cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN" : 13 Documents clear
PENGGUNAAN METODE SCRAMBLE DENGAN MEDIA BENDA NYATA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 WONOSARI KEBUMEN TAHUN AJARAN 2013/2014 NANI NURIFAH, TRI TEGUH
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.094 KB)

Abstract

Abstract: The Use Of Scramble Method By Using Real Object Media In The Science Learning Improvement For The Fourth  Grade Students Of SDN 2 Wonosari Kebumen Academic Year 2013/2014.The purpose of research to describe the use of scramble method by using real object media in the Science learning improvement about various forms of energy and how to use them in everyday life fourth grade students 2 Wonosari Kebumen second Semester Academic Year 2013/2014.The research is Collaborative-Classroom Action Research. The research is alienated in three cycles and each cycle consists of planning, action, observation, and reflection.The result of research indicate that the use of the media scramble method can improve the real object science learning about various forms of energy and how to use them in everyday life the fourth grade students of SDN 2 Wonosari Kebumen academic year 2013/2014. Key words: methods scramble , real media objects , science Abstrak: Penggunaan Metode Scramble Dengan Media Benda Nyata Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Wonosari Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan penggunaan metode scramble dengan media benda nyata dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas IV SD Negeri 2 Wonosari Kebumen Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan metode scramble dengan media benda nyata dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari siswa  kelas IV SDN 2 Wonosari Kebumen tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: metode scramble, media benda nyata, IPA 
PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN Yuwono Putra, Andrean Perdana
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.513 KB)

Abstract

Abstrak: Pemanfaatan Sumber Belajar Lingkungan dengan Pendekatan Pembelajaran SAVI dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV melalui pemanfaatan sumber belajar lingkungan dengan pendekatan pembelajaran SAVI. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Blengorkulon sejumlah 28 siswa. Sumber data terdiri dari siswa, teman sejawat, guru, dan dokumen. Alat pengumpul data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar lingkungan dengan pendekatan pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV.Kata kunci: Sumber Belajar Lingkungan, SAVI, Keterampilan Menulis
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TIPE INDEX CARD MATCH DITINJAU DARI MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PAMBAYUN, TITI ROFIQOH
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.778 KB)

Abstract

Abstrak: Efektivitas Pembelajaran Tipe Index Card Match ditinjau dari Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan (1) perbedaan antara pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dan Numbered Heads Together; (2) perbedaan minat belajar tinggi dan minat belajar rendah; (3) interaksi antara pembelajaran kooperatif dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Analisis data menggunakan analisis varians dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan antara pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dan Numbered Heads Together; (2) ada perbedaan antara minat belajar tinggi dan minat belajar rendah; (3) ada interaksi antara pembelajaran kooperatif dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN.Kata Kunci: Index Card Match, Minat Belajar, Hasil Belajar IPA.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK (WEBBED) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMA PENGALAMAN DI KELAS III SD NEGERI 5 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2013/ 2014 Wijayanti, Hanik
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.658 KB)

Abstract

Abstrak. Penggunaan Model Pembelajaran Tematik (Webbed) dalam Peningkatan Pembelajaran Tema Pengalaman Di Kelas III SD Negeri 5 Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan Penelitian ini yaitu meningkatkan pembelajaran tema pengalaman di kelas III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 5 Kebumen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tematik (webbed) yang dilaksanakan sesuai dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran tema pengalaman di kelas III SD N 5 Kebumen tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: Model Pembelajaran Tematik, Tema Pengalaman
PENGGUNAAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING (RBL) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGSARI TAHUN AJARAN 2013/2014 Noviana, Lutfi Tri
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.116 KB)

Abstract

Abstract: . The Use Of Resource Based Learning (RBL) Model In Improving Natural Science Learning At 4th Grade Student Of SD Negeri 2 Karangsari Academic Year 2013/2014. The purpose of this research is to improve the natural science learning of elementary school 4th grade student with the use of resource based learning model. The research was conducted in three cycles. Every cycles is consist of planning, action, observation, and reflection. The results of this study can improve the process and learning outcome. The subject of this research were 4th grade elementary school students. Data sources of this study are students, teachers, observers, and documents. Data was collected with tests and non-test techniques. The validity of the data using triangulation  of sources andt riangulation techniques. Conclusion of research is the use of resource based learning model can improving natural science learning in 4th grade elementary school students Of SD Negeri 2 Karangsari academic year 2013/2014. Keywords: resource based learning model, improved learning, natural science Abstrak: Penggunaan Model Resource Based Learning (RBL) Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karangasari Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD dengan penggunaan model resource based learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu dapat meningkatkan proses dan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, observer dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran resource based learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangsari tahun ajaran 2013/2014 Kata kunci: Model Resource Based Learning, Peningkatan pembelajaran, IPA
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN PESANGGRAHAN 01 TAHUN AJARAN 2013/2014 ASIH, ETRI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.171 KB)

Abstract

Abstrak: Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dalam peningkatan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Pesanggrahan 01 tahun ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe  Index Card Match  dalam peningkatan pembelajaran IPS, meningkatkan pembelajaran IPS, dan kendala dan solusi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pesanggrahan 01 yang berjumlah 32 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match secara tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Pesanggrahan 01 tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: Index Card Match, pembelajaran IPS
PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MUNGGU TAHUN AJARAN 2013/2014 Sugiarti, Dian
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.205 KB)

Abstract

Abstrak: Peningkatan Keterampilan Proses IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas V sekolah dasar dengan menerapkan tipe NHT. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses IPA setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan tipe NHT pada siswa kelas V sekolah dasar. Simpulan penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Tipe NHT, Keterampilan Proses, IPA
PENERAPAN MODEL RESEARCH BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS V SDN I SIKAYU TAHUN 2013/2014 ROKHIMI, ROKHIMI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.85 KB)

Abstract

Abstract. The Application of Research Based Learning Model in Upgrading of Natural Science Learning about a Force for 5th Grade Students of 1 Sikayu Elementary School  in Acedemic Year 2013/2014. The purpose of this research is to describe the steps of Research Based Learning Model, to describ the upgrading  of natural science learning about a force for 5th grade student , and to describe the constrains and solutions. This research is class action research. The research was conducted in three cycles every cycles is consist of planning, action, observation , and reflection.  The subjects of this research were  28 studenst of Elementary School 5th grade the students 1 Sikayu who were 14 males and 14 females. The results of this research showed that the application of Research Based Learning Model  was done excat of the step could upgraded of natural science learning about a force for 5th grade students.Keywords : research based learning, learning, natural scienceAbstrak. Penerapan Model Research Based Learning Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Tentang Gaya Pada Siswa Kelas V SDN I Sikayu Tahun 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Research Based Learning, mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sikayu, dan mendeskripsikan kendala dan solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sikayu yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Research Based Learning yang dilaksanakan sesuai langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas V SD. Kata kunci: research based learning, pembelajaran , IPA
PENERAPAN PENDEKATAN PMR (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 TAMBAKAGUNG TAHUN AJARAN 2013/2014 PRIYANI, EKA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.249 KB)

Abstract

Abstrak: Penerapan Pendekatan PMR (Pendidikan Matematika Realistik) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan PMR, untuk peningkatan pembelajaran matematika, serta mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan pendekatan PMR. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan PMR secara tepat dapat meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas V. Kata Kunci : Pendekatan PMR, Peningkatan Pembelajaran, Matematika
PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE KECAMATAN AJIBARANG TAHUN AJARAN 2013/2014 MULYATI, RESTI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.258 KB)

Abstract

Abstrak: Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD se Kecamatan Ajibarang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif expost-facto, dengan populasi siswa kelas IV SD se Kecamatan Ajibarang dan sampel 3 SD penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar matematika, (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika, (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: Kedisiplinan Siswa, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar, Matematika

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue