cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan
  • inspirasi-manajemen-pendidikan
  • Website
ISSN : -     EISSN : 22528253     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 43 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2018)" : 43 Documents clear
PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN RELATIONSHIP DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 SURABAYA NIBRASTARI, HAYUM; ROESMININGSIH, ERNY
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN RELATIONSHIP DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 SURABAYA Nama : Hayum Nibrastari NIM : 14010714005 Jurusan : Manajemen Pendidikan Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Dr. Erny Roesminingsih M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis, 1) Peran humas SMK Negeri 5 Surabaya dalam membangun kerja sama dalam: (a) Komunikator pelatihan yang dilakukan tenaga ahli dari perusahaan/instansi mitra; (b) Mediator pengadaan bantuan berupa sarpras yang menunjang praktek dari perusahan/instansi mitra. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis peran humas SMK Negeri 5 Surabaya dalam membangun opini dalam: (a) Mempersiapkan lulusan siap dalam dunia kerja; (b) Mengelola web sekolah dan web BKK; (c) Membina hubungan dengan Ikastemba (Ikatan Alumni SMK Negeri 5 Surabaya). Dalam penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan rancangan studi kasus. Penelitian ini memiliki subjek penelitian, dalam hal ini key informant adalah Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Humas yang mana memiliki peran penting dan terlibat secara langsung. Sumber responden (human resources) dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini juga menggunakan teknik snowball sampling dalam pengambilan sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 3 (tiga) teknik: yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tenik analisis data yang digunakan peneliti yaitu : Data Reduction, Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verifications. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik: Credibility, Transferability, Dependability, dan Confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Sebagai komunikator humas melakukan proses kontinu untuk menghasilkan good will dari mitra; 2) Upaya pengadaan sarpras dilakukan dengan langkah-langkah yang fair. Perusahaan memberi hibah bantuan untuk menjamin peningkatan kualitas lulusan, yang nantinya akan diserap untuk bekerja diperusahaan; 3) Sebagai upaya mempersiapkan kualitas lulusan, humas berhasil membuat MoU dengan banyak mitra sebagai pembina dan penempatan prakerin; 4) Dalam mengelola media informasi untuk mempromosikan dan meningkatkan citra sekolah, humas berusaha mengoptimalkan web sekolah dan web BKK; 5) Humas menjalin komunikasi dengan alumni untuk kualitas dan efektifitas pertukaran pesan sehingga tercapai tujuan lembaga, serta berencana membuat kesekertariatan secara kelembagaan. Kata Kunci : Humas, relationship, mitra
STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN SEKOLAH DI SMA NAHDLATUL ULAMA’ 1 GRESIK ZAHARAH MADIANAH, NUR; TRIHANTOYO, SYUNU
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Persaingan dalam pendidikan semakin ketat, sehingga mengharuskan setiap sekolah untuk memiliki strategi khusus dalam memperkenalkan sekolahnya kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi peningkatan penampilan, pelayanan dan prestasi guna menunjang proses pemasaran sekolah di SMA Nahdlatul Ulama? 1 Gresik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi data, penyajian data, verifikasi data. untuk menguji keabsahan data tersebut menggunakan teknik-teknik meliputi: Kredibilitas, Transferabilitas, dependabilitas, dan confirmabilitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi peningkatan penampilan guna menunjang pemasaran SMA Nahdlatul Ulama? 1 Gresik adalah diferensiasi produk dan update kebutuhan dan selalu mengikuti perkembangan pembangunan yang masa kini. Upaya yang dilakukan sekolah dalam memperkenalkan penampilan SMA Nahdlatul Ulama? 1 Gresik dikalangan masyarakat melalui ?Aula Idham Kholid?; (2) Strategi peningkatan pelayanan guna menunjang pemasaran SMA Nahdlatul Ulama? 1 Gresik adalah konsep melayani dengan menanamkan rasa ketidapuasan dalam diri mengenai pelayanan yang diberikan kepada warga sekolah. Langkah sekolah untuk memperkenalkan pelayanan ekstrakurikuler kepada masyarakat luas dengan mengikuti lomba-lomba dan ikut berkontribusi mengisi acara-acara besar di taraf kabupaten, provinsi maupun nasional; (3) Strategi peningkatan prestasi guna menunjang pemasaran SMA Nahdlatul Ulama? 1 Gresik meliputi strategi peningkatan prestasi kepada siswa yaitu: (a) Memberikan motivasi melalui workshop dengan bekerja sama organisasi luar sekolah; (b) Beasiswa untuk siswa berprestasi. Sedangkan untuk guru yakni: (a) Mengikutsertakan workshop; (b) Memberikan penghargaan berupa bros emas, piagam dan uang tabanas; (c) Fasilitas kuliah ke jenjang berikutnya. Prestasi-prestasi yang telah diraih SMA Nahdlatul Ulama?1 Gresik dipublikasikan melalui media sosial seperti instagram, dan website. Kata Kunci: Strategi peningkatan, Pemasaran Sekolah, Nahdlatul Ulama?
IMPLEMENTASI MERGER SEKOLAH DI SMKN 12 SURABAYA HANDIKA ATTAQWA, MOCHAMMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Pelaksanaan merger sekolah, (2) Dinamika sosial yang terjadi, (3) Kendala yang dihadapi, (4) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam implementasi merger sekolah di SMKN 12 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, mantan kepala sekolah, guru, staff sekretariat Dinas Pendidikan Kota Surabaya, dan Bidang Hukum Sekda Kota Surabaya. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dokumentasi serta gabungan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis data model Milles dan Hubberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan merger sekolah di SMKN 12 Surabaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di tingkat pendidikan menengah sudah berjalan dengan baik dan pelaksanaannya sesuai dengan acuan pedoman penggabungan sekolah. (2) Dinamika sosial yang terjadi di SMKN 12 Surabaya yaitu adanya respon pro dan kontra dari beberapa guru terkait dengan adanya merger sekolah. (3) kendala-kendala dalam implementasi merger sekolah di SMKN 12 Surabaya tidak terlalu signifikan yaitu kendala dapodik, serta adanya batasan rombel. (4) Upaya untuk mengatasi kendala yaitu dengan adanya peran kepala sekolah sebagai katalisator, kreator, fasilitator, dan stabilisator. Kata Kunci : kebijakan regrouping SMK, implementasi merger sekolah SMK Abstract The aimed of study described : (1) The implementation of the school merger, (2) The social dynamics that occur, (3) The obstacles faced, (4) The efforts made to overcome the obstacless in implementation the school merger at SMKN 12 Surabaya. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. The subject of this study consists of the principal, the principal, the teachers, the staffs of the Surabaya City Education Office secretariat, and the Surabaya City Secretary of Law. It is using data collection techniques that involve passivity, interviews, documentation and a combination of triangulation and techniques. Data analysis uses data analysis techniques of Milles and Hubberman models, namely data condensation, data presentation, and data verification. The result showed that : (1) The merger of schools in Vocational High School of 12 Surabaya that had carried out by the Surabaya City Goverment trough the Surabaya City Education Office to improve the quality of education, especially at the secondary education level, was in accordance with the guideline for school incorporation. (2) The social dynamics that occur in Surabaya 12 high School were the responses of pros and cons of several theachers related to the school merger. (3) The constraints in the implementation of the merger school in Surabaya 12 High School were not too significant, namely dododik contraints, as well as the number of restrictions. (4) efforts to overcome obstacles are the role of School principals ascatalyst, sreator,facilitator, and stabilizers. Keyword : regrouping policy, implementation the merger of high school.
MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH LUAR BIASA YAYASAN DHARMA WANITA SLB-B PUTRA HARAPAN BOJONEGORO RASTRA SEWA KOTAMA, PUTRA; , KARWANTO
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan dan menganalisis Manajemen Peserta Didik di Sekolah Luar Biasa Yayasan Dharma Wanita SLB-B Putra Harapan Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan meliputi uji kredibilitas meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan membercheck; transferabilitas penyajian hasil penelitian dilakukan secara rinci, jelas, sistematis, dan dapat dipercaya; dependabilitas meliputi audit oleh dosen pembimbing; serta uji konfirmabilitas. Teknik analisis data meliputi kondensasi, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, kegiatan perencanaan penerimaan peserta didik baru di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro merupakan kegiatan yang wajib dilakukan, karena didalamnya mencakup berbagai aspek yang dibutuhkan untuk melaksanakan program kerja sekolah. Kedua, pelaksanaan pembinaan peserta didik di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro dilakukan dengan menekankan pada aspek individual dari masing-masing anak dengan adanya berbagai inovasi dan kreativitas dari guru dalam menyampaikan pembelajaran dan pembinaan melalui pendekatan kepada setiap siswa. Ketiga, evaluasi peserta didik yang ada di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro menganut pada standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah namun ada modifikasi dalam kegiatan penilaiannya. Keempat, alumni siswa di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro, untuk kelulusannya dapat dilakukan setelah siswa mengikuti seluruh rangkaian ujian yang ada dan setelah siswa lulus maka dapat bergabung dengan ikatan alumni yang dimiliki oleh para alumni SLB-B Putra Harapan Bojonegoro yang sampai saat ini hubungan alumni dan sekolah tetap berjalan dengan harmonis. Kata Kunci : manajemen peserta didik, sekolah luar biasa. Abstract This study aims to describe and analyze the Management of Learners in Special Schools at SLB-B Putra Harapan Bojonegoro Dharma Wanita Foundation. This study uses a qualitative approach with a case study research design. Data collection techniques are carried out by interviews, observation, and documentation. Data validity tests conducted include credibility testing including source triangulation, technical triangulation, and member check; transferability of the presentation of research results is carried out in a detailed, clear, systematic and trustworthy manner; dependability includes an audit by a supervisor; and confirmation test. Data analysis techniques include condensation, data presentation, drawing conclusions and verification. The results showed that. First, the activities of the new student admission planning in SLB-B Putra Harapan Bojonegoro are mandatory activities, because they cover various aspects needed to carry out the school work program. Second, the implementation of coaching of students in SLB-B Putra Harapan Bojonegoro is done by emphasizing the individual aspects of each child with the various innovations and creativity of the teacher in conveying learning and coaching through an approach to each student. Third, the evaluation of students in SLB-B Putra Harapan Bojonegoro adheres to the standards set by the government but there are modifications in the assessment activities. Fourth, alumni of students at SLB-B Putra Harapan Bojonegoro, for graduation can be done after students take part in all the existing exams and after graduating students can join the alumni ties owned by the SLB-B Putra Harapan Bojonegoro alumni who are currently in relationship alumni and schools continue to run in harmony. Key word: management of student, special school.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DI SMP IT AT-TAQWA Pratiwi, Ageng; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi siswa di SMP IT AT-Taqwa Surabaya, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi prestasi siswa di SMP IT AT-Taqwa Surabaya, serta pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa di SMP IT AT-Taqwa Surabaya. Penelitian ini menggunakan data primer berupa instrumen. Sampel penelitan berjumlah 148 responden yang seluruhnya merupakan peserta didik yang masih aktif di SMP IT AT-Taqwa Surabaya. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi berganda karena penelitian ini menggunakan dua atau lebih variabel independen. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan metode regresi linear berganda menggunakan program spss 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 44,062 + 0.299 + 0,313 (kompetensi pedagogic guru) (motivasi belajar siswa), (prestasi siswa) Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi siswa. Demikian halnya dengan variabel motivasi belajar yang juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi siswa. Selanjutnya, secara simultan, kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa secara bersama ? sama berpengaruh terhadap prestasi prestasi siswa di SMP IT AT-Taqwa Surabaya sebesar 77,1 %. Untuk meningkatkan prestasi siswa di SMP IT AT-Taqwa Surabaya, perlu diperhatikan factor ? faktor yang mempengaruhi prestasi akademik seperti kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar, dan prestasi siswa Abstract The influence of teachers pedagogic competence on student achievement in AT-Taqwa Integrated Islamic Junior High School Surabaya, the influence of learning motivation on student achievement in AT-Taqwa Integrated Islamic Junior High School Surabaya, as well as the influence of teachers pedagogic competence and learning motivation on student achievement in junior high school Integrated Islam AT-Taqwa Surabaya. This study uses primary data in the form of instruments. Samples of research were 148 respondents, all of whom were students who were still active in the Surabaya AT-Taqwa Integrated Islamic Junior High School. Data collection instruments in this study were observation, questionnaires and documentation. Regression analysis used is multiple regression analysis because this study uses two or more independent variables. The results of the research data were then analyzed using multiple linear regression method using SPSS 21.0. The results showed that multiple linear regression analysis obtained equations Y = 44,062 + 0.299 + 0.313 (teachers pedagogic competence) , (student learning motivation) , (student achievement) Y. The results showed that partially, the teachers pedagogic competence variables had a positive and significant effect on student achievement. Likewise with learning motivation variables which also have a positive and significant effect on student achievement. Furthermore, simultaneously, the teachers pedagogic competency and student learning motivation together influence the achievement of students in the Integrated Islamic Junior High School AT-Taqwa Surabaya at 77.1%. To improve student achievement in Surabayas Integrated AT-Taqwa Junior High School, it is necessary to pay attention to factors that influence academic achievement such as teachers pedagogic competence and student learning motivation.
HUBUNGAN MINAT BERWIRAUSAHA DAN SIKAP BERWIRAUSAHA DENGAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMKN 1 CERME IRA SHABRINA, FARIZAH; TRIHANTOYO, SYUNU
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Persaingan untuk mencari perkerjaan semakin kompetitif sementara lapangan perkerjaan yang ditawarkan juga sangat terbatas, sehingga perlunya mengembangkan kompetensi kewirausahaan siswa didasarkan pada sikap kewirausahaan yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran disekolah untuk meningkatkan minat berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Minat Berwirausaha dan Sikap Berwirausaha dengan Kompetensi Kewirausahaan Siswa di SMKN 1 Cerme. Teknik pengumpulan data ini menggunakan wawancara dan angket dengan menggunakan Sample Random Sampling sebanyak 229 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi product moment dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) terdapat hubungan minat berwirausaha dengan kompetensi kewirausahaan siswa di SMKN 1 Cerme dengan nilai korelasi 0,133 dengan signifikansi 0,045 < 0,05, 2) terdapat hubungan sikap berwirausaha dengan kompetensi kewirausahaan siswa di SMKN 1 Cerme dengan nilai korelasi 0,795 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, 3) minat berwirausaha dan sikap berwirausaha secara bersama-sama memiliki hubungan secara positif dan signifikan terhadap kompetensi kewirausahaan dengan kontribusi sebesar 63,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata Kunci: minat berwirausaha, sikap berwirausaha,dan kompetensi kewirausahaan. THE RELATIONSHIP BETWEEN ENTREPRENEURIAL INTERESTS AND ENTREPRENEURSHIP ATTITUDE WITH ENTREPRENEURSHIP COMPETENCIES IN SMKN 1 CERME Abstract Competition to seek employment is increasingly competitive while the field of work offered is also very limited, so the need to develop student entrepreneurship competencies is based on entrepreneurial attitudes that are integrated in the learning process in schools to increase entrepreneurial interest. This study aims to determine the relationship between entrepreneurial interest and entrepreneurship attitudes with students entrepreneurship competencies at SMK 1 Cerme. This data collection technique uses interviews and questionnaires using 229 random sample random sampling. Data were analyzed using product moment correlation test and multiple correlation test. The results of this study indicate that: 1) there is a relationship of interest in entrepreneurship with entrepreneurial competencies of students in 1 Cerme Vocational High School with a correlation value of 0.133 with a significance of 0.045 <0.05, 2) there is a relationship between entrepreneurship attitudes and entrepreneurial competencies of students in SMK 1 Cerme with a correlation value of 0.795 with a significance of 0.000 <0.05, 3) entrepreneurial interest and entrepreneurship attitudes together have a positive and significant relationship to entrepreneurial competence with a contribution of 63.5% and the rest are influenced by other variables. Keywords: interest in entrepreneurship, entrepreneurial attitudes, and entrepreneurial competence
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TAMAN BACA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA KANTHI KINASIH, KURNIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan taman baca terhadap kepuasan mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan skala likert, terdapat dua variabel yaitu kualitas pelayanan (X) dan kepuasan mahasiswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya angkatan 2015, 2016, dan 2017 sebanyak 257 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penilitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 167 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi sederhana dengan nilai pengaruh sebesar 43,4%. Berdasarkan hasil analisis data pada uji T, variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap variabel kepuasan mahasiswa sebesar 0,000 atau lebih kecil dari pada nilai alpha 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat diartikan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa kepuasan mahasiswa merupakan tolak ukur keberhasilan sebuah kualitas dari pelayanan, sebuah jasa akan dinilai baik secara keseluruhan oleh pengguna, jika mampu memberikan pelayanan yang baik sehingga pengguna merasa terpenuhi kebutuhannya dan akan dinilai buruk jika pelayanan yang diberikan juga buruk. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa Abstract This research was conducted to examine the effect service quality of the reading park on the student?s satisfaction Department of Educational Management State University of Surabaya. This study uses descriptive quantitative method using a Likert scale, there are two variables, namely service quality (X) and student satisfaction (Y). The population in this research are active students of the Educational Management Department State University of Surabaya in 2015, 2016 and 2017, totaling 257 people. The sampling technique in this research uses purposive sampling technique. With a total sample of 167 respondents. The analytical method used is a simple regression method with an influence value of 43.4%. Based on the results of data analysis on the T test, service quality variables partially affect the student satisfaction variable of 0.000 or less than the alpha value of 0.05, which means that H0 is rejected and H1 is accepted, so that the quality of service is partially affected to student satisfaction. From the results of this study it can be seen that student satisfaction is a benchmark of the success of a quality service, a service will be judged as good overall by the user, if it is able to provide good service so that users feel fulfilled and will be judged bad if the service provided is also bad. Keywords: Service Quality, Student Satisfaction
PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN DI KECAMATAN LAKARSANTRI SURABAYA ADY KUNCORO, ROMADHON; ROESMININGSIH, ERNY
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui pengaruh variabel iklim sekolah dan kompetensi pedagogik guru baik secara parsial maupun simultan atau bersama-sama terhadap variabel hasil belajar siswa SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengambarkan ada dan tidaknya pengaruh variabel iklim sekolah (X1) dan kompetensi pedagogik guru (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y). Penelitian ini menggunakan data primer berupa angket yang di sebar kepada 255 responden, responden dalam penelitian adalah siswa kelas 8 SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Data yang di peroleh kemudian di olah menggunakan aplikasi SPSS for Windows 21.0. Analsis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji f. Hasil analaisis regresi berganda di peroleh persmaan Y = 22,948 + 0,262 X1 + 0,403 X2, uji t di peroleh niali signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, uji f di peroleh niali signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian iklim sekolah dan kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif baik secara parsial maupun bersama sama terhadap hasil belajar siswa SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Variabel Iklim sekolah dan kompetensi pedagogik guru mempunyai nilai pengaruh sebesar 56,6% terhadap variabel hasil belajar siswa SMPN di kecamatan Lakarsantri Suarabaya, dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian. Kata Kunci : Iklim Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru. Hasil Belajar Siswa. Abstract This research was conducted to determine the effect of school climate variables and teacher pedagogic competencies either partially or simultaneously or together to the variables of learning outcomes of SMPN students in subdistric Lakarsantri Surabaya. This research uses a quantitative approach to describe the presence and absence of school climate variables (X1) and teacher pedagogic competence (X2) on student learning outcomes (Y). This study uses primary data in the form of questionnaires distributed to 255 respondents, respondents in the study were 8th grade students of SMPN in Subdistric Lakarsantri Surabaya. The data that obtained were analyzed using SPSS for Windows 21.0 programs, data analysis in this research using multiple regression analysis, t test, test f. The result of multiple regression analysis was obtained by the equation Y = 22,948 + 0,262 X1 + 0,403 X2, t test was obtained by significance value equal to 0,00 < 0,05, f test was obtained significance 0,00 < 0,05. This the school climate and pedagogic competence of teachers have a positive effect either partially or together to the results of student learning in SMPN Subdistric Lakarsantri Surabaya. Variables of school climate and teacher pedagogic competence have value of influence equal to 56,6% to student learning result variable of SMPN in District of Lakarsantri Suarabaya, and the rest is influenced by other variable which is not in research. Keywords: School Climate, Teacher Pedagogic Competency, Student learning outcomes.
PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN DI KECAMATAN LAKARSANTRI SURABAYA ADY KUNCORO, ROMADHON; ROESMININGSIH, ERNY
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui pengaruh variabel iklim sekolah dan kompetensi pedagogik guru baik secara parsial maupun simultan atau bersama-sama terhadap variabel hasil belajar siswa SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengambarkan ada dan tidaknya pengaruh variabel iklim sekolah (X1) dan kompetensi pedagogik guru (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y). Penelitian ini menggunakan data primer berupa angket yang di sebar kepada 255 responden, responden dalam penelitian adalah siswa kelas 8 SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Data yang di peroleh kemudian di olah menggunakan aplikasi SPSS for Windows 21.0. Analsis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji f. Hasil analaisis regresi berganda di peroleh persmaan Y = 22,948 + 0,262 X1 + 0,403 X2, uji t di peroleh niali signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, uji f di peroleh niali signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian iklim sekolah dan kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif baik secara parsial maupun bersama sama terhadap hasil belajar siswa SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Variabel Iklim sekolah dan kompetensi pedagogik guru mempunyai nilai pengaruh sebesar 56,6% terhadap variabel hasil belajar siswa SMPN di kecamatan Lakarsantri Suarabaya, dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian. Kata Kunci : Iklim Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru. Hasil Belajar Siswa. Abstract This research was conducted to determine the effect of school climate variables and teacher pedagogic competencies either partially or simultaneously or together to the variables of learning outcomes of SMPN students in subdistric Lakarsantri Surabaya. This research uses a quantitative approach to describe the presence and absence of school climate variables (X1) and teacher pedagogic competence (X2) on student learning outcomes (Y). This study uses primary data in the form of questionnaires distributed to 255 respondents, respondents in the study were 8th grade students of SMPN in Subdistric Lakarsantri Surabaya. The data that obtained were analyzed using SPSS for Windows 21.0 programs, data analysis in this research using multiple regression analysis, t test, test f. The result of multiple regression analysis was obtained by the equation Y = 22,948 + 0,262 X1 + 0,403 X2, t test was obtained by significance value equal to 0,00 < 0,05, f test was obtained significance 0,00 < 0,05. This the school climate and pedagogic competence of teachers have a positive effect either partially or together to the results of student learning in SMPN Subdistric Lakarsantri Surabaya. Variables of school climate and teacher pedagogic competence have value of influence equal to 56,6% to student learning result variable of SMPN in District of Lakarsantri Suarabaya, and the rest is influenced by other variable which is not in research. Keywords: School Climate, Teacher Pedagogic Competency, Student learning outcomes.
TRANSFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH ISLAMI (BUSI) DI SDIT QURROTA A’YUN POMOROGO PURWANTINI, DANIK; , MUDJITO
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Transformasi visi, misi dan nilai-nilai ke dalam perencanaan program sekolah, (2) Transformasi manajemen pendidikan karakter berbasis Budaya Sekolah Islami (BuSI), (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam transformasi manajemen pendidikan karakter berbasis Budaya Sekolah Islami (BuSI) di SDIT Qurrota A?yun Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, pembina program BuSI, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan anggota BuSI. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dokumentasi serta gabungan triangulasi sumber dan kondensasi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Perencanaan program sekolah di SDIT Qurrota A?yun Ponorogo dibentuk berdasarkan visi, misi sekolah yang selanjutnya dikembangkan untuk menetapkan tujuan jangka panjang. Selanjutnya dibentuk sepuluh jaminan kualitas yang dikembangkan kedalam perencanaan program disesuaikan dan disesuaikan dengan setiap jenjang kelas.(2) Transformasi manajemen pendidikan karakter berbasis Budaya Sekolah Islami (BuSI) dibangun melalui pembiasaan kegiatan sholat berjamaah. Tujuannya untuk membentuk karakter peserta didik yang berkepribadian islami, berprestasi optimal, kreatif, dan mandiri. (3) Faktor pendukung dalam transformasi manajemen pendidikan karakter berbasis BuSI yaitu adanya dukungan dari civitas sekolah dan stake holder, pendidik memahami pentingnya nilai-nilai karakter religius islami, lingkungan religius di sekolah yang mendukung. Faktor penghambat transformasi manajemen pendidikan karakter berbasis BuSI yaitu kurang maksimal dalam afirmasi dan juga administrasi, motivasi intern dari peserta didik yang fluktuatif, perawatanperlengkapan seperti rompi BuSI dan buku catatan BuSI yang kurang terawat. Kata Kunci: transformasi, manajemen pendidikan karakter berbasis, budaya sekolah islami (BuSI) Abstract The research?s puposes describe : (1) Transformation of vision, mission and values ??into school program planning, (2) Transformation of character education management based on Islamic School Culture (BuSI), (3) supporting and inhibiting factors in the transformation of character education management based on Islamic School Culture (BuSI) at SDIT Qurrota Ayun Ponorogo. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. The subject of this study consisted of school principals, vice principals in student affairs, coaches of the BuSI program, Islamic Religious Education (PAI) teachers, and BuSI members. The data collection technique uses passive participation observation, in-depth interviews, documentation and a combination of source triangulation and data condensation, data presentation, and data verification. The results of this study indicate that; (1) The planning of the school program in the Qurrota A?yun Ponorogo SDIT was formed based on the vision, school mission which was then developed to set long-term goals. Furthermore, ten quality guarantees developed into program planning were adjusted and adapted to each grade level. (2) Transformation of character education management based on Islamic School Culture (BuSI) was built through habituation of congregational prayer activities. The aim is to shape the character of students who are Islamic personalities, achieving optimal, creative, and independent. (3) supporting factors in the transformation of character education management based on BuSI, the support of the school community and stakeholders, educators understand the importance of Islamic religious character values, the religious environment in schools that support. Inhibiting factors for the transformation of character education managemen t basedon BuSI is the affirmations and administration is not maximal yet, internal motivation of students is fluctuating, maintenance of equipment such as BuSI vests and BuSI notebooks that are less well maintained. Keyword : transformation, character education management, islamic school culture