cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan
  • inspirasi-manajemen-pendidikan
  • Website
ISSN : -     EISSN : 22528253     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2019)" : 13 Documents clear
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SMA NEGERI 1 MEJAYAN, MADIUN FEBRIANTORO, YUDO; TRIHANTOYO, SYUNU
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui program adiwiayata di SMA Negeri 1 Mejayan. Terdapat tiga fokus penelitian yaitu nilai-nilai karakter, faktor pendukung dan penghambat, dan strategi sekolah dalam pelaksanaan program adiwiyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data didapat dari studi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai disiplin, puduli lingkungan, gotong-royong, kreatif, dan rasa cinta tanah air. Faktor pendukung ialah adanya kerjasama yang baik di internal sekolah, tekad yang kuat, kesadaran peserta didik akan kebermanfaaatan setiap program sekolah. Faktor penghambat antara lain yaitu sebagian guru tidak terbiasa dengan adannya pengintegrasian PLH di setiap mata pelajaran, belum adanya respon positif dari dukungan luar pada awalnya, hambatan psikologis karena tidak hanya berlangsung satu atau dua tahun tetapi berkelanjutan, masa transisi kepemimpinan kepala sekolah sehingga tim sekolah harus meyakinkan kepala sekolah yang baru bahwa program adiwiyata memang bermanfaat pada pengembangan pendidikan karakter sekolah. Strategi sekolah yaitu adanya IHT (In House Training), sosialisasi kepada wali murid, tata tertib di setiap kelas, kerjasama atau gotong royong, adanya kalender sekolah, dukungan dari lembaga atau instansi lain untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana. Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter, program adiwiyata.
PENGEMBANGAN MODEL VIRTUAL PEER SUPERVISION BERBASIS WEBSITE PUSPANINGATI, HANDINI; HARIYATI, NUNUK
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; (1) mengetahui dan mendeskripsikan tentang model virtual peer supervision bagi guru dalam meninggkatkan professional guru untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas; (2) mengembangkan desain model virtual peer supervision bagi guru di sekolah yang tepat; (3) menghasilkan model virtual peer supervision bagi pengawas sekolah yang praktis. Supervisi pendidikan adalah bantuan profesional kesejawatan yang dilakukan melalui dialog kajian masalah pendidikan untuk menemukan solusi dalam meningkatkan kemampuan profesional kepala sekolah, guru dan staf sekolah lainnya guna memaksimalkan kinerja sekolah menuju tercapainya mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall dari proses pengembangan tersebut diperoleh hasil validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 98,8%, hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 89,2%. Hasil uji coba terbatas mendapatkan persentase sebesar 85%. Hasil uji coba utama mendapatkan persentase sebesar 86,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media virtual peer supervision berbasis website layak digunakan.
PENGARUH KURIKULUM MUATAN LOKAL DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAGETAN DWI INDRIYANTI, AULIA; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karakter peserta didik dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari kedua faktor tersebut, salah salah satunya yaitu kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan secara parsial maupun simultan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan ada atau tidaknya pengaruh variabel independen yaitu kurikulum muatan lokal (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap variabel dependen yaitu karakter peserta didik (Y). Data primer dalam penelitian ini berupa angket yang disebarkan kepada 74 responden yaitu siswa kelas 10 MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Magetan. Peneliti mengolah data menggunakan aplikasi SPSS for windows 23.0 dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kurikulum muatan lokal terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 2,923 + 0,792 X1 + 0,676 X2, uji T diperoleh nilai signifikansi X1 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05, nilai signifikansi X2 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05 dan uji F diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Dengan demikian, kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan. Variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah mempunyai nilai pengaruh sebesar 47,9% terhadap variabel karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak ada dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini bahwa kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan.
PENGARUH KURIKULUM MUATAN LOKAL DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAGETAN DWI INDRIYANTI, AULIA; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karakter peserta didik dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari kedua faktor tersebut, salah salah satunya yaitu kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan secara parsial maupun simultan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan ada atau tidaknya pengaruh variabel independen yaitu kurikulum muatan lokal (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap variabel dependen yaitu karakter peserta didik (Y). Data primer dalam penelitian ini berupa angket yang disebarkan kepada 74 responden yaitu siswa kelas 10 MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Magetan. Peneliti mengolah data menggunakan aplikasi SPSS for windows 23.0 dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kurikulum muatan lokal terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 2,923 + 0,792 X1 + 0,676 X2, uji T diperoleh nilai signifikansi X1 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05, nilai signifikansi X2 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05 dan uji F diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Dengan demikian, kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan. Variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah mempunyai nilai pengaruh sebesar 47,9% terhadap variabel karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak ada dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini bahwa kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan.
PENGARUH KURIKULUM MUATAN LOKAL DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAGETAN DWI INDRIYANTI, AULIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karakter peserta didik dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari kedua faktor tersebut, salah salah satunya yaitu kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan secara parsial maupun simultan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan ada atau tidaknya pengaruh variabel independen yaitu kurikulum muatan lokal (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap variabel dependen yaitu karakter peserta didik (Y). Data primer dalam penelitian ini berupa angket yang disebarkan kepada 74 responden yaitu siswa kelas 10 MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Magetan. Peneliti mengolah data menggunakan aplikasi SPSS for windows 23.0 dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kurikulum muatan lokal terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 2,923 + 0,792 X1 + 0,676 X2, uji T diperoleh nilai signifikansi X1 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05, nilai signifikansi X2 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05 dan uji F diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Dengan demikian, kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan. Variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah mempunyai nilai pengaruh sebesar 47,9% terhadap variabel karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak ada dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini bahwa kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan.
IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE PADA SISTEM PEMBELAJARAN DI MI MUSLIMAT NU PUCANG SIDOARJO ROJABIYATI LAILI, DWI; , SOEDJARWO
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi kurikulum Cambridge pada sistem pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menjelaskan bahwa 1) Implementasi kurikulum Cambridge pada sistem pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo menggunakan sistem adopsi adaptif. 2) Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum Cambridge adalah peningkatan SDM dan kualifikasi tenaga pendidik, dukungan dari pihak eksternal seperti pihak Cambridge, pemerintah, kementerian agama maupun wali murid. 3) Faktor penghambat dalam implementasi kurikulum Cambridge adalah wali murid yang memiliki keinginan yang berbeda. Beberapa tenaga pendidik memiliki kemampuan bahasa inggris yang kurang. Dan peserta didik mengalami kesulitan pada mata pelajaran bahasa inggris. 4) Upaya dalam mengatasi hambatan dengan menggunakan pendekatan-pendekatan intensif kepada pihak yang terkait. Untuk mengatasi pemahaman bahasa inggris pada tenaga pendidik adalah dengan cara mengikuti pelatihan khusus untuk berbahasa inggris. Bagi peserta didik dengan merubah first language ke second language.
PENGARUH ORIENTASI PRODUK DALAM TEACHING FACTORY DAN MINAT WIRAUSAHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 SURABAYA DWI YANTI, YESI; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi produk dalam teaching factory dan minat wirausaha terhadap prestasi belajar siswa Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif bentuk kausal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Surabaya. Sampel yang digunakan yaitu 71 siswa dari seluruh jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket dengan menggunakan skala likert. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: pada uji T variabel orientasi produk dalam teaching factory secara parsial berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar siswa sebesar 0,001, serta variabel minat wirausaha secara parsial berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar sebesar 5,506. Pada hasil Uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 38,154. Nilai signifikan variabel orientasi produk dalam teaching factory dan minat wirausaha terhadap prestasi belajar siswa diperoleh sebesar 0,000. Nilai signifikan ini lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya orientasi produk dalam teaching factory dan minat wirausaha secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Adapun besarnya pengaruh orientasi produk dalam teaching factory dan minat wirausaha memiliki pengaruh sebesar 38,1% terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: orientasi produk teaching factory, minat wirausaha, prestasi belajar
IMPLEMENTASI PROGRAM BUSINESS DAY DALAM MEMBANGUN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI SD AL HIKMAH SURABAYA Farda Kamilah, Rafida; TRIHANTOYO, SYUNU
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This study aims to identify and analyze the development of subjects, the process of internalizing entrepreneurial spirit, and the needs of students. This study uses a qualitative approach with a case study method. The subjects of this study are, vice principal of the curriculum and student fields, homeroom, students, and student guardians. Retrieving data in the field is done by interview, observation, and documentation. The results of the study can be explained as follows: (1) The development of subjects into the business day program is carried out by the homeroom every level. There are several subjects developed, namely mathematics, Indonesian, and Pkn. The impact of the development of subjects is that students easily implement the subjects they have learned while in school, (2) The process of internalizing the spirit of entrepreneurship is done through character building activities which is a routine activity every day before starting the lesson. The entrepreneurial spirit given to students is independent, confident, creative, not easy to give up and persistent. (3) The needs of students related to the business day program at SD Al Hikmah Surabaya, namely intellectual needs, social needs, emotional needs, and homodivinous needs. Keyword : business day, entrepreneurial spirit, students, subjects Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengembangan mata pelajaran, proses internalisasi jiwa kewirausahaan, dan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan, wali kelas, siswa, dan wali murid. Pengambilan data di lapangan dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Pengembangan mata pelajaran ke dalam program business day dilakukan oleh wali kelas tiap jenjang. Terdapat beberapa mata pelajaran yang dikembangankan yaitu matematika, bahasa indonesia, dan Pkn. Dampak dari adanya pengembangan mata pelajaran yaitu peserta didik dengan mudah mengimplementasikan mata pelajaran yang telah dipelajari selama di sekolah, (2) Proses internalisasi jiwa kewirausahaan dilakukan melalui kegiatan bina karakter yang merupakan suatu kegiatan rutin setiap hari sebelum memulai pelajaran. Jiwa kewirausahaan yang diberikan pada peserta didik yakni mandiri, percaya diri, kreatif, tidak mudah menyerah dan gigih. (3) Kebutuhan peserta didik yang berkaitan dengan program business day di SD Al Hikmah Surabaya yaitu kebutuhan intelektual, kebutuhan sosial, kebutuhan emosional, dan juga kebutuhan homodivinous. Kata Kunci: business day, jiwa kewirausahaan, peserta didik, mata pelajaran
PENGARUH PROGRAM LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG KRISTIANTI LAWALATA, AJENG; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The purpose of this paper was to find out the effect of literacy program on students reading interest and student academic achievement. It used quantitative approach and consisted of three variables, school literacy program (X), students reading interest (Y1) and student academic achievement (Y2). The population of this research were the students of Al-Azhar Tulungagung Islamic Junior High School grade VIII and XI. The total of the population were 270 students and the sample were 157 students. The sample of the study was taken by using stratified random sampling technique. The data collection technique used in this research was questionnaire using likert scale. Test requirements for research data analysis using normality and linearity tests. Data analysis techniques used in this study was simple regression analysis and T test to answer the first and the second hypothesis. Based on the T test, it showed that the significance value of the school literacy program (X) on students reading interest (Y1) was 0,000 <0,05 and the significance value of the school literacy program (X) on student achievement (Y2) 0,000 <0,05. The results of data analysis were as follows: 1) the school literacy program was positive and significant towards students reading interest in Al-Azhaar Tulungagung Islamic Junior High School at 6,899 and 2) the school literacy program was positive and significant for students learning achievement in Al-Azhaar Tulungagung Islamic Junior High School at 2,583. Key words: school literacy program, reading interest, academic achievement. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program literasi sekolah terhadap minat baca dan prestasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, terdapat tiga variabel yaitu program literasi sekolah (X), minat baca (Y1) dan prestasi belajar siswa (Y2). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung kelas VIII dan IX sebanyak 270 siswa dengan sampel 152 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Uji persyaratan analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan uji T untuk menjawab hipotesis satu dan dua. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan berdasarkan uji T bahwa nilai signifikansi program literasi sekolah (X) terhadap minat baca (Y1) adalah 0,000<0,05 dan nilai signifikansi program literasi sekolah (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y2) 0,000<0,05. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: 1) program literasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca siswa SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung sebesar 6,899 dan 2) program literasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung sebesar 2,583. Kata Kunci: program literasi sekolah, minat baca, prestasi belajar
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMK NEGERI 1 SURABAYA HAJAR MUSTINAH ARIYANTO, RIFKY
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMK NEGERI 1 SURABAYA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMK Negeri 1 Surabaya, serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi guru di SMK Negeri 1 Surabaya dalam meningkatkan kompetensi profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMK Negeri 1 Surabaya yaitu kepala sekolah mengirim guru untuk mengikuti workshop, pelatihan, program keahlian ganda, dan praktik kerja industri. Selain itu sekolah juga mengadakan musyawarah guru mata pelajaran sewaktu-waktu; (2) faktor yang mendukung guru dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya yaitu dari keinginan guru sendiri untuk menambah ilmu dan keterampilan, mendapatkan sertifikat, keperluan kenaikan pangkat. Selain itu, peran kepala sekolah sebagai motivator juga berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi profesional guru; (3) faktor penghambat atau kendala yang mempengaruhi guru SMK Negeri 1 Surabaya dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya antara lain yaitu jauh dari keluarga, meninggalkan siswa untuk beberapa waktu, harus mencari guru pengganti, serta kendala fisik karena faktor umur.Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Guru.TEACHER PROFESSIONAL COMPETENCY IMPROVEMENT EFFORTS IN STATE 1ST VOCATIONAL SCHOOL, SURABAYA This study aims to describe the schools efforts to improve the professional competence of teachers at SMK Negeri 1 Surabaya, as well as supporting and inhibiting factors that affect teachers at SMK Negeri 1 Surabaya in improving professional competence. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. The technique of collecting data uses interviews, observation, and documentation studies. Data is analyzed using data condensation, data presentation, and data verification. Checking the validity of the data is done with credibility, transferability, dependability, and confirmation. The results of this study are: (1) the efforts made by the school in increasing the professional competence of teachers at SMK Negeri 1 Surabaya, namely the principal sends teachers to attend workshops, training, multiple expertise programs, and industrial work practices. Besides that the school also held subject teacher discussions at any time; (2) factors that support teachers in improving their professional competencies, namely from the teachers own desire to increase knowledge and skills, obtain certificates, promotion needs. In addition, the role of the principal as a motivator also influences the improvement of teacher professional competence; (3) inhibiting factors or constraints that affect the teachers of SMK Negeri 1 Surabaya in improving their professional competencies, among others, being away from family, leaving students for some time, having to find a substitute teacher, and physical constraints due to age factors. Keywords: Professional Competence, Teacher.

Page 1 of 2 | Total Record : 13