cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Teknik Mesin "TEKNOLOGI"
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 4 Apr (2011)" : 8 Documents clear
Pengaruh Pelapisan Logam (Electroplating) Nikel Terhadap Kekuatan Tarik Pelat ST. 37 Ady Rukma
Teknik Mesin "TEKNOLOGI" Vol 13, No 4 Apr (2011)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang bertujuan mencari Pengaruh pelapisan logam (electroplating) nikel terhadap kekuatan tarik pelat ST. 37, dengan cara membandingkan nilai tegangan tarik antara pelat ST. 37 yang dilapis nikel dengan pelat ST 37 yang tidak dilapis nikel, pengujian tarik dilakukan dengan lima spesimen uji yang distandarkan dari masing-masing pelat ST. 37 dan pelat ST. 37 berlapis nikel, hasil penelitian diperoleh Pelat ST. 37 berlapis nikel memiliki tegangan tarik proporsional lebih tinggi dibandingkan dengan pelat ST. 37 yang tidak dilapis, berarti pelat ST. 37 berlapis nikel tinggi kekuatan tariknya pada batas proporsional dibandingkan pelat ST. 37, walaupun pada titik yielding, maksimum dan patah kedua pelat tidak berbeda. Jadi pengaruh pelapisan nikel hanya berpengaruh pada tegangan proporsional saja, karena setelah kulit pelapis nikel sudah sobek maka tegangan yang terjadi untuk kedua pelat sama. Terdapat perbedaan tegangan tarik proporsional dimana tegangan tarik  rata-rata dari lima spesimen Pelat ST. 37 berlapis nikel diperoleh 48,21N/mm2, sedangkan nilai tegangan tarik rata-rata dari lima spesimen uji pelat ST. 37 diperoleh 43,63N/mm2. Kata kunci : Electroplating, kekuatan tarik, ST.37
Analisis Prestasi Motor Bensin dengan Tanpa Andvancer Amrullah, .
Teknik Mesin "TEKNOLOGI" Vol 13, No 4 Apr (2011)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi dewasa ini sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan manusia, dimana semakin banyak diperlukan tenaga terampil yang mampu mengatasi berbagai masalah perbaikan dan perencanaan mesin. Sebagaimana kita ketahui bahwa advancer adalah bagian yang terpenting dalam hal sistim pengapian. Parameter prestasi dari semua data adalah 1) untuk daya efektif maksimum yang menggunakan advancer pembukaan katup 50% dengan putaran 2500 rpm, Ne = 15,705 kW dan tanpa advancer, Ne = 15,443 kW,  2) untuk tekanan efektif rata-rata maksimun menggunakan advancer dengan pembukaan katup 50% putaran 1500 rpm, Pe = 609,840 kN/m2 dan tanpa advancer Pe = 600,160 kN/m2, 3) Untuk pemakaian bahan bakar pembukaan katup 25% putaran 1500 rpm Fc = 3,330 kg/jam dan tanpa advancer Fc=6,660 kg/jam dan 4) Pemborosan motor bensin dalam penggunaan bahan bakar semakin meningkat pada mesin yang tanpa advancer. Kata kunci: Prestasi, motor bensin, tanpa advancer
Analisa Torque Converter System Transmisi Automatic Pada Unit Wheel Loaders W 70 Arsyad Fadil
Teknik Mesin "TEKNOLOGI" Vol 13, No 4 Apr (2011)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu unsur dari disiplin ilmu tentang permesinan yang sangat cepat dan pesat dengan didukung teknologi yang semakin canggih memaksa pihak industri dibidang automotif senantiasa mencari terobosan terobosan baru dalam rangka menjawab tantangan dalam persaingan yang sangat ketat, baik sudut pandang teknologi itu sendiri maupun kepentingan bisnis yang terkait didalamnya. Gaya yang bekerja pada komponen torque converter adalah 1) pada impeller tegangan tw besar terjadi pad aril I – 1 = 8,430 kg/mm2 yang terkecil pada ring  2 – α = 3,607 kg/mm2, 2) pada turbin , gaya keliling (pu) = 659,725 kg dan 3) pada sudu turbin, tegangan bending δb = 7,735 kg/mm2. Kata Kunci: Torque converter system transmisi automotive
Rancang Bangun dan Analisis Alat Penghemat Bahan Bakar Minyak dengan Proses Elektrolisis Hidrogen-Hidrogen Oksid (HHO) Muhammad Agung
Teknik Mesin "TEKNOLOGI" Vol 13, No 4 Apr (2011)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan rancang bangun alat penghemat bahan bakar dengan proses elektrolisis Hidrogen-hidrogen Oksid yang selanjutnya akan dianalisis dengan membandingkan prestasi penghematan bahan bakar yang memakai alat penghemat bahan bakar yang dirancang bangun tersebut dengan yang tidak menggunakan pada sebuah sepeda motor uji. Rancang bangun alat dibagi menjadi beberapa tahapan, yakni pertama adalah perakitan tabung, yaitu dimulai dari pembuatan dudukan elektroda yang dibentuk menyerupai tower dan bahan yang digunakan adalah plexyglass (acrylic), berfungsi sebagai pengikat kawat elektroda. Kedua adalah pemasangan kawat elektroda pada tabung elektroliser dimana 2 lubang yang berdiameter 8 mm dari 6 lubang pada tabung yang digunakan untuk memasang kawat anoda dan katoda. Ketiga pembuatan larutan elektrolit untuk proses elektrolisis HHO. Bahan yang digunakan adalah air sebanyak 1,5 liter dan soda kue 15 gram, kemudian aduk perlahan. Biarkan ada ruang sekitar 5 cm dari tutup tabung. Keempat adalah instalasi alat tersebut ke motor uji kemudian sambungkan arus listrik dari spull tambahan yang telah dirakit pada motor uji ke tabung elektrolisis. Spull tambahan ini berguna menambah pasokan arus listrik yang disupplai oleh batterei (accu) motor. Pengujian dilakukan dengan 2 bentuk yaitu pertama pengujian statik dimana kendaraan diuji prestasinya dilaboratorium. Kedua pengujian lapangan, kendaraan diuji prestasinya dijalan raya yang telah dipersiapkan. Dari pengujian didapatkan hasil prestasi kehematan bahan bakar 4% dalam 1 liter bensin. Sehingga disimpulkan dari perbandingan pada beberapa literatur maka hasil 4% itu belum maksimal karena pada literatur bisa didapatkan penghematan 3-15%. Harapan penulis bagi peneliti selanjutnya untuk menggunakan campuran elektrolit dan komponen-komponen yang tepat agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Kata kunci : rancang bangun, penghematan bahan bakar
Perancangan Sistem Pengkondisian Udara (AC) pada Ruang Aula Teknol Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Samnur, .
Teknik Mesin "TEKNOLOGI" Vol 13, No 4 Apr (2011)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan AC memerlukan perhitungan beban pendinginan yang tepat sesuai dengan beban di ruangan, sehingga pemanfaatannya menjadi lebih efektif dan efisien, karena apabila pemanfaatannya tidak tepat akan berakibat pada kenyamanan udara yang diperoleh tidak optimal. Penelitian ini bertujuan melakukan perhitungan untuk menentukan besarnya beban kalor ruangan Aula Teknol Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan mengetahui besarnya daya AC yang dibutuhkan untuk mengkondisikan udara pada ruangan Aula Teknol Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni, September dan desember 2011. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada ruang Aula Teknol Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Setelah perhitungan beban kalor selesai selanjutnya hasil perhitungan digunakan untuk menentukan daya AC yang akan digunakan pad Aulah Teknol Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Dari hasil perhitungan diperoleh beban kalor ruangan aula Teknol Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dengan jumlah penghuni maksimal 205 orang adalah 19359,25 Watt. Sehingga diketahui bahwa ruangan tersebut seharusnya dipasangi AC 7 buah dengan daya AC masing-masing 2 PK setiap AC. Kata kunci: Perancangan sistem pengkondisian udara
Pengaruh Suhu dan Tekanan Vakum Terhadap Penguapan Air dan Perubahan Warna (b) Keripik Buah Selama Proses Penggorengan Vakum . Jamaluddin
Teknik Mesin "TEKNOLOGI" Vol 13, No 4 Apr (2011)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Warna (b) menunjukkan warna kromatik antara biru dan kuning, warna (b) adalah salah satu yang berpengaruh pada warna keripik buah, agar warna (b) pada buah tidak banyak mengalami perubahan selama penggorengan, maka perlu pengendalian proses dengan cara memperhatikan kondisi dan perubahan yang terjadi selama penggorengan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu dan tekanan terhadap penguapan air, penurunan kadar sukrosa dan perubahan warna (b) pada keripik buah selama proses penggorengan vakum. Sampel penelitian adalah buah nangka digoreng pada suhu 90 dan 100OC, lama penggorengan 15 sampai 60 menit dan tekanan vakum 10 dan 15 kPa. Parameter yang diamati adalah warna (b), kadar air dan kadar sukrosa sebelum dan setelah sampel digoreng. Hasil penelitian menunjukkan perubahan warna (b) dipengaruhi oleh suhu dan tekanan vakum. Disamping itu perubahan warna (b) juga dipengaruhi oleh penguapan air bebas dan penurunan kadar sukrosa dari dalam padatan, bilamana penguapan air bebas dan penurunan kadar sukrosa dari dalam padatan belum konstan sebelum kadar air dan kadar sukrosa mencapai 15% warna (b) terus mengalami perubahan, namun ketika penguapan air bebas dan penurunan kadar sukrosa mulai konstan atau di bawah 15% warna (b) juga sudah cenderung konstan. Kata kunci : Suhu, tekanan, kadar air, kadar sukrosa dan warna (b).
Design of A Control Strategy for Gantry Crane Systems Abdul Kadir Muhammad
Teknik Mesin "TEKNOLOGI" Vol 13, No 4 Apr (2011)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aims of this research are to identify a gantry crane process, analyze its model, design appropriate controllers and implement them on laboratory scale. As objectives, the controllers which have been designed should meet the specifications: stable, no steady state error, no overshoot and as fast as possible of settling time. The system consists of a gantry crane and its load, an electromotor as actuator and its transmission system, an angle and velocity sensor, a box which is A/D and D/A converter and a USB interface towards a laptop. Mathematical and experimental model analyzing have been used to analyze the system. Software tools namely Matlab Simulink is used for modeling, analyzing and design the controller, and the LabView application program is used for measurements, steering signals and implementation of the controller. Specifically, the root locus method has been used in designing the controller.Simple proportional controllers have been designed for the crane and its pendulum with gains of 3 and -4 respectively. After applied the proportional controllers and some tuning to find the optimal point of the controllers, a stable system with settling time of 98 % final value about 0.825 seconds, no overshoot and zero steady state error is achieved. So, all of the controllers requirements are fulfilled. Keywords: Crane, modeling, controller.
Perancangan Sistem Pengkondisian Udara (AC) pada Ruang Aula Teknol Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Samnur Samnur
Teknik Mesin "TEKNOLOGI" Vol 13, No 4 Apr (2011)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan AC memerlukan perhitungan beban pendinginan yang tepat sesuai denganbeban di ruangan, sehingga pemanfaatannya menjadi lebih efektif dan efisien, karena apabilapemanfaatannya tidak tepat akan berakibat pada kenyamanan udara yang diperoleh tidakoptimal. Penelitian ini bertujuan melakukan perhitungan untuk menentukan besarnya bebankalor ruangan Aula Teknol Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan mengetahuibesarnya daya AC yang dibutuhkan untuk mengkondisikan udara pada ruangan Aula TeknolFakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni,September dan desember 2011. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada ruang Aula TeknolFakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Setelah perhitungan beban kalor selesaiselanjutnya hasil perhitungan digunakan untuk menentukan daya AC yang akan digunakanpad Aulah Teknol Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Dari hasil perhitungandiperoleh beban kalor ruangan aula Teknol Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassardengan jumlah penghuni maksimal 205 orang adalah 19359,25 Watt. Sehingga diketahuibahwa ruangan tersebut seharusnya dipasangi AC 7 buah dengan daya AC masing-masing 2PK setiap AC.

Page 1 of 1 | Total Record : 8