cover
Contact Name
Yenni Khristiana
Contact Email
editor.jurnal@stie-aub.ac.id
Phone
+6282137353838
Journal Mail Official
editor.jurnal@stie-aub.ac.id
Editorial Address
Program Studi Magister Manajemen/Manajemen/Akuntansi/Diploma STIE AUB Surakarta Jl. Mr. Sartono No. 47 Nusukan, Surakarta, Jawa Tengah 57132 Telp. 0271-854904 Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
ISSN : 22527885     EISSN : 25795597     DOI : https://doi.org/10.36587/probank
Core Subject : Economy,
We invite unpublished research, empirical study, book review, short communication and high quality research work pertaining to the recent developments and practices in the areas of Economics, Corporate Governance, Industrial Relations, And emerging paradigms in allied subjects like Accounting, Accounting Information Systems, Accounting Theory and Practice, Auditing, Behavioral Accounting, Behavioral Economics, Corporate Finance, Cost Accounting, Economic Development, Economic History, Financial Institutions and Markets, Financial Services, Fiscal Policy, Government and Non Profit Accounting, International Economics and Trade, International Finance, Macro Economics, Micro Economics, Rural Economics, Finance, Banking, Co-operation, Demography, Development Planning, Development Studies, Econometrics, Applied Economics, Development Economics, Business Economics, Monetary Policy, Public Policy Economics, Regional Economics, Tax Accounting as well as emerging paradigms in allied subjects.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2023)" : 10 Documents clear
Peran Integritas Dan Ketelitian Kerja Sebagai Variabel Intervening Dari Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kompensasi Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri Bendung Setyono; Septiana Novita Dewi
ProBank Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v8i1.1478

Abstract

Studi ini memiliki tujuan untuk mengkaji bagaimana kecerdasan emosional, kompensasi, dan pengawasan dapat memengaruhi integritas dan ketelitian kerja yang diasumsikan akan berkontribusi pada perbaikan kinerja pegawai di Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri.Pengolahan data pada studi ini menerapkan teknik uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, dan uji regresi linier berganda.Dalam studi ini terlihat bahwa kecerdasan emosional dan pengawasan memiliki peran yang penting pada peningkatan integritas dan ketelitian kerja, sedangkan kompensasi tidak. Namun terhadap perbaikan kinerja, ada kecenderungan pengaruh negatif dari kecerdasan emosional dan kompensasi. Meskipun demikian pengawasan, integritas dan ketelitian kerja mampu memberikan dampak bagi perbaikan kinerja. Secara keseluruhan, temuan empiris mengkonfirmasi kinerja pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri dapat mengalami perbaikan signifikan jika  kecerdasan emosional, kompensasi, pengawasan, integritas, dan ketelitian kerja bersama-sama mengalami peningkatan.Sebesar 87,08% kinerja pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri dapat diperkuat oleh faktor kecerdasan emosional, kompensasi, pengawasan, integritas, dan ketelitian kerja, Selebihnya, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam dalam studi ini. Pada analisis jalur, terungkap bahwa jalur tidak langsung dari kecerdasan emosional melalui ketelitian kerja terbukti lebih efektif memperbaiki kinerja pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri, jika dibandingkan dengan jalur lainnya
Historical Study Of Promotion Philosophy In Marketing Kajian Historis Filosofi Promosi Dalam Pemasaran Anis Okta Cahyaningrum; Mugi Harsono
ProBank Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v8i1.1447

Abstract

Promosi dalam pemasaran sering dipandang sebagai hal yang krusial yang berhubungan dengan harapan dari produsen atau distributor terkait dengan kenaikan angka penjualan. Promosi berasal dari bahasa Latin “Promovere” yang berarti "bergerak maju" atau “mendorong maju” atau “memajukan suatu gagasan”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi dari promosi adalah perkenalan dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya.  Oleh karena itu juga dipperlukan adanya sebuah kajian historis filosofi dari promosi dalam pemasaran dari dimensi ontologi, epistimologi dan aksiologi kemudian dilanjutkan dengan pembahasan perkembangan promosi di era digital.
Faktor-Faktor Pembentuk Keputusan Pembelian Pelumas Dalam Brand ‘Top 1’ Fauzi Baisyir; Melani Quintania
ProBank Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v8i1.1459

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk keputusan pembelian pelumas pada merek top 1 yang terdiri dari marketing mix, brand image, dan harga. Kategori penelitian adalah kausalitas dengan menggunakan penelitian survei dengan pendekatan metode kuantitatif. Data primer digunakan dalam penelitian ini dengan alat bantu yaitu kuesioner, studi literatur, dan pencarian internet. Analisis data penelitian ini dengan teknik statistik melalui uji regresi berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor-faktor pembentuk keputusan pembelian pelumas pada merek 'Top 1' memiliki pengaruh yang kuat berdasarkan bauran pemasaran, citra merek, dan faktor harga sebesar 55,4 persen dan didominasi oleh pengaruh tertinggi yaitu variabel harga. Hasil uji statistik empiris membuktikan bahwa variabel citra merek dan harga secara signifikan menentukan pembentukan keputusan pembelian. Sebaliknya variabel bauran pemasaran tidak secara signifikan menentukan pembentukan keputusan pembelian
Perluasan Theory of Planned Behavior dalam Penelitian Perilaku Hijau Expansion of Theory of Planned Behavior in Green Behavior Research Muh. Khoiruman; Mugi Harsono
ProBank Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v8i1.1448

Abstract

Tulisan ini menggunakan pendekatan studi literatur (literature review) untuk menelaah tentang penelitian-penelitian green behavior yang mendasarkan pada Theory of planned Behavior dan terdapat pengembangan konstruk (construct extended) untuk lebih mendalami perilaku konsumen hijau sesuai dengan kondisi internal maupun eksternal konsumen. Posisi construct extended dalam penelitian yang ditelaah bisa sebagai konstruk tambahan yang melengkapi konstruk green attitude, subjective norm, dan perceived behavior control (PBC),yang akan mempengaruhi green intention dan green purchase behavior, dibeberapa penelitian  poisisi construct extended adalah secara langusng mempengaruhi konstruk utama TPB atau sebagai moderator yang memoderasi hubungan antar konstruk dalam TPB atau sebagai moderator yang menguatkan atau melemahkan hubungan antar konstruk dalam TPB
Efektivitas Pelaksanaan Audit Manajemen Fungsi Sumber Daya Manusia Pada PT.PSG Jakarta Kamilah Sa’diah; Vera Clara Simanjuntak
ProBank Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v8i1.1460

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat menilai pelaksanaan kapabilitas SDM dan kecukupan SDM pelaksana di PT PSG. Penelitian deskriptif kualitatif ini memiliki total populasi sebanyak 54 karyawan , sampel diambil dengan metode purposive sebanyak 30 orang. Wawancara, kuesioner, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan informasi. Audit pendahuluan, tinjauan dan pengujian pengendalian manajemen, audit terperinci, dan laporan adalah empat tahap audit manajemen yang digunakan dalam analisis data.Studi tersebut mengungkapkan bahwa bisnis telah menerapkan sebelas fungsi SDM, lima di antaranya berfungsi secara efektif. Perencanaan, orientasi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, evaluasi kinerja, pengembangan karir, dan perlindungan karyawan merupakan enam fungsi SDM yang belum dilaksanakan secara efektif.Untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan SDM perusahaan:direkomendasikan: 1) Membuat rencana SDM yang tertulis secara rinci, 2) membuat kebijakan yang mengatur orientasi dan penempatan karyawan, 3) melihat bagaimana program pelatihan dilaksanakan, 4) memberikan review kinerja yang jujur, 5) membuat aturan khusus tentang promosi dan demonstrasi, dan 6) membuat sistem peringatan dini bahaya dan mengajarkan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) kepada karyawan.
Partisipasi Masyarakat Dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Sebagai Percepatan Pembangunan Desa Di Desa Tuban Kecamatan Gondangrejo Nindita Pramuktisari; Widyantoro Yuliatmojo
ProBank Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v8i1.1449

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana masyarakat umum terlibat dalam Pengelolaan Dana Desa sebagai sarana percepatan pembangunan desa. Pendekatannya mengandalkan analisis kualitatif naratif, dan masukan dari kepala desa dan warga masyarakat juga diperhatikan. Temuan studi yang akan dilakukan akan menunjukkan bahwa warga Desa Tuban memiliki motivasi yang kuat untuk berkontribusi pada pertumbuhan Dana Desa dengan memastikan proses pembangunan berjalan lancar. Tidak hanya dalam hal perencanaan, pelaksanaan, atau pemantauan, tetapi juga, dan ini lebih penting lagi, karena kesadaran warga untuk terlibat dalam menciptakan desa adalah solusi untuk mempercepat proses pembangunan desa, warga desa didorong untuk ikut berpartisipasi.
Peran Strategi Bisnis Memediasi Orientasi Pembelajaran, Kemampuan Manajemen Dan Dampak Work From Home Pada Kinerja Perusahaan Mochammad Nurrochmat Damarjati; Sutianingsih Sutianingsih
ProBank Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v8i1.1476

Abstract

Mengetahui, menguji dan menganalisis secara empiris peran strategi bisnis memediasi orientasi pembelajaran, kemampuan manajemen dan dampak work from home pada kinerja perusahaan UMKM di Kabupaten Sragen merupakan tujuan riset ini.  70 pimpinan Perusahaan UMKM bidang Kuliner di Kabupaten Sragen (Perusahaan yang terdata pada Dinas Koperasi dan UMKM) menjadi populasi dalam riset ini. Sampel dengan metode sensus sebesar 70 pimpinan.  Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji linieritas, analisis regresi, analisis jalur, Uji t, Uji F, Uji koefisien determinasi dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pembelajaran berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap strategi bisnis. Kemampuan manajemen berpengaruh positif tidak signifikan terhadap strategi bisnis. Work From Home berpengaruh positif signifikan terhadap strategi bisnis. Orientasi pembelajaran berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Kemampuan manajemen berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan. Work From Home berpengaruh positif  tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan. Strategi bisnis berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan. Nilai R2 total sebesar 0,993  ini berarti bahwa kinerja perusahaan di UMKM di Kabupaten Sragen dijelaskan oleh Orientasi pembelajaran, Kemampuan manajemen, Work From Home dan strategi bisnis sebesar 99,3% dan sisanya 0,7% dijelaskan variabel lain diluar model penelitian sebagai contoh dinamika lingkungan dan orientasi inovasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh langsung Orientasi pembelajaran terhadap kinerja merupakan pengaruh yang paling dominan dalam mempengaruhi kinerja perusahaan UMKM di Kabupaten Sragen. Adapun variabel strategi bisnis terbukti bukan pemediasi yang efektif dalam penelitian ini.
Pengaruh Kualitas Website Pada Emosi Konsumen Online, Risiko Yang Dirasakan Dan Minat Beli Barida Rakhma Nuranti
ProBank Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v8i1.1450

Abstract

Adanya kemajuan suatu era, maka perkembangan bisnis pun juga turun berkembang pesat. Tekonlogi, menjadi media perkembangan bisnis dari offline menjadi online. Dengan teknologi yang semakin canggih, konsumen dimudahkan untuk melakukan transaksi jual beli barang melalui internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efek dari kualitas website pada emosi dan risiko yang dirasakan konsumen, untuk mengetahui hubungan antara risiko dan emosi konsumen, serta untuk mengetahui pengaruh emosi dan risiko terhadap minat beli. Penelitian ini ditujukan untuk konsumen yang pernah berbelanja online dan berdomisili di Indonesia. Data yang dikumpulkan dalam kuesioner ini menggunakan skala Likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan 216 responden. Analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling dan analisis regresi dimoderasi dengan bantuan SPSS dan LISREL. Hasil penelitian ini menemukan bahwa atribut web quality memiliki dampak positif pada emosi dan risiko yang dirasakan. Emosi dan risiko yang dirasakan memiliki dampak positif pada minat beli. Sedangkan risiko yang dirasakan memiliki dampak negatif pada emosi.
Kinerja Pegawai PT. BPR BKKKarangmalang Perseroda Kabupaten Sragen Dapat Ditingkatkan Dengan Penguasaan Iptek, Kebijakan Work From Home (Wfh), Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Sri Hastuti; Sutianingsih Sutianingsih
ProBank Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v8i1.1477

Abstract

Membuktikan secara empiris penguasaan iptek, kebijakan work from home (wfh) dan disiplin kerja dalam mencapai kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai PT. BPR BKK Karangmalang Perseroda Kabupaten Sragen adalah tujuan penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di PT. BPR BKK Karangmalang Perseroda Kabupaten Sragen sejumlah 80 pegawai. 80 responden diambil semua untuk dijadikan sampel, dengan menggunakan sampling jenuh atau sensus. Alat analisis meliputi uji instrument, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan analisis jalur. Hasil riset penguasaan IPTEK berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai. Work From Home berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai. Disiplin kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai. Penguasaan IPTEK berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai. Work From Home berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai. Disiplin kerja berpengaruh positif  signifikan terhadap kinerja pegawai. Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai.  Hasil uji F dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel Penguasaan IPTEK, Work From Home, disiplin kerja dan kepuasan kerja mempengaruhi kinerja pegawai di PT. BPR BKK Karangmalang Perseroda Kabupaten Sragen. Nilai R2 total sebesar 0,811  ini berarti bahwa kinerja pegawai di PT. BPR BKK Karangmalang Perseroda Kabupaten Sragen dijelaskan oleh Penguasaan IPTEK, Work From Home, disiplin kerja dan kepuasan kerja sebesar 81,1%. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh langsung Penguasaan IPTEK terhadap kinerja merupakan pengaruh yang paling dominan dalam mempengaruhi kinerja pegawai PT. BPR BKK Karangmalang Perseroda Kabupaten Sragen. Variabel kepuasan kerja terbukti bukan pemediasi yang efektif dalam penelitian ini.
Analisis Pengendalian Internal Persediaan Pada Alfamart Kabupaten Sragen Tri Widianto; Yosephine Angelina Yulia
ProBank Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v8i1.1458

Abstract

Manajemen pengelolaan persediaan barang dagangan harus benar-benar diperhatikan agar tidak banyak kerugian yang dialami oleh perusahaan, sehingga diperlukan pengendalian persediaan secara internal yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengendalian internal persediaan pada PT Alfamart di Kabupaten Sragen dapat dipengaruhi oleh Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi Persediaan dikategorikan sangat baik dengan nilai 4,21. Begitu juga Goods Inventory Intent Control dikatakan sangat baik dengan nilai 4,31. Berdasarkan hasil regresi linier sederhana diketahui bahwa Y = 9,893 + 0,856 X, hal ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan Sistem Akuntansi Persediaan sebesar 9,893 dapat meningkatkan nilai Pengendalian Intern Persediaan sebesar 0,856. Berdasarkan hasil koefisien determinasi, Koefisien Sistem Informasi Akuntansi dapat mempengaruhi Pengendalian Intern Persediaan Barang sebesar 89,5% dan sisanya sebesar 10,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi Persediaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengendalian Internal Persediaan Barang Pada Alfamart di Kabupaten Sragen

Page 1 of 1 | Total Record : 10