cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2013)" : 10 Documents clear
PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 Sulastri, Susi Sri; Setiawan, Ngadirin
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.379 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) pengaruh Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Akuntansi, (2) pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi, (3) pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Akuntansi.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Jumlah sampel sebanyak 67 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan pada saat pra penelitian untuk mendapatkan informasi mengenai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diberlakukan dan sejarah sekolah. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai Hasil Belajar Akuntansi. Uji validitas menggunakan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyarat analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda.Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1). Konsep Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan persamaan Y = 16,645 + 0,704 X1 dengan koefisien korelasi (rx1y) = 0,496, koefisien determinasi (r2) = 0,246 dengan thitung sebesar 4,604 dan ttabel 2,000. (2). Kebiasaan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan persamaan Y = 32,397 + 0.301 X2 dengan koefisien korelasi (rx1y) = 0, 455, koefisien determinasi (r2) 0,207 dan thitung sebesar 4,121 dan ttabel sebesar 2,000. (3). Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan persamaan Y = 11,561 + 0,507 X1 + 0,182 X2 dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,550, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,302. Fhitung sebesar 13,868 dan Ftabel sebesar 3,14. Sumbangan Efektif pada variabel Konsep Diri sebesar 17,7% dan variabel Kebiasaan Belajar sebesar 12,5%.Kata kunci: Konsep Diri, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Akuntansi.
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012 Pranowo, Hari; Sari, Annisa Ratna
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.891 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, (2) Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dan (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Jumlah populasi sebesar 65 siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kebiasaan Belajar sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Akuntansi.Uji validitas dengan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach.Uji persyaratan analisis data menggunakan uji linieritas dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan Analisis Regresi Sederhana, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan Analisis Regresi ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, hal tersebut ditunjukkan dari harga koefisien korelasi (r) sebesar 0,497, koefisien determinan (r2)sebesar 0,247, dan harga ttabel lebih besar dari thitung dengan N = 65 pada taraf signifikansi 5% (4,545>1,671), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, hal tersebut ditunjukkan dari harga koefisien korelasi (r) sebesar 0,380, koefisien determinan (r²)sebesar 0,145,dan harga thitung lebih besar dari ttabel dengan N = 65 pada taraf signifikansi 5% (3,263>1,671), (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Gurudan Kebiasaan Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansihal tersebut ditunjukkan dari harga koefisienkorelasi ganda (R) sebesar 0,543, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,295, dan Fhitung 12,954 lebih besar dari harga Ftabel3,14. Sumbangan Efektif pada variable Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru sebesar 20,6% dan variable Kebiasaan Belajar Siswa sebesar 8,9%.Kata kunci: Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Kebiasaan Belajar Siswa, Prestasi Belajar Akuntansi
PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SRANDAKAN Wahyuningsih, Sri; Djazari, Moh.
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.464 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Lingkungan sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, (2) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dan (3) Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Populasi penelitian ini yakni siswa SMA Negeri 1 Srandakan berjumlah 39siswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioneruntuk meneliti Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar.Uji validitas menggunakan analisis faktor, dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha.Uji prasayarat analisis yakni uji linearitas dan uji miltikolinearitas.Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua, analisis regresi gandauntuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini: (1) Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx1y= 0,496,r2 sebesar 0,246, thitung> ttabelyaitu: 3,470> 1,685; (2) Kebiasaan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukan dengan nilai rx2y = 0,441,r2 sebesar 0,194thitung> ttabelyaitu: 2,988> 1,685 dengan; 3) Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikanterhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan Ry(1,2) = 0,614,R2 sebesar 0,377, dan Fhitung> Ftabelyaitu: 10,909> 3,24.Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Kebiasaan Belajar, dan Prestasi Belajar Akuntansi.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 Novandi, Rizal; Djazari, Moh.
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.37 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, (2) pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, dan (3) pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sasma terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dan penelitian populasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta berjumlah 101 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 33 siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis 1 dan hipotesis 2 menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan pengujian hipotesis 3 menggunakan analisis regresi ganda dua prediktor yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data menggunakan uji linieritas dan uji multikolinieritas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, dengan r x1y sebesar 0,514, r2x1y sebesar 0,264 dan thitung 5,954 > ttabel 1,980. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 dengan rx2y sebesar 0,579, r2x2y sebesar 0,335dan thitung 7,066 >ttabel 1,980. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 denganRy(1,2) sebesar 0,642, R2y(1,2) sebesar 0,412 dan thitung 34,648 >ttabel 3,09.
PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK INDUSTRI DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN YOGYAKARTA valid, Yanuar Mipalas; Taman, Abdullah
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.979 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Pengalaman Praktik Industri terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman, (2) Pengaruh Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman, (3) Pengaruh Pengalaman Praktik Industri dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman tahun ajaran 2011/2012 berjumlah 114 siswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Metode kuesioner untuk mengumpulkan data Pengalaman Praktik Industri dan Kesiapan Kerja, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui Prestasi Belajar. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas XI SMK YPKK 2 Sleman yang tidak diambil untuk sampel uji penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas, serta uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi dua prediktor.Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pengalaman Praktik Industri terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI Program Kealian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman tahun ajaran 2011/2012, yang ditunjukkan nilai rx1y sebesar 0,460, R2x1y sebesar 0,212, dan thitung sebesar 5,489 lebih besar dari pada harga t tabel sebesar 1,980. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman tahun ajaran 2011/2012, yang ditunjukkan nilai rx2y sebesar 0,381; R2x2y sebesar 0,145; dan thitung sebesar 4,356 lebih besar dari pada harga t tabel sebesar 1,980. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pengalaman Praktik Industri dan Prestasi Belajar secara bersama-sama terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman tahun ajaran 2011/2012, yang ditunjukkan nilai ry(1,2) sebesar 0,515; R2y(1,2) sebesar 0,265; dan Fhitung sebesar 20,020 lebih dasar dari pada harga f tabel sebesar 3,078. Berdasarkan koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,265 artinya 26,5% Kesiapan Kerja dipengaruhi oleh Pengalaman Praktik Industri dan Prestasi Belajar, sementara sisanya sebesar 73,5% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata kunci: Kesiapan Kerja, Pengalaman Praktik Industri, dan Prestasi Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA FILM DOKUMENTER SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN AKUNTANSI POKOK BAHASAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG BAGI SISWA SMK KELAS X AKUNTANSI Kurniasih, Farida; Setiawan, Ngadirin
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.238 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menguji kelayakan media film dokumenter untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran Akuntansi pokok bahasan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang bagi siswa SMK kelas X Akuntansi.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertempat di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa pengembangan media film dokumenter untuk mata pelajaran Akuntansi pokok bahasan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang. Pengumpulan data menggunakan angket, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.Media film dokumenter dikembangkan dengan program Adobe Flash CS3. Hasil penelitian berupa media film dokumenter yang dikemas dalam bentuk CD (Compact Disk). Tahapan pengembangan media yang dilakukan, yaitu (1) identifikasi masalah dan potensi, (2) alternatif solusi, (3) rancangan produk, (4) rancangan pemilihan materi dan pengembangan perangkat lunak, (5) produk awal, (6) uji ahli, (7) revisi I, (8) uji coba I, (9) revisi II, (10) uji coba II, (11) revisi III, dan (12) produk akhir. Uji kelayakan media film dokumenter yang dikembangkan menurut ahli materi memperoleh hasil sebesar 93%, ahli media pembelajaran memperoleh hasil sebesar 88%, dan uji dari siswa memperoleh hasil 84%. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa media film dokumenter yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli media pembelajaran, dan siswa sangat layak, serta bisa digunakan untuk mendukung pembelajaran Akuntansi pokok bahasan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang bagi siswa SMK kelas X Akuntansi.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 CIAMIS Pujiyanti, Pujiyanti; Isroah, Isroah
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (689.204 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru, (2) Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru, dan (3) Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru. Subjek penelitian ini yakni guru SMA Negeri 1 Ciamis berjumlah 62 orang. Pengumpulan data dengan metode kuesioner untuk meneliti Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja Guru. Uji validitas menggunakan analisis faktor, dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha.Uji prasayarat analisis yakni uji linearitas, uji miltikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua, analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru yang ditunjukkan dengan nilai rx1y= 0,675, r2 sebesar 0,456, thitung > ttabel yaitu: 7,085 > 1,671; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru yang ditunjukan dengan nilai rx2y = 0,892, r2 sebesar 0,795 thitung > ttabel yaitu: 15,268 > 1,671 dengan; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru yang ditunjukkan dengan Ry(1,2) = 0,938, R2 sebesar 0,880, dan Fhitung > Ftabel yaitu: 216,172 > 3,51.Kata Kunci: Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja Guru.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012 Lenawati, Ade; Siswanto, Siswanto
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.922 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 2) pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 3) pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012.Populasi penelitian ini adalah siswa Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012 berjumlah 68 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 68 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juni 2012. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus koefisien alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, untuk menguji hipotesis pertama dan kedua serta mengetahui besarnya pengaruh antar masing-masing variabel bebas dengan variabel terikat dan regresi ganda untuk menguji hipotesis ketiga yaitu untuk mengetahui pengaruh semua variabel bebas secara bersama-sama dengan variabel terikat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,318, koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,101, thitung = 2,726 lebih besar dari ttabel = 1,997, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,321, koefisien determinasi (r2x2y) 0,103, thitung = 2,756 lebih besar dari ttabel = 1,997, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan koefisien korelasi (Ry(1,2)) sebesar 0,422, koefisien determinasi (R2y(1,2)) 0,178, Fhitung = 7,032 lebih besar dari Ftabel 3,134. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif dari variabel Motivasi Belajar 49,4%, variabel Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah 50,6%. Sumbangan efektif dari variabel Motivasi Belajar 8,8%, variabel Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah 9,0%.
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2011/2012 Ratnasari, Mufida; Widayati, Ani
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.613 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2011/2012; (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2011/2012, (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 94 orang. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan metode angket. Uji validitas instrumen dengan rumus Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas instrumen dengan rumus Cronbach Alpha, yang dilakukan pada 30 siswa SMK Negeri 1 Tempel. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji hipotesis pertama dan kedua dengan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis ketiga dengan analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dibuktikan rx1y= 0,501 dan r2x1y= 0,251, thitung= 5,545 dan ttabel= 1,980; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan ditunjukkan dengan rx2y= 0,333 dan r2x2y= 0,111, thitung= 3,384 dan ttabel= 1,980 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan ditunjukkan dengan Ry(1,2) = 0,508, R2y(1,2) = 0,258 dan Fhitung 15,831 > Ftabel 3,090. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 25,80% dan masih ada 74,20% yang dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian, keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.
HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK I SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012 Wulandari, Ratna; Sumarsih, Sumarsih
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.432 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Akuntansi, 2) hubungan Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Akuntansi dengan Prestasi Belajar Akuntansi, 3) hubungan Minat Belajar dan Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Akuntansi secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK I Sleman Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK I Sleman Tahun Ajaran 2011/2012 berjumlah 68 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 68 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juni 2012. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuesioner (angket). Uji validitas instrument menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas instrument menggunakan rumus koefisien alpha. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis yang meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat: 1). Terdapat hubungan positif dan signifikan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK I Sleman Tahun Ajaran 2011/2012, dibuktikan koefisien korelasi rhitung lebih besar dari rtabel dengan n=68 pada taraf signifikansi 5% (0,510 > 0,239), 2). Terdapat hubungan positif dan signifikan Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Akuntansi dengan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK I Sleman Tahun Ajaran 2011/2012, dibuktikan koefisien korelasi rhitung lebih besar dari rtabel dengan n=68 pada taraf signifikansi 5% (0,515 > 0,239), 3). Terdapat hubungan positif dan signifikan Minat Belajar dan Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Akuntansi secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK I Sleman Tahun Ajaran 2011/2012, hal tersebut dapat dilihat dari Koefisien Korelasi (R) sebesar 55,5% dan harga Fhitung sebesar 14,499 dengan probabilitas sebesar 0,000 serta Ftabel dengan n=68 pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,14. Hal ini menunjukan bahwa harga Fhitung lebih besar dari Ftabel (14,499 > 3,14) dan nilai probabilitas Fhitung lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).Kata Kunci: Prestasi Belajar Akuntansi, Minat Belajar dan Sikap Siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10