cover
Contact Name
Muji Sri Prastiwi
Contact Email
mujiprastiwi@unesa.ac.id
Phone
+6281803190335
Journal Mail Official
bioedu@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa. Gedung C3, Lt. 2. Kampus Unesa, Ketintang, Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
ISSN : -     EISSN : 26859289     DOI : -
BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 3 (2022)" : 25 Documents clear
Pengembangan e-LKPD Interaktif Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII Lutfiana Rakhma Ningtyas; Yuni Sri Rahayu
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/bioedu.v11n3.p527-536

Abstract

Dampak pandemi COVID-19 menjadikan proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tidak dapat dilakukan sehingga beralih pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Alternatif media pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam proses PJJ adalah e-LKPD. e-LKPD interaktif merupakan lembar kerja peserta didik yang dikemas secara digital dengan beragam fitur untuk membantu kegiatan pembelajaran secara mandiri yang berisi abstraksi materi dan kumpulan soal untuk memandu peserta didik dalam proses pemahaman materi. Tujuan peneliti ini untuk menghasilkan e-LKPD Interaktif pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan yang valid, praktis dan efektif untuk melatih keterampilan berpikir kritis. penelitian ini menerapkan model 4-D (Define, Design, Develop dan Diseminate). Validitas e-LKPD didapat dari hasil validasi pakar (Media dan Materi), kepraktisan didapat dari hasil pengamatan keterlaksanaan e-LKPD, dan keefektifan didapat dari hasil belajar dan respon 15 peserta didik kelas XII MIPA 5 SMAN 17 Surabaya. Metode pengumpulan data meliputi validasi, observasi, tes, dan angket dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD dinyatakan valid dengan memperoleh persentase skor validitas 97%, e-LKPD juga dinyatakan sangat praktis dengan memperoleh persentase skor keterlaksanaan 91,2%, dan dinyatakan sangat efektif dengan memperoleh rerata ketuntasan hasil belajar kognitif dan indikator berpikir kritis berturut sebesar 100% dan 92,6% dengan hasil N-Gain 0,72 (kategori tinggi), serta mendapat persentase respon positif peserta didik sebesar 98,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka e-LKPD Interaktif yang dikembangkan telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk diimplementasikan pada proses pembelajaran. Kata Kunci: e-LKPD interaktif, keterampilan berpikir kritis, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
Validity of Learning Package for Environmental Change Materials in Implementing Student Worksheets Based on Contextual Teaching and Learning (CTL) Intan Dwi Puspitasari; Herlina Fitrihidajati
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/bioedu.v11n3.p557-566

Abstract

This study aims to produce learning package in the form of lesson plans and valid questions in implementing student worksheets based on Contextual Teaching and Learning (CTL) which is to complement learning package other than student worksheets in previous research. This research method uses a 4-D development model which the disseminate stage is not done, namely define, design, and develop. The research target is learning package such as lesson plans and questions. Place and time of study in September 2021 at Biology Department of Universitas Negeri Surabaya. The research parameter measured was the validity of the learning package by taking into account several aspects. The validity of the lesson plans includes aspects of syllabus identity, syllabus conformity with lesson plans, lesson plans identity, formulating indicators, formulating learning objectives, learning materials, learning methods, learning tools and resources, learning activities and outcome assessment study. Aspects of question validity include material feasibility, construction feasibility, grammatical aspects, and character aspects of measuring scientific literacy. Based on the data above, the validation of the questions obtained an average score of 90% with a very valid category and the lesson plan validation is an average score of 92.96% with a very valid category. The conclusion of this study shows that the test of the validity of the learning package in the form of lesson plans and questions obtained a score above 70%. This shows that the learning level is valid. Keywords: Validity, Scientific Literacy, Environmental Change, Learning Package.
Pengembangan E-LKPD Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Berorientasi Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Greatania Ines Windari; Yuni Sri Rahayu; Sari Kusuma Dewi
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/bioedu.v11n3.p537-548

Abstract

Seiring bertambahnya jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia, Kemendikbud merekomendasikan agar melakukan program belajar dari rumah. Program ini telah dilaksanakan di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan belajar baru di masa pandemi Covid-19, salah satu hal yang perlu untuk proses adaptasi dalam pembelajaran yaitu hadirnya bahan ajar online dengan media yang menarik dan mudah diakses peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar LKPD elektronik (E-LKPD) berorientasi pendekatan saintifik untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi pertumbuhan dan perkembangan yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Metode pengembangan yang digunakan yaitu dengan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pengembangan E-LKPD ini untuk melihat validitas yang diperoleh dari hasil validasi dari para ahli; kepraktisan yang diperoleh dari data observasi keterlaksanaan dari para observer; keefektifan yang diperoleh dari data hasil belajar peserta didik kelas XII SMA Labschool Unesa 1 Surabaya yaitu melakukan pre-test dan post-test, dan data respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembangan E-LKPD ini menghasilkan persentase validitas mencapai 94,75% sehingga dinyatakan sangat valid, persentase kepraktisan mencapai 98,3% sehingga dinyatakan sangat praktis, dan persentase keefektifan diantaranya yaitu ketuntasan tes keterampilan proses sains mencapai 100%, ketercapaian indikator keterampilan proses sains melalui pre-test dan post-test mencapai 92,4%, dan respon dari peserta didik mencapai 100%. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa E-LKPD materi pertumbuhan dan perkembangan berorientasi pendekatan saintifik untuk melatihkan keterampilan proses sains layak untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan validitas, kepraktisan, keefektifan. Kata Kunci: E-LKPD, pendekatan saintifik, keterampilan proses sains, materi pertumbuhan dan perkembangan.
Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Transpor Membran Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Ardella Ivana Safitri; Yuni Sri Rahayu
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/bioedu.v11n3.p549-556

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan sistem pendidikan Indonesia melaksanakan sistempembelajaranjarak jauh. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran tersebut membutuhkan bahan ajar elektronik dandapat melatihkan salah satu keterampilan 4C yaitu berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan salah satutuntutan karakteristik 4C pada pendidikan abad ke-21. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan e-LKPDberbasis guided inquiry pada materi Transpor Membran untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswayang valid, praktis, dan efektif. Metode pengembangan yang digunakan yaitu 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Validitas e-LKPD diperoleh dari hasil validasi para ahli, kepraktisan diperoleh dari hasilobservasi keterlaksanaan e-LKPD serta keefektifan diperoleh dari ketuntasan hasil tes, ketercapaianindikator berpikir kritis dan angket respon 20 peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 21 Surabaya. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembangan e-LKPD ini memperoleh persentase validitas sebesar 97.9% sehingga dinyatakan sangat valid, persentase kepraktisanmemperoleh sebesar 98.3% sehingga dinyatakan sangat praktis, dan keefektifan e-LKPD memperolehketuntasan hasil pre-test dan post-test sebesar 100%, ketercapaian keterampilan berpikir kritis sebesar 87,3%, dan persentase respon peserta didik sebesar 98.35%. Dengan demikian, dapat disimpulkan e-LKPDyang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci:. e-LKPD, Guided Inquiry, berpikir kritis, transpor membran.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Enzim Untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kritis Melyana Clarisa Pakpahan; Yuliani Yuliani; Sari Kusuma Dewi
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/bioedu.v11n3.p567-578

Abstract

Perkembangan ilmu teknologi khususnya pendidikan memiliki tantangan yang dapat diatasi dengan keterampilan abad ke-21 yang bercirikan 4C. Berfikir kritis merupakan salah satu keterampilan dalam 4C. Hasil penelitian menunjukan bahwa guided inquiry adalah model pembelajaran yang tepat untuk melatih keterampilan berfikir kritis yaitu interpretasi, inferensi, eksplanasi, analisis dan evaluasi. Materi enzim bersifat kompleks sehingga diperlukan adanya praktikum untuk melatih keterampilan berfikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan E-LKPD berbasis guided inquiry yang valid, praktis, dan efektif pada materi enzim untuk melatih keterampilan berfikir kritis peserta didik. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D (define, design, development, dan disseminate). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode validasi, observasi, tes, dan angket respon. Pada E-LKPD, validasi diperoleh dari hasil validasi oleh validator, kepraktisan diperoleh dari pengamatan aktivitas peserta didik selama menggunakan E-LKPD, keefektifan diperoleh dari hasil belajar keterampilan berfikir kritis dan respon peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validitas E-LKPD mendapatkan skor sebesar 96,5% dengan kategori sangat valid. Uji coba kepraktisan dilaksanakan pada 20 peserta didik kelas XII MIPA 4 SMAN 3 Surabaya dan memperoleh skor sebesar 97,3% dengan kategori sangat praktis, serta ketercapaian indikator berfikir kritis memperoleh skor 92,5% dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik memperoleh skor sebesar 96% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut maka E-LKPD berbasis guided inquiry pada materi enzim untuk melatih keterampilan berfikir kritis dinyatakan valid, praktis dan efektif sebagai sumber belajar. Kata Kunci: E-LKPD, guided inquiry, keterampilan berfikir kritis, enzim.
Analisis Butir Soal Ulangan Harian Hasil Pengembangan Guru Materi Sistem Gerak Manusia Kelas XI IPA Wikha Rismaulhijjah; Nur Kuswanti
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/bioedu.v11n3.p643-661

Abstract

Analisis butir soal merupakan proses mengkaji kualitas butir soal untuk menentukan kelayakan penggunaannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kualitas butir soal yang dikembangkan guru pada materi Sistem Gerak Manusia kelas XI IPA berdasarkan validitas teoritis dan validitas empiris. Validitas teoritis ditentukan berdasarkan hasil validasi ahli pada aspek tingkat kognitif, materi, konstruksi, dan bahasa. Validitas empiris ditentukan berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan aspek materi dan bahasa, soal dinyatakan valid, sedangkan berdasarkan aspek konstruksi, banyak butir soal tidak valid, serta didominasi tingkat kognitif C1, C2, dan C3. Secara empiris, butir soal tipe pilihan ganda termasuk kategori valid (25%) dan tidak valid (75%), reliabilitas rendah, serta berkategori sangat mudah (20%), mudah (15%), sedang (50%), dan sukar (15%), berdaya beda baik (35%), cukup (35%), dan buruk (30%). Butir soal tipe uraian memiliki kategori valid (60%), tidak valid (40%), reliabilitas rendah, serta termasuk kategori sangat mudah (20%), mudah (40%), dan sedang (40%), berdaya beda sangat baik (20%), baik (20%), dan cukup (40%). Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan validitas teoritis, butir soal berkategori valid, namun didominasi tingkat kognitif C1, C2, dan C3, serta tidak valid secara empiris. Kata Kunci: Analisis butir soal, validitas teoritis, validitas empiris, aplikasi ANATES V4.
Profil dan Validitas E-LKPD Identifikasi Jamur Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Proses Peserta Didik Aisyah Nur Mustofa; Guntur Trimulyono
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/bioedu.v11n3.p610-620

Abstract

Pembelajaran pada kurikulum 2013 didesain agar peserta didik mempunyai kemampuan untuk aktif saat proses pembelajaran dalam mencari, membangun dan menggunakan pengetahuannya. Keterampilan proses sains dapat melatihkan keaktifan peserta didik dalam mencari gagasan untuk mengembangkan pengetahuan maupun konsep yang ditunjang pembelajaran pendekatan saintifik. Peserta didik perlu melakukan kegiatan mengamati atau melakukan percobaan pada pembelajaran materi jamur untuk menganalisis jamur secara langsung. Kegiatan pengamatan dan percobaan secara langsung merupakan bentuk pembelajaran pendekatan saintifik yang dilatihkan melalui keterampilan proses sains untuk memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD identifikasi jamur berbasis pendekatan saintifik untuk melatihkan keterampilan proses peserta didik yang valid. Penyusunan e-LKPD menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), namun tanpa tahap disseminate. Parameter penelitian yang diukur adalah validitas e-LKPD yang dinilai berdasarkan aspek penyajian, isi, dan bahasa oleh ahli pendidikan, ahli materi, dan guru mata pelajaran Biologi. Data penelitian berupa nilai hasil validasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor validitas e-LKPD 1 Identifikasi Jamur Mikroskopis sebesar 3,6 dengan kategori sangat valid, sedangkan nilai rata-rata skor validitas e-LKPD 2 Jamur Makroskopis sebesar 3,7 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk melatihkan keterampilan proses peserta didik dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Biologi. Kata kunci: e-LKPD, Jamur, Keterampilan Proses, Pendekatan Saintifik, Validitas
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Situs Web untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Amalia Mudrihatul Munawaroh; Novita Kartika Indah
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/bioedu.v11n3.p579-588

Abstract

Pandemi covid-19 mengakibatkan terjadinya pergeseran dari pembelajaran tatap muka secara offline ke pembelajaran jarak jauh secara online sehingga terjadi penurunan motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu diperlukan cara untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Salah satu yaitu menggunakan media pembelajaran berbasis situs web karena banyak peserta didik sangat mahir menggunakan program di komputer atau telepon seluler. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berbasis situs web pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk meningkatkan motivasi belajar yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model 4-D dengan tahap Define, Design, Develop, tanpa tahap Disseminate. Ujicoba terbatas pada situs web dilakukan pada 20 peserta didik kelas XI SMA Negeri 17 Surabaya. Validitas diperoleh dari hasil validitas ahli materi, ahli media, dan guru biologi SMA Negeri 17 Surabaya dari aspek kelayakan penyajian, kelayakan isi, dan kelayakan kebahasaan. Kepraktisan situs diperoleh dari angket respon, angket motivasi sebelum dan sesudah penggunaan media, dan observasi motivasi observer. Data validasi dan kepraktisan kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa situs web yang dikembangkan memperoleh persentase validitas rata-rata 93,11% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan situs web memperoleh beberapa hasil di antaranya respon peserta didik dengan persentase rata-rata 97,89% kriteria sangat praktis, peningkatan motivasi belajar dari skor rata-rata 64% menjadi 92%, dan ketercapaian indikator motivasi dengan persentase rata-rata 86,67% kriteria motivasi sangat tinggi. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media berbasis situs web yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Pengembangan Booklet Senyawa Bioaktif Ekstrak Etil Asetat Daging Mimi Mintuna (Carcinoscorpius rotundicauda) sebagai Media Pembelajaran Maftukhatul Faizah; Yuliani Yuliani; Dwi Anggorowati Rahayu
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/bioedu.v11n3.p589-595

Abstract

Pembelajaran berbasis kearifan lokal menjadi potensial diterapkan pada pembelajaran abad 21. Booklet menjadi salah satu bahan ajar yang dinilai efektif dan efisien untuk media pembelajaran. Kepulauan Indonesia yang luas dan terdapat beragam biota laut, salah satu nya adalah Mimi Mintuna yang menjadi biota lokal perairan Indonesia yang belum banyak dieksplor, dan minim nya pemahaman mengenai Mimi Mintuna beserta kandungan senyawa nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Booklet Senyawa Bioaktif Ekstrak Etil Asetat Daging Mimi Mintuna (Carcinoscorpius Rotundicauda) sebagai Media Pembelajaran dan kelayakan Booklet sebagai Media Pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tahapan pengembangan booklet (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), dan (3) pengembangan (develop). Parameter yang diukur yaitu kelayakan penyajian booklet dari hasil validasi dua dosen ahli. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Booklet Senyawa Bioaktif Ekstrak Etil Asetat Daging Mimi Mintuna (Carcinoscorpius Rotundicauda) sebagai Media Pembelajaran yang berkaitan dengan kearifan lokal Mimi Mintuna di Indonesia dapat diterapkan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran, dengan validitas penyajian dinyatakan sangat valid dengan perolehan skor 100% yang diperoleh dari skor validitas kelayakan booklet. Kata Kunci: Booklet, Mimi Mintuna, Senyawa bioaktif, Media Pembelajaran
Pengembangan Booklet Mimi Mintuna sebagai Sumber Belajar pada Sub-Materi Pelestarian Sumber Daya Hayati Kelas X SMA Mia Savita; Winarsih Winarsih; Dwi Anggorowati Rahayu
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 11 No 3 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/bioedu.v11n3.p596-609

Abstract

Submateri pelestarian sumber daya hayati materi keanekaragaman hayati merupakan materi biologi bercakupan luas dan erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Sumber belajar pada submateri tersebut mas ih minim dan sederhana, sehingga diperlukan media sumber belajar yang mendukung, seperti booklet. Booklet yang dikembangkan menampilkan contoh Mimi Mintuna yang merupakan salah satu sumber daya hayati lokal Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan booklet Mimi Mintuna sebagai sumber belajar yang layak secara teoritis dan empiris ditinjau dari vailiditas, uji keterbacaan, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode 4D (define, design, develop, disseminate) tanpa melakukan tahap disseminate. Kelayakan teoritis booklet ditinjau dari hasil validasi oleh dosen ahli materi dan dosen ahli pendidikan. Kelayakan empiris ditinjau dari hasil respon siswa. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian yaitu di Jurusan Biologi FMIPA UNESA dan uji coba secara terbatas di SMAN 2 Lamongan. Hasil penelitian berupa booklet Mimi Mintuna yang layak secara teoritis dan empiris. Kelayakan teoritis berdasarkan hasil validasi memperoleh rata-rata persentase 91,13% kategori sangat valid. Kelayakan empiris memperoleh hasil keterbacaan pada level 10 yang sesuai dengan tingkat kelas X SMA dan persentase hasil respon peserta didik sebesar 97,87% kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan, booklet Mimi Mintuna sebagai sumber belajar sub-materi pelestarian sumber daya hayati layak secara teoritis dan empiris. Kata Kunci : Booklet Mimi Mintuna, Sumber belajar, Pelestarian Sumber Daya Hayati

Page 1 of 3 | Total Record : 25