DEPOK Fatimah; Darna; Sylvia Rozza; Elisabeth Y Metekohy
Ekonomi & Bisnis Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v22i1.5763

Abstract

Sarana pemasaran produk UMKM secara digital saat ini semakin berkembang dan semakin mudah, namun kemudahan ini belum banyak dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM perempuan yang tergabung dalam organisasi Iwapi kota Depok. Penelitian ini bertujuan ingin menganalisis faktor-faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya adopsi pemasaran secara digital dan memberikan solusi untuk mengatasinya agar mereka dapat dan mau memanfaatkannya. Metode penelitian yang dipilih adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisa faktor (factors analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM anggota Iwapi di kota Depok. Teknik sampel menggunakan non probability sampling dengan memilih pendekatan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 pelaku usaha. Objek penelitian adalah faktor-faktor yang menghambat adopsi teknologi yang terdiri dari; 1) persepsi kemudahan 2) keamanan teknologi informasi; 3) kemauan; 4) manfaat yang dirasakan; 5) kesiapan pelaku UMKM, 6) keuntungan yang didapat; 7) kebutuhan pelanggan; 8).Sumber daya manusia; 9). Keterbatasan pengetahuan. Hasil analisis dari sembilan faktor tersebut mengelompok menjadi 2 (dua) variabel utama. Pertama variabel Penguasaan Teknologi Informasi yang merupakan pengelompokan dari factor persepsi kemudahan, keamanan teknologi informasi, kesiapan pelaku UMKM, sumber daya manusia dan keterbatasan pengetahuan, mampu menjelaskan 43,576% variasi. Kedua adalah variabel Kemanfaatan yang terdiri dari faktor: kemauan, manfaat yang dirasakan, keuntungan pemasaran secara online dan kebutuhan pelanggan yang hanya mampu menjelaskan 15,846% variasi. Kedua variabel secara keseluruhan mampu menjelaskan 59,422% variasi. Artinya secara umum pelaku UMKM disini belum banyak yang menguasai teknologi informasi dan belum memahami betul tentang kemanfaatannya bagi usaha mereka. Maka sebagai solusinya adalah dengan cara mengenalkan kepada mereka sebuah website iwapids.com yang sekaligus juga berfungsi sebagai marketplace. Key words: digital marketing, umkm, iwapi, marketplace
ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BIAYA OPERASIONAL SEKOLAH DI SMK TERPADU YAPISA MEGAMENDUNG BOGOR Wahjuny Djamaa; Krisna Sudjana; Asep Sopan Sopian; Putri Dwi Deandari
Ekonomi & Bisnis Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v22i1.5764

Abstract

SMK Terpadu Yapisa sebagai salah satu dari sekian banyak sekolah yang menerima dana bantuan operasional sekolah dari pemerintah yang diduga ada beberapa masalah yang kerap di hadapi oleh sekolah, seperti keterlambatan sumber dana yang masuk sampai pengeluaran kas untuk biaya operasional sekolah, seperti kurangnya kejelasan tentang wewenang dalam pengeluaran biaya operasional sehingga terjadi kesalahpahaman antara staf keuangan dan tata usaha di sekolah. Ini diduga karena adanya sistem informasi yang kurang diterapkan oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana sistem informasi biaya operasional sekolah yang digunakan, dan masalah apa saja yang kerap dihadapi berhubungan dengan biaya operasional sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, penelitian ini akan dilakukan secara langsung di tempat yang diteliti agar dapat lebih fokus terhadap objek tertentu dan mendapatkan data yang akurat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi pada biaya operasional sekolah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang ada, dan tidak ditemukan masalah yang signifikan sehingga mengganggu aktifitas dalam penggunaan dana biaya operasional sekolah (BOS), karena sistem semua sudah disediakan oleh pemerintah. Tetapi ada sedikit masalah dalam perolehan bukti kuitansi masuk dan lampiran pajak saat prosesm pembelian kebutuhan yang bersifat tidak begitu besar nominalnya. Kata Kunci: sistem informasi akuntansi (SIA), biaya operasional, BOS
CUSTOMER INTIMACY, CUSTOMERS EXPERIENCE, CUSTOMER SATISFACTION, CUSTOMER BONDING DAN CUSTOMER VALUE DALAM LOYALITAS NASABAH DI BANK SYARIAH Khansa Lathifah Vitram; Muhammad Iqbal Rasa; Suharto
Ekonomi & Bisnis Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v22i1.5765

Abstract

Pada perkembangan perekonomian di Indonesia yang semakin maju, khususnya pada sektor perbankan syariah. Dengan pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia telah menciptakan banyak investor dan nasabah dengan berbagai penghimpunan dana. Tingginya minat masyarakat terhadap perbankan syariah untuk menabung dan melakukan pembiayaan membuat sektor perbankan semakin prospektif. Dalam hal ini membuat persaingan dalam sektor perbankan syariah semakin kompetitif, terutama bagi bank syariah dengan segmen pasar yang sama, bank syariah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ketahun. Dari peluang tersebut banyak bank syariah diIndonesia berlomba-lomba bersaing guna untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Dalam hal ini Bank syariah mempunyai peran penting yaitu untuk selalu memenuhi kebutuhan nasabah dengan menyediakan produk atau layanan yang beretika sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan menyediakan aksesibilitas ternyaman melalui berbagai sarana kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Intimacy, Customer experience, Customer satisfaction, Customer Bonding dalam bank syariah. Kata kunci : Customer Intimacy, Customer experience, Customer satisfaction, Customer Bonding,Costumer Value, Bank syariah
OPTIMALISASI PERAN DANA ZAKAT UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN EKONOMI DALAM SITUASI EMERGENCY (MASA PANDEMI) Ady Arman; Ach. Bakhrul Muchtasib; Dede Abdul Fatah
Ekonomi & Bisnis Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v22i1.5766

Abstract

Zakat merupakan salah satu unsur penting dalam sistem ekonomi berdasarkan syariat Islam. Zakat dapat mendorong pertumbuhan ekonomi suatu bangsa atau negara dengan cara penurunan jumlah masyarakat ekonomi lemah (miskin), melalui mekanisme subsidi ekonomi, jaminan sosial, pemberdayaan, ataupun pembinaan. Saat ini sedang terjadi penyebaran virus corona yang memiliki dampak signifikan pada perputaran perekonomian di Indonesia. Proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan mencapai 2,3%. Bahkan, dalam situasi terburuk, ekonomi bisa minus hingga 0,4%. Dampak ini lebih kompleks dibandingkan dengan krisis yang terjadi pada 1997-1998 dan 2008-2009. Di sisi lain, Nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat kembali jatuh yang telah menyentuh angka Rp16.000. Penelitian ini ingin memotret peran dana zakat dalam mengatasi persoalan ekonomi di masa pandemi. Kekuatan dana zakat sebagai instrumen sosial untuk menumbuhkan kesejahteraan ekonomi di masa pandemi. Dengan metode SWOT akan ditemukan model pengembangan dana zakat yang tepat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di masa pandemi. Kata kunci: OPZ, Zakat, Pandemi, SW
HIGIENITAS DALAM BISNIS PARIWISATA: ANALISIS BIBLIOMETRIK PADA DATABASE SCOPUS Andaru Rachmaning Dias Prayitno
Ekonomi & Bisnis Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v22i1.5767

Abstract

Higienitas merupakan salah satu faktor yang perlu diperbaiki guna meningkatkan produktivitas dalam sektor pariwisata. Berdasarkan laporan The Travel and Tourism Competitiveness Report yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF) di tahun 2019, Indonesia memperoleh skor 5 dari 7. Kebersihan lingkungan, sanitasi, dan toilet menjadi tolok ukur tersendiri bagi higienitas di Indonesia dan memerlukan perhatian khusus. Penelitian ini menggunakan database scopus. Artikel ini menganalisis karakteristik publikasi, peneliti, universitas, dan kontribusi negara di bidang higienitas berwisata dari tahun 2003-2023 dengan menggunakan metode bibliometrik. Metode ini berguna karena melibatkan analisis kuantitatif sejumlah besar literatur, menggunakan metode matematika dan statistik. Hasil menunjukkan terdapat 372 dokumen dengan India, Indonesia, dan United States sebagai negara dengan artikel paling banyak diterbitkan di bidang tersebut. Adapun rekomendasi kebijakan yaitu perlu meningkatkan pembangunan dan perbaikan sarana prasarana yang dapat menunjang higienitas, sehingga wisatawan tidak ragu untuk melakukan aktivitas pariwisata. Penelitian selanjutnya diharapkan berfokus pada perilaku masyarakat terhadap pemanfaatan sarana dan prasarana penunjang pilar higienitas serta menumbuhkan kesadaran untuk menjaga keberlangsungan dalam jangka panjang. Keywords: Higienitas, Ekonomi Pariwisata, Bibliometrik
PERHITUNGAN HARGA POKOK PESANAN DALAM PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK EKSPOR PT LOCATANI AGRO INDONESIA Novitasari; Rahmanita Vidyasari; Rodiana Listiawati
Ekonomi & Bisnis Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v22i1.5768

Abstract

Banyak perusahaan mengalami kekeliruan dalam penetapan harga jual produksi. Penetapan harga jual terlalu tinggi dapat mengakibatkan keadaan yang tidak menguntungkan bagi perusahaan. Sebaliknya jika harga jual terlalu rendah akan mengakibatkan laba yang diperoleh perusahaan rendah pula, bahkan mengalami kerugiaan, sehingga membutuhkan perhitungan harga pokok penjualan yang tepat. PT Locatani Agro Indonesia yang merupakan salah satu UMK yang memproduksi berbagai hasil olahan umbi yang mengambil hasil pertanian langsung dari petani umbi. Perusahaan ini masih menerapkan sistem tradisional dalam penentuan biaya pokok produknya, ditambah pula rencana untuk mengekspansi penjualan produk-produk mereka ke luar negri yang pastinya memiliki lebih banyak komponen biaya-biaya yang harus masuk dalam perhitungan biaya produksi. Melihat permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan perhitungan harga pokok produksi untuk menetapkan harga jual ekspor produk PT Locatani. Agar perhitungan biaya langsung akurat,dibutuhkan salah satu metode untuk menghitungnya, yaitu metode harga pokok pesanan (Job Order Costing). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif yang menganalisis dan mendiskripsikan biaya-biaya yang muncul dalam penjualan produk ekspor serta mendeskripsikan perhitungan harga pokok penjualan menggunakan metode harga pokok pesanan (job order costing) sebagai penentu harga jual produk ekspor. Penelitian ini mengindikasikan bahwa dengan menetapkan metode harga pokok pesanan sebagai dasar dalam perhitungan harga pokok untuk produk eskpor dapat membantu PT Locatani Agro Indonesia menetapkan harga jual ekspornya. Luaran dari penelitian ini adalah Harga pokok produk ekspor PT Locatani Agro Indonesia dengan metode job order costing. Kata Kunci: harga pokok produksi (HPP), harga pokok pesanan (job order costing), produk ekspor
ANALISIS PROFITABILITAS DALAM MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT POS INDONESIA Hasanudin
Ekonomi & Bisnis Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v22i1.5770

Abstract

Analisis Profitabilitas adalah analisi yang ditunjukkan untuk mendeteksi penyebab timbulnya laba yang diperoleh suatu perusahaan dalam priode tertentu. Salah satu cara menilai kinerja keuangan adalah dengan melakukan analisis keuangan perusahaan, yang mana biasanya perusahaan tersebut menggunakan komponen neraca dan laporan laba rugi untuk menilai rasio profitabilitas. Metode analisi profitabilitas digunakan untuk mengukur kinerja keuangan PT. Pos Indonesia yang mengalami peningkatan dari tahun 2019 sampai dengan 2021. Adapun rasio profitabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Net Profit Margin (NPM), Gross Profit Margin (GPM), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE). Setelah melakukan penelitian terlihat perbandingan rasio profitabilitas pada PT. Pos Indonesia. Pada tahun 2019 sampai tahun 2021 menunjukkan bahwa Net Profit Margin (NPM), mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sama halnya dengan Gross Profit Margin (GPM), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) mengalami peningkatan. Secara keseluruhan tingkat persentase profitabilitas perusahaan terus meningkat setiap tahunnya dari tahun 2019 sampai 2021, namun selama tiga tahun tersebut berdasarkan hasil perhitungan rasio perusahaan masih dibawah standar umum rata-rata industri dan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat simpulkan kinerja keuangan PT. Pos Indonesia manajemen perusahaan dalam mengelola sumber daya yang dimiliki dinilai kurang baik. Kata Kunci : Rasio Profitabilitas, Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE).

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023 Vol 21 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 2 Desember 2022 Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022 Vol. 20 No. 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 20 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19, No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 19, No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 18 No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 17 No 2 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 17 NO 2 DESEMBER 2018 Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018 Vol 17, No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS VOL. 17 No.1 JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2018): EKONOMI BISNIS VOLUME 17 No 2 Vol 16, No 2 (2017): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, VOL 16 NO 2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 2 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 16 NO.2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 1 (2017): JURNAL EKONOMI & BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 15 No 1 (2016): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 15 No.1 Juni 2016 Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue