cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
ISSN : 14101866     EISSN : 25491458     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan Sains.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021): June 2021" : 10 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif GI Berbantuan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Fisika SMA Cintia Agnes Sinaga; Makmur Sirait
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 9, No 1 (2021): June 2021
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v9i1.26102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar fisika SMA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest kelas eksperimen 39,00 dan kelas kontrol 43,38. Berdasarkan analisis uji-t dua pihak diperoleh thitung = 1,70dan ttabel = 1,998. Hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama setelah diberikan perlakuan yang berbeda dilakukan posttest dengan nilai rata-rata eksperimen 73,90 dan kelas kontrol 66,47analisis uji-t satu pihak menunjukkan thitung = 2,75dan ttabel =1,669. Hal ini menyatakan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar fisika SMA.
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbahasa Inggris Ukti Lutvaidah; Bambang Perkasa Alam; Prima Pantau Putri Santosa
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 9, No 1 (2021): June 2021
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v9i1.23890

Abstract

Siswa akan merasa lebih sulit jika dihadapkan dengan soal cerita karena harus menentukan rumus dan harus teliti dalam membaca soal. Sebagian besar sekolah di Indonesia yang berada di perkotaan terutama, dalam proses pembelajaran menggunakan Bahasa Inggris. Banyak siswa yang tidak menguasai bahasa Inggris sehingga mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMK Al Ihsan Depok dengan sampel 30 siswa. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa dan pendekatan kualitatif untuk mengetahui letak kesalahan yang dilakukan siswa dan mengetahui penyebabnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa yaitu menentukan hal yang diketahui dalam soal, menentukan hal yang ditanyakan, membuat model matematika, memilih rumus yang sesuai dengan soal, melakukan perhitungan, mengiterprestasikan jawaban model ke masalah semula, dan mengartikan kalimat kedalam bahasa Indonesia. Faktor penyebabnya yaitu siswa kurang cermat dalam membaca soal untuk memahami maksud dari soal, lemah dalam perhitungan dasar matematika, tergesa-gesa saat menyelesaikan soal, kurangnya kosa kata berbahasa Inggris pada materi statistika dan peluang.
Hubungan Karakter Nasionalisme dengan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Muaro Jambi Lois Kusumawati Setiawan; Sardjo Sardjo
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 9, No 1 (2021): June 2021
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v9i1.25223

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah hubungan antara hasil belajar dengan karakter siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan harapan hasil informasi yang didapatkan dapat diberlakukan secara umum. Jadi penelitian deskriptif kuantitatif merupakan suatu kegiatan untuk mengumpulkan informasi secara luas mengenai suatu peristiwa suatu variabel. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan natara karakter dengan hasil belajar. Hal ini diketahui dari hasil data yang diperoleh melalui uji coba menggunakan aplikasi SPSS. Hasil data yang didapatkan bahwa data tersebut normal, linier, dan korelasi.
Pengembangan Media KIT Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas IV SD “ Kotak Siapa Berani Berkali” Berbasis Cooperative Learning Putri Nur Sholikhah; Alifah Nur; Karin Maydini
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 9, No 1 (2021): June 2021
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v9i1.25816

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap kualitas pembelajaran dan sumber belajar. Namun pada kenyataannya kualitas dan tujuan pembelajaran masih belum maksimal dan bahkan dirasakan masih rendah. Rendahnya kualitas pembelajaran secara umum dapat dilihat dari dua sisi yaitu proses dan hasil. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk peserta didik kelas IV materi perkalian 3 digit dan  2 digit angka serta mengetahui kelayakan media pembelajaran sehingga dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian dengan model ADDIE yang memiliki lima fase atau tahap utama, yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berkategori baik. Berdasarkan hasil validasi ahli materi I dengan presentasi 83,1%. Berkategori sangat baik berdasarkan hasil validasi ahli media I dengan presentasi 90 %. Berkategori baik berdasarkan hasil validasi peserta didik dengan presentasi 80 %.
Pengaruh Think Talk Write Berbasis Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Biologi Yance Riyati; Yakobus Bustami; Hendrikus Julung
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 9, No 1 (2021): June 2021
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v9i1.22269

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diperlukan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis kartu bergambar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII. Pendekatan penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Ketungau Tengah terdiri dari 41 siswa. Sampel adalah kelas VIIIA berjumlah 22 siswa untuk kelas eksperimen dan kelas VIIIB berjumlah 19 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen berupa soal esai sebanyak 5 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji t-test. Hasil analisis deskriptif pada kelas eksperimen menunjukkan terjadi peningkatan nilai rerata kemampuan berpikir kritis siswa dari pretest ke posttest sebesar 32.32% dan kelas kontrol sebesar 15.00%. Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (p: 0,0000.05). Nilai rerata  kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TTW berbasis kartu bergambar lebih mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.
Penerapan Model PBL Menggunakan NHT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Siswa Reznyfa Minda Unisty; Cecep Anwar Hadi FS; Jaenudin Jaenudin
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 9, No 1 (2021): June 2021
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v9i1.26783

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model PBL menggunakan NHT lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Serang tahun ajaran 2018/2019 semester genap. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk memilih dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan non-tes skala minat belajar siswa. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran model PBL menggunakan NHT lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dan Pertidaksamaan Dua Variabel melalui Model Visualization Auditory and Kinesthetic (VAK) Aryanti Nurhasanah; Slamet Soro; Rizki Dwi Siswanto
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 9, No 1 (2021): June 2021
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v9i1.27439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas X-MIPA 3 SMAN 94 Jakarta. Subjek penelitian berjumlah 36 peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pra-siklus diambil dari nilai ulangan harian tentang persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak, dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 58,14. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik, terlihat dari rata-rata nilai 64 pada siklus I dan 79,94 pada siklus II serta peningkatan persentase peserta didik yang lulus kriteria ketuntasan minimal (KKM) 19,43 % pada pra-siklus, 38,89% pada siklus I, dan 75% pada siklus II.
Hubungan antara Hasil Belajar dengan Sikap Bersahabat atau Komunikatif Siswa di SMP Negeri 18 Kota Jambi Ayu Meilinda
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 9, No 1 (2021): June 2021
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v9i1.25225

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara hasil belajardengan sikap bersahabat/komunikatif siswa di SMP Negeri 18 Kota Jambi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian ex- post facto yang bersifat korelasional dengan subjek adalah siswa kelas VII D dan VII H SMP Negeri 18 Kota Jambi. Untuk mengetahui bagaimana hubungan antar variabel di lakukan uji korelasi sehingga di peroleh nilai signifikan data 0,017 0,05. Suatu data dikatakan memiliki hubungan jika setelah dilakukan uji korelasi memiliki nilai signifikan 0.05. Oleh karena itu, berdasarkan hal tersebut berarti bahwa terdapat hubungan antara hasil belajar dengan sikap bersahabat.
Pencapaian Hasil Belajar Aspek Pengetahuan Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi dalam Pembelajaran Berbasis PBL Sri Purwati; Mundilarto Mundilarto
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 9, No 1 (2021): June 2021
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v9i1.23231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pencapaian hasil belajar siswa aspek pengetahuan menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi dalam pembelajaran fisika berbasis PBL, serta mengkaji keefektifan penggunaan metode eksperimen dan demonstrasi terhadap hasil belajar siswa aspek pengetahuan dalam pembelajaran fisika berbasis PBL. Penelitian quasi eksperimen menggunakan the preetest-posttest two treatment design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas ditentukan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada kelas eksperimen 1 menunjukkan bahwa rata-rata (mean) untuk postest 79,06 (baik). Kategori mengerti, menerapkan, dan menganalisis masing-masing sebesar 73%, 75%, dan 85%. Pada kelas eksperimen 2 menunjukkan bahwa rata-rata (mean) untuk posttest 75,10 (baik). Kategori mengerti, menerapkan, dan menganalisis masing-masing seebsar 67%, 75%, dan 80%. Pembelajaran fisika berbasis PBL menggunakan metode eksperimen tidak lebih efektif terhadap pencapaian hasil belajar siswa aspek pengetahuan daripada menggunakan metode demonstrasi.
Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Novi Yana; Rubhan Masykur; Fredi Ganda Putra
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 9, No 1 (2021): June 2021
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v9i1.21444

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan lembar kerja peserta didik yang terintegrasi nilai-nilai KeIslaman terhadap kemampuan komunikasi matematis. Populasi penelitian kuasi eksperimen dengan posttest-only control design adalah 116 peserta didik kelas VII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan  tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan adalah uji anava satu jalan dengan sel sama. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan lembar kerja peserta didik yang terintegrasi pada nilai-nilai KeIslaman daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional.

Page 1 of 1 | Total Record : 10