cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan
  • inspirasi-manajemen-pendidikan
  • Website
ISSN : -     EISSN : 22528253     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020)" : 10 Documents clear
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 3 DAN SMP NEGERI 4 SURABAYA Putra, Rachmad Sandyka; Hariyati, Nunuk
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan kinerja guru dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satunya yaitu kegiatan supervisi akademik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel supervisi akademik secara parsial terhadap variabel peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 3 Surabaya dan SMP Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS for Windows 25.0. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi parsial Product Moment dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 3 Surabaya dan SMP Negeri 4 Surabaya dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan besar pengaruh variabel supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 3 Surabaya dan SMP Negeri 4 Surabaya berdasarkan perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,480 atau 48%
PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PRODUKTIF DAN KELAYAKAN SARANA PRASARANA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DALAM PEMBELAJAR BERBASIS TEACHING FACTORY PADA PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 SURABAYA Marfianti, Yusi; Hariyati, Nunuk
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan bertujuan untuk menguji seberapa pengaruh kompetensi profesional guru produktif dan kelayakan sarana prasarana terhadap peningkatan kompetensi siswa dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada program keahlian multimedia di SMK Negeri 1 Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 138 siswa. Sedangkan, untuk menganalisis data menggunakan program SPSS For Windows 23.0. Berdasarkan, hasil data dari analisis uji F pada penelitian ini memperoleh  sebesar 41,800 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < nilai alpha 0,05. Sehingga, H0 ditolak dan H1 diterima artinya kompetensi profesional guru produktif dan kelayakan sarana prasarana bersama-sama berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi siswa. Adapun besarnya pengaruh kompetensi profesional guru produktif dan kelayakan sarana prasarana terhadap peningkatan kompetensi siswa dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada program keahlian multimedia di SMK Negeri 1 Surabaya sebesar 38,2%.
PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP IT AT-TAQWA SURABAYA Muti'ah, Zahro Dwi; Sholeh, muhamad
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem full day school merupakan salah satu sistem yang dapat mendorong peningkatan motivasi belajar dan pembentukan karakter siswa di sekolah, karena pembelajaran dapat dilakukan dengan waktu yang lebih lama. Namun, melalui wawancara yang dilakukan dengan beberapa guru dan siswa di SMP IT At-Taqwa Surabaya masih ditemui beberapa pendapat yang kontra terhadap sistem ini. Kenyataannya, berbagai keuntungan yang didapatkan melalui penerapan sistem full day school masih belum dapat menghilangkan beberapa pendapat kontra tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sistem Full Day School terhadap Motivasi Belajar dan Pembentukan Karakter Siswa di SMP IT At-Taqwa Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian sejumlah 171 siswa dari populasi berjumlah 300 siswa. Data dianalisis menggunakan program SPSS Versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis data pada uji T maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, artinya variabel full day school (X) berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar siswa (Y1) dengan nilai Thitung 6,329 > Ttabel 1,974185 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, serta variabel full day school (X) berpengaruh terhadap variabel pembentukan karakter siswa (Y2) dengan nilai Thitung 9,477 > Ttabel 1,974185 dan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Sistem full day school di SMP IT At-Taqwa Surabaya dalam kategori baik dengan persentase 89,9%, motivasi belajar siswa dalam kategori baik dengan persentase 75,3%, dan pembentukan karakter siswa dalam kategori baik dengan persentase 87,7%.
PROGRAM KELAS INDSUTRI BERBASIS MARKET NEEDS DI KOMPETENSI KEAHLIAN AKOMODASI PERHOTELAN SMKN 1 SURABAYA Zawawi, Ahmad Abdullah; Roesminingsih, Erny
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menelaah dan menganalisis program kelas industri berbasis market needs di kompetensi keahlian akomodasi perhotelan SMKN 1 Surabaya yang memiliki sub fokus penelitian berikut, (1) Rekruitmen peserta didik; (2) Alur pelaksanaan; (3) Dampak program kelas industri berbasis market needs. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh indeks pengangguran nasional yang menunjukkan SMK adalah prosentase terbanyak dan disebabkan oleh kompetensi lulusan yang tidak relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh DU/DI, Akhirnya program kelas industri berbasis market needs hadir untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas yang mencakup triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan membercheck; uji validitas eksternal; dependabilitas; dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kelas industri berbasis market needs memiliki tahapan yang sistematis, dengan proses rekruitmen yang dilakukan DU/DI guna menentukan peserta didik sesuai kualifikasi, dan memiliki alur pelaksanaan yang dimulai dari (1) MOU; (2) Magang guru; (3) sosialisasi; (4) Rekruitmen; (5) magang; (6) kelas pasca magang. Program Kelas Industri sendiri memiliki 2 dampak negatif, pertama tekanan psikis karena sistem rolling dan yang kedua jam kerja yang tidak menentu. Namun memiliki efek domino yang positif atas partisipasi DU/DI dalam program ini, lalu peningkatan kompetensi peserta didik hingga bermuara pada tingkat penyerapan kerja lulusan.
PENGARUH KINERJA DOSEN DAN LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Cahyani, Galuh Herlina Novia; Trihantoyo, Syunu
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan karena peneliti ingin menguji seberapa pengaruh kinerja dosen dan layanan administrasi akademik tenaga kependidikan terhadap kepuasan mahasiswa di Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 178 mahasiswa. Berdasarkan hasil data dari analisis uji T bahwa pada variabel kinerja dosen secara parsial berpengaruh terhadap variabel kepuasan mahasiswa dengan Thitung sebesar 2,203 > Ttabel sebesar 1,973 dengan nilai signifikan sebesar 0,029 < nilai alpha 0,05. Pada variabel layanan administrasi akademik tenaga kependidikan secara parsial berpengaruh terhadap variabel kepuasan mahasiswa dibuktikan dengan nilai Thitung sebesar 8,222 > Ttabel sebesar 1,973 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < nilai alpha 0,05. Pada hasil analisis uji F pada penelitian ini memperoleh Fhitung sebesar 87,554 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < nilai alpha 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kinerja dosen dan layanan administrasi akademik tenaga kependidikan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Oleh sebab itu, adanya kinerja dosen dan layanan administrasi akademik tenaga kependidikan yang berkualitas merupakan suatu hal yang dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa.
EVALUASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TEACHING FACTORY PADA PROGRAM KEAHLIAN PERBANKAN DI SMK NEGERI 1 JOMBANG Krisdayati, Fitria; Hariyati, Nunuk
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan  merupakan pendidikan menengah atas yang membekali siswa akan kompetensi dan keahlian dalam bidang tertentu yang ditekuninya sehingga menghasilkan Sumber Daya Manusia  yang  produktif dan mandiri. Kendala bagi penyelenggaraan pendidikan kejuruan yaitu banyaknya alumni SMK yang belum terserap kerja dikarenakan kemampuan yang dimiliki siswa belum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Alternatif keterserapan kerja alumni sekolah kejuruan di Du/Di ialah pelaksanaan pembelajaran teaching factory. Pembelajaran tersebut akan menghasilkan lulusan yang berkompeten serta keterkaitan dan ketersepan dengan kebutuhan pasar. Program teaching  factory mampu menjembatani kerjasama antara sekolah dengan dunia kerja maupun lembaga pemerintah program kerjasama tersebut mampu mempersiapkan alumni dalam bersaing di dunia kerja. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui dan mendeskripsikan : (1)  Konteks dalam pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada program keahlian perbankan di SMK Negeri 1 Jombang (2) Masukan dalam pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada program keahlian perbankan di SMK Negeri 1 Jombang (3) Proses dalam pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada program keahlian perbankan di SMK Negeri 1 Jombang (4) Produk/Hasil  dalam pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada program keahlian perbankan di SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji dependabilitas, uji transferbilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1)  Konteks dalam pelaksanaanya yakni kompetensi guru, kesiapan guru, kesiapan supervisor, kelengkapan dokumen, penyusunan instrument penilaian, sosialisasi pelaksanaan supervisi akademik (2) Masukan dalam  pelaksanaanya yakni perencanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory, sarana dan prasarana, persyaratan menjadi supervisor, kesiapan media pembelajaran guru mata pelajaran layanan perbankan pada kegiatan supervisi akademik, pola pembelajaran training berdasarkan prosedur kerja dalam pembelajaran, intake peserta didik program keahlian perbankan mata pelajaran layanan perbankan, dukungan anggaran untuk mendukung implementasi pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory (3) Proses dalam pelaksanaanya yakni pengaruh pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory pada mata pelajaran layanan perbankan, mekanisme pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory, tolok ukur keberhasilan pelaksanaan supervisi akademik pada mata pelajaran layanan perbankan, langkah langkah pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory, intensitas pelaksanaan supervisi akademik (4) Produk/hasil dalam pelaksanaanya yakni hasil/produk dalam pelaksanaan supervisi akademik, tolok ukur pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory, hasil evaluasi pelaksanaan supervisi akademik dalam pembelajaran berbasis teaching factory, kualitas program pembelajaran, peningkatan profesionalitas guru dan motivasi guru.
MANAJEMEN KERJASAMA SEKOLAH DENGAN INDUSTRI DALAM IMPLEMENTASI TEACHING FACTORY DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PGRI 1 GRESIK Oktafiyah, Usi; Hariyati, Nunuk
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen kerjasama merupakan proses yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penerapan serta pengendalian yang dilaksanakan untuk menjalin hubungan kerjasama sekolah dengan industri kemitraan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang manajemen kerjasama SMK PGRI 1 Gresik dengan industri dalam implementasi teaching factory. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang dilakukan meliputi uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses penentuan kerjasama program teaching factory di SMK PGRI 1 Gresik terdiri dari beberapa tahapan yaitu sekolah mengadakan link and match dengan industri, sekolah menentukan bentuk program teaching factory, kemudian dilaksanakan kegiatan pelatihan atau magang pada guru produktif  oleh masing-masing industri; (2) Keterlibatan komponen dan personil sekolah dalam kerjasama program teaching factory di SMK PGRI 1 Gresik, meliputi Kepala Sekolah, Ketua Jurusan (K3), Guru Produktif dan Siswa; (3) Bentuk Kerjasama program teaching factory di SMK PGRI 1 Gresik berupa produk, jasa, pelatihan dan sertifikasi; (4) Evaluasi kerjasama program teaching factory di SMK PGRI 1 Gresik dilaksanakan secara intern dan ektern.
PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP SHAFTA SURABAYA Mardiana, Ellys; Sholeh, Muhamad
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu iklim sekolah dan pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel iklim sekolah dan pendidikan karakter baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel hasil belajar siswa di SMP Shafta Surabaya dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data  pada penelitian ini berupa lembar angket yang di sebar kepada 115 responden beserta data nilai rapor responden. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS for Windows 25.0. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel iklim sekolah terhadap variabel hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, serta terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pendidikan karakter terhadap variabel hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,044 < 0,05. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel iklim sekolah dan variabel pendidikan karakter terhadap variabel hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Koefisien determinasi menunjukan nilai sebesar 0,749 yang berarti bahwa iklim sekolah dan pendidikan karakter di SMP Shafta Surabaya memiliki pengaruh 74,9% terhadap hasil belajar siswa.
PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR YAYASAN MUHAMMADIYAH SURABAYA Asih, Esti Rinengga; Sholeh, Muhamad
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Servant Leadership dan Budaya Sekolah baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel Kinerja Guru di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menggambarkan ada dan tidaknya pengaruh variabel servant leadership (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y). Penelitian ini menggunakan data primer berupa angket yang disebar kepada 138 responden. Responden dalam penelitian ini adalah guru di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS for windows 25.0. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa regresi berganda, Uji T, Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara  variabel servant leadership (X1) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Budaya Sekolah (X2) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) antara variabel servant leadership (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap Kinerja Guru (Y)  di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil Analisis Regresi berganda diperoleh persamaan Y = 22,340 + 0,163 X1 + 0,211 X2. Pada uji T  variabel servant leadership berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru sebesar 4,025 dan variabel budaya sekolah berpengaruh secara parsial dengan kinerja guru sebesar 5,182. Hasil Uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian Servant Leadership dan Budaya Sekolah berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya dimana pengaruhnya sebesar 49%, dan sisanya 51% disebabkan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian.
PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR YAYASAN MUHAMMADIYAH SURABAYA RINENGGA ASIH, ESTI; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Servant Leadership dan Budaya Sekolah baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel Kinerja Guru di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menggambarkan ada dan tidaknya pengaruh variabel servant leadership (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y). Penelitian ini menggunakan data primer berupa angket yang disebar kepada 138 responden. Responden dalam penelitian ini adalah guru di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS for windows 25.0. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa regresi berganda, Uji T, Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel servant leadership (X1) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Budaya Sekolah (X2) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) antara variabel servant leadership (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap Kinerja Guru (Y) di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil Analisis Regresi berganda diperoleh persamaan Y = 22,340 + 0,163 X1 + 0,211 X2. Pada uji T variabel servant leadership berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru sebesar 4,025 dan variabel budaya sekolah berpengaruh secara parsial dengan kinerja guru sebesar 5,182. Hasil Uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian Servant Leadership dan Budaya Sekolah berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya dimana pengaruhnya sebesar 49%, dan sisanya 51% disebabkan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian. Kata Kunci: Servant Leadership, Budaya Sekolah, Kinerja Guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 10