cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PAUD Teratai
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 41 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2016): Volume 5 No. 1 Edisi Yudisium Maret 2016" : 41 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KOLASE MELALUI METODE DEMONTRASI PADA ANAK KELOMPOK A Qomariyah, Dewi Nurul; Setyowati, Sri
PAUD Teratai Vol 5, No 1 (2016): Volume 5 No. 1 Edisi Yudisium Maret 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract :Results from this study aims to determine the increase fine motor skills kolase to the child using the method of demonstration. Subjects in this study were children TK Bina Anapasa Claket Pacet Mojokerto Budget totaling 15 children. Methods of data collection in this study using observation and documentation. The data analysis technique used in this study is qualitative diskripstif. An increase of 87% based on the evaluation of the first cycle and the second cycle fine motor so it can be concluded that through the method of demonstration can improve fine motor skill kolase to the child.Keywords : Collage , Demonstrations methods   Abstrak : Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan motorik halus kolase pada anak melalui metode demontasi. Subyek penelitiannya adalah anak kelompok  A TK Bina Anapasa Claket Pacet Mojoketo yang bejumlah 15 anak. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus kolase sebesar 87%. Berdasarkan evaluasi pada siklus 1 dan 2 dapat disimpulkan bahwa melalui metode demontrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus kolase anak. Kata Kunci: Kolase, Metode demontrasi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI BERMAIN MEDIA FLANEL ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN Sofiati, Ninik; Komalasari, Dewi
PAUD Teratai Vol 5, No 1 (2016): Volume 5 No. 1 Edisi Yudisium Maret 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This classroom action research aims to describe the increase in the ability to know the symbol of numbers 1-10 through flannel media figures. The subjects were children aged 4-5 years in kindergarten An-Nur amounted to 15 children. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results showed an increased ability to recognize numbers 1-10 emblem of 11.7%. Based on the evaluation of the results of the first cycle, second cycle and third cycle, it can be concluded that the use of media flannel figures can enhance the ability to know the symbol of numbers. Keywords: Ability to recognize the emblem of numbers 1-10, Play media flanel figures. Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media flanel angka. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK An-Nur berjumlah 15 anak. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.  Hasil penelitian menujukkan adanya  peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 sebesar 11,7%. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I, siklus II dan siklus III maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flanel angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Kata Kunci : Kemampuan  mengenal lambang bilangan 1-10, Bermain media flanel angka.
PENGARUH MENONTON KARTUN TOM AND JERRY TERHADAP PERILAKU AGRESIVITAS ANAK USIA 3-4 TAHUN Mazidah, Rohmatun; Reza, Muhammad
PAUD Teratai Vol 5, No 1 (2016): Volume 5 No. 1 Edisi Yudisium Maret 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : This research has a purpose to determine whether there is effect of watching Tom and Jerry cartoons to the aggressive behavior early childhood 3-4 years old. While the approach used in this study using a quantitative approach with the methods of Experiment with Post test two groups using a statistical design with non-parametric Mann-Whitney U-Test. The subject of this research is all of the children 3-4 years old at PAUD Al-Abror Pamekasan namely 30 subjects.the result of this result show that U count value is smaller than the U value tableU hitung < U table (173,5 < 3,733), then the hypothesis (Hi) proposed that: "There is effectof watching Tom and Jerry cartoons to the aggressive behavior in Childhood of 3-4 years old " is acceptable. Keywords: Watching cartoon, Aggressive behavior of children. Abstrak : Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh menonton kartun Tom And Jerry terhadap perilaku agresivitas anak usia 3-4 tahun di PAUD Al-Abror Pamekasan.Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah seluruh anak usia 3-4 tahun di PAUD Al-Abror Pamekasan berjumlah 30 anak. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney U-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa U hitung <U table (173,5 < 3,733), sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara menonton kartun Tom And Jerry terhadap perilaku agresivitas pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Al-Abror Pamekasan, diterima. Kata Kunci: Menontonkartun, Prilaku agresivitas anak.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT PADA ANAK KELOMPOK A Qomariah, Siti; Khotimah, Nurul
PAUD Teratai Vol 5, No 1 (2016): Volume 5 No. 1 Edisi Yudisium Maret 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This classroom action research is aimed to disclose the menthod to improve fine motor skill through folding activity by Group A Dharma Wanita Kindergarten students in Carangwulung Wonosalam Jombang. Subject of the research are Group A Dharma Wanita Kindergarten students in Carangwulung Wonosalam Jombang that amounts 16 children. The data collection technique used is classroom observation. Meanwhile the data analysis technique that use is discriptive analysis. The result shows 43 % increase based on cycle I and cycle II analysis. Referring to the research results, it can be concluded that folding activity enhance the improvement of fine motor skill. Keywords: Fine motor skill,Folding Activity. Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan  untuk mengetahui  Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Carangwulung Wonosalam Jombang. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Carangwulung Wonosalam Jombang yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan 43% berdasarkan hasil analisis pada siklus I dan siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus meningkat melalui kegiatan melipat. Katakunci: Motorik Halus, Kegiatan Melipat
KONTRIBUSI ATTACHMENT STYLE IBU TERHADAP RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 4-6 TAHUN Amalia, Bunga Ayu; Simatupang, Nurhenti Dorlina
PAUD Teratai Vol 5, No 1 (2016): Volume 5 No. 1 Edisi Yudisium Maret 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Quantitative research aims to verify and analyze the contribution of attachment style mother's self-confidence children aged 4-6 years in. Samples in this study are 41 children aged 4-6 years and 41 mothers . This data collection method using observation and questionnaires . This research data analysis techniques , namely multiple linear regression and one- way ANOVA . The analysis showed that < 0.05 significance values ??so that hypothesis is accepted . It can be concluded that the contribution of attachment style of the mother's self-esteem of children aged 4-6 years simultaneously and partially , and there are differences in self-esteem of children aged 4-6 years based atachment style mother . Keywords: Attachment style, Self confidence   Abstrak: Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisa kontribusi attachment style ibu terhadap rasa percaya diri anak usia 4-6 tahun. Sampel pada penelitian ini yaitu 41 anak usia 4-6 tahun dan 41 ibu. Metode pengumpulan data ini menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data penelitian ini yaitu regresi linear berganda dan one way anova. Hasil analisis regresi berganda dan uji one way anova menunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05 sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya kontribusi attachment style ibu terhadap rasa percaya diri anak usia 4-6 tahun secara simultan dan parsial serta ada perbedaan rasa percaya diri anak usia 4-6 tahun berdasarkan atachment style ibu.   Kata kunci: Attachment style, Rasa percaya diri
PENGARUH PERMAINAN PUZZLE LANTAI TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B Agustin, Rizky Elok; Setyowati, Sri
PAUD Teratai Vol 5, No 1 (2016): Volume 5 No. 1 Edisi Yudisium Maret 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : This quantitative study aims to determine the effect of the floor puzzle game to the development gross motor skills of children in terms of running backwards and to the left side. Population used in this study in groups totaling 16 children B1 and B2 groups are also numbered 16 children. Data collection tecniques used namely observation and documentation. Hypothesis testing techniques in this study using data analysis Mann-Whitney U test (U test). Based on the calculation results of the study, the price obtained U1 is smaller than U2. Thus were used to compare the price U count and the price table T is the value U1 whose value 6. Based on the table prices are critical Mann Whitney U-Test ? = 0.05 (one-party testing) is 66 with n1 = 16 and n2 = 16, thus obtained 6 <66, then count = 6 and Table = 66. If the price is Ucount less than the Utable, then Ho are rejected and Ha accepted. Thus, it can be concluded that the application of the floor puzzle game affect the ability of gross motor children group B in Kindergarten Bustanul Aisyiyah Athfal VII Pare Kediri. Keywords: Games puzzle floor, Gross motor skills Abstrak : Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle lantai terhadap perkembangan motorik kasar anak dalam hal berjalan mundur dan kesamping kiri. Populasi yang digunakan yaitu kelompok B1 yang berjumlah 16 anak dan kelompok B2 yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data Mann-Whitney U Test (Uji U). Berdasarkan hasil penghitungan pada penelitian, diperoleh harga U1 lebih kecil daripada U2. Dengan demikian yang digunakan untuk membandingkan harga U tabel dan harga U hitung adalah U1 yang nilainya 6. Berdasarkan tabel harga-harga kritis Mann Whitney U-Test ? = 0,05 (pengujian satu pihak) adalah 66 dengan n1= 16 dan n2=16, sehingga diperoleh 6<66, maka Uhitung= 6 dan Utabel=66. Jika harga Uhitung lebih kecil dari pada Utabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan puzzle lantai berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak pada kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal VII Pare Kediri. Kata kunci: Permainan puzzle lantai, Kemampuan motorik kasar
HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR BAYI 6-24 BULAN Novita, Maya; Simatupang, Nurhenti Dorlina
PAUD Teratai Vol 5, No 1 (2016): Volume 5 No. 1 Edisi Yudisium Maret 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The purpose of this research quantitative was to prove the correlations between giving exclusive breastfeeding and gross motor skills infants 6-24 Months in the Integrated Service Pos of RW 02 of Village Karah Surabaya. This research used analytical survey method with cross sectional approach. Sample was 30 respondent. The data collection techniques using questionnaires and observation. Data analysis technique used univariate and bivariate analysis with chi-square test. The results chi-square test shown is 14,740 bigger than is 7,815 ( > ). This means that there was correlations between giving exclusive breastfeeding and gross motor skills infants 6-24 Months in the Integrated Service Pos of RW 02 of Village Karah Surabaya. Keyword: Exclusive breastfeeding, Gross motor skills Abstrak: Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan kemampuan motorik kasar bayi 6-24 bulan di Posyandu RW 02 Kelurahan Karah. Penelitian ini menggunakan metode survei analitis dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian uji chi-square memperoleh nilai  sebesar 14,740 yang berarti lebih besar daripada nilai  sebesar 7,815 ( > ). Sehingga simpulan penelitian adalah terdapat hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan kemampuan motorik kasar anak usia 6-24 bulan di Posyandu RW 02 Kelurahan Karah Surabaya. Kata Kunci: ASI eksklusif, Kemampuan motorik kasar
PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP UKURAN ANAK KELOMPOK B Fatdianti, Riska; Rianto, Edy
PAUD Teratai Vol 5, No 1 (2016): Volume 5 No. 1 Edisi Yudisium Maret 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This quantitative study aimed was to the purpose know there was influence of project method toward recognizing measurement concept ability to group B children in TK Bimasakti Kedinding Surabaya. The sample in this research were 20 children. Data collection  were used oservation and documentation.  Data analysis technique used was the technique of statistical analysis using Wilcoxon signed test level (wilcoxon march pairs test) to test the hypotesis and samples were paired when the data in the form ordinal or tiered.The research result indicated that Tcount ? T table (0? 52), in this way  Ha was accepted and  Ho was refused. In this way. The  conclusion of this study indicate that  influence of project method toward recognizing measurement concept ability to group B children  in TK Bimasakti Kedinding Surabaya. Keywords: Project method, Recognizing measurement concept ability. Abstrak: Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak kelompok B di TK Bimasakti Kedinding Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi  dan dokumentasi.  Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon March Pairs Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Thitung < Ttabel (0 < 52), dengan demikian Ha diterima, dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode proyek terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak kelompok B di TK Bimasakti Kedinding Surabaya. Kata kunci: Metode proyek, Kemampuan mengenal konsep ukuran.
PENGARUH MEDIA PAPERTOY TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B Umami, Yuniarta Syarifatul; Rianto, Edy
PAUD Teratai Vol 5, No 1 (2016): Volume 5 No. 1 Edisi Yudisium Maret 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This quantitative study aimed to determine whether there is media papertoy of children to assess the presence or absence media influence Papertoy on the fine motor skills of children in group B in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Semolowaru Surabaya. Sample in this study were children in group B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Semolowaru Surabaya totaling 46 children were divided into two classes, 23 children in A1 class and 23 children in B2 class. Data collection techniques used observation with assessment tools such as observation sheets and documentation. Data analysis techniques using the formula Mann-Whitney U-Test approach the normal curve formula Z Results showed of Mann-Whitney U-Test approach the normal curve formula Z indicates that Zhitung = 2.27> Ztabel = 0.0116, so Ho rejected and Ha accepted. So that these results can be concluded disimpulkan bahwa no significant effect on the use of media papertoy fine motor skills of children in group B in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Semolowaru Surabaya. Keyword: Motor skillsl, Media papertoy   Abstrak: Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh media papertoy terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Semolowaru Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Semolowaru Surabaya yang berjumlah 46 anak yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas B1 23 anak dan kelas B2 23 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat berupa lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus Mann-Whitney U-Test dengan pendekatan kurva normal rumus Z. Hasil penelitian uji Mann-Whitney U-Test dengan pendekatan kurva normal rumus Z menunjukkan bahwa Zhitung =2,27 > Ztabel =0,0116, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media papertoy terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Semolowaru Surabaya. Kata Kunci: Kemampuan motorik halus, Media papertoy
PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TABLE MANNERS TERHADAP KARAKTER ANAK KELOMPOK B Januari, Dwi Santi; Widajati, Wiwik
PAUD Teratai Vol 5, No 1 (2016): Volume 5 No. 1 Edisi Yudisium Maret 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The purpose of this research was to prove whether there was influence of learning table manner contextual toward the characteristics of group B children in TK Aisyiyah Busthanul Atfhal 39 Wringinanom Gresik. The sample of this research is 20 childrens. The input data used patisipant observation and documentation..The analysis data used wilcoxon match p. The research result indicated that Tcounted = 0 < from Ttable = 73 (0 < 73) in this way Ha was accepted and Ho was refused. In this way the stated that there was influence of learning table manner contextual toward the characteristics of group B children in TK Aisyiyah Busthanul Atfhal 39 Wringinanom Gresik. Keywords: Learning table manner contextual, Children?s characteristics. Abstrak: Penelitian kuantitatif  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual table manners terhadap karakter anak kelompok B di TK ?Aisyiyah Busthanul Atfhal 39 Wringianom Gresik.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi participant dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji wilcoxon match pairs test. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Thitung < Ttabel (0<73), dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kontekstual table manners terhadap karakter anak kelompok B di TK ?Aisyiyah Busthanul Atfhal 39 Wringinanom Gresik. Kata kunci: Pembelajaran kontekstual table manners, Karakter anak