cover
Contact Name
Mustofa
Contact Email
mustofa@uny.ac.id
Phone
+6285292126258
Journal Mail Official
mustofa@uny.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus Karangmalang Yogyakarta, 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
ISSN : 18298028     EISSN : 26555182     DOI : 10.21831
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau pendidikan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2010)" : 6 Documents clear
Pembelajaran Motivasi Berprestasi dalam Mata Kuliah Kewirausahaan dengan Game Tournament Tejo Nurseto
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 7, No 1 (2010)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.815 KB) | DOI: 10.21831/jep.v7i1.578

Abstract

Seseorang yang mempunyai motivasi tinggi akan berusaha melakukan yang terbaik, memiliki kepercayaan terhadap kemampuan untuk bekerja mandiri dan optimis, tidak cepat puas atas hasil yang diperoleh serta mempunyai tanggung jawab yang besar atas perbuatan yang dilakukan sehingga seseorang yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi akan lebih berhasil dalam kehidupannya dibandingkan dengan mereka yang memiliki motif berprestasi rendah. Menurut McClelland motif berprestasi ialah keinginan untuk berbuat sebaik mungkin tanpa banyak dipengaruhi oleh prestise dan pengaruh sosial, melainkan demi kepuasan pribadinya, dorongan ini akan lebih nampak dalam suasana rivalitas-kompetitif. Teori ini cenderung individualistik, sementara saat ini untuk meraih kesuksesan yang lebih tinggi dan lebih besar diperlukan kerjasama dalam sebuah tim dari pada sekedar bersaing dengan orang lain. Oleh karena itu motivasi berprestasi dalam sebuah tim adalah Menerapkan standar kinerja dan standar kesempurnaan tim yang tinggi, mendorong anggota tim yang lain dan diri sendiri untuk berprestasi, mencapai, bahkan melebihi sasaran. Masalahnya motivasi berprestasi tidak bisa dibelajarkan dengan sekedar menyampaikan teori-teori motivasi, tapi yang lebih penting adalah bagaimana menginternalisasi motivasi berprestasi ke dalam diri setiap mahasiswa sehingga setiap peserta didik akan memiliki motivasi berprestasi yang cukup besar untuk meraih kesuksesan mereka di masa yang akan datang. Oleh karena itu pembelajaran harus dibuat dan dirancang sedemikian rupa sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik buat mahasiswa. Dengan game tournament dalam pembelajaran motivasi berprestasi mahasiswa dapat merasakan langsung pengalaman berusaha meraih prestasi bersama timnya, mahasiswa dapat mengkonstruksi sendiri makna motivasi berprestasi dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan akan lebih lama diingat oleh mahasiswa.
Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Aktivis Organisasi Kemahasiswaan FISE UNY Siswanto -
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 7, No 1 (2010)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.573 KB) | DOI: 10.21831/jep.v7i1.579

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesiapan menjadi Guru dari segi Kompetensi Pedagogik mahasiswa Calon guru Aktivis Ormawa 2009 FISE UNY; (2) mengetahui kesiapan menjadi Guru dari segi Kompetensi Kepribadian mahasiswa Calon guru Aktivis Ormawa 2009 FISE UNY; (3) mengetahui kesiapan menjadi Guru dari segi Kompetensi Profesional mahasiswa Calon guru Aktivis Ormawa 2009 FISE UNY; (4) mengetahui kesiapan menjadi Guru dari segi Kompetensi Sosial mahasiswa Calon guru Aktivis Ormawa 2009 FISE UNYSubjek penelitian adalah mahasiswa aktivis Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Program Studi kependidikan di FISE UNY tahun 2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan menghitung kecenderungan untuk setiap kompetensi dengan menggunakan strandar yang telah ditentukan sebelumnya.Hasil penelitian menunjukkan (1) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi pedagogik mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap; (2) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi kepribadian mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap; (3) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi profesional mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap; dan (4) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi sosial mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap.
Statement Kebijaksanaan Moneter Teguh Sihono
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 7, No 1 (2010)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.34 KB) | DOI: 10.21831/jep.v7i1.574

Abstract

Monetary policy at 2010 year like as statement and implemented by Indonesia Bank (BI), as a purpose to reach national economy development target. That is counted unemployment, inflation pressure, and suppress international balance payment deficit. The monetary policy influence the first time tasted by banking monetary sector and then tasted by real sector.The monetary policy transmission can influence economy activity pass through some strip that is: the cost of capital, wealth channel, portofolio theory, and monetary theory. The latest purpose of monetary policy is watch over and take care of stability of rupiah value the thing which reflected at low level and inflation stability. Mechanism of monetary policy the thing which implementation with rate BI policy for influence inflation pass through some strip among others; rate of interest, credit, exchange value, asset and expectation.Application Asean-China Free Trade Agreement (AC-FTA) expected has an positive impact, concerning domestic economy, inflation level indicate a little increase in early 2010 year, although still appropriate revolves around target Indonesia Bank (BI) as high as 5% in January month 2010 noted down 0,84% (mtm) or 3,72%, formerly 0,33% (mtm) or 2,78%. Domestic financial sector became better by watched over money market inter bank (PUAB) even lean to decrees. To optimal result of monetary policy it is always together with fiscal policy and coordinate inter Indonesia Bank (BI) with central government along with regional government
Kepemimpinan Bisnis Indonesia di Era Pasar Bebas Wahyu Purhantara
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 7, No 1 (2010)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.009 KB) | DOI: 10.21831/jep.v7i1.575

Abstract

Dinamika lingkungan bisnis, kepemimpinan, perubahan-perubahan yang mengalir dengan cepat, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, transportasi serta teknologi di bidang manufaktur telah membawa organisasi bisnis menuju kondisi bisnis yang mengacu pada pasar global. Dalam era global, dunia menjadi tanpa batas (unborderless), mobilitas sumber daya menjadi semakin cepat, informasi menjadi instan, organisasi dihadapkan pada berbagai peluang dan sekaligus tantangan yang semakin kompleks. Pada kondisi ini aturan main dalam bisnis juga mengalami revolusi yang sangat cepat. Perubahan telah memunculkan the new rule of the game dan organisasi bisnis dituntut untuk dapat bertindak cepat dan fleksibel demi eksistensi dan perkembangannya di masa yang akan datang.Perubahan lingkungan berimplikasi pada perubahan strategi organisasi. Selama ini organisasi bisnis bersaing dengan basis produk dan pasar, artinya kepemimpinan produk dan pasar menjadi penentu keunggulan organisasi. Kondisi ini kemudian berubah, di mana dalam upaya untuk menciptakan keunggulan bersaing organisasi fokus pada persaingan dengan basis sumber daya dan kompetensi. Perkembangan ke depan organisasi dituntut untuk dapat bersaing dengan basis talenta dan impian (talent and dream). Singkatnya organisasi harus selalu bersahabat dengan perubahan (in friendship with change), dan berpandangan jauh ke depan agar menjadi pemimpin perubahan itu sendiri.
Pentingnya Profesi Wirausaha di Indonesia Z. Heflin Frinces
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 7, No 1 (2010)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jep.v7i1.576

Abstract

Entrepreneur is a subject that has been widely discussed because it has long been recognized to have played a significant role in not only increasing ones income but more than that it has been noted to improve peoples quality of life and nations prosperity as it has been shown in the experiences of many developed and developing countries such as Malaysia, Singapore, Taiwan, Hongkong, Japan, South Korea, the United States of America, and most of European countries. At present governments of those countries are providing a great deals of attention and efforts to increase number of entrepreneurs in these countries including Indonesian Government. As noted in this article that it requires at least 2% of a countrys population are entrepreneurs to reach a prosperity level of a country and to increase purchasing power of the population. Those experiences have led many experts and governments in many countries are very keen to study nature and characteristics of entrepreneurs and looking for right answers to questions as to why is it so important to be an entrepreneur?, why society need entrepreneur?, and what are the elements of becoming successful entrepreneurs?. Answers to these questions will be found in this article. But what interest to some quarters to note is that (1) successful entrepreneur are characterized as to have strong willingness to take risk and to undertake strategic changes as required to make progress, and (2) there are specific skills such as skills to produce products and services, to market, and to calculate cost and profit quickly required by any successful entrepreneurs.
Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur Basrowi -; Siti Juariyah
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 7, No 1 (2010)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jep.v7i1.577

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kondisi kehidupan sosial ekonomi, tingkat pendidikan, dan kecenderungan kondisi sosial ekonomi dengan tingkat pendidikan masyarakat Desa Srigading Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Metode yang digunakan yaitu kualitatif, dengan desain analisis dari Miles dan Huberman. Penelitian dilakukan pada bulan November 2009-Januari 2010. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) kondisi sosial ekonomi masyarakat masih tergolong rendah, (2) tingkat pendidikan masyarakat juga rendah, hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang tidak bersekolah dan rata-rata hanya lulus sekolah menengah pertama, dan (3) ada kecenderungan semakin tinggi tingkat ekonomi semakin tinggi tingkat pendidikan anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 6