Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN"
:
10 Documents
clear
PENERAPAN TIPE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 BUMIREJO
Wiguna, Meilyani
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (168.306 KB)
Abstrak. Penerapan Tipe Pembelajaran Student Team Achievement Division dengan Inside-Outside Circle dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Bumirejo Tahun 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS tentang perjuangan melawan penjajah pada siswa kelas V SDN 5 Bumirejo. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Bumirejo yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan tipe STAD dengan IOC yang dilaksanakan sesuai langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan melawan penjajah pada siswa kelas V SD. Kata kunci: Tipe STAD dengan IOC, pembelajaran, IPS
PENGGUNAAN MODEL OPEN ENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Ngafifah, Nur
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (88.753 KB)
Abstrak: Penggunaan Model Open Ended Learning untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Open Ended Learning, dan 2) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat menggunakan Open Ended Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penggunaan model Open Ended Learning menerapkan langkah-langkah: orientasi, penyajian masalah, pengerjaan masalah secara individu, diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi, dan penutup; 2) penggunaan model Open Ended Learning dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat terbukti dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 67,5%, siklus II 91,1% dan siklus III 100%.Kata Kunci: Open Ended Learning, pembelajaran, Matematika
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TUNGGALROSO
sujangi, ach
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (172.068 KB)
Abstract: The application of STAD Type Cooperative Model by Using Visual Media in improving social studies learning IV Grade Students of SD Negeri 1 Tunggalroso. The purposes of the research was: (1) describing the application of STAD type cooperative model by using visual media in improving learning social studies, (2) describing challenges and solutions. This study is comprised of three cycles PTK with each cycle consisting of two meetings each meeting there is planning, action, observation, and reflection. The results of this study are: the application of the STAD cooperative model with appropriate measures can improving social studies learning and discovered challenges and solutions. Keywords: STAD type cooperative, learning process, learning outcomes. Abstrak: Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dengan Menggunakan Media Visual Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tunggalroso. Tujuan penelitian adalah: (1) mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media visual dalam peningkatan pembelajaran IPS, (2) mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian ini merupakan PTK terdiri dari tiga siklus dengan tiap siklus terdiri atas dua pertemuan yang setiap pertemuan terdapat perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah: penerapan model model kooperatif tipe STAD dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPS dan ditemukan kendala dan solusi. Kata kunci: kooperatif tipe STAD, proses belajar, hasil belajar
PENGGUNAAN METODE SCRAMBLE DENGAN MEDIA SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS II SD
Jannah, Raudhatul
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Abstrak: Penggunaan Metode Scramble dengan Media Scrabble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas II SD Negeri Tanjungmeru Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode scramble dengan media scrabble untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II SD Negeri Tanjungmeru Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode scramble dengan media scrabble dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II SD Negeri Tanjungmeru Tahun Ajaran 2013/2014. Kata Kunci: Metode Scramble, Media Scrabble, membaca, menulis.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KUWARASAN TAHUN AJARAN 2013/2014
sutrisni, sutrisni
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (117.347 KB)
Abstract: The Applycation of Problem Based Learning Model to Increasing Science Learning on the Fourth Grade Students of SD Negeri 1 Kuwarasan in Academic Year 2013/2014. The purposes of this research to increase of science learning about force with application of Problem Based Leaning model on the fourth grade students of SD Negeri 1 Kuwarasan. The method of this research can be categorized as a collaborative classroom action research conducted in three cycles. The research subjects totalling 32 students. The data analysis was done qualitatively and quantitatively. The result of the research showed that the problem- based learning model can increasing science learning about force. The conclusion of the research is the problem-based learning model can increasing science learning about force on the fourth grade students of SD Negeri 1 Kuwarasan. Keywords: Problem Based Learning model, science learning Abstrak: Penerapan Model Problem Based Learning dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kuwarasan Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kuwarasan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya. Simpulan penelitian adalah model Problem Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kuwarasan. Kata Kunci: model Problem Based Learning, pembelajaran IPA
PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2013/2014
apriyati, sofia
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (170.554 KB)
Abstrak: Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 17 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat unsur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran matematika. Kata Kunci: Problem Based Learning, Peningkatan, Matematika.
PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS V SDN PESALAKAN TAHUN AJARAN 2013/2014
SUSANTI, TRI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (222.307 KB)
Abstrak. Penggunaan Metode Index Card Match (ICM) dengan Media Kartu Gambar dalam Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas V SDN Pesalakan Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalahuntuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas V SDN Pesalakan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pesalakan yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode ICM dengan media Kartu Gambar dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas V SDN Pesalakan Tahun Ajaran 2013/2014.Kata kunci: Index Card Match, kartu gambar, pembelajaran Bahasa Inggris
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD N 3 GUNUNGMUJIL TAHUN AJARAN 2013/2014
Fiolita, Yelly
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (172.289 KB)
Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Team Quiz dalam Meningkatkan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD N 3 Gunungmujil Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPS melalui penggunaan teknik team quiz pada siswa kelas V SD N 3 Gunungmujil. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian berjumlah 19 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik team quiz dapat meningkatkan pembelajaran IPS. Simpulan penelitian adalah teknik team quiz dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD N 3 Gunungmujil.Kata kunci: teknik team quiz, pembelajaran, IPS
PENERAPAN TEKNIK MNEMONIC DENGAN BAHAN AJAR BROSUR DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SDN 1 POHKUMBANG TAHUN AJARAN 2013/2014
lestariani, asih
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (93.527 KB)
Abstract: The Implementation of Mnemonic Technique with Brochure Learning Material to Improve Social Science Learning Outcome at the Fifth Grade of SDN 1 Pohkumbang in the Academic Year of 2013/2014. The objective of this research is to improve social science learning outcome at the fifth grade of SDN 1 Pohkumbang in the academic year of 2013/2014 by the implementation of mnemonic technique with brochure learning material. This research was a collaborative classroom action research (CAR). This research was conducted in three cycles. The subjects of this research were students in class V SDN 1 Pohkumbang totaling of 34 students. The result of this research indicate that the implementation of mnemonic technique with brochure learning material can imptove social science learning outcome at the fifth grade of SDN 1 Pohkumbang in the academic year of 2013/2014. Keywords: mnemonic technique, brochure, social science learning outcome Abstrak: Penerapan Teknik Mnemonic dengan Bahan Ajar Brosur dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS di Kelas V SDN 1 Pohkumbang Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SDN 1 Pohkumbang tahun ajaran 2013/2014 melalui penerapan teknik mnemonic dengan bahan ajar brosur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Pohkumbang yang berjumlah 34 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan teknik mnemonic dengan bahan ajar brosur dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SDN 1 Pohkumbang tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: teknik mnemonic, brosur, hasil belajar IPS
PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2013/2014
Yuliani, Ani
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (249.341 KB)
Abstract. The application of Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) approach and picture series media in upgrading story listening skills at V grade students of State Elementary School 1 Kebumen in academic year 2013/2014. The purpose of this research is to upgrading story listening skills Elementary School V grade students by application SAVI approach and picture series media. This research is Classroom Action Research (CAR) collaborative. The research was conducted in three cycles which every cycles is consist of planning, acting, observing, and reflecting. The subject of this research were 37 students V grade of Elementary School 1 Kebumen who were 16 males and 21 females. The validity of the data using triangulation of sources and techniques. The results of this study concluded that the application of SAVI approach and picture series media which done exact of the step can be upgrading story listening skills at V grade students of State Elementary School 1 Kebumen in academic year 2013/2014.Keywords: SAVI Approach, Picture Series, Listening Skills