cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan
  • inspirasi-manajemen-pendidikan
  • Website
ISSN : -     EISSN : 22528253     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 54 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2019)" : 54 Documents clear
IMPLEMENTASI PROGRAM MULTIPLE INTELLIGENCES DI SD PLUS MUTIARA ILMU PANDAAN PASURUAN NABIEL MAKARIM, MOCHAMAD; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan dan menganalisis tentang program sekolah dalam upaya meningkatkan minat, bakat, dan potensi kecerdasan multiple intelligences peserta didik di SD plus mutiara ilmu pandaan. Program sekolah dilakukan melalui multiple intelligences reseach yang yang dilakukan saat pendaftaran peserta didik baru yang dilakukan setiap 10 peserta didik baru yang dilakukan oleh 10 staff sekolah terpilih dengan menggunakan alat instrument MIR dari next edu, yang hasilnya akan dikeluarkan oleh pihak next edu, yang merupakan test untuk mengetahui 8 kecerdasan peserta didik dan ditopang dengan 13 ekstrakulikuler yang dapat mengembangkan potensi, minat, dan bakat perserta didik salah satunya ekstrakulikuler tarbiyah yang dimana peserta didik akan memilih ekstrakulikuler sesuai dengan kemauan yang di pilih berdasarkan angket dengan instrument bergambar dan ilustrasi dari para mentor dan dilaksanakan setiap hari kamis dan jumat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini yaitu multiple intelligences research (MIR) yang diintregasikan dalam 13 program ektrakulikuler yang mempunyai faktor penting dalam mencari kecerdasan siswa dan mengembangkan potensi, minat, dan bakat peserta didik.
PENGARUH PRESENSI BERBASIS SIDIK JARI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 18 SURABAYA Agro Susiyanti, Evi; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh presensi berbasis sidik jari terhadap kedisiplinan siswa di SMA Negeri 18 Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif bentuk kausal. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Negeri 18 Surabaya pada angkatan tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan yaitu 164 siswa dari seluruh jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan program SPSS 22.0 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: kehadiran berbasis sidik jari (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin siswa (Y), yang tercermin pada thitung 57,057 dengan taraf signifikan 0,000. Nilai koefisien absensi kehadiran berbasis sidik jari sebesar 0,976 yang mendekati angka satu, sehingga dapat dilihat bahwa semua kehadiran berbasis sidik jari sangat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa di SMA Negeri 18 Surabaya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran berbasis sidik jari (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin siswa (Y), yang tercermin pada thitung 57,057 dengan taraf signifikan 0,000. Nilai koefisien absensi kehadiran berbasis sidik jari sebesar 0,976 yang mendekati angka satu, sehingga dapat dilihat bahwa semua keadiran berbasis sidik jari sangat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa di SMA Negeri 18 Surabaya. Kata Kunci: presensi, sidik jari, kedisiplinan siswa
PENGELOLAAN LIBRARY AUTOMATION SYSTEM PROFESSIONAL (LIANSPRO) DI PERPUSTAKAAN SD AL HIKMAH SURABAYA DWI ANTOKO PRABOWO, DIGDO
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan budaya literasi di sekolah perlu adanya peran penting dari pelayanan di perpustakaan sekolah yang berkualitas. Dengan adanya sistem Library Automation System Professional (LIANSPRO) di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya memberikan dampak serta manfaat pada peningkatan minat baca siswa dan membangun budaya literasi di sekolah. Sistem Lianspro memberikan pelayanan perpustakaan yang prima pada siswa khususnya dari segi waktu yang efisien saat meminjam dan mengembalikan buku. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Pengelolaan Library Automation System Professional (LIANSPRO) di Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya dengan metode evaluasi sistem Human Organizing Technology (HOT) Fit Model; (2) Kendala yang dihadapi dalam menjalankan perpustakaan berbasis Library Automation System Professional (LIANSPRO) di Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya; dan (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam menjalankan perpustakaan berbasis Library Automation System Professional (LIANSPRO) di Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependebilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) Teknologi yang baik dan menunjang, struktur dan lingkungan organisasi yang mendukung, dan kemudahan serta kebermanfaatan pada pengguna sistem lianspro yang memberikan dampak efektif dan efeisien dengan pelayanan yang prima di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya. Komponen teknologi, organisasi, dan manusia menunjukkan hasil evaluasi sistem dengan metode HOT Fit Model yang menjelaskan bahwa pelaksanaan sistem lianspro di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya berjalan dengan baik dan memberikan manfaat untuk pengembangan budaya literasi di sekolah; (2) Pada penerapan sistem lianspro di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya terdapat beberapa kendala baik pada proses maupun manajemen yang tidak banyak seperti; (a) Belum adanya koneksi yang lebih luas sehingga belum bisa diakses secara online; (b) Belum bisa terhubung dengan big data pada sistem sekolah; dan (c) Beberapa kendala teknis seperti mati lampu, dan ancaman vrus dari luar karena masih belum memiliki sistem anti viirus yang kuat; dan (3) Upaya yang sudah dilakukan oleh manajemen SD Al Hikmah Surabaya dalam mengatasi kendala pada penerapan sistem lianspro di perpustakaan sudah dijalankan dengan baik, sebagai berikut: (a) Melakukan pengembangan sistem dengan menambah fitur-fitur seperti katalog online dan fitur yang dibutuhkan lainnya; (b) Menggunakan alat UPS untuk mencegah komputer sarver mati secara tiba-tiba saat pemadaman listrik; (c) Menambah anggaran untuk pembangunan perpustakaan dan pengembangan sistem lianspro ke arah digitalisasi perpustakaan; (d) Mengadakan pelatihan dan pembinaaan pada pustakawan dan peserta didik terkait dengan pelayanan sistem lianspro serta penggunaannya; dan (e) Melakukan kerja sama dengan stakeholder terkait perpustakaan dan pengembangan sistem lianspro. Berdasarkan hal tersebut saran yang dapat di buat yaitu pengembangan sistem lianspro ke arah digitalisasi perpustakaan untuk memperluas koneksi secara online sehingga dapat diakses dengan mudah di luar lingkungan perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya. Kata Kunci : Pengelolaan, Sistem Lianspro, dan Perpustakaan
IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS HIDDEN CURRICULUM DI MI MUHAMMADIYAH 1 PARE KEDIRI YOLANDA, PUTRI
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis 1) bentuk-bentuk kurikulum tersembunyi (hidden curriculum); 2) pelaksanaan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum); dan 3) peran kurikulum tersembunyi (hidden curriculum). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian melalui tiga tahap yaitu: 1) kondensasi; 2) penyajian data; dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data penelitian melalui uji kredibilitas (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), membercheck, uji transferbilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) bentuk-bentuk kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam pendidikan karakter peserta didik, meliputi penerapkan atau menanamkan kebiasaan 5s, hizbul wathon (pramuka), tapak suci, kegiatan keputrian, praktek tema, dan kegiatan ceramah. 2) pelaksanakaan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam pendidikan karakter peserta didik, yaitu di dalam kelas dan di luar kelas; 3) Peran kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam pendidikan karakter peserta didik, yaitu untuk membentuk karakter peserta didik lebih islami dan religus sebagai penerus bangsa terutama dari perguruan muhammadiyah serta terbentuk ilmu duniawi dan ilmu akhirat, untuk membekali peserta didik dalam pengembangan fondasi karakter untuk masa yang akan datang. Jadi, hidden curriculum di MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri berperan penting dalam membentuk dan mengembangkan pendidikan karakter peserta didik.
PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA AL HIKMAH SURABAYA MIFTAKUL JANAH, ASITA; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of situational leadership variables and school climate either partially or simultaneously or together to the variables of teacher performance in SMA Al Hikmah Surabaya. This study uses a quantitative approach to describe the situational leadership variables (X1) and school climate (X2) on teacher performance (Y). This study uses primary data in the form of questionnaires distributed to 87 respondents, respondents in the study were teachers of SMA Al Hikmah Surabaya. The data obtained then in if using SPSS application for Windows 21.0. data analysis in this research using multiple regression analysis, T test and F test. The results showed that (1) there was a significant effect between situational leadership variables on teacher performance variables with a significance value of 0.016 <0.05. (2) there is a significant effect between school science variables on teacher performance variables with a significance value of 0.011 <0.05. (3) there is a significant effect together between situational leadership variables and school climate variables on teacher performance variables with a significance value of 0.00 <0.05 The results of multiple regression analysis was obtained by the equation Y = 1.714 + 1,340 X1 + 0.169 X2, the T test obtained a significance value of X1 to Y of 0.016 <0.05, X2 to Y of 0.011 <0.05, and the F test was obtained for significance amounting to 0.00 <0.05. Thus situational leadership and school climate have a positive effect both partially and together on teacher performance at SMA Al Hikmah Surabaya. Situational leadership and school climate variables have an influence value of 24% on teacher performance variables in SMA Al Hikmah Surabaya, and the remainder is influenced by other variables not present in the study. The conclusion of this study is situational leadership and school climate have a significant effect on the performance of teachers at SMA Al Hikmah Surabaya. Key words: situational leadership, school climate, techer performance. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kepemimpinan situasional dan iklim sekolah baik secara parsial maupun simultan atau bersama-sama terhadap variabel kinerja guru di SMA Al Hikmah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengambarkan ada dan tidaknya pengaruh variabel kepemimpinan situasional (X1) dan iklim sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y). Penelitian ini menggunakan data primer berupa angket yang di sebar kepada 87 responden, responden dalam penelitian adalah guru di SMA Al Hikmah Surabaya. Data yang di peroleh kemudian di olah menggunakan aplikasi SPSS for Windows 21.0. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variable kepemimpinan situasional terhadap variable kinerja guru dengan nilai signifikansi sebesar 0,016<0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variable ikilm sekolah terhadap variable kinerja guru dengan nilai signifikan sisebesar 0,011<0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara variable kepemimpinan situasional dan variable iklim sekolah terhadap variable kinerja guru dengan nilai signifikansi sebesar 0,00<0,05. Hasil analaisis regresi berganda di peroleh persmaan Y = 1,714 + 1,340 X1 + 0.169 X2, uji T di peroleh nilai signifikansi X1 terhadap Y sebesar 0,016<0,05, X2 terhadap Y sebesar 0,011<0,05, dan uji F di peroleh niali signifikansi sebesar 0,00<0,05. Dengan demikian kepemimpinan situasional dan iklim sekolah berpengaruh positif baik secara parsial maupun bersama sama terhadap kinerja guru di SMA Al Hikmah Surabaya. Variabel kepemimpinan situasional dan iklim sekolah mempunyai nilai pengaruh sebesar 24% terhadap variabel kinerja guru di SMA Al Hikmah Suarabaya, dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian. Kata kunci: kepemimpinan situasional, iklim sekolah, kinerja guru.
PENGARUH SARANA PRASARANA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK FARMASI SURABAYA DAN SMK AL-IRSYAD SURABAYA MAULIYA NUR CAHYANI, TRI
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mendukung cara membuat sekolah terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Surabaya dan Sekolah Menengah Al-Irsyad Surabaya, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 188 responden yang terdiri dari 128 siswa Farmasi Surabaya kelas 12 dan 60 siswa SMK Al-Irsyad Surabaya kelas 12. Data dari hasil penelitian ini menggunakan bantuan program spss v.21.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan parsial antara infrastruktur terhadap prestasi belajar siswa negatif yang signifikan, baik di Sekolah Kejuruan Farmasi Surabaya sebesar -2,033 <-1,979 dan di Sekolah Kejuruan Al-Irsyad Surabaya sebesar -2,132 <-2,002 terhadap prestasi belajar siswa yang signifikan di Sekolah Kejuruan Farmasi Surabaya sebesar -1,98 <-1,979 dan signifikan positif di Sekolah Menengah Al-Irsyad Surabaya pada 2,227> 2,002. Pengujian simultan juga menunjukkan perbedaan antara infrastruktur dan kepemimpinan kepala sekolah bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Kejuruan Farmasi Surabaya sebesar 16,3% dan di Sekolah Kejuruan Al-Irsyad Surabaya sebesar 12,6%.Kata kunci: Infrastruktur, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Prestasi Belajar Siswa. Abstract : The research was conducted aimed at finding out the effect of facilities and principal leadership on student learning achievement in Surabaya Pharmacy Vocational School and Al-Irsyad Vocational School Surabaya, both partially and simultaneously. This study uses a quantitative approach. The sample used in this study amounted to 188 respondents consisting of 128 students of Surabaya Pharmacy 12th grade and 60 students of SMK Al-Irsyad Surabaya class 12. Data from the results of this study were analyzed using the help of the spss v.21.0 program.The results showed that there was a partial effect between infrastructure on significant negative student achievement, both in Surabaya Pharmacy Vocational School amounting to -2,033<-1,979 and in Al-Irsyad Surabaya Vocational School amounting to -2,132<-2,002 and passively between the principals leadership towards significant negative student learning achievement in Surabaya Pharmacy Vocational School amounted to -1,98<-1,979 and significantly positive at Al-Irsyad Surabaya Vocational School at 2,227>2,002. Simultaneous testing also shows that there is an influence between infrastructure and principal leadership together on student learning achievement at Surabaya Pharmacy Vocational School at 16.3% and at Al-Irsyad Vocational School Surabaya at 12.6%. Keywords: Infrastructure, Principal Leadership, Student Learning Achievement
MANAJEMEN PROGRAM LIBURAN BERMAKNA GANDA (LIMANDA) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH 15 SURABAYA WULAN ABADI, IZMY; , MUDJITO
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang 1) Perencanaan program liburan bermakna ganda dalam meningkatkan prestasi peserta didik; 2) Pelaksanaan program liburan bermakna ganda dalam meningkatkan prestasi peserta didik; 3) Evaluasi hasil peningkatan prestasi peserta didik melalui program liburan bermakna ganda. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : 1) Perencanaan dalam program liburan bermakna ganda adalah penyiapan materi yang akan digunakan dalam proses pembelajaran dalam program lalu mengadakan rapat koordinasi antara Kepala Sekolah, Koordinator dan guru pelaksanaan untuk membahas mengenai pembagian kelas belajar sesuai dengan minat dan bakat peserta didik. 2) Pelaksanaan program liburan bermakna ganda berlangsung pada liburan akhir semester selama 2 minggu dengan jam efektif mulai pukul 07.00-12.00. Tempat pelaksanaan program berlangsung di kelas, lapangan dan masjid sekolah karena disesuaikan dengan kegiatan yang terdapat dalam program yaitu bidang bahasa inggris, bidang matematika dan sain dan bidang agama yang memerlukan tempat untuk pembelajaran di luar kelas. Pemberian materi disesuaikan dengan kegiatan bidang pembelajaran masing-masing. 3) Evaluasi hasil dilakukan setiap selesai proses pembelajaran sehingga guru mengetahui sejauh mana ketercapaian materi yang telah disampaikan lalu dengan memperhatikan perubahan sikap dan kemampuan peserta didik yang dapat diamati melalui peningkatan prestasi yang diperoleh sekolah dan peserta didik. Kata Kunci: : implementasi program, program sekolah, peningkatan prestasi. Abstract: This study aims to describe about 1) The planning of multi-purpose holiday program in improving student achievement; 2) The implementation of multi-purpose holiday program in improving student achievement; 3) The evaluation of the results of improving student achievement through multi-purpose holiday programs.1) The planning in multi-purpose holiday program was including the preparation of material needed in learning process of the program and the holding of coordination meetings between the Principal, coordinator and teacher to discuss the distribution of classes according to the interests and talents of students. 2) The implementation of multi-purpose holiday program was at the end of semester holiday for 2 weeks in effective hours; starting at 07.00-12.00. The venue was in classrooms, schools and mosques as it was tailored to the activities contained in the program, namely English, mathematics and science, and religion which requires a place for learning outside. The provision of material was based on learning activities. 3) The evaluation of results was done every time the learning process was finished so that the teacher knew to what extent the material delivered was achieved, and could pay attention to changes in the attitudes and abilities of students that can be observed through achievement improvement obtained by the school and students. Keyword : implementation program, school program, achievement improvement.
MANAJEMEN PROGRAM SMK MINI DALAM LAYANAN PENDIDIKAN BERBASIS KEMASYARAKATAN DI SMK ISLAM TARBIYATUL BADRIYAH DAN SMK ANTARTIKA 1 SIDOARJO UMAYA ULFA, EVI; , MUDJITO
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis; perencanaan program SMK Mini; pelaksanaan program SMK Mini; dan evaluasi program SMK Mini. Jenis penelitian ini adalah berupa penelitian kualitatif, dengan metode studi multi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Pada tahap perencanaan program SMK Mini di kedua sekolah adalah sama-sama ingin menjadikan lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan tambahan dalam menghadapi tantangan global. Rancangan visi, misi dan tujuan dari program SMK Mini tersebut sama-sama didasarkan pada visi, misi dan tujuan dari sekolah secara kelembagaan. Perbedaan yang signifikan dalam proses perencanaan pelatihan SMK Mini, untuk yang di kasus 1 peserta didik mendapat pelatihan SMK Mini yang berbeda dengan jurusan yang ada di sekolah, sedangkan di kasus 2 peserta didik mendapat pelatihan yang sesuai dengan jurusan yang ada di sekolah (2) Pelaksanaan program SMK Mini di kasus 1 diikuti oleh peserta didik kelas X sampai dengan kelas XII, santri, serta alumni/putus sekolah. Sedangkan Program SMK Mini di kasus 2 diikuti oleh peserta didik kelas XII dan masyarakat sekitar, (3) Proses pelaksanaan evaluasi yang dimiliki oleh kasus 1 dan kasus 2 memiliki perbedaan. Dari segi waktu pelaksanaan, sekolah pada kasus 1 memiliki sistem evaluasi mingguan dan bulanan. Sedangkan sekolah kasus 2 hanya memiliki sistem evaluasi bulanan. Persamaan ke 2 sekolah yakni sistem pertanggungjawaban para guru diberikan kepada ketua SMK Mini. sedangkan kepala sekolah bertanggung jawab kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Sementara itu, kedua sekolah kasus 1 dan kasus 2 sama-sama menerapkan adanya reward terhadap peserta didik dalam bentuk sebuah sertifikat. Kata Kunci : Program SMK Mini, pendidikan berbasis masyarakat
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM PENGASUHAN DI SMA SHAFTA SURABAYA FADHIL HASANI, AKMAL; HARIYATI, NUNUK
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract:Character education implementation is the important means for nowadays.Various of program ideas and integritation have been done by lot of education institute in almost one decade, and the one of institute is Shafta Senior High School that have been implementing the character education through parenting programs with the purpose for build the character based on akhlakul karimah or excellent character appropriated with the motto of school. The purpose of this research is (1) to describe and represent about the form of parenting program activities in build excellent character in Shafta Senior Highschool Surabaya, (2) To knowing how the implementations of education character through parenting program in Shafta Senior High School Surabaya. This study used descriptive qualitative approach and case study design. The data collection technique is by interview, observation, and documentation. Analysis of the data in this study using condensation, data display, and data verification. The results of the study show that (1)Parenting program purpose to build excellent character through the class activity where teacher gave character learning from keshaftaan book to the student and monitoring student pray activity logbook, (2) The implementations of character educations through parenting programs is with habituation activities there are is fardhu pray including the sequnce, dhuha pray including the sequnce, and keputrian including the sequnce. Keywords: Parenting program, implementation of character education Abstrak:Implementasi pendidikan karakter merupakan upaya penting yang dibutuhkan saat ini. Berbagai ide program dan juga integritas telah dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan dalam hampir satu dekade ini, salah satunya adalah SMA Shafta Surabaya yang berupaya mengimplementasikan pendidikan karakter melalui program pengasuha yang bertujuan untuk membangun karakter yang berakhlakul karimah sesuai dengan motto sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan dan menggambarkan bentuk kegiatan program pengasuhan dalam membentuk akhlak karimah siswa di SMA Shafta Surabaya, dan (2) Mengetahui upaya pelaksanaan pendidikan karakter melalui program pengasuhan di SMA Shafta Surabaya Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program pengasuhan bertujuan untuk membentuk akhlak karimah siswa melalui bentuk kegiatan program pengasuhan yang berupa tatap muka di kelas antara guru dan siswa di kelas minimal sekali dalam seminggu yang dimana dalam kegiatan itu diantaranya terdapat ceramah materi dari buku keshaftaan yang disampaikan oleh guru kepada siswa dan pemantauan buku monitoring ibadah siswa; (2) pelaksanaan pendidikan karakter melalui program pengasuhan dilakasanakan melalui kegiatan pembiasaan diantaranya sholat fardhu, sholat dhuha, dan keputrian. Kata kunci: Program pengasuhan, pelaksanaan pendidikan karakter.
IMPLEMENTASI PROGRAM SUNDAY SCHOOL DALAM PEMBEKALAN LIFE SKILL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA HAZIMI, FARIZA; HARIYATI, NUNUK
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Latar belakang program sunday school dalam pembekalan life skill siswa; (2) Implementasi program sunday school dalam pembekalan life skill siswa; (3) Evaluasi program sunday school dalam pembekalan life skill siswa di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Latar belakang terbentuknya program sunday school yaitu karena adanya persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin ketat dan terbuka sehingga membuat SMP Muhammadiyah 2 Surabaya harus membuat program tambahan yang berbeda dan unik untuk menghadapi persaingan dan agar SMP Muhammdiyah 2 Surabaya semakin berkembang serta banyak diminati masyarakat. Perkembangan zaman juga menuntut SMP Muhammadiyah 2 Surabaya untuk membuka kelas tambahan berbasis life skill dengan memberikan bekal pada peserta didik dengan harapan agar dimasa depan para siswa mampu menghadapi persoalan-persoalan yang semakin komplek di lingkungan masyarakat dengan cara yang kreatif. (2) Implementasi program sunday school dengan sistem pembelajaran setiap hari Minggu mulai pukul 10.30-15.30 bertempat di Mall BG Junction Surabaya. Materi pembelajaran yang diajarkan meliputi Bahasa Arab, Bahasa Inggris, public speaking, dan teknologi sains terapan. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu langsung praktik atau learning by doing. (3) Evaluasi program sunday school hanya dilakukan oleh pihak internal yaitu kepala sekolah dengan melakukan kunjungan secara langsung pada kegiatan program sunday school. Kegiatan evaluasi yang dilakukan mencakup seluruh proses kegiatan program sunday school. Kegiatan evaluasi juga dilakukan oleh tutor terhadap siswa yang dilakukan pada setiap kegiatan program sunday school diakhir kegiatan. Kata Kunci: implementasi program, life skill, program sekolah