cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN" : 8 Documents clear
PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT DENGAN AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SDN KARANGGEDE TAHUN AJARAN 2012/2013 Hani, Hana
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.644 KB)

Abstract

ABSTRAK Fitria Rakhmawati. PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT DENGAN AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SDN KARANGGEDE TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2013. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas IV SDN Karanggede tahun ajaran 2012/2013; (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa melalui penggunaan media kartu huruf siswa kelas IV SDN Karanggede tahun ajaran 2012/2013, dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi pada penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas IV SDN Karanggede tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Karanggede tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 13 laki-laki dan 10 perempuan. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang dipergunakan dalan penelitian tindakan kelas ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media kartu huruf yang dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas IV SDN Karanggede, dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) pembagian media kartu huruf kepada siswa; b) menunjukkan media kartu huruf; c) merangkai media kartu huruf menjadi kalimat; dan d) pemberian penghargaan. (2) Adanya peningkatan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa melalui pengunaan media kartu huruf siswa kelas IV SDN Karanggede. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas adalah 81,8%, Siklus II menjadi 84,5%, dan siklus III menjadi 87%. (3) Kendala penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas IV SDN Karanggede adalah media kartu huruf belum dipersiapkan dengan teliti dan masih satu paket serta keanekaragaman bentuk aksara Jawa dan pasangannya menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami setiap bentuknya. Hal ini berdampak kurang lancarnya beberapa siswa dalam merangkai. Sedangkan solusinya adalah mempersiapkan media kartu huruf dengan teliti dan membuat media tersebut sebanyak dua paket serta memperbanyak latihan soal kepada siswa supaya siswa terbiasa dan mampu memahami setiap bentuk aksara Jawa. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat dengan aksara Jawa siswa kelas IV SDN Karanggede tahun ajaran 2012/2013.   Kata kunci: Media kartu huruf, Keterampilan Menulis, Aksara Jawa ABSTRACT Fitria Rakhmawati. MEDIA CARD USE CAPITAL LETTERS IN SENTENCE WITH WRITING SKILLS ENHANCEMENT AKSARA JAVA CLASS IV SDN Karanggede ACADEMIC YEAR 2012/2013. Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education. Surakarta University of March, April 2013. The purpose of this study was (1) to describe the media use the letter cards in improving sentence writing skills with Java script Karanggede Elementary School fourth grade students of the school year 2012/2013, (2) to determine the increase in sentence writing skills through the use of Java script font card media students SDN Karanggede fourth grade school year 2012/2013, and (3) to describe the challenges and solutions in the use of media card in the letter writing skills enhancement sentence with Java script Karanggede Elementary School fourth grade students of the school year 2012/2013. This research is a classroom action research (CAR). This study was conducted in 3 cycles consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects were all fourth grade students at SDN Karanggede academic year 2012/2013, amounting to 23 students, consisting of 13 men and 10 women. Source data came from students, peers, and documents. Techniques of data collection is through observation, interviews, and tests. The validity of the source data using triangulation techniques. Role in the data analysis used classroom action research is the analysis of quantitative and qualitative data. The results showed that: (1) use of media cards that can improve the skills of letter writing sentences with Java script Karanggede Elementary School fourth grade students, implemented with the following steps: a) the distribution of the letter to the student media card, b) indicates media card letters c) media card stringing letters into sentences, and d) the award. (2) An increase in the sentence writing skills through the use of Java script font media card Karanggede Elementary School fourth grade students. In the first cycle, the number of students who pass is 81.8%, Cycle II to 84.5%, and the third cycle to 87%. (3) Constraints in the use of media cards increase letter writing skills with Java script sentence fourth grade students of SDN Karanggede media card is not yet prepared letters carefully and still the package as well as the diversity of form and his partner Javanese cause students difficulties in understanding each form. This affected some students' lack of smoothness in the stringing. While the solution is to prepare the media card with the letter carefully and make the media as much as two packs and increase exercises to students so that students get used to and be able to understand any form of Java script. Conclusion of this study is the use of media cards can increase the skill of writing letters to the sentence Javanese Karanggede Elementary School fourth grade students of the school year 2012/2013. Keywords: Media card letters, Writing Skills, Java script
MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KONSEP PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI KRAPYAK 2 TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Susanti, Dian
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Dian Susi Susanti. ?MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR  MATEMATIKA TENTANG KONSEP PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI KRAPYAK 2 TAHUN PELAJARAN 2011/2012.?, Skripsi. Surakarta: Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2013. Tujuan umum penelitian adalah mengembangkan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dengan mengaplikasikan model pembelajaran RME (Realistics Mathematic Education) untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika. Sedangkan tujuan khusus penelitian adalah (1) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya pada pokok bahasan pecahan siswa kelas IV SD Negeri Krapyak 2 pada tahun pelajaran 2011/2012, (2) Memaparkan proses pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran RME pada pokok bahasan pecahan siswa kelas IV SD Negeri Krapyak 2 pada tahun pelajaran 2011/2012, (3) Menemukan kelebihan dan kelemahan model pembelajaran RME. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjel penelitian adalah adalah siswa kelas IV SD Negeri Krapyak 2 pada tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 15 siswa. Data diolah dengan teknik test dan non test. Teknik tes digunakan untuk mengetahui dan mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran RME. Teknik non tes menggunakan observasi dan wawancara. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis komparatif yaitu dengan membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran RME dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Krapyak 2 pada tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor hasil belajar. Hasil belajar siswa pada kondisi awal mencapai rata-rata skor 61 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 26,67%. Setelah siklus 1 rata-rata skor hasil belajar siswa mencapai 69 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 66,67%. Dan siklus 3 rata-rata skor hasil belajar siswa mencapai 80, dengan ketuntasan belajar klasikalnya adalah 86,67%. Kesimpulan dari penelitian adalah, bahwa model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya pada pokok bahasan pecahan siswa kelas IV SD Negeri Krapyak 2 pada tahun pelajaran 2011/2012.   Kata Kunci:  Realistic Mathematic Education, Hasil Belajar, dan Pecahan ABSTRACT Dian Susi Susanti. "LEARNING MODEL RME (realistics Mathematic EDUCATION) TO IMPROVE ON THE CONCEPT OF LEARNING MATHEMATICS CLASS IV FRACTIONS Krapyak 2 SD STATE SCHOOL YEAR 2011/2012.", Skripsi. Surakarta: Teacher Education University of March Surakarta, April 2013. The general objective of research is to develop a learning model that is more creative and innovative learning model by applying the RME (realistics Mathematic Education) to improve the effectiveness of learning mathematics. The specific objectives of the study were (1) Increase students' mathematics learning outcomes in particular on the subject of fractions Elementary School fourth grade students Krapyak 2 in the school year 2011/2012, (2) Describe the process of learning mathematics by applying a learning model RME on the subject of fractions graders Krapyak 2 IV Elementary School in the school year 2011/2012, (3) Find the strengths and weaknesses of the learning model of RME. This study uses classroom action research. Subjeck research is are fourth grade students of SD Negeri Krapyak 2 in the school year 2011/2012, amounting to 15 students. The data were processed with the test and non-test techniques. Test techniques used to identify and measure the improvement of student learning outcomes. While the non-test techniques used to measure the success of the learning process by implementing RME learning model. Non-test technique using observation and interviews. Data were analyzed by comparative analysis technique by comparing baseline test scores, test scores after cycle 1, cycle 2 and cycle 3. The results showed that the learning of mathematics by applying RME learning model to improve learning outcomes Elementary School fourth grade students Krapyak 2 in the school year 2011/2012. This is evidenced by the increase in score learning outcomes. Student learning outcomes in the initial conditions to reach an average score of 61 with mastery learning in classical 26.67%. After cycle 1 average score of student learning outcomes at 69 with mastery learning in classical 66.67%. 3 cycles and the average score of student learning outcomes at 80, with mastery learning klasikalnya is 86.67%. The conclusion is, that the learning model RME (Realistic Mathematic Education) can improve students' mathematics learning outcomes in particular on the subject of fractions Elementary School fourth grade students Krapyak 2 in the school year 2011/2012. Keywords: Realistic Mathematic Education, Learning Outcomes, and fractions.                                          
PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG KELAS IV SEKOLAH DASAR sutarno, sutarno
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.439 KB)

Abstract

Abstract: The Quantum Teaching Model Aplication with Picture Series Media in Improving Writing Skills in IV Grade State Elementary School Kejawang. The purpose of research to describe model procedures Quantum Teaching with  picture series media in improving writing skills in elementary school Kejawang. This research is Classroom Action Research (CAR) using a research design cycle. Subject this research Elementary School students in grade IV statate schol Kejawang amounting to 19 students, consisting of 9 males and 10 female This study was conducted in 3 (three) cycles. . Each cycle consists of four elements, namely planning, implementation, observation, and reflection. The results showed The Quantum Teaching Model Aplication with Picture Series Media in Improving Writing Skills. Keyword: Quantum Teaching, Picture Series, Writing Skills,   Abstrak: Penggunaan Model Quantum Teaching dengan Media Gambar Seri dalam Peningkatan Keterampilan Mengarang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kejawang. Tujuan penelitian ini adalah  mendeskripsikan prosedur penggunaan model Quantum Teaching dengan media gambar seri yang dapat meningkatkan keterampilan mengarang di sekolah dasar Negeri Kejawang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD N Kejawang yang berjumlah 19 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat unsur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan mengarang. Kata Kunci: Quantum Teaching, Gambar Seri, Keterampilan Mengarang.
PENERAPAN TEKNIK FORMASI REGU TEMBAK DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 3 KALIWINASUH TAHUN AJARAN 2012/2013 Yuliastuti, Ika
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK   Ika Yuliastuti. PENERAPAN TEKNIK FORMASI REGU TEMBAK DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 3 KALIWINASUH TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2013 Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan Teknik Formasi Regu Tembak yang dapat meningkatkan pembelajaran pecahan pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 3 Kaliwinasuh tahun ajaran 2012/2013; (2)  meningkatkan pembelajaran pecahan pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 3 Kaliwinasuh tahun ajaran 2012/2013 dengan Teknik Formasi Regu Tembak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus dan setiap siklus terdiri atas 2 (dua) pertemuan. Tiap siklus terdiri atas 4 unsur yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Kaliwnasuh yang berjumlah 26 siswa dengan 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sumber datanya yaitu siswa, guru kelas V dan teman sejawat. Alat pengumpul data menggunakan lembar instrumen tes berupa butir soal tes, sedangkan instrumen non-tes berupa lembar observasi, pedoman wawancara dan anecdotal record. Validitas hasil penelitian ini menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, (1) penerapan Teknik Formasi Regu Tembak yang dapat meningkatkan pembelajaran pecahan mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 3 Kaliwinasuh dilakukan dengan langkah-langkah antara lain menetapkan tujuan, menjelaskan materi, membagi kelompok regu tembak, menyusun kursi dalam formasi barisan berhadapan, memisahkan kursi setiap kelompok regu tembak, menempati kursi berdasarkan kelompok regu tembak, membagi kartu soal, melaksanakan tembak dan jawab soal serta menganalisa hasil jawaban dari tembak dan jawab soal. Hal tersebut terbukti dengan peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa pada setiap tindakan siklus. Rata-rata nilai hasil observasi siswa yaitu 79,04 pada siklus I menjadi 79,52 pada siklus II dan pada siklus III menjadi 79,67; (2) penerapan Teknik Formasi Regu Tembak dapat meningkatkan pembelajaran pecahan pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Kaliwinasuh, terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata nilai hasil tes dan peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil tes dari siklus I, siklus II dan siklus III selalu meningkat yaitu dari 74,52 menjadi 78,17 dan meningkat lagi menjadi 79,52. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 86,54% kemudian pada siklus II menjadi 90,39% dan meningkat menjadi 94,23% pada siklus III. Kata Kunci: Penerapan, Teknik Formasi Regu Tembak, Pembelajaran, Matematika ABSTRACT Ika Yuliastuti. PENERAPAN TEKNIK FORMASI REGU TEMBAK DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 3 KALIWINASUH TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2013 The purpose of this study was (1) describe the steps of learning the technique Shoot Formation Team to enhance learning fractions in math class V students SDN 3 Kaliwinasuh academic year 2012/2013, (2) increase learning fractions in math class students V SDN 3 Kaliwinasuh academic year 2012/2013 with the Engineering Team Shoot Formation. This research is Classroom Action Research (CAR) using a research design cycle. This study was conducted in three (3) cycles. Each cycle consists of four elements, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, (4) reflection. The subjects were students of class V SDN 3 Kaliwnasuh, some 26 students with 14 male students and 12 female students. To support this research, the researchers collaborated with classroom teachers V SDN 3 Kaliwinasuh and assisted by 2 colleagues as an observer. Data collection tool using test instruments such as sheets of test items, while the non-test instruments such as observation sheets, interview guides and anecdotal records. The validity of these results using triangulation. The data analysis technique used is quantitative data analysis techniques and qualitative data analysis includes data reduction, data presentation, and conclusion / verification data. Based on the results of this study concluded, (1) the application technique Shoot Formation Team to improve mathematics learning fractions SDN grade 3 Kaliwinasuh done by steps such as setting goals, explaining the material, dividing the group firing squad, arrange chairs in formation the line of sight, separating each group firing squad seat, seat occupied by a group firing squad, split about cards, carry fire and answer questions and analyze the answers of the fire and answer questions. This is evident by the increase in the learning process undertaken by the students in each action cycle. The average value of the observation of the students 79.04 to 79.52 in the first cycle in the second cycle and the third cycle to 79.67; (2) the application technique Shoot Formation Team can improve learning fractions in mathematics fifth grade elementary school students 3 Kaliwinasuh country, as evidenced by an increase in average test scores and increase the percentage of students' mastery of learning outcomes. Test results from the first cycle, second cycle and third cycle always increased from 74.52 to 78.17 and increased to 79.52. In the first cycle, the percentage of mastery learning outcomes of students ie 86.54% after the second cycle to be increased to 90.39% and 94.23% in the third cycle. Keywords: Application, Engineering Team Shoot Formation, Learning, Mathematics
UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA SISWA KELAS IV SDN BABADSARI KOMAH, ISTI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.106 KB)

Abstract

Abstrak: Upaya Peningkatan Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT Pada Siswa Kelas IV SDN Babadsari. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas IV SDN Babadsari. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Babadsari yang berjumlah 23 siswa. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan metode triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas IV.   Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TGT , Pembelajaran, IPS   Abstract: The improving Social Science Learning Through cooperative learning type TGT model In IV Grade Elementary School Babadsari. The purpose of this research was to improve the Social Science Learning trought cooperative learning type TGT model in IV Grade Elementary School Babadsari. This research uses classroom action research techniques. The research was conducted in two cycles. Subjects of this study is the IV graders of Elementary School Babadsari, which has 23 students. Data sources came from teachers ,  students and researchers. Data collection techniques using observation, testing, interview and documentation. The validity of data using triangulation methods techniques and other sources. Analysis of the data used by the qualitative and quantitative analysis. The results showed that the use of  cooperative learning type TGT model can improve the Social Science Learning studies IV grade student.   Keyword: Cooperative learning type TGT model, Learning, Social Science
PERBEDAAN EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIDOHARUM TAHUN AJARAN 2012/2013 Tyas Andriani, Widuri
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Widuri Tyas Andriani. PERBEDAAN EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIDOHARUM TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2013 Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan  pengaruh penggunaan model kooperatif tipe TPS dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika khususnya pada materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Sidoharum Tahun Ajaran 2012/2013, (2)  mengetahui perbedaan  pengaruh penggunaan model kooperatif tipe TGT dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika khususnya pada materi pecahan kelas V SD SD Negeri 1 Sidoharum Tahun Ajaran 2012/2013, (3) Mendeskripsikan perbedaan efektivitas penggunaan model kooperatif tipe TPS dan TGT terhadap hasil belajar matematika khususnya pada materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Sidoharum Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian kuantitatif dengan menggunakan sub desain Eksperimental Kuasi yaitu Tes Awal-Akhir dengan sampel terpisah (untuk control setara). Tes awal atau pretest dilakukan satu kali dengan 10 soal objektif pilihan ganda yang memiliki 1 kunci jawaban dan tiga pengecoh yang mencakup sebagian materi pertemuan satu sampai dengan pertemuan ketiga.  Populasi penelitian ini terdiri dari semua siswa kelas V SD sekecamatan Sempor, dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sidoharum. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Validitas uji prasayarat instrumen tes penelitian ini menggunakan rumus product moment dan realibilitasnya menggunakan KR 20. Hasil penelitian ini menggunakan uji normalitas chi kuadrat, uji homogenitas bartlet chi kuadrat, dan analisis datanya menggunakan uji t/t-test. Kesimpulan penelitian ini adalah : (1) Pembelajaran matematika dengan menerapkan Think Pair Share (TPS) hasilnya lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Sidoharum, (2) Penerapan Times Games Turnament (TGT) menjadikan hasil belajar tentang pecahan menjadi meningkat dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (3) Times Games Turnament (TGT) lebih efektif daripada Think Pair Share (TPS).   Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Teams Games Tournament (TGT), hasil belajar matematika SD   Abstract Page Widuri Tyas Andriani. Differences effective of the Think Pair Share (TPS) and Teams Games Tournament (TGT) on the Mathematic Achievement about fractions in the fifth grades Students of Sidoharum 1 elementary School in 2012/2013 academic year. Scription, faculty teaching and education science, Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2013 The aims of this research is (1) to knows the differences effective Think Pair Share and convensionall on the mathematics achievement in Sidoharum 1 Elementary school in the fifth year students, (2) to knows the differences effective Teams Games Tuornament (TGT) and convensionall on the mathematics achievement in Sidoharum 1 Elementary school in the fifth year students, (3) to describes the comparative effect of cooperative variants of Think Pair Share (TPS) and Teams Games Tournament (TGT) on the mathematics achievement in Sidoharum 1 Elementary school in the fifth year students. The kinds of this research is kuantitatif  with pre-test, post-test control group quasi-experimental design. The pretest was done at one day and used 10 item multiple choice objective test items with one key and three distractors from first meet until third meet in the math class . The population of this research consisted of all the  fifth year students in public elementary school in Sempor, and this sample is the fifth grades Students of Sidoharum 1 elementary School. This sampling technique used cluster random sampling. The collected data technique used observation technique, documentation, test, and interview. The validity test of  instrument prerequirment using product moment and realibility instrument using the Kuder-Richardson method (KR 20). The Results of analyses data using chi Kuadrat for normality and Bartlet Chi Kuadrat for homogenity. The study were analysed using the t-test statistic. The conclussion of this research : (1) Learning mathematics has apllied Think Pair Share better than convensionall on the Mathematic Achievement about fractions in the fifth grades Students of Sidoharum 1 elementary School in 2012/2013 academic year (2) Learning mathematics has apllied Teams Games Tournament (TGT) better than convensionall on the Mathematic Achievement about fractions in the fifth grades Students of Sidoharum 1 elementary School in 2012/2013 academic year, (3) Learning mathematics has apllied Teams games Tournament (TGT) the best than among them on the Mathematic Achievement about fractions in the fifth grades Students of Sidoharum 1 elementary School in 2012/2013 academic year. Keywords: Think Pair Share (TPS), Teams Games Tournament (TGT), Mathematic Achievement.  
UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO KATA BERGAMBAR KELAS V SD KHASANAH, PUJI MAR ATUL
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.843 KB)

Abstract

Abstract: The Means to Increase the Mastery of English Language Vocabulary by Using Pictorial Word Domino Card Media Toward 5th Class Student of State Elementary School. The research purposed to: (1) describe the using of pictorial word domino card media ways that can increase the mastery of English Language vocabulary toward 5th class student (2) describe the using of pictorial word domino card media within increasing the mastery of English Language vocabulary toward 5th class student. This research uses Penelitian Tindakan Kelas (PTK) method. The result of the research shows that the ways of the using of pictorial word domino card media which can increase the mastery of English Language vocabulary is to read English Language vocabulary, to write English Language vocabulary, and to interpret English Language vocabulary. The means to increase the mastery of English Language vocabulary by using pictorial word domino card media can increase the student mastery of English Language vocabulary. The increasing is showed in cycle I until cycle III, in the pretest they get mean score 69, in cycle I increase become 75, in cycle II 83, and in cycle III become 86. Key Words: The Using of Pictorial Word Domino Card, English Language Learning, English Language Vocabulary Abstrak: Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Domino Kata Bergambar Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media kartu domino kata bergambar yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris bagi siswa kelas V SD (2) mendeskripsikan penggunaan media kartu domino kata bergambar dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris bagi siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penggunaan media kartu domino kata bergambar yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris adalah membaca kosakata Bahasa Inggris, menulis kosakata Bahasa Inggris, dan mengartikan kosakata Bahasa Inggris. Upaya meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris melalui penggunaan media kartu domino kata bergambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa. Peningkatan ditunjukkan pada siklus I sampai dengan siklus III, yang semula pada pretest mendapat nilai rata-rata 69, pada siklus I meningkat menjadi 75, pada siklus II 83, dan pada siklus III menjadi 86   Kata Kunci: Penggunaan Media Kartu Domino Kata Bergambar, Pembelajaran Bahasa Inggris, Kosakata Bahasa Inggris
PENGGUNAAN TIPE STAD DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SDN 1 KEBADONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Utami, Mira
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.697 KB)

Abstract

ABSTRAK Mira Tri Utami. PENGGUNAAN TIPE STAD DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS  BAGI SISWA KELAS IV SDN 1 KEBADONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2013. Tujuan penelitian  ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran  tipe STAD dengan media gambar pembelajaran IPS di kelas IV SDN 1 Kebadongan tahun ajaran 2012/2013, mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS di kelas IV SDN 1 Kebadongan tahun ajaran 2012/2013 dengan  tipe STAD dengan media gambar dan mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan tipe STAD dengan media gambar dalam peningkatan pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Kebadongan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian asiswa kelas IV SDN 1 Kebadongan berjumlah 21 siswa. Sumber data penelitian yaitu siswa, guru, teman sejawat dan dokumen. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data yaitu trangulasi sumber dan teknik. Analisis data yaitu teknik analisis dekriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yaitu analisis model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penggunaan tipe STAD dengan media gambar dilaksanakan dengan langkah sebagi berikut:(1) penyampaian tujuan dan motivasi, (2) penyajian dan penyampaian informasi, (3) mengorganisasikan siswa dalam kelompok, (4) membimbing siswa dalam kelompok, (5) kuis, dan (6) penghargaan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tipe STAD dengan media gambar dapat meningkatkan pembelajaran IPS bagi siswa kelas IV SDN 1 Kebadongan tahun ajaran 2012/2013. Hasil observasi guru pada siklus I=86% , siklus II = 86,52% dan siklus III = 89,19%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I= 85,74%, siklus II= 86,55% dan 88,69% pada siklus III, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa terjadi dari 85,71% siklus I,  90,47% siklus II dan 92,25% siklus III. Kendala yang ditemukan dalam proses penelitian yaitu: (1) guru kurang memotivasi, (2) guru kurang memandu siswa, (3) guru kurang mengeksplor siswa, (4) guru kurang bertanya jawab, (5) guru kurang mengarahkan dan membimbing siswa,(6) Guru  kurang  melibatkan diri dalam diskusi,dan (7) guru kurang membimbing mempresentasikan  diskusi. Adapun solusinya adalah yaitu : (1) guru akan lebih memotivasi, ,(2) Guru akan memandu siswa, (3) guru lebih  mengeksplor siswa,(4) guru lebih sering  bertanya jawab, (5) guru lebih mengarahkan dan membimbing, (6) guru  akan   melibatkan diri dalam diskusi, dan (7) guru lebih membimbing siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan tipe STAD dengan media gambar dapat meningkatkan pembelajaran IPS di kelas IV SDN 1 Kebadongan tahun ajaran 2012/2013. Penggunaan tipe STAD dengan media gambar dilaksanakan dengan langkah yang tepat sesuai langkah-langkah yang terdapat pada hasil penelitian di atas dapat meningkatkan pembelajaran IPS. Kata kunci: Tipe STAD, Media Gambar , Ilmu Pengetahuan Sosial ABSTRACT Mira Tri Utami. STAD USE WITH IMAGES MEDIA IN IMPROVING STUDENT LEARNING CLASS IV SOCIAL SCIENCES SDN 1 KEBADONGAN ACADEMIC YEAR2012/2013. Thesis, Faculty of Teacher Training and Educationof March SurakartaUniversity, April 2013. The purpose of this studyis to describethe learning process of STAD with images mediain the fourth grade social studies lesson SDN 1 Kebadongan academic year 2012-2013, describes results of an increasein the fourth grade social studies lesson SDN 1 Kebadongan academic year 2012/2013 with STAD with images median, describe the constraint sand solutions use STAD with images media in improved learning social studies fourth grade students of SDN 1 Kebadongan school year 2012/2013. This study is acollaborative action research. The experiment was conductedin three cycles comprising planning, action, observation, andreflection. Research subject scontains 21 fourth grade students at SDN 1 Kebadongan. Sources of research datais students, teachers, peers anddocuments. Data collection techniques usingobservation, interviews, and tests. Data validity is resources trangulations and technic. Data analysisis a techniqueof qualitative and quantitative descriptive analysis. Data analysis techniquethat isinteractive modelanalysisconsisted ofdata reduction, data display, and conclusion. STAD use withimages media held by stepas follows: (1) the delivery of the goals and motivation, (2) the presentation and delivery of information, (3) organize the students in the group, (4) to guide students in the group, (5) quizzes, and (6) groups awards. The results showedthat theuse of STAD with image scanenhance learning for students of classes IV Social Sciences SDN 1 Kebadongan academic year 2012/2013. The observation of teachersin the first cycle=86% cycle, second cycle =86.52% cycleandthird cycle=89.19%. Student learning activitiesin the first cycle=85.74%, the second cycle=86.55% and88.69% in the third cycle, whileimproving student learning out comes occur from the first cycle of 85.71%, 90.47% second cycle, and 92,25% the third cycle. Problems were foundin the research process, namely: (1) lack of motivating teachers, (2) lack of teacher guides the student, (3) lackof teachers explore students, (4) the teacher asksless responsibility, (5) the teacher is not directing and guiding students, (6) the teacher was notinvolved in the discussion, and(7) the teacher is not presentto guide the discussion. The solution isas follows:(1) teachers will be more motivated, (2) The teacher will guide the students, (3) explore the teacher sover students,(4) teachers more frequently asked responsibility, (5) is more direct and guide teachers, (6) teachers willengage in discussion, and(7) more teachers guide students to present the results of the discussion. The conclusionof this study is the use of experimental media type of image scanenhance learning in class IV Social Sciences SDN 1 Kebadongan school year 2012/2013. The experimental use of images media implemented appropriate measures appropriate measures availableon the above finding scanenhance learning purposes Social Sciences. . Keywords: Student Teams-Achievement Divisions, PhotoMedia, SocialSciences

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue