cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)" : 17 Documents clear
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN WONOTORO TAHUN AJARAN 2014/1015 Budi Atmoko, Didik
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.815 KB)

Abstract

Abstract: The Implementation of Problem Based Learning (PBL) Model In Improving Natural Science Learning Using Multimedia For The Fifth Grade Students Of SDN Wonotoro In Academic Year 2014/2015. The objectives of this research to improve natural science learning about water cycle for the fifth grade students. This research is a Collaborative Classroom Action Research conducted for 3 cycles with phases of planning, action, observation, and reflection. Subjects were fifth grade students of SDN Wonotoro totaling 22 students. Data collection techniques were observation, interview, and test. Validity of data applied triangulation of source and techniques. The analysis of data consisting of data reduction, data description, and conclusion. The conclusion of this research is the implementation of the Problem Based Learning (PBL) models with multimedia can improve natural science learning for fifth grade students in SDN Wonotoro. Keywords: Problem Based Learning (PBL), multimedia, natural science Abstrak : Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Multimedia dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SDN Wonotoro Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran IPA tentang daur air pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Wonotoro yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Wonotoro. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), multimedia, IPA
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK (WEBBED) DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMA PENDIDIKAN DI KELAS III SDN 1 PURWOGONDO TAHUN AJARAN 2014/2015 Nurhidayat, Fajar
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.097 KB)

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK (WEBBED) DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMA PENDIDIKAN DI KELAS III SDN 1 PURWOGONDO TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh: Fajar Nurhidayat1), Suhartono2), Joharman3) FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret e-mail: fnurhidayat23@gmail.com 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2,3 Dosen PGSD FKIP UNS Abstract. The Implementation of Thematic Learning Model (Webbed) using Visual Media in Improving Education Theme Learning for the Third Grade Students of SDN 1 Purwogondo in the Academic Year of 2014/ 2015. The objectives of this research is to improve education theme learning for the third grade students of SDN 1 Purwogondo in the academic year of 2014/2015 by implementing thematic learning model (webbed) using visual media. Subjects of this research were 36 students of the third grade of SDN 1 Purwogondo. This research implemented within three cycles that consist of planning, action, observation, and reflection The validity of the data using triangulation sources and triangulation techniques. Techniques of collecting data were test, observation, and field note. The implementation of thematic learning model (webbed) using visual media can improve education theme learning for the third grade students of SDN 1 Purwogondo in the academic year of 2014/2015. Passing grade percentage of students result in the first cycle was 58,61%, in the second cycle was 77,28%, in the third cycles was 90,28%. Keywords: thematic, visual media, education theme Abstrak. Penerapan Model Pembelajaran Tematik (Webbed) dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran Tema Pendidikan di Kelas III SDN 1 Purwogondo Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo Tahun Ajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas III SDN 1 Purwogondo. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan. Penerapan model pembelajaran tematik dengan media visual dapat meningkatkan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I yaitu 58,61%, siklus II yaitu 77,28%, siklus III yaitu 90,28%. Kata kunci: tematik, media visual, tema pendidikan PENDAHULUAN Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dikatakan berhasil apabila guru mampu mengelola kelas dan membuat siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru berupaya melaksanakan pembe-lajaran dengan berbagai macam strategi, model, serta metode pembe-lajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik siswa. Salah satu tema yang ada di kelas III adalah tema pendidikan. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi inti pembicaraan atau pembahasan dalam kegiatan pembelajaran (Hajar, 2013: 22). Tema pendidikan sangat cocok dijadikan payung antarkonsep mata pelajaran yang saling berkaitan karena tema pendidikan ini dapat terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari siswa (sesuai dengan yang pernah dilakukan), sehingga akan memudahkan siswa untuk belajar karena sesuai dengan apa yang pernah mereka alami. Pembelajaran adalah suatu kegiatan untuk membuat siswa belajar dengan melibatkan beberapa unsur, baik ekstrinsik maupun intrinsik yang melekat dalam diri siswa dan guru, termasuk lingkungan, guna tercapainya tujuan belajar-mengajar yang telah ditentukan (Prastowo, 2013: 65). Pembelajaran Tema Pendidi-kan di Kelas III SD adalah proses untuk meningkatkan pembelajaran yang meliputi hasil dan proses belajar tentang materi tema pendidikan dengan melibatkan sumber belajar sehingga siswa mengerti dan paham tentang materi yang ada pada tema pendidikan yang ditandai dengan tercapainya tujuan belajar-mengajar yang telah ditentukan. Salah satu model pem-belajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar adalah model pembelajaran tematik (webbed). Model pembelajaran tema-tik (webbed) merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, mengeksplorasi, dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistik, autentik, dan berkesinam-bungan (Rusman, 2012: 250). Model pembelajaran tematik (webbed) me-miliki karakteristik sebagai berikut: (a) berpusat pada siswa; (b) membe-rikan pengalaman langsung; (c) pemi-sahan materi pelajaran tidak begitu jelas; (d) menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran; (e) bersifat fleksibel; (f) dan menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan (Majid, 2014: 89-90). Selain model pembelajaran yang tepat, guru perlu menggunakan media dalam proses penyampaian ma-teri. Penggunaan media dapat mem-bantu siswa dalam menggambarkan hal-hal yang abstrak menjadi lebih nyata. Media visual merupakan salah satu media yang cocok diterapkan khususnya di kelas rendah. Media visual adalah media yang dapat dipandang atau dilihat dan dapat disentuh oleh siswa, misalnya gambar, foto, benda sesungguhnya, peta, miniatur, dan realia (Suyanto , 2010: 102). Model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual merupakan penerapan suatu desain pembelajaran dengan cara mengait-kan beberapa mata pelajaran menjadi suatu tema dan memberikan pengala-man visual yang nyata kepada siswa sehingga siswa aktif mencari, menggali, mengeksplorasi, dan mene-mukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistik, autentik, dan ber-kesinambungan. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada kegiatan belajar mengajar di kelas III SDN 1 Purwogondo pada tanggal 23 Januari 2015, pelaksanaan pembelajaran tematik belum berjalan dengan maksimal. Guru kesulitan dalam memilih indikator dan materi yang akan ditematikkan sehingga guru masih memberi pembelajaran secara terpisah Padahal di kelas rendah seharusnya menggunakan pembelaja-ran tematik. Selain itu, terjadi kesen-jangan pada hasil belajar siswa kelas II. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil pretest, yaitu 66,08. Hasil pretest menunjukkan belum tercapai-nya KKM, yaitu 70 pada setiap mata pelajarannya. Melihat kesenjangan tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian guna meningkatkan pembe-lajaran melalui pelaksanaan model pembelajaran tematik (webbed) de-ngan media visual. Rumusan masalah dari pene-litian ini berdasarkan uraian di atas adalah apakah model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual dapat meningkatkan pembe-lajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembe-lajaran tematik (webbed) dengan media visual METODE PENELITIAN Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 1 Purwogondo, kecamatan Kuwarasan, kabupaten Kebumen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas III yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015, dari bulan Januari 2015 sampai dengan bulan Juli 2015. Validitas data mengguna-kan triangulasi yang berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Triangulasi teknik berupa observasi, catatan lapangan, dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar catatan lapangan, dan tes hasil belajar siswa. Tria-ngulasi sumber yang digunakan yaitu guru, siswa, dan observer. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penya-jian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti mengambil data beru-pa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dengan tu-juan untuk mengetahui statistika pe-ningkatan proses dan hasil belajar te-ma pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015. Data diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, rubrik, observasi, dan catatan lapangan. Data kualitatif digunakan untuk mendukung pelaksanaan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual dalam pening-katan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015 yang diperoleh melalui catatan lapangan. Indikator kinerja yang diha-rapkan tercapai dalam penelitian ini, yaitu ketuntasan pembelajaran tema pendidikan mencapai target 85%. Prosedur penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari: (a) refleksi awal; (b) studi pendahuluan; (c) perencanaan; (d) tindakan; (e) observasi; (f) dan refleksi. HASIL DAN PEMBAHASAN Peningkatan pembelajaran te-ma pendidikan melalui penerapan model pembelajaran tematik (web-bed) dengan media visual dilaksana-kan selama tiga siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan mul
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PANJER TAHUN AJARAN 2014/1015 Wardani, Ary
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.276 KB)

Abstract

Abstract: Application of Problem Based Learning Model with Concrete Media in Natural Science Learning Improvement for the 4th Grade Students in SDN 1 Panjer Academic Year 2014/2015. The objectives of this research are to improve learning of science on the 4th grade student. This research is a Collaborative Classroom Action Research conducted for 3 cycles with the phases of planning, action, observation, and reflection. The subjects of research were 4th grade students of SDN 1 Panjer amounting to 28 students. Data collection techniques such as observation, interviews, and testing. The validity of the data used the triangulation of sources and technique. The analysis of data consisting of data reduction, data description, and conclusion. The conclusion of this research is the using of the Problem Based Learning models with concrete media can improve the learning of science for 4th grade students in SDN 1 Panjer. Keyword: Problem Based Learning, Concrete Media, Natural Science Abstrak : Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SDN 1 Panjer Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran IPA tentang sumber daya alam pada siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Panjer yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Panjer. Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Konkret, IPA
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA MODEL BANGUN RUANG DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 2 PANJER TAHUN AJARAN 2014/2015 Pangestika, Asih
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.896 KB)

Abstract

Abstract: The Implementation Of Group Investigation Cooperative Models Using Geometrical Model Media In Improving Mathematics Learning For The Fifth Grade Students Of SDN 2 Panjer In Academic Year 2014/2015. The objectives of this research are to describe steps of the implementation of Group Investigation (GI) cooperative models using geometrical model media in improving Mathematics learning about geometry, and to find problems and solutions. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted in three cycles. Subjects were fifth grade students of SD Negeri 2 Panjer, amounting to 33 students. The results of this research indicate that the implementation of GI cooperative models using geometrical model media in improving Mathematics learning about geometry has been carried out with appropriate steps so that can improve learning process and learning outcomes of the fifth grade students in SD Negeri 2 Panjer, evidenced by the percentage of completeness of learning process and learning outcomes. Keywords: Group Investigation, geometrical model media, Mathematics Abstrak: Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Media Model Bangun Ruang dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas V SDN 2 Panjer Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan media model bangun ruang dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang dan menemukan kendala serta solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Panjer yang berjumlah 33 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe GI dengan media model bangun ruang pada pembelajaran Matematika tentang bangun ruang telah dilaksanakan dengan langkah-langkah yang tepat sehingga mampu meningkatan proses dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Panjer yang dibuktikan dengan persentase ketuntasan nilai proses dan hasil belajar. Kata kunci: Group Investigation, Media Model Bangun Ruang, Matematika
PENGGUNAAN METODE COURSE REVIEW HORAY DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN BANYUURIP TAHUN AJARAN 2014/2015 Nur Fadila, Isnaini
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.516 KB)

Abstract

Abstract: The Use of Course Review Horay Method with Graphic Media in Improving Social Science Learning for the Fifth Grade Students of SDN Banyuurip in the Academic Year of 2014/2015. The purposes of this research was improving social science learning for the fifth grade students of elementary school using Course Review Horay method with graphic media. This research was collaborative classroom action research. It was conducted in three cycles consisting of planning, action, observation, and reflection on each cycle. Subjects of this research were students in the fifth grade of SDN Banyuurip, consisting of 18 students. Source of data were obtained from students, teachers, colleagues, researchers and documents. The techniques of collecting data were test, observation, interview, and documentation. This research results show that of Course Review Horay method with graphic media can improving social science learning on the fifth grade students of SDN Banyuurip in The academic Year of 2014/2015.Keywords: Course Review Horay, graphic media, Social Science learningAbstrak: Penggunaan Metode Course Review Horay dengan Media Grafis dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Banyuurip Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD menggunakan metode Course Review Horay dengan media grafis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Banyuurip berjumlah 18 siswa. Data berasal dari siswa, guru, teman sejawat, peneliti, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Course Review Horay dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Banyuurip tahun ajaran 2014/2015.Kata Kunci: Course Review Horay, media grafis, pembelajaran IPS
PENGGUNAAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS I SDN 1 KUWARASAN Wahyuni, Tri
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.828 KB)

Abstract

Abstract: The Application of Learning Approach of Realistic Mathematic Education (RME) with Visual Media in Improving Mathematic Learning of the First Grade of SDN 1 Kuwarasan. The objectives of this research are: (1) to describe the application of learning approach of RME e with visual media and (2) improve Mathematic learning. This research is a collaborative Class Action Research (CAR) that was conducted in three cycles. Subject of this research are first grade student of SDN 1 Kuwarasan in academic year of 2014/2015 totalling 23 students. The results show that: (1) the application of learning approach of RME technique with visual media has been carried out through five steps, namely: (a) giving contextual problem, (b) explain contextual problem by visual media; (c) solution of contextual problem with visual media; (d) discuss and compare of solution; (e) drawing conclusion with together and (2) the application of learning approach of RME with visual media can improve Mathematic learning.  Keywords: RME, visual media, learning, Mathematic Abstrak: Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika di Kelas I SDN 1 Kuwarasan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penggunaan pendekatan PMR dengan media visual dan (2) meningkatkan pembelajaran Matematika. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 1 Kuwarasan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1) penggunaan pendekatan PMR dengan media visual dilaksanakan melalui lima langkah, yaitu: (a) pemberian masalah kontekstual menggunakan media visual; (b)  penjelasan masalah kontekstual dengan media visual; (c) penyelesaian masalah kontekstual dengan bantuan media visual; (d) membandingkan dan mendiskusikan jawaban; (e) penyimpulan jawaban secara bersama dan (2) penggunaan pendekatan PMR dengan media visual dapat meningkatkan pembelajaran Matematika. Kata kunci: PMR, media visual, pembelajaran, Matematika
PENERAPAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 DOROWATI TAHUN AJARAN 2014/ 2015 Pratiwi, Ulva
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.75 KB)

Abstract

Abstract: The Use of Number Head Together  Model  Through Flashcard Media in Improving Mathematics at the Fourth Grade Students of SD Negeri 3 Dorowati in the Academic Year of 2014/2015.  The objectives of this research are:  (1) to describe the implementation of number head together  model through flashcard media (2) to describe the improvement of Mathematics learning (3) to identify problems and solutions in the implementation of number head together  model  through flashcard media. This research is collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted in three cycles. Subject in this research were 25 students of the Fourth Grade Students of SD Negeri 3 Dorowati. Conclusion of this research is the implementation of number head together  model  through flashcard media implemented with appropriate steps can improve Mathematics learning at the fourth grade students of SD negeri 3 dorowati in the academic year of 2014/2015. Keywords: number head together, flashcard, Mathematics Abstrak: Penggunaan Model Number Head Together dengan Media Flashcard Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Dorowati Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah  (1) mendeskripsikan penerapan model number head together dengan media flashcard (2) mendiskripsikan peningkatan pembelajaran Matematika (3) mengidentifikasi kendala dan solusinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan selama 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Dorowati yang berjumlah 25 siswa. Simpulan penelitian penerapan model number head together dengan media flashcard yang dilaksanakan dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Dorowati Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci: number head together,  flashcard, Matematika
PENGGUNAAN MODEL RESOUCE BASED LEARNING (RBL) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WONOKROMO TAHUN AJARAN 2014/2015 finanda, wiwit
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.121 KB)

Abstract

Abstract: The Implementation Of Resouce Based Learning (RBL) Model In Improving Social Science Learning For The Fifth Grade Students Of SD Negeri 1 Wonokromo In The Academic Year Of 2014/2015. The purpose of this research is to improve social science learning for the fifth grade students by implementing resouce based learning model. This research is collaborative classroom action research, the steps are planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this research is fifth grader amounted to 21 students. The collecting data through observation, interview, documentation and test. The results of this study can improve the process and learning outcome. The Conclusion of research is the implementation of resouce based learning model can improve social science learning for the fifth grade students of SD Negeri 1 Wonokromo in the academic year of 2014/2015. . Keywords: resource based learning, learning improvement, social science Abstrak: Penggunaan Model Resouce Based Learning (RBL) dalam Peningkatan Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Wonokromo Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V dengan menggunakan model Resouce Based Learning (RBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif, tahapannya perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 21 siswa. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelajaran IPS siswa menggunakan model RBL. Kesimpulan penelitian yaitu penggunaan model pembelajaran resouce based learning dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonokromo Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci: resouce based learning, peningkatan pembelajaran, IPS
PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KALIREJO TAHUN AJARAN 2014/2015 Fadhilah, Siti Nur
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.961 KB)

Abstract

Abstract: The application of Think Pair Share model with graphic media in improving reading skill comprehension for the fourth grade students of SDN 2 Kalirejo in the academic year of 2014/2015. The objectives of this study to improve reading skill comprehension in grade IV through Think Pair Share model with graphic media. This study is categorized as a collaborative classroom action research conducted within three cycles consisting the following steps planning, implementation, observation and reflection. The subject of the study were 32 fourth grade students of SDN 2 Kalirejo. The data collection techniques were tests, observation, interviews and documentation. The result of the study show that the application of Think Pair Share model with graphic media improved reading skill comprehension for the fourth grade students of SDN 2 Kalirejo in the academic year of 2014/2015.Keywords: Think Pair Share, graphic media, reading skill comprehension Abstrak: Penerapan Model Think Pair Share dengan Media Grafis dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SDN 2 Kalirejo Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD dengan menerapkan model Think Pair Share dengan media grafis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN 2 Kalirejo yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Think Pair Share dengan media grafis meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 2 Kalirejo tahun ajaran 2014/2015Kata kunci: Think Pair Share, media grafis, keterampilan membaca pemahaman                                                                          
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VI SDN 2 KALIREJO KECAMATAN KARANGGAYAM TAHUN AJARAN 2014/2015 ROSITA, IDA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.323 KB)

Abstract

Abstrak: Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas VI SDN 2 Kalirejo Kecamatan Karanggayam Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan Kontekstual, (2) meningkatkan hasil pembelajaran IPA, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 2 Kalirejo. Hasil dari penelitian ini adalah (1) langkah-langkah pendekatan Kontekstual adalah (a) konstruktivisme, (b) bertanya, (c) menemukan, (d) masyarakat belajar, (e) pemodelan, (f) refleksi, (g) penilaian sebenarnya, (2) penerapan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA terlihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I 59,10%, siklus II 75%, dan siklus III 86,37% , (3) kendalanya adalah membutuhkan waktu yang lama. Solusinya yaitu peneliti lebih membagi waktu supaya sesuai dengan alokasi waktunya. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI.Kata kunci: pendekatan, Kontekstual, pembelajaran, IPA Abstract: THE APPLICATION OF CONTEXTUAL APPROACH IN IMPROVING NATURAL SCIENCE LEARNING FOR THE SIXTH GRADE STUDENTS OF SDN 2 KALIREJO KARANGGAYAM DISTRICT IN ACADEMIC YEAR 2014/2015. The objectives of this research are: (1) to describe the appropriate steps in the implementation of Contextual Approach (2) to improve natural science learning, and (3) to describe problems and solution. This research is conducted in three cycles. Subjects were sixth grade students of SDN 2 Kalirejo. The results show that: (1) the steps Contextual approach is (a) constructivism, (b) questioning, (c) inquiry, (d) learning community, (e) modeling, (f) reflection, (g) authentic assessment, (2) the application of Contextual Approach can improve natural science learning. It can be seen from mastery learning of students 59.10% in the first cycle, 75% in the second cycle, and 86.37% in the third cycle, and (3) the problems is that it needs too much time. The solution is researchers should divide the time efficiently as the time allocation. The conclusion of this research is the application of Contextual Approach can improve natural science learning  and learning outcomes for the sixth grade students.Keywords: approach, Contextual, learning, natural science    

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue