cover
Contact Name
Muji Sri Prastiwi
Contact Email
mujiprastiwi@unesa.ac.id
Phone
+6281803190335
Journal Mail Official
bioedu@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa. Gedung C3, Lt. 2. Kampus Unesa, Ketintang, Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
ISSN : -     EISSN : 26859289     DOI : -
BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2016)" : 16 Documents clear
VALIDITAS KARTU MAKE A MATCH PADA MATERI SEL KELAS XI SMA APRILIA, DIANA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sel merupakan salah satu materi pembelajaran biologi yang diajarkan pada siswa kelas XI SMA. Karakteristik materi sel yaitu banyak istilah asing yang susah dipahami dan hafalan. Alternatif solusi diperlukan sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung menyenangkan dan mengesankan. Oleh karena itu, penelitian pengembangan kartu Make a Match pada materi sel dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan kartu Make a Match yang valid dan mendeskripsikan validitas kartu Make a Match. Kartu yang baik adalah kartu yang valid berdasarkan segi penyajian maupun isi. Segi penyajian misalnya visual kartu sedangkan segi isi misalnya penulisan kalimat dan materi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ASSURE (Analyze Learner, State Objective, Select Method, Media, and Material, Utilize Materials, Require Learner Participant, dan Evaluate and Revise). Penelitian dilakukan pada bulan November 2015 hingga Mei 2016 di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Kartu Make a Match yang dikembangkan memperoleh penilaian sebesar 3,76 (sangat valid) sehingga dapat disimpulkan bahwa kartu Make a Match pada materi sel valid berdasarkan penilaian ahli.
KEEFEKTIFAN LKS SOY CHEESE UNTUK MELATIHKAN LIFE SKILL PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL KELAS XII SMA NURINDAH LAILATUL FITRIANA, LENI
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dengan judul Pengembangan LKS Soy Cheese Untuk Melatihkan Life Skill Pada Materi bioteknologi Konvensional ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian reseach and development (R&D), yang terdiri atas tujuh tahap dari sepuluh tahap yang ada yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk dan revisi produk. Penelitian dilakukan di MA. Ma’arif Udanawu Blitar pada bulan februari 2016. Keefektifan LKS ditinjau berdasarkan hasil belajar dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ketuntasan hasil belajar kognitif mendapatkan rata-rata persentase 100% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan kecakapan hidup yang dilatihkan terdiri dari kecakapan berpikir rasional dan kecakapan akademik, mendapatkan rata-rata persentase masing-masing sebesar 91,11% dan 92,75% dengan kategori sangat baik. Selain itu, hasil kecakapan hidup yaitu penilaian produk meliputi produk keju susu kedelai dan keju susu sapi, mendapatkan rata-rata persentase masing-masing sebesar 91,67% dan 94,4% dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa baik LKS 1 maupun LKS 2 mendapatkan rata-rata persentase masing-masing sebesar 100% dan 96,82% dengan kategori sangat baik.
VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA UTAMI, SRI
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Materi sistem pencernaan dapat diajarkan melalui pendekatan saintifik, sehingga dapat melatih keterampilan ilmiah siswa dalam melakukan kegiatan belajar, dan diharapkan apa yang telah didapatkan selama kegiatan belajar akan lebih bermakna oleh siswa. Untuk membantu guru melatihkan keterampilan ilmiah tersebut diperlukan suatu perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem pencernaan manusia untuk kelas XI SMA yang valid. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, namun hanya sampai tahap develop. Validitas perangkat pembelajaran ditentukan berdasarkan hasil validasi RPP, LKS, dan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan skor RPP memperoleh rata-rata ≥3 yang termasuk dalam kategori sangat valid, skor validasi LKS ≥3 dengan kategori sangat valid, dan validasi soal tes hasil belajar mendapatkan skala penilaian A kategori valid tanpa revisi diperoleh pada 14 soal tes hasil belajar dan skala penilaian B kategori valid dengan revisi diperoleh pada 4 soal tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem pencernaan manusia yang layak berdasarkan validitas RPP, LKS, dan soal Tes Hasil Belajar. Kata Kunci: validitas, perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, sistem pencernaan.
PENGEMBANGAN LKS PENGAMATAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (5M) PADA MATERI SUPERKELAS PISCES UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X INDRAWATI, PUTRI
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu materi Biologi yang dapat dipelajari melalui kegiatan pengamatan yaitu Superkelas Pisces karena merupakan kelompok Vertebrata yang dijumpai siswa sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Pengamatan Superkelas Pisces dan mendeskripsikan validitas, kepraktisan serta keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate) namun tahap Disseminate tidak dilakukan. Tahap pengembangan dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya, selanjutnya tahap ujicoba dilakukan kepada 20 siswa kelas X SMA Negeri 10 Surabaya. Validitas LKS Pengamatan ditinjau berdasarkan hasil penilaian para ahli, kepraktisan LKS Pengamatan diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa, sedangkan keefektifan LKS Pengamatan ditinjau berdasarkan sikap siswa, hasil belajar siswa serta respons siswa. Hasil validasi LKS Pengamatan Superkelas Pisces secara keseluruhan memperoleh rata-rata sebesar 97,11% dengan kategori sangat baik. Kepraktisan LKS Pengamatan Superkelas Pisces ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dalam RPP memperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik, sedangkan ditinjau dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 97,50% dengan kategori sangat baik. Keefektifan LKS Pengamatan Superkelas Pisces ditinjau dari sikap siswa memperoleh persentase sebesar 96,78% dengan kategori sangat baik, sedangkan ditinjau dari hasil belajar siswa memperoleh rata-rata ketercapaian indikator sebesar 81,67%. Keefektifan LKS Pengamatan ditinjau dari respons siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 97,36% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS Pengamatan Superkelas Pisces layak digunakan Kata kunci: LKS Pengamatan, Pendekatan Saintifik, Materi Superkelas Pisces
KEEFEKTIFAN LKS BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK POKOK BAHASAN TRANSPOR MELALUI MEMBRAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES TERINTEGRASI THE EFFECTIVENESS OF STUDENT WORKSHEET ORIENTED ON SCIENTIFIC APPROACH ON THE TOPIC OF MEMBRANE TRANSPORT TO TRAIN INTEGRATED PROCESS SKILLS SHILVIANA, VITA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan proses terintegrasi adalah keterampilan yang dibutuhkan siswa secara aktif untuk membangun dan menemukan konsep melalui tahapan mengamati, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan informasi/data, menganalisis data, menyimpulkan hingga mengkomunikasikan. Salah satu pokok bahasan dalam materi sel yang diajarkan pada siswa kelas XI SMA yaitu transpor melalui membran. Topik transpor membran memuat konsep-konsep yang memiiki istilah dan pengertian yang serupa sehingga sulit dipahami siswa. Alternatif solusi diperlukan suatu bahan ajar alternatif berupa lembar kegiatan siswa yang berorientasi pendekatan saintifik untuk melatihkan keterampilan proses terintegrasi sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung menyenangkan dan bermakna. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berorientasi pendekatan saintifik pada pokok bahasan transpor melalui membran untuk melatihkan keterampilan proses terintegrasi yang ditinjau dari keterlaksanaan keterampilan proses siswa, sikap siswa, hasil belajar siswa serta respons siswa. Model pengembangan LKS yaitu 4-D. Uji coba LKS secara terbatas dilaksanakan pada Maret 2016 di SMAN 1 Sooko Mojokerto. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keefektifan LKS mendapatkan persentase rata-rata sebesar 90,39% yang menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat efektif. Kata kunci: LKS, Pendekatan Saintifik, Transpor Membran, Keterampilan Proses Terintegrasi.
ANALISIS BUTIR TES PILIHAN GANDA DUA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TUMBUHAN   RUSYDIANA, EVA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kesulitan yang dialami oleh siswa dalam memahami suatu konsep dapat berdampak pada ketidaktercapainya hasil belajar siswa secara maksimal, sehingga perlu dilakukan identifikasi agar diketahui tingkatan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes pilihan ganda dua tingkat (two- tier tes) pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan dan mendeskripsikan validitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-d Models. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes pilihan ganda dua tingkat untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan mendapatkan persentase validitas tes secara teoritis sebesar 98,17% dan termasuk sangat valid, validitas tes secara empiris mendapatkan koefisien reliabilitas sebesar 0,7 dan termasuk kategori cukup, 79,68% butir tes sensitif, dan 100% butir tes pilihan ganda memiliki distraktor yang baik. Profil Miskonsepsi siswa SMA pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan menunjukkan lebih dari 50% siswa mengalami miskonsepsi pada indikator menjelaskan pengertian fotosintesis, menentukan waktu terjadinya respirasi, menentukan tahapan respirasi aerob dan anaerob, menjelaskan fungsi tahapan dekarboksilasi oksidatif, menganalisis fungsi-fungsi enzim pada tahap siklus Krebs dan tentang menjelaskan tahapan respirasi anaerob. Kata Kunci: analisis, tes pilihan ganda dua tingkat, miskonsepsi, fotosintesis dan respirasi tumbuhan
PENERAPAN LKS BERBASIS CPS MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SETYAWATI, ANI
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam menganalisis dan memecahkan masalah lingkungan yaitu pembelajaran dengan menggunakan lembar kegiatan siswa berbasis creative problem solving yang berisi lembaran-lembaran kegiatan yang akan dilakukan siswa dan panduan untuk memancing proses berpikir kreatif dan kritis siswa dalam menyelesaikan masalah limbah di daerah pesisir dengan menghasilkan suatu produk yang bernilai ekonomi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1) Ketuntasan hasil belajar dan 2) respons siswa setelah proses pembelajaran penerapan menggunakan lembar kegiatan siswa berbasis ceative problem solving pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1-2 April 2016. Parameter yang diukur meliputi hasil belajar dan respon siswa. Sasaran penelitian yang digunakan yaitu 30 siswa dari kelas X MIA 6 di SMAN 1 Sampang. Hasil penelitian menunjukkan persentase 1) Ketuntasan hasil belajar ditinjau dari ketercapaian indikator pretest yang memperoleh persentase sebesar 32,09%,ketercapaian indikator postest yang memperoleh persentase sebesar 96,67%dan, 2) Hasil respon siswa adalah 100% siswa memberikan respon positif. Kata kunci: Penerapan, LKS, Creative Problem Solving, Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah
VALIDITAS KARTU PERMAINAN TIC-TAC-TOE BERORIENTASI ACTIVE LEARNING STRATEGI MENGAJUKAN PERTANYAAN PADA SUB MATERI TRANSPOR MEMBRAN BUDIARTINI, MEY
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Transpor membran merupakan sub materi yang dianggap sulit oleh siswa, karena tidak semua konsep dapat diamati secara langsung. Pada kegiatan pembelajaran, guru masih menerapkan pembelajaran pasif dan kurang memberikan variasi dalam kegiatan pemantapan. Salah satu variasi untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan pemantapan yaitu dengan sumber belajar berbasis permainan yang berorientasi pembelajaran aktif menggunakan strategi mengajukan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan validitas kartu permainan Tic-tac-toe berorientasi active learning strategi mengajukan pertanyaan berdasarkan penilaian validasi oleh validator yaitu ahli materi, ahli pendidikan, dan guru biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang telah diadaptasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas kartu permainan Tic-tac-toe memperoleh penilaian sebesar 93,34% (sangat valid). Kata kunci: pengembangan, kartu permainan Tic-tac-toe, active learning, Strategi mengajukan pertanyaan, transpor membran
VALIDITAS KARTU MAKE A MATCH PADA MATERI SEL KELAS XI SMA DIANA APRILIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sel merupakan salah satu materi pembelajaran biologi yang diajarkan pada siswa kelas XI SMA. Karakteristik materi sel yaitu banyak istilah asing yang susah dipahami dan hafalan. Alternatif solusi diperlukan sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung menyenangkan dan mengesankan. Oleh karena itu, penelitian pengembangan kartu Make a Match pada materi sel dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan kartu Make a Match yang valid dan mendeskripsikan validitas kartu Make a Match. Kartu yang baik adalah kartu yang valid berdasarkan segi penyajian maupun isi. Segi penyajian misalnya visual kartu sedangkan segi isi misalnya penulisan kalimat dan materi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ASSURE (Analyze Learner, State Objective, Select Method, Media, and Material, Utilize Materials, Require Learner Participant, dan Evaluate and Revise). Penelitian dilakukan pada bulan November 2015 hingga Mei 2016 di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Kartu Make a Match yang dikembangkan memperoleh penilaian sebesar 3,76 (sangat valid) sehingga dapat disimpulkan bahwa kartu Make a Match pada materi sel valid berdasarkan penilaian ahli.
KEEFEKTIFAN LKS SOY CHEESE UNTUK MELATIHKAN LIFE SKILL PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL KELAS XII SMA LENI NURINDAH LAILATUL FITRIANA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 5 No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dengan judul Pengembangan LKS Soy Cheese Untuk Melatihkan Life Skill Pada Materi bioteknologi Konvensional ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian reseach and development (R&D), yang terdiri atas tujuh tahap dari sepuluh tahap yang ada yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk dan revisi produk. Penelitian dilakukan di MA. Ma’arif Udanawu Blitar pada bulan februari 2016. Keefektifan LKS ditinjau berdasarkan hasil belajar dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ketuntasan hasil belajar kognitif mendapatkan rata-rata persentase 100% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan kecakapan hidup yang dilatihkan terdiri dari kecakapan berpikir rasional dan kecakapan akademik, mendapatkan rata-rata persentase masing-masing sebesar 91,11% dan 92,75% dengan kategori sangat baik. Selain itu, hasil kecakapan hidup yaitu penilaian produk meliputi produk keju susu kedelai dan keju susu sapi, mendapatkan rata-rata persentase masing-masing sebesar 91,67% dan 94,4% dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa baik LKS 1 maupun LKS 2 mendapatkan rata-rata persentase masing-masing sebesar 100% dan 96,82% dengan kategori sangat baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 16