cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X" : 9 Documents clear
USAHA PREVENTIF UNTUK MENCEGAH KELUHAN-KELUHAN BAGI PEMAKAI PERSONAL COMPUTER Putu Sudira
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.229 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.8703

Abstract

Personal Computer (PC) tidak lagi menjadi barang asing di masyarakat.Di lingkungan kampus PC menjadi kehutuhan bagi dosen karena PC memherisumbangan yang berarti dalam menyelesaikan tugas-tugas sebagai dosen.Sebagai peralatan canggih PC digunakan. untuk meningkatkan efisiensi danefektivitas suatu jenis pekerjaan. Berhadapan dengan PC yang menggi.makanVideo Display Unit (VDU) dalam waktu relatif lama ternyata mengakibatkankeluhan-keluhan seperti: ketegangan otot mata, rasa pegal pada lehec danbahu. Keluhan-keluhan seperti ketegangan otot mata, rasa pegal pada leherdan bahu harus dihindari sebelum gejala-gejala yang lebih serius seperti kata rakmata terjadi. Dengan menempatkan PC ,pada tempat kerja (meja ciankursi). Jingkungan kerja yang memenuhi ~yarat. keluhan-keluhan di atas dapatdicegah.
OLAHRAGA SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENGHINDARKAN FRUSTASI REMAJA Irianto, Djoko Pekik
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.203 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.8697

Abstract

Delinquency adaiah tindak kriminal yang banyak dilakukan oleh remaja.·Pada umumnya delinquency tersebut merupakan produk dari konstitusi defektifmental dan emosi (Kartini Karkono, 1986: 149). Defektifnya (rusaknya) mentalremaja ~ni sebagai proses kondisionering oleh lipgkungan yang buruk.Dewasa ini, faktor penyebab timbulnya Delinquency yang menanjel adalahkurang selektifnya pemilihan aktivitas untuk pengisian waktu luang bagiremaja sehingga timbu! ketidakseimbangan mental yang berakibat terjadinyafrustasi. .Tulisan ini berusaha memberikan alternatif yang baik dalam memilihaktivitas untuk pengisian waktu luang bagi remaja. dalam usC\ha menghindarkanfrustasi yang sering t.erjadi dalam kehidupannya. Hal ini mungkin bermanfaatbagi orang tua, guru, pembinar pelatih atau anggota masyarakat yang lainuntuk membimbing remaja, terutama dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya.
TEKNOLOGITERAPAN: ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN Widarto Widarto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.474 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.8708

Abstract

Pada semester VII mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FPTKIKIP YOGYAKARTA diwajibkan mengambil mata kuliah Teknologi Terapan.Kegiatan perkuliahan meliputi usulan proyek, m~mbuat karya tulis, seminar,dan praktik.Mata kuliah Teknologi Terapan diberikan dengan harapan untuk meningkatkaripemahaman dan penalaran terhadap bidang studi yang terkait. Disamping itu, juga untuk memberikan bekal tambahan jika akan berwiraswasta,menggugah kreativitas. menumbuhkan· sikap inovati! dan mengantisipasikebutuhan lapangan. .Dalam pelaksanaan kuliab praktik banyak mengalami harilbatan, antaralain masalah waktu praktik, bobot SKS yang sedikit~ biaya, relevansi materikuliah, dan kesulitan pada saat uji kelayakan prodUk..Dalam tulisan ini akan dipaparkan beberapa alternatif pemecahan masalah,guna mengatasi hambatan yang ada. Untuk mengatasi sempitnya waktuyang tersedia. dilakukan dengan membuat suatu program yang terencana.terjadual. terkontrol. Sedangkan masalah dana dapat ditanggulangi denganmenjalin kerja sarna dengan pihak lain.
SUATU ALTERNATIF PELAKSANAAN KUllA" KONSELING MIKRO Muh. Farozin
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.73 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.8701

Abstract

Naskah ini dimaksudka:n untuk, memberikan gambaran tentang suatu kemungkinanpembelajaran keterampilan-keterampilan pokok dalam layanankonseling, yang pembelajarannya bersifat mikro. Konseling mikro sebagai salahsatu mata kuliah dalam 'program studi bimbingan, dan konseling me~berikanpengalaman belajar terutama dalam praktik konseling. Keterampilan-keterampilankonseling ya,ng dimikrokan adalah attending skIlls, open InvItation to talk,paraphrasIng, lndentlfylngs and emotions, reflektlng feelings, confrontation,summ'arizing. Pembelajaran keterampilan-keterampilan konseling bersif'atlaboratoris, dan mengikuti empat tahap, yaitu persiapan,. pelaksanaan praktik,umpan balik, dan penilaian..Untuk mengatasi kesulitan" penyusunan pet'siapandan pelaksanaan pt'aktik adalah dengan cara menyusun persiapan praktik herodasarkan rekaman yang dUaksanakan sebelum praktik. Fasi1itas" yang mendukungkelancaran pelaksanaan konseling 0 mikro adalah tenaga pembimbing-konselitenagateknisi. ruangan konseling, kursi-meja, alat tulis menulis, alat elektronika,dan pedoman pelaksanaan.
PENTlNGNYA PENDIDIKAN REKREASI DI SEKOLAH J. Hartoto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.576 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.8699

Abstract

Pendidikan rekreasi merupakan program pendidikan nonformal yangmenyediakan kesempatan atau peluang kepada setiap peserta kegiatan untukmengembangkan keterampilan jasmani, sikap sosial, mental atau kebiasaan.dan keterampilan intelektual secara harmonis dan yang pada gilirannya membentukkepribadian atau tingkah laku seseorang dengan memberikan pengalaman-pengalaman langsung di lapangan melalui kegiatan outdoor; misalnya out-:dooreducatIon/schools, study tour, field trip, outdoor adven.tures, dan kegiaJanrekreasi fisik dan nonfisik "lainnya, seperti olahraga rekreatif, permainan;termasuk permainan tradisional. kesenian, dan lain-lain.
SENI DRAMA 01 SEKOLAH: SOROTAN DARI NILAI-NILAI KEPENDlDlKAN Sumaryadi Sumaryadi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.087 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.8704

Abstract

Drama (lakon) merupakan 5uatu cipta sastra yang sengaja ditulis oranguntuk dipergelarkan. Drama merupakan hidup yang dilukiskan dengan gerak.menyuguhkan cerita dengan gerak.Pendidikan nasional yang berupaya mewujudkan tujuan nasional mempunyaitujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusiaIndonesia seutuhnya.Drama sandiwara. teatcd sangat baik disajikan kepada siswa-siswakarena di dalamnya terkandung nilai-nilai kependidikan .yang sangat luas dantinggi. Sesuai. dengan prinsip bahwa drama (sandiwara) memberikan pengajarandengan perlambang, maka nilai-nilai kependidikan tersebut dapat mencapaisasarannya dengan tanpa disadari.Berhubung siswa umumnya baru mampu melihat karya drama dad sisikenyataan lahimya. menjadi tugas para pembina (guru) drama untuk mengajaksiswa berdiskusi begitu suatu pementasan drama usai. Dengan diskusi yangtujuan utamanya membahas pekerti dan watak tokoh-tokoh yimg hidup dalamlakon. siswa akan berhasil masuk secar'a l~bih dalam lagi.
PENENTUAN DERMAT KETIDAK-JENUHAN DAN PERANANNYA PADA PENENTUAN STRUKTUR MOLEKUL SENYAWA ORGANIK Prodjosantoso, AK
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X
Publisher : LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.036 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.8695

Abstract

.Gerhardt (1843) adalah ahli kimia perintis penulisan rumus molekulsenya:via organik. Penulisan rumus molekuJ didasarkan pada data analisis unsur(jenis dan prosentase) dan massa molekul. Metode analisis berkembang denganbaik pada tahuo 1811 sampai 1831. Ahli-ahli kimia seperti Liebig. Dumas.Thenard. Gay-Lussac, dan Berzelius mempunyai andil besar dalam mengembangkanmetode analisis tersebut. Pregl (1912) dan Zimmermann (1940-ao)berusaha memperbaharui metode-metode yang per::nah me.reka lakukan.Derajat ketidak-jenuhan suatu molekul dapat dihitung dengan ca'"amenjumlahkan ring dan ikatan-ikatan rangkap. Peranan derajat ketidakjenuhanpada penentuan struktur molekul senyawa organik belum banyak diketahuiorang. Dengan' d,iketahuinya derajat ketidakjenuhan, dilengkapi dengan datamassa molekul serta pengetahuan tentang valensi unsur, dapat ditentukanstruktul" ~olekul senyawa organik.
FAKTOR-FAKTOR SOSIOLlNGUISTIK DALAM PENGAJARAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA Sutrisna Wibawa
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v3i3.8706

Abstract

Tujuan pengajaran bahasa Jawa agarsiswa dapat berbahasa Jawa esuaidengan tata krama, secara lisan atau tulisan, melalui b~rbagai ,rungsi bahasa.Untuk mencapai tujuan itu, maka siswa diberikan pelajaran ragam bahasa..Ragam babasa yang berkaitan dengan. tata krama disebut unggah-ungguhberbahasa~ .Penggunaan unggah-ungguh babasa Jawa .terikat oleh faktor-faJ:ttor 50510linguistik,.yaitu pemeran serta. audien. tujua.h, tempat dan waktu, .kontekskebudayaan dan psikologis, jalur, dan peristiwa berbahasa. Dalam .pengajaranoya,faktor-faktor in1 kurang mendapat perhatian. Padahal, faktor-faktor .ituikut menentukan dalam kegiatan berbahasa. OIeh karena itu, faktor-faktorsosiolinguistik seharusnya mendapat perhatian dalampengajaran unggah-ungguhbahasa Jawa.
BIMBINGAN PERILAKU PROSOSIAL Hs., Josep Ilmoe
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v3i3.8700

Abstract

Manusia adalah satu-satunya makhluk di dunia ini yang dapat berpikir,tetapi apabila pikiran-pikiran itu berjalan demikian saja karena asosiasi tanpapengarahan dan pengontrolan yang sadar, pikiran-pikiran semacam itu hanyalahperbuatan manusia (an act of a man, aCtus hominis) bukannya perbuatanmanusiawi (human "act, actus hum~nu5), yaitu perbuatan yang dikuasai olchmanusia, yang secara sadar di bawah pengoritrolannya dan dengan sengajadikehendakinya, si pelaku bertanggung jawab atas perbuatan tersehut. Salahsatu manifestasi actus hpmanus adalah perilaku prososial, yaitu per-ilaku yangmemherikan keuntungan bagi orang lain, memiliki akibat positif, yang bermanfaatbagi kesejahteraan fisik, psikis orang lain. Faktor situasional akan mengantarkanseseorang ke dalam .dinamika perilaku prososial. Interaksi, yangdalam pelaksanaannya orangtua memperlakukan anaknya secara. demokratik,menjelaskan .permasalahannya, mendiskusikan perilaku yang dikehendaki disamping melalui pendidikan formal dengan cara pendekatan kognitif, tentuakan membantu mengkualifikasikan perilaku yang dikehendaki. Penanamandisiplin yang baik melalui keluarga dan sekolah, lambat laun berpengaruhdalam kematangan peran serta akan menumbuhkan perilaku prososial di manasi pelaku diharapkan memiliki pertimbangan sosial yang baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

1990 1990


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue