cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JPTK: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
ISSN : 08544735     EISSN : 24772410     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal of Technical and Vocational Education and Training (TVET) which is a double-blind peer-reviewed journal. The journal invites authors throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented topics relevant to: (1) teaching and learning in TVET, (2) evaluation, assessment and certification in TVET, (3) human resources management in TVET, (4) vocational education resources in TVET and (5) contemporary issues in TVET
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2009): (Oktober)" : 7 Documents clear
Pendekatan Reward Active Cooperative (RAC) pada Pembelajaran Praktik Gambar Teknik Mahasiswa Non Reguler Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY Ikhwannudin Ikhwannudin
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 2 (2009): (Oktober)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3087.668 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i2.9327

Abstract

Kendala dalam pengajaran mata kuliah Gambar Teknik adalah seringnya mahasiswa harus mengulang tugas untuk memenuhi standar kompetensi kemampuan menggambar teknik. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mencari metode pembelajaran yang efektif untuk mata kuliah ini. Salah satu metode pembelajaran yang menarik untuk diuji terapkan adalah pembelajaraa cooperative learning.  Dalam metode pembelajaran ini mahasiswa dikondisikan dan didorong untuk belajar bersama dalam kelompok kecil. Di dalam kelompok tersebut diharapkan mahasiswa yang lebih pandai dapat membantu mahasiswa lain dengan menjelaskan cara dan hasil akhir tiap tugas. Salah satu turunan dari model pembelajran cooperative learning adalah RAC (Reward Active Cooperative). Desain penelitian ini adalah classroom research. Subyek penelitian adalah salah satu kelas dari kelas Gambar Teknik Prodi D3 Non Reguler. Waktu penelitian selama empat bulan. Metode pengumpulan data metode survei, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Pembelajaran kelompok model RAC ternyata: (a) Pembelajaran reward kerjasama berupa skor tambahan atas tugas pada pembelajaran cooperative model model RAC ini sangat baik untuk meningkatkan kerjasama dan skor rerata kelompok, (b) Pemberian perhatian terhadap kebenaran pemahaman dan tugas ketua kelompok adalah sangat penting (c) Proses pembentukan kelompok, terutama komposisi anggota kelompok harus dipertimbangkan dengan baik karena akan berpengaruh terhadap keseluruhan proses pembelajaran hingga akhir semester.
Model Pembelajaran Microteaching untuk Calon Guru SMK RSBI Sudiyatno Sudiyatno; Apri Nuryanto
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 2 (2009): (Oktober)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2848.008 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i2.9328

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan suatu model pembelajaran microteaching yang dapat digunakan untuk mempersiapkan calon guru SMK yang bertaraf internasional. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengambil tempat di jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. Pengambilan data awal dilakukan dengan cara memberikan pre-test diawal perkuliahan untuk mengetahui tingkat kemampuan awal Bahasa Inggris terhadap dua kelas peserta perkuliahan pengajaran mikro sebanyak 30 mahasiswa. Terpilih 6 mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan Bahasa inggris yang sangat aplikatif berkenaan dengan praktik pengajaran mikro dikelas. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus dan terdiri atas tujuh kali tatap muka. Hasil analisis pre-test menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa peserta perkuliahan pengajaran mikro lemah dalam penguasaaan Bahasa Inggris. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, model pengajaran mikro untuk calon guru SMK RSBI terdiri atas program perkuliahan pengajaran mikro dan perkuliahan pendalaman Bahasa Inggris yang menekankan pada percakapan. Kedua, perangkat model pembelajaran mikro dua bahasa setidaknya membutuhkan materi-materi pendalaman Bahasa Inggris, kegiatan praktik pengajaran mikro dua bahasa secara bertahap, peralatan perekam dan instrument penelitian. Ketiga, model pengajaran mikro dua bahasa ini dapat diselenggarakan secara paralel/ bersama-sama dengan perkuliahan mikro regular.
Analisis Daya Prediksi Tes Seleksi Masuk Program D3 Reguler Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa D3 Teknik FT UNY Sudji Munadi
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 2 (2009): (Oktober)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2438.581 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i2.9326

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil tes seleksi masuk program D3 Reguler Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) dan prestasi akademik mahasiswa D3 FT UNY yang lulus tes seleksi dan (2) daya prediksi tes seleksi terhadap prestasi akademik mahasiswa D3 FT UNY. Penelitian ini dilaksanakan di FT UNY dengan menggunakan teknik analisis dokumen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa baru program D3 FT UNY tahun 2005 yang diterima melalui tes seleksi sebanyak 219 orang. Semua populasi dijadikan sampel penelitian. Data penelitian diambil dari dokumen hasil tes seleksi masuk dan pencapaian indeks prestasi semester I pada tahun akademik 2005/ 2006. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan korelasional dengan menggunakan bantuan program SPSS 10. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian Sebagai berikut: (1) rerata skor hasil tes seleksi masuk program D3 reguler= 261, 733 masuk dalam kategori baik, (2) rerata indeks prestasi yang dicapai mahasiswa angkatan 2005/2006= 2,711 masuk dalam kategori baik dan (3) tes seleksi masuk program D3 Reguler tahun 2005 memiliki korelasi positif terhadap pencapaian indeks prestasi mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,68. Dengan kata lain, skor tes seleksi masuk memberikan kontribusi sebesar 46,24% terhadap capaian indeks prestasi. Artinya tes seleksi masuk program D3 Reguler FT UNY memiliki daya prediksi yang cukup baik. Oleh karena itu, tes seleksi masuk ini dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru FT UNY dalam rangka mendapatkan calon mahasisawa yang berkualitas.
Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Kooperatif Promosi-Degradasi pada Pembelajaran Praktik Kerja Batu Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNY Sumarjo H
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 2 (2009): (Oktober)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3203.447 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i2.9329

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran dengan pendekatan kooperatif Promosi Degradasi (KPD) untuk pembelajaran praktik kerja batu mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakuktas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Bangunan yang mengambil mata kuliah praktik kerja batu pada semester 1 dan semester 3. Jumlah subjek penelitian sebanyak 50 orang, 31 orang asal SMU dan 19 orang asal SMK. Pelaksanaan tindakan untuk mahasiwa semester 1 sebanyak 5 kali dan untuk mahasisawa semester 3 sebanyak 4 kali. Pembagian kerja kelompok praktik dikombinasikan secara homogin, heterogen, acak, dan selera pribadi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, cek list, rekaman gambar dan angket. Anilisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian menunjukan bahwa pendekatan KPD untk pembelajaran praktik kerja terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, bukti-bukti yang mendukung yaitu: (1) nilai yang diperoleh mahasiswa cenderung meningkat (2) motivasi belajar makin tinggi dan (3) pembelajaran KPD dipersepsi positif oleh mahasiswa. Efek-efek yang mengemuka dalam pendekatan KPD terdiri dari efek positif dan negatif. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran dengan pendekatan KPD yaitu: (1) terbatasnya peralatan praktik (2) belum tersedia ruang praktik yang baku dan (3) belum membudaya bagi dosen dan mahasiswa. Rekomendasi dari temuan penelitian ini adalah untuk segera mengimplementasikan metode pembelajaran praktik dengan pendekatan KPD dan perlunya melengkapi alat praktik yang kurang.
Implementasi Self-Evaluation untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Pemesinan 3 Edy Purnomo
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 2 (2009): (Oktober)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2088.401 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i2.9331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Praktik Pemesinan 3 melalui penerapan self-evaluation. Kualitas pembelajaran tersebut diukur dari aktifitas kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek yang menjadi sasaran penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Praktik Pemesinan 3, grup A1 yang bejumlah 14 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumen asesmen prestasi belajar, observasi dan wawancara. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan  kualitatif. Hasil penelitian memperoleh temuan model self-evaluation dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pemesinan 3 yang ditunjukan oleh meningkatnya aktifivitas, kemandirian, perhatian dan prestasi belajar mahasiswa.
Implementasi Penilaian Pembelajaran pada SMK jurusan Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta A Manap
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 2 (2009): (Oktober)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3046.728 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i2.9333

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui implemetasi penilaian pembelajaran di SMK Jurusan Bangunan di Daerah Intimewa Yogyakarta dalam rangka pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan (2) mengidentifikasi kendala-kendala yang dialami oleh guru SMK jurusan Bangunan dalam menerapkan sistem penilaian pembelajaran sesuai ketentuan dalam implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi yang dilakukan di 7 (tujuh) SMK negeri Jurusan Bangunan di DIY. Penentuan sampel sekolah dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, pada SMK negeri di DIY yang memiliki jurusan Bangunan. Sumber data adalah guru yang mewakili semua kelompok mata pelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum implementasi penilaian pembelajaran telah sesuai dengan panduan implementasi KTSP. Kendala yang dialami oleh guru antara lain: (1) kesulitan dalam mengembangkan instrumen penilian yang sesuai dengan indikator dan (2) mengobservasi siswa secara individual karena jumlah siswanya banyak.
Penerapan Media Interaktif dengan pembelajaran Cooperative Learning pada Mata Diklat Instalasi Listrik Penerangan Mutaqin, Mutaqin; Heru TM, Totok; Haryanto, Haryanto
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 2 (2009): (Oktober)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jptk.v18i2.9330

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui tanggapan peserta didik SMKN 3 Yogyakarta terhadap penerapan strategi pembelajaran kooperatif (Cooperative Learaning) pada mata diklat Instalasi Listrik Penerangan melalui penggunaan media interaktif terinovasi (2) mengetahui pencapaian kompetensi hasil belajar mata diklat Instalasi Listrik Penerangan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif terinovasi melalui pembelajaran koopearatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian  ini adalah melalui penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan model Elliot dengan tahapan plan, action, observation dan reflection. Pada setiap siklus dilakukan tindakan kelas dengan metode pembelajaran yang berbeda-beda. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SMKN 3 Yogyakarta, program keahlian Teknik Listrik yang sedang menempuh mata diklat Instalasi Listrik Penerangan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan metode diskusi kerja dalam kelompok kecil mandiri mendapatkan tanggapan positif paling tinggi (81,69%) disusul metode diskusi antar kelompok/ kelompok besar (79,00%) dan yang terendah melalui metode diskusi terbimbing (74%) (2) Berdasarkan hasil belajar peserta didik didapatkan secara berturut-turut diperoleh  skor rata-rata adalah  dengan metode pembelajaran diskusi antar kelompok (74,69), disusul penggunaan metode diskusi terbimbing (69,27) dan yang terendah melalui metode diskusi kelompok kecil mandiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 7