cover
Contact Name
Yenni Khristiana
Contact Email
editor.jurnal@stie-aub.ac.id
Phone
+6282137353838
Journal Mail Official
editor.jurnal@stie-aub.ac.id
Editorial Address
Program Studi Magister Manajemen/Manajemen/Akuntansi/Diploma STIE AUB Surakarta Jl. Mr. Sartono No. 47 Nusukan, Surakarta, Jawa Tengah 57132 Telp. 0271-854904 Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
ISSN : 22527885     EISSN : 25795597     DOI : https://doi.org/10.36587/probank
Core Subject : Economy,
We invite unpublished research, empirical study, book review, short communication and high quality research work pertaining to the recent developments and practices in the areas of Economics, Corporate Governance, Industrial Relations, And emerging paradigms in allied subjects like Accounting, Accounting Information Systems, Accounting Theory and Practice, Auditing, Behavioral Accounting, Behavioral Economics, Corporate Finance, Cost Accounting, Economic Development, Economic History, Financial Institutions and Markets, Financial Services, Fiscal Policy, Government and Non Profit Accounting, International Economics and Trade, International Finance, Macro Economics, Micro Economics, Rural Economics, Finance, Banking, Co-operation, Demography, Development Planning, Development Studies, Econometrics, Applied Economics, Development Economics, Business Economics, Monetary Policy, Public Policy Economics, Regional Economics, Tax Accounting as well as emerging paradigms in allied subjects.
Articles 121 Documents
Analisis Strategi untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan pada Jasa Audit Sertifikasi ISO 9001 dan ISO 14001: Basct PT Intertek Utama Services-Jakarta Sabar Iman T Kembaren; Derriawan Derriawan; Mombang Sihite
ProBank Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v1i1.1169

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis strategi peningkatan kinerja perusahaan yang mencakup kapabilitas tenaga penjual, kompetensi tenaga auditor dan reputasi organisasi melalui keunggulan kompetitif baik secara langsung maupun tidak langsung pada pelayanan jasa audit sertifikasi sistem manajemen mutu (ISO 9001) dan sistem manajemen lingkungan (ISO 14001) pada unit bisnis BASCT PT Intertek Utama Services Jakarta. Sampel penelitian 73 responden pelanggan yang sudah pernah menggunakan jasa audit sistem manajemen mutu dan audit sistem manajemen lingkungan atau keduanya, untuk fokus grup diskusi terdiri dari 2 anggota manajemen unit bisnis BASCT PT Intertek Utama Services, 2 konsultan, 2 anggota Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia (ALSI) dan 2 anggota Asosiasi Ahli ISO Indonesia (IIEA). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan fokus grup diskusi. Teknik analisis data menggunakan analisis Model Persamaan Struktural yang diolah dengan software SmartPLS versi 3 dan analisis data kualitatif menggunakan matriks Internal-Eksternal (IE), Matrik Profil Kompetisi (CPM), KekuatanKelemahan-Peluang-Ancaman-Threat (SWOT) dan Matriks Perencanaan Strategis Kuantitatif (QSPM). Hasil penelitian membuktikan bahwa kapabilitas penjualan tidak berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja perusahaan. Kompetensi tenaga auditor berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja perusahaan. Reputasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif sementara berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan. Kapabilitas tenaga penjual, kompetensi tenaga auditor, dan reputasi organisasi melalui keunggulan kompetitif tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Hasil analisis kualitatif berisi 19 rencana aksi strategi yang direkomendasikan kepada manajemen unit bisnis BASCT PT Intertek Utama Services Jakarta.
Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Ditinjau dari Aspek Kreativitas, Kemandirian, Gaya Belajar dan Fasilitas Belajar Nur Atik Juwanti; Ida Aryati DPW; Sarsono Sarsono
ProBank Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v1i1.1170

Abstract

Riset ini bertujuan guna mengetahui serta membuktikan secara empiris aspek kreativitas, kemandirian, gaya belajar serta fasilitas belajar baik secara simultan ataupun parsial kepada prestasi belajar murid SMK Negeri 1 Sragen. Riset ini yakni riset kuantitatif yang menggunakan angket kuesioner dalam melakukan riset, dengan populasi yaitu murid kelas Akuntansi di SMK Negeri 1 Sragen totalnya 180 murid. Teknik sampling memakai Purposive Sampling, dengan sampel 50% dari populasi, yaitu 180x50%= 90 responden. Model analisis yang digunakan ekonometrika dengan menggunakan model Multiple regression, uji t, uji F, juga uji koefisien determinasi. Hasil riset menerangkan bahwasanya kreativitas, kemandirian, gaya belajar serta fasilitas belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh nyata kepada prestasi belajar murid kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen. Kreativitas memberikan pengaruh nyata kepada prestasi belajar murid kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen. Kemandirian memberikan pengaruh nyata kepada prestasi belajar murid kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen. Gaya belajar memberikan pengaruh nyata kepada prestasi belajar murid kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen. Fasilitas belajar memberikan pengaruh nyata kepada prestasi belajar murid kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen. Kreativitas merupakan pengaruh yang paling dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar murid kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sragen. Saran dalam riset ini yakni murid harus meningkatkan kreativitas agar dapat menyerap informasi secara maksimal, karena merupakan variabel paling dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar.
Strategi Brand Affect Terhadap Brand Loyalty yang dipengaruhi Social Media Marketing dan Trust pada Bank BNI Syariah Cabang Surakarta Aris Tri Haryanto; Fitri Wulandari
ProBank Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v1i1.1171

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara empiris pengaruh Social media marketing dan trust terhadap brand affect dan brand loyalty Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil lokasi penelitian pada Bank BNI Syariah Cabang Surakarta di Kabupaten Karanganyar. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian ini adalah nasabah Asuransi BNI Life pada Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Variabel independen terdiri dari Social media marketing dan trust sedangkan variabel intervening adalah Brand affect dan variabel dependen adalah brand loyalty. Hasil analisis menunjukkan: Social media marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Brand affect di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand affect di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand loyalty di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand loyalty di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Brand affect berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand loyalty di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Hasil uji secara serempak (Uji F) pada persamaan kedua diketahui besarnya nilai F = 40,282 signifikansi 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan secara bersama-sama bahwa Social media marketing, trust dan brand affect berpengaruh signifikan terhadap Brand loyalty di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. Hasil R2 total varianel dependen Brand loyalty di Bank BNI Syariah Cabang Surakarta dijelaskan oleh variabel Social media marketing, trust, dan Brand affect sebesar 80,8% dan sisanya 19,2% dijelaskan variabel lain diluar model penelitian yaitu lokasi, brand image, dan sebagainya. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa: Pengaruh langsung Social media marketing terhadap brand loyalty lebih besar dari pengaruh tidak langsung, sehingga untuk meningkatkan brand loyalty lebih efektif melalui jalur langsung. Pengaruh langsung trust terhadap brand loyalty lebih besar dari pada pengaruh tidak langsung, sehingga untuk meningkatkan brand loyalty lebih efektif melalui jalur langsung.
Peran Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta Paula Hesti Mahanani; Ifah Lathifah
ProBank Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v1i1.1172

Abstract

Kajian ini bermaksud guna mengidentifikasi, menguji dan menganalisis peran motivasi pada kinerja pegawai pada Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta. Penelitian menggunakan dua variabel bebas yaitu pendidikan pelatihan dan kapabilitas dan variabel intervening ialah motivasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 pegawai Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta, sampel diperoleh dengan menggunakan teknik pembagian kuesioner terhadap pegawai. Regresi linear berganda dipakai guna menghitung relasi antara variabel bebas dan variabel intervening, validitas data dihitung dengan Product Moment Pearson, serta Cronbach’s Alpha digunakan untuk menghitung reliabilitas data. Hasil kajian memaparkan pendidikan pelatihan berpengaruh positif dan substansial pada motivasi pegawai, kompetensi berpengaruh positif dan substansial pada motivasi pegawai, pendidikan pelatihan berpengaruh positif dan substansial pada kinerja pegawai, kapabilitas berpengaruh positif dan substansial pada kinerja pegawai dan motivasi berpengaruh postif dan substansial pada kinerja pegawai. Hasil dari analisis jalur membawa pada kesimpulan bahwa pengaruh langsung dan tak langsung, variabel kompetensi adalah jalur yang paling dominan dibanding variabel lainnya.
Pengaruh E-Procurement dan Religiusitas Terhadap Pencegahan Fraud Studi pada Badan Pemeriksa Keuangan Aset Kota Bandung Arif Afriady; Irfan Alfiansyah
ProBank Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v1i1.1173

Abstract

Korupsi merupakan salah satu bentuk fraud yang sangat merugikan banyak pihak terutama negara. Tingginya perilaku korupsi merupakan suatu indikasi ketidaksehatan dalam internal organisasi. Salah satu area rawan korupsi ialah sektor pengadaan barang dan jasa. Penelitian ini dilakuakn guna mengetahui pengaruh, e-procurement dan religiusitas terhadap pencegahan fraud pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel keseluruhan staf BPKA Kota Bandung melalui kuisioner yang diberikan. Adapun alat analisis yang digunakan melalui analisis regresi dengan berbantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-procurement tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud. Namun, religiusitas berpengaruh terhadap pencegahan fraud.
Pengaruh Influencer Marketing dan Strategi Omni-Channel Terhadap Purchase Intention Konsumen pada Sociolla Rieza Nur Alifa; Marheni Eka Saputri
ProBank Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v1i1.1174

Abstract

Fenomena wabah pandemi COVID-19 serta terbatasnya mobilitas masyarakat Indonesia sudah menimbulkan pengurangan atas sosialisasi secara tatap muka pelaku usaha dalam melaksanakan roda ekonomi serta niaga yang berakibat tingkat minat konsumsi dan metode belanja masyarakat yang semula konvensional bergeser ke belanja online melalui e-commerce. Pertumbuhan teknologi dikala ini, menuntut perusahaan e-commerce untuk adaptif dalam berbagai situasi dengan salah satu cara dapat mengembangkan bisnisnya dalam berbagai macam saluran pembelian misalnya saluran offline atau saluran online atau dapat disebut omnichannel. Sociolla mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan berbagai saluran terintegrasi atau strategi omnichannel agar dapat bertahap dalam persaingan terutama dalam pandemi Covid-19 saat ini. Namun, dewasa ini realitanya dominan orang yang belum mengetahui bahwa Sociolla memiliki kedua saluran tersebut sehingga Sociolla menggunakan media pemasaran dengan melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan Influencer pada platform Youtube. Penelitian bermaksud untuk mengetahui pengaruh Influencer Marketing dan strategi Omnichannel terhadap Purchase Intention konsumen pada Sociolla. Metode yang diimplementasikan pada penelitian ini yakni metode kuantitatif, dengan kriteria penelitian deskriptif dan kausal. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan total 100 responden. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini dilakukan dengan cara mendistribusikan kuesioner secara daring melalui google form. Analisis deskriptif dan analisis regresi berganda yang menggunakan alat analisis SPSS versi 24 merupakan teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini dapat dibuktikan yakni melalui analisis deskriptif terhadap influencer marketing memperoleh hasil sebesar 65,34% masuk kedalam kategori cukup baik, strategi omnichannel sebesar 71,40% masuk kedalam kategori baik dan untuk purchase intention sebesar 72,18% masuk kedalam kategori baik. Hasil akhir yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R²), diperoleh nilai 0,737. Dari hasil uji hipotesis didapatkan hasil bahwa Influencer Marketing (X1), dan Strategi Omnichannel (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention (Y) konsumen baik secara parsial maupun simultan dengan pengaruh total sebesar 73,7% sedangkan 23,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.
Mediasi Kepuasan Kerja Atas Pengaruh Kompensasi dan Burnout pada Komitmen Organisasi (Studi Kasus Pegawai Perangkat Desa di Kecamatan Getasan) Mada Adi Wibowo; Fitriyani Fitriyani
ProBank Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v1i1.1175

Abstract

Kompensasi merupakan imbalan yang sangat diharapkan oleh pegawai dan burnout berupa pekerjaan sebaiknya sama dengan keahlian pegawai. Oleh karena itu, sudah sepatutnya bagian human resource melihat hal ini guna memperhatikan komitmen organisasi perangkat desa serta kepuasan kerja yang dapat menjadi variabel mediasi atau tidak dalam Pengaruh Kompensasi dan Burnout Terhadap Komitmen Organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara Kompensasi dan Burnout Terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya Terhadap Komitmen Organisasi. Sampel dalam penelitian ini adalah perangkat desa di kecamatan Getasan sejumlah 67 responden. Alat analisis yaitu analisis jalur/Path Analysis. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Kepuasan Kerja dapat memediasi Kompensasi dan Burnout Terhadap Komitmen Organisasi.
Motivasi Belajar sebagai Faktor Dominan Mempengaruhi Prestasi Siswa Harjanto Harjanto; Sudarwati Sudarwati; Bambang Mursito
ProBank Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v1i1.1176

Abstract

Penelitian ini yakni penelitian kuantitatif memakai data (1) data primer, (2) data sekunder. Populasi siswa SMK Negeri 1 Sragen yang duduk dikelas XII sejumlah 504 siswa. Sampel yang diambil yakni sebanyak 20% dari populasi, yakni 504x20%= 100, 8 dibulatkan menjadi 100 responden dengan teknik random sampling. Teknik analisis menggunakan program SPSS yang dipakai guna menguji instrument penelitian (uji validitas serta reliabilitas), uji asumsi klasik, analisi regresi linier berganda, uji t, serta uji koefisien determinasi. Hasil analisis menerangkan bahwasanya ada pengaruh secara bersama-sama yang positif serta signifikan lingkungan keluarga, kemandirian siswa, keaktifan siswa serta motivasi belajar terhadap prestasi siswa di prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Ada pengaruh yang positif serta signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Ada pengaruh positif serta signifikan kemandirian siswa terhadap prestasi siswa di prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Ada pengaruh positif serta signifikan keaktifan siswa terhadap prestasi siswa di prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Ada pengaruh positif serta signifikan motivasi belajar terhadap prestasi siswa di prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Motivasi belajar yakni variabel paling besar dalam mempengaruhi prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Hasil koefisien determinasi menunjukkan prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen dapat dijelaskan oleh faktor lingkungan keluarga, kemandirian siswa, keaktifan siswa dan motivasi belajar sebesar 90%.
Kemandirian, Fasilitas, Motivasi dan Budaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sukarni Sukarni; Sudarwati Sudarwati; Ida Aryati Dpw
ProBank Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v1i1.1177

Abstract

Tujuan riset ini yakni guna menguji serta menganalisis peran kemandirian siswa, fasilitas, motivasi dan budaya belajar kepada prestasi belajar siswa kelas XII SMK Negeri 1 sragen. Teknik analisis memakai analisi regresi linier berganda, uji instrument (uji validitas serta uji reliabilitas), uji asumsi klasik, uji F, uji t, serta uji Koefisien Determinasi. Populasinya yakni total 180 siswa, dengan teknik Purposive sampling dan masing-masing kelas diambil 15 responden (5 kelas) sehingga sampel sebanyak 75 responden. Hasil analisis menunjukkan terdapat dampak positif yang besar secara bersamaan terkait kemandirian siswa, fasilitas belajar, motivasi belajar serta budaya belajar kepada prestasi belajar. Terdapat dampak positif yang besar terkait kemandirian siswa kepada prestasi belajar. Terdapat dampak positif yang besar terkait fasilitas pembelajaran kepada prestasi belajar. Terdapat dampak positif yang besar terkait motivasi belajar kepada prestasi belajar. Terdapat dampak positif yang besar terkait budaya belajar kepada prestasi belajar. Hasil analisis menerangkan bahwasanya prestasi belajar kelas XII SMK Negeri 1 Sragen bisa dijelaskan oleh kemandirian siswa, kemandirian siswa, motivasi belajar dan budaya belajar sebanyak 70% serta sisanya sebanyak 30% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ikut di observasi dalam riset ini. Misalnya, kreativitas belajar, pendidikan orang tua serta gaya belajar siswa.
Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Surya Semesta Sakti Serpong Dewi Lestari; Endang Nurita; Santi Octavianti
ProBank Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : STIE AUB Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36587/probank.v1i1.1199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Surya Semesta Sakti baik secara parsial maupun secara simultan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT Surya Semesta Sakti, yang berjumlah 77 orang dengan sampel jenuh sebanyak 77 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja juga berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kepemimpinan dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Nilai kontribusi kinerja karyawan adalah sebesar 0,454, artinya cukup kuat yang berasal dari kepemimpinan dan kinerja karyawan.

Page 1 of 13 | Total Record : 121