cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan
  • inspirasi-manajemen-pendidikan
  • Website
ISSN : -     EISSN : 22528253     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan" : 28 Documents clear
MANAJEMEN PESERTA DIDIK SEKOLAH LUAR BIASA DI YAYASAN SLB TUNAS MULYA SURABAYA PARLIS,
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen peserta didik merupakan suatu kegiatan pengaturan dan pengelolaan yang dilakukan secara sadar dan terencana oleh pihak pengelola pendidikan terhadap peserta didik mulai dari masuknya peserta didik hingga dinyatakan lulus dari lembaga dimana ia mendapatkan pendidikan. Manajemen peserta didik luar biasa dilakukan untuk mengatur dan mengelola peserta didik luar biasa sejak ia masuk hingga lulus dari sekolah luar biasa. SLB Tunas Mulya Surabaya merupakan salah satu SLB favorit yang ada di wilayah Surabaya bagian barat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta didik setiap tahunnya, prestasi akademik dan non akademik yang diraih siswa, akses yang mudah, gedung yang bagus, serta pengelompokan kelas yang berdasarkan ketunaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik penelitian untuk mengambil data di lapangan yakni dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perencanaan penerimaan peserta didik baru di SLB Tunas Mulya merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan, karena di dalamnya mencakup berbagai aspek yang dibutuhkan untuk melaksanakan program kerja sekolah. Kemudian mengenai pelaksanaan pengelolaan dan pembinaan peserta didik di SLB Tunas Mulya Surabaya dilakukan dengan menekankan pada aspek individual dari masing-masing anak, pembelajarannya dilakukan dengan adanya berbagai inovasi dan kreatifitas dari guru dalam menyampaikan pembelajaran sedangkan kegiatan pembinaannya dilakukan dengan selalu memberikan pendekatan kepada setiap siswa. Untuk Sistem penilaian dan evaluasi peserta didik yang ada di SLB Tunas Mulya Surabaya menganut standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah namun ada penyederhanaan atau modifikasi dalam kegiatan penilaiannya. Adapun kelulusan dan alumni siswa di SLB Tunas Mulya Surabaya, untuk kelulusannya dapat dilakukan setelah siswa mengikuti seluruh rangkaian ujian yang ada dan setelah siswa lulus maka dapat bergabung dengan ikatan alumni yang sampai saat ini hubungan alumni dan sekolah tetap berjalan dengan baik. Kata kunci:Manajemen peserta didik, sekolah luar biasa
MANAJEMEN KELAS PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN UNAS KELAS IX DI SMP YIMI FULL DAY SCHOOL GRESIK NUR ANDRIANI, RULY
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah (1) manajemen kelas ditinjau dari pengelolaan ruang yang meliputi ruangan tempat belajar, pengaturan tempat duduk, pengaturan cahaya dan sirkulasi udara, dan pengaturan barang-barang dan media; (2) manajemen kelas ditinjau dari pengelolaan siswa yang meliputi mengatur perilaku siswa (kedisiplinan) dan pembentukan kelompok; (3) hambatan-hambatan pengelolaan kelas; (4) usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas. Adapun lokasi penelitianini adalah SMP YIMI Full Day Schoo lGresik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus/ teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara; (2) observasi; dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) verifikasi data atau simpulan. Untuk mengecek keabsahan data yaitu menggunakan: (1) kredibilitas; (2) transferabilitas: (3) dependabilitas: (4) konfirmabilitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ruangan kelas dibuat nyaman dengan mempertimbangkan lokasi, luar ruangan, jumlah siswa, hiasan kelas, namun terlihat kedaan kelas yang kurang bersih; (2) kelas IX menggunakan meja dan tempat duduk model panjang dan formasi tempat duduk yang sering digunakan adalah meja pertemuan; (3) pengaturan cahaya menggunakan lampu dan pengaturan udara menggunakan AC: (4) sebagian besar standar sarana telah terpenuhi namun terdapat penataan yang masih kurang sesuai, sedangkan media pembelajaran tidak disimpan di dalam kelas; (5) guru mendisiplinkan siswa dengan cara memberikan perhatian kepada siswa dan dengan small group learning secara tidak langsung serta membuat peraturan bersama siswa; (6) pembentukan kelompok dilakukan secara heterogen dan terdapat perpindahan beberapa siswa ke kelas lain; (7) hambatan yang terjadi meliputi faktor guru, faktor siswa, faktor fasilitas atau sarana dan prasarana, serta faktor organisasional; (8) usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pengelolaas kelas yaitu meningkatkan kualitas guru, menjaga komunikasi dengan siswa, dan meningkatkan sarana dan kebersihan kelas.Kata Kunci: manajemen kelas, pengelolaan, ruang, siswa
PENGARUH KOLEKSI DAN LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMPN 1 DRIYOREJO DAN SMPN 1 WRINGINANOM PUSPARANI, DITA
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh koleksi perpustakaan terhadap kepuasan siswa, pengaruh layanan perpustakaan terhadap kepuasan siswa dan pengaruh koleksi perpustakaan dan layanan perpustakaan secara bersama-sama terhadap kepuasan siswa di SMPN 1 Driyorejo dan SMPN 1 Wringinanom.Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terdapat tiga variabel yaitu koleksi perpustakaan (X1), layanan perpustakaan (X2) dan kepuasan siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX di SMPN 1 Driyorejo dan SMPN 1 Wringinanom yang berjumlah 1277 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin didapatkan sejumlah 305 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala likert. Uji persyaratan analisis penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji homogenitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda, analisis uji T untuk menjawab hipoteis pertama dan kedua, serta analisis uji F untuk menjawab hipotesis ketiga.Hasil analisis data adalah sebagai berikut: 1) koleksi perpustakaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa sebesar 1,978. 2) layanan perpustakaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa sebesar 13,311. 3) koleksi perpustakaan dan layanan perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa dengan kontribusi sebssar 52,8 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya.Kata Kunci : koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, kepuasan siswa
MANAJEMEN PEMBELAJARAN KELAS INKLUSIDI SD NEGERI 7 SIDOKUMPUL MAHMUDAH,
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aktivitas manajemen pendidikan di sekolah melibatkan semua komponen sekolah dan sumber daya yangdimiliki oleh sekolah untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Salah satu aktivitas ini adalahproses manajemen pembelajaran di kelas. Keberadaan kelas inklusi memerlukan pengelolaan khusus terutama padapembelajarannya. Pembelajaran di kelas merupakan salah satu proses untuk mengembangkan kemampuan danketerampilan siswa. Belajar berkaitan dengan materi apa yang dibutuhkan dan bermakna dalam kehidupannya. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) perencanaan manajemen pembelajaran kelasinklusi di SD Negeri 7 Sidokumpul Gresik; (2) pelaksanaan manajemen pembelajaran kelas inklusi di SD Negeri 7Sidokumpul Gresik; dan (3) sistem penilaian pembelajaran kelas inklusi di SD Negeri 7 Sidokumpul Gresik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalahdengan wawancara terstruktur, observasi nonpartisipan, dan studi dokumentasi. Teknik untuk mengecek keabsahan datadengan menggunakan kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakanadalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran di kelas Inklusi SD Negeri 7 SidokumpulGresik secara umum meliputi: (a) kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)dan kurikulum inklusi; (b) semua guru baik guru kelas maupun guru pendamping khusus terlibat dalam menetapkanperencanaan pembelajaran; dan (c) proses perencanaan dilaksanakan dalam tiga tahap; (2) pelaksanaan pembelajaran dikelas inklusi SD Negeri 7 Sidokumpul Gresik secara umum meliputi: (a) pendidikan karakter ditanamkan dengan cukupbaik; (b) guru kelas dan guru pendamping khusus memiliki peran yang berbeda dalam pembelajaran, namun dengantujuan yang sama yakni membelajarkan anak materi-materi pelajaran sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan usianya; (c)guru menggunakan metode pembelajaran kooperatif dan partisipatif di kelas; (3) sistem penilaian pembelajaran di SDNegeri 7 Sidokumpul Gresik secara umum meliputi: (a) penilaian peserta didik dilakukan oleh guru kelas dan gurupendamping khusus; (b) penilaian dilakukan melalui tes tulisan, seperti ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujianakhir semester; (c) terdapat dua rapor untuk anak berkebutuhan khusus, yakni rapor warna merah dan warna merahmuda.Kata kunci: manajemen pembelajaran, kelas inklusi, aktivitas belajar.
HUBUNGAN SARANA PRASARANA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE-KECAMATAN KOTA TUBAN CAHYADI, ERI
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dapat digolongkan menjadi dua bagian, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam siswa itu sendiri sedangkan faktor eksternal yang meliputi sarana prasarana dan keterampilan mengajar guru. Sarana prasarana yang baik akan memberikan manfaat antara lain meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas, keterampilan mengajar guru dan menunjang motivasi belajar siswa siswa yang tinggi pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan sarana prasarana dengan motivasi belajar siswa, 2) hubungan keterampilan mengajar guru dengan prestasi motivasi belajar siswa, dan 3) hubungan sarana prasarana dan ketrampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kecamatan Kota Tuban.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif asosiatif. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X1 berjumlah 259 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Teknik pengolahan data menggunakan uji korelai Product Moment dan korelasi ganda (multiple correlation) dengan taraf signifikan 5% untuk mengetahui terdapat hubungan antar variabel.Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa 1)terdapat hubungan sarana prasarana pembelajaran dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Kota Tuban dengan nilai korelasi 0,996 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, 2) terdapat hubungan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Kota Tuban dengan nilai korelasi 0,999 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, 3) terdapat hubungan sarana prasarana dan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Kota Tuban dengan nilai R 0,999 dengan signifikansi Fhitung > Ftabel (19,192 > 3,09). Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan sarana prasarana dan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Kota Tuban.Kata Kunci: sarana prasarana, keterampilan mengajar guru, motivasi belajar siswa
PERAN MAJALAH MEDIAN SEBAGAI MEDIA HUBUNGAN MASYARAKAT DI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN JAWA TIMUR YUDHO WILLIANTO, BRILLY
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu media hubungan masyarakat (Humas) adalah majalah. Melalui majalah, sebuah lembaga dapat lebih mudah menyebarluaskan informasi secara ringan sajiannya dan menarik tampilan tata letak dan desain serta ilustrasi, namun tetap berbobot isi atau kontennya karena dikemas sedemikian rupa sehingga masyarakat atau pembaca lebih tertarik untuk menggali informasi di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran majalah Median dalam posisinya sebagai media hubungan masyarakat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Timur. Fokus penelitian ini adalah peran majalah Median dalam posisinya sebagai media hubungan masyarakat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Timur. Penelitian ini adalah penelitian berjenis studi kasus, dengan pendekatan naturalistik, dan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Wawancara mendalam (2) Observasi, (3) Studi dokumentasi. Teknik untuk keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah majalah Median telah berperan sebagai media Humas bagi LPMP Jatim. Majalah Median telah menjalankan peran-peran kehumasan, namun majalah Median kurang dalam menjadi sistem peringatan dini dan dalam menjadi manajemen isu.Kata kunci: Majalah Median, Media Hubungan Masyarakat.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM INTERNATIONAL BACCALAUREATE PRIMARY YEARS PROGRAMME DI SD CIPUTRA SURABAYA HADI PURNOMO, CI
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses manajemen pendidikan di dalam sekolah memiliki peranan yang amat vital agar tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien, karena bagaimanapun sekolah merupakan suatu sistem yang didalamnya melibatkan berbagai komponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola dengan baik dan tertib. Satu diantara hal vital tersebut adalah pengelolaan kurikulum. Prinsip dasar dari pengelolaan kurikulum ini adalah berusaha agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) perencanaan pembelajaran IB PYP di SD Ciputra Surabaya; (2) pelaksanaan pembelajaran IB PYP di SD Ciputra Surabaya; (3) evaluasi pembelajaran IB PYP di SD Ciputra Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan pembelajaran IB PYP di SD Ciputra Surabaya secara umum meliputi : (a) Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan strategi collaborative planning; (b) Semua guru terlibat dalam menetapkan central idea kurikulum, mendiskusikan bagaimana cara terbaik untuk membawa inkuiri ke dalam ide tersebut di kelas serta menemukan cara memenuhi kebutuhan dan kepentingan setiap siswa; (c) Perencanaan dilaksanakan dalam tiga tahap; (d) Semua pihak dapat dilibatkan dalam proses perencanaan; (2) Pelaksanaan pembelajaran IB PYP di SD Ciputra Surabaya secara umum meliputi : (a) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri; (b) Tahap melaksanakan pembelajaran secara umum harus memiliki Tuning in, finding out, reflection dan taking action; (c) Aktifitas pembelajaran yang dilakukan harus berpusat kepada siswa dan dilaksanakan secara transdisipliner; (3) Evaluasi pembelajaran IB PYP di SD Ciputra Surabaya secara umum meliputi : (a) Jenis penilaian yang dilakukan ada dua, yaitu penilaian formatif dan penilaian sumatif; (b) Alat dan strategi penilaian yang digunakan masing-masing ada lima macam; (c) Ada tiga konferensi yang wajib diselenggarakan di IB PYP; (d) Standar penilaian akhir menggunakan skala yang terdiri dari empat komponen.Kata kunci : Kurikulum International Baccalaureate, Pembelajaran inkuiri
PROGRAM BUILDING LEARNING POWER DALAM MENGUPAYAKAN MUTU SEKOLAHDI SMP NEGERI 1 SIDOARJO WULANSARI, DEWI
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) pelaksanaan pembangunan kapasitas belajar dalam pembelajaran 2) nilai-nilai yang diterapkan dan 3) komitmen guru dalam pelaksanaan program Building Learning Power. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembangunan kapasitas belajar siswa dalam pembelajaran yang berhubungan erat dengan interaksi yang dilakukan antara guru dan siswa serta strategi yang digunakan, 2) nilai-nilai karakter yang diterapkan yakni Devout, Resilence, Reciprocity, Reflectiveness, dan Resourcefulness, 3) Komitmen guru bisa dilihat ketika guru memberikan perhatian kepada siswa dan saat guru menyampaikan pelaporan hasil prestasi siswa kepada walimurid. Oleh karena itu perlu adanya pembinaan secara rutin untuk mengembangkan kemampuan guru dalam membantu para siswa untuk meningkatkan kapasitas belajarnya sehingga mampu meningkatkan prestasi siswa yang secara otomatis akan menghasilkan mutu sekolah yang diharapkan.Kata kunci : program building learning power, mutu sekolah, kapasitas belajar, nilai, komitmen guru
HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SMP SE-KECAMATAN GENTENG KOTA SURABAYA MEIDIA PRATAMI, ETY
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan supervisi akademik dan kemampuan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di SMP Se-Kecamatan Genteng Kota Surabaya dengan mengambil beberapa bagian dari pupulasi sebagai sampel penelitian yang berjumlah 6 orang kepala sekolah dan 145 orang guru. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dan korelasi ganda. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi product moment diperoleh nilai signifikan 0,651 12>"> 0,5 pada angket kepala sekolah dan 0,861 12>"> 0,5 pada angket guru untuk variabel supervisi akademik (X1) dengan kinerja guru (Y) dan 0,847 12>"> 0,5 untuk variabel kemampuan komunikasi interpersonal kepala sekolah (X2) dengan kinerja guru (Y) maka Ho diterima dan Ha ditolak sehingga supervisi akademik (X1) dengan kinerja guru (Y) memiliki hubungan yang signifikan. Demikian juga dengan kemampuan komunikasi interpersonal kepala (X2) dengan kinerja guru (Y) yang memiliki hubungan yang signifikan. Hasil analisis data menggunakan korelasi ganda diperoleh nilai R sebesar 0,870 12>">  0,5 yang menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi akademik dan kemampuan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan kinerja guru.   Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kemampuan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah, Kinerja Guru.
PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAHDI SMP NEGERI 2 JATIROGO TUBAN Imam Hanafi, Muhammad
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 4, No 2 (2016): Inspirasi Manajemen Pendidikan
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Supervisi klinis merupakan layanan atau bantuan bagi guru yang memiliki masalah dalam pembelajaran di sekolah. Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan, memerlukan metode mengajar yang dapat diterima oleh semua peserta didik. Supervisi klinis kepala sekolah merupakan salah satu supervisi yang dilakukan kepala sekolah dalam meninjau, melayani, dan membantu cara pengajaran guru guna meningkatkan motivasi dalam proses belajar mengajar di kelas. Fokus dalam penelitian ini adalah(1) Pelaksanaan supervisi klinis di SMP Negeri 2 Jatirogo, (2) Faktor pendukung pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah di SMPN 2 Jatirogo Tuban ,(3) Faktor penghambat supervisi klinis kepala sekolah di SMPN 2 Jatirogo Tuban, dan (4) Usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan supervisi kepala sekolah di SMPN 2 Jatirogo Tuban. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan penelitian menggunakan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara terstruktur, (2) observasi partisipasi pasif, dan (3) studi dokumentasi. Teknik untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik keabsahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian di lapangan mengenai pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah di SMP N 2 Jatirogo dapat dijelaskan sebagai berikut (1) Perencanaan supervisi klinis di SMP Negeri 2 Jatirogo berupa mendiskusikan penyusunan silabus dan RPP untuk pembelajaran, (2) Pelaksanaan supervisi klinis di SMP Negeri 2 Jatirogo, guru mengajar di kelas kepala sekolah memberi layanan dan membantu guru yang kesulitan dalam poses pembelajaran, (3) Evaluasi supervisi klinis berupa temuan balik antara kepala sekolah dan guru yang di supervisi klinis dan kepala sekolah memberikan arahan, movasi, serta tanpa ada rasa menyalahkan pada guru.Kata kunci: Supervisi klinis,

Page 1 of 3 | Total Record : 28