cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Edutech
ISSN : 08521190     EISSN : 25020781     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Edutech adalah jurnal majalah ilmiah di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia yang terbit sebanyak tiga kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. Semua artikel yang dikirim melalui proses peer review double blind dan ulasan editor sebelum di publikasikan.Jurnal Edutech atau kepanjangan dari Educational Technology ini menerima artikel tentang pendidikan, teknologi pendidikan dan komunikasi
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2020)" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA AUDIO SECARA ONLINE Fadlillah, Ahmad Fajar
EDUTECH Vol 19, No 1 (2020)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/e.v1i1.22721

Abstract

The purpose of this research was to develop audio media training online. Research sites were conducted on the graduate program educational technology at Universitas Negeri Jakarta and Universitas Pendidikan Indonesia. This kind of research was Research and Development using ADDIE For E-Learning development model. Data collected by using the method of observationss, questionnaires and test. The results of this research were: 1) description of development procedure of audio media training online using ADDIE For E-Learning model; 2) the validity of the e-learning based on experts review obtained good results. Based on product to level individual trials, small group trials, and field trials are also obtained good results. Results of formative evaluation indicate that, the product is classified as good, so the product is used as a audio media training online are feasible and effective. The implication of this study for the next researcher became the reference material in the same study and reference to make better research. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pelatihan media audio online. Tempat penelitian dilaksanakan pada program Sarjana Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Pendidikan Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE For E-Learning. Data dikumpulkan dengan menggunakan  observasi, angket dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) deskripsi prosedur pengembangan pelatihan media audio online menggunakan model ADDIE For E-Learning; 2) validitas e-learning berdasarkan ulasan ahli memperoleh hasil yang baik. Berdasarkan produk untuk menguji tingkat individu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan juga memperoleh hasil yang baik. Hasil evaluasi formatif menunjukkan bahwa, produk tergolong baik, sehingga produk yang digunakan sebagai pelatihan media audio online layak dan efektif. Implikasi dari penelitian ini untuk peneliti berikutnya menjadi bahan referensi dalam studi yang sama dan referensi untuk membuat penelitian yang lebih baik.
PENINGKATAN KUALITAS GURU PJOK DALAM MENGHASILKAN KARYA ILMIAH MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Haris, Fahmil; Amsal, Mutiara Felicita
EDUTECH Vol 19, No 1 (2020)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/e.v1i1.23494

Abstract

This activity aims to improve the ability of PJOK teachers in writing scientific papers and following technological developments, especially at the elementary school level. Classroom action research is a form of scientific work that aims to solve problems that exist in the learning process. The method used in this activity is participatory learning and action (PLA), including: 1) coordination with partners in the process of preparing program implementation and contacting a team of experts who will later provide training, 2) preparation of activity guides to be carried out, 3) training on making scientific papers and training on the use of information and communication technology, 4) program assistance and evaluation. The result of this activity is that partners have the insight and ability to utilize information and communication technology to produce scientific papers. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru PJOK dalam menulis karya ilmiah dan mengikuti perkembangan teknologi, khususnya pada tingkat Sekolah Dasar. Penelitian tindakan kelas merupakan bentuk karya ilmiah yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah participatory learning and action (PLA), meliputi: 1) koordinasi dengan mitra dalam proses persiapan pelaksanaan program dan menghubungi tim ahli yang nantinya akan memberikan pelatihan, 2) penyusunan panduan kegiatan yang akan dilaksanakan, 3) pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah dan pelatihan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, 4) pendampingan program dan evaluasi. Hasil kegiatan ini adalah mitra memiliki wawasan dan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menghasilkan karya tulis ilmiah.
EFFECT OF INDUSTRY-BASED LEARNING AND MOTIVATION ON STUDENT'S ENTREPRENEURSHIP COMPETENCIES Handayani, Farida Hanim; Rufii, Rufii; Harwanto, Harwanto
EDUTECH Vol 19, No 1 (2020)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/e.v1i1.20876

Abstract

This study aims to analyze: 1) entrepreneurial competence differences between students who are guided by using the concept of industry-based learning (Teaching Factory) and groups of students who are guided by using conventional learning concepts, 2) differences between students who have high learning motivation and students who have low learning motivation towards their entrepreneurial competencies, and 3) significance of interactions between industry-based learning (Teaching Factory), conventional learning, and learning motivation towards entrepreneurial competencies. The research method used was the experimental method with a factorial 2x2 design. The data collection in this study used questionnaire, written tests, and practice tests. The collected data were then analyzed by using the two-way ANOVA. The results showed that: 1) there were significant differences entrepreneurial competencies of students in the learning models, 2) there were significant differences in the students 'learning motivation towards their entrepreneurial competencies, 3) there were interactions between industry-based (Teaching Factory) and conventional learning models and learners' motivation towards entrepreneurial competencies. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan kompetensi kewirausahaan antara siswa yang dibimbing dengan menggunakan konsep pembelajaran berbasis industri (Teaching Factory) dan kelompok siswa yang dibimbing dengan menggunakan konsep pembelajaran konvensional, 2) perbedaan siswa yang memiliki motivasi belajar dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah terhadap kompetensi kewirausahaannya, dan 3) signifikansi interaksi antara pembelajaran berbasis industri (Teaching Factory), pembelajaran konvensional, dan motivasi belajar terhadap kompetensi kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes tertulis, dan tes praktik. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi kewirausahaan siswa pada model pembelajaran, 2) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap kompetensi kewirausahaannya, 3) terdapat interaksi antara berbasis industri (Teaching Factory) dan model pembelajaran konvensional serta motivasi peserta didik terhadap kompetensi kewirausahaan.
THE IMPLEMENTATION OF PBL AND IBL COLLABORATION MODELS USING VIDEO TO IMPROVE STUDENTS’ CRITICAL THINKING Yunitasari, Yessyca
EDUTECH Vol 19, No 1 (2020)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/e.v1i1.21411

Abstract

Teaching history not only conveys historical facts but develops students' critical thinking in reconstructing historical events and the values contained therein. But the media and methods used today have not been able to improve students' critical thinking skills. This study aims to improve students' critical thinking skills through the application of PBL and IBL collaboration models using video. Research subjects are 10th grade students in one of the high school in Jember. The design of this study uses classroom action research consisting of three cycles. The results showed that the ability to think critically increased in each cycle. In cycle 1, the ability to think critically 50,33% in cycle 2 increased to 69,83% in cycle 3 increased to 78,38%. So it can be concluded that the application of the PBL and IBL collaboration models using video media can improve students' critical thinking skills.Pengajaran sejarah bukan hanya menyampaikan fakta-fakta sejarah tetapi mengembangkan pemikiran kritis siswa dalam merekonstruksi peristiwa sejarah dan nilai yang terkandung didalamnya. Namun media dan metode yang digunakan saat ini belum mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model kolaborasi PBL dan IBL menggunakan video. Subjek penelitian adalah siswa kelas X salah satu SMA di Jember. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan di tiap siklusnya. Pada siklus 1 kemampuan berpikir kritis 50,33% pada siklus 2 meningkat menjadi 69,83% pada siklus 3 meningkat menjadi 78,38%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model kolaborasi PBL dan IBL menggunakan media video mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
MEMBANGUN DAYA SAING SISWA SMK MELALUI OPTIMALISASI EMPLOYABILITY SKILL DAN KOMPETENSI Hakim, Dani Rahman; Fitri, Euis Nessia
EDUTECH Vol 19, No 1 (2020)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/e.v1i1.20973

Abstract

This study aims to : 1) analyzing the effect of learning achievement, ICT Skills, and industrial work practices (internship) on studet competencies, 2) analizing the effect of learning achievement, ICT Skills, internship, and competencies on employability skills, and 3) analizing the effect of learning achievement, ICT Skills, internship, competencies, and employability skill on competitiveness of vocational students in Accounting Department in South Tangerang City. Total sample on this research is 284 students. Analizing data method is used the quantitative approach with path analisys. The results of this research include: 1) learning achievement has a positive and significant effect on competence, ICT Skill has no effect on competence, and internship has a negative and significant effect on competence. 2) learning achievement and ICT Skill did not significantly affecting employability skills, whereas Internship and competence had a positive and significant effect on employability skills. 3) learning achievement, ICT Skill, Internship, and Competence did not significantly affect competitiveness, while employability skills had a positive and significant effect on competitiveness. Based on these results, it can be understood that until now competence has not been able to be a determining factor in increasing student competitiveness. On that basis, the government should be developing a new formula that can be encouraging vocational schools to developing their students competence’s and employability skills. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis pengaruh prestasi belajar, ICT Skills, dan praktik kerja industri (magang) terhadap kompetensi mahasiswa, 2) menganalisis pengaruh prestasi belajar, ICT Skills, magang, dan kompetensi terhadap Employability skills, dan 3 ) menganalisis pengaruh prestasi belajar, Keterampilan ICT, magang, kompetensi, dan keterampilan kerja terhadap daya saing siswa SMK di Jurusan Akuntansi di Kota Tangerang Selatan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 284 siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini antara lain: 1) prestasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi, ICT Skill tidak berpengaruh terhadap kompetensi, dan magang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kompetensi. 2) Prestasi belajar dan ICT Skill tidak berpengaruh signifikan terhadap Employability Skill, sedangkan Magang dan Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Employability Skill. 3) Prestasi belajar, Keterampilan TIK, Magang, dan Kompetensi tidak berpengaruh signifikan terhadap daya saing, sedangkan keterampilan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing. Berdasarkan hasil tersebut dapat dipahami bahwa sampai saat ini kompetensi belum mampu menjadi faktor penentu dalam meningkatkan daya saing mahasiswa. Atas dasar itu, pemerintah harus mengembangkan formula baru yang dapat mendorong sekolah kejuruan untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan kerja siswanya.
PENINGKATAN WAWASAN MAHASISWA MELALUI MANAJEMEN PEMBELAJARAN SEMINAR PADA AKADEMI SEKRETARI DAN MANAJEMEN ARIYANTI Permana, Tatiek Ekawati; Yusuf LN, Syamsu; Chaerudin, Ruli Mochammad
EDUTECH Vol 19, No 1 (2020)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/e.v1i1.21538

Abstract

As a college that concentrates on the field of secretary and management, Ariyanti  Academy of Secretary and Management has its own instructional management. The instructional management carried out by the Academy of Secretary and Management Ariyanti is edutainment which is packaged in the form of seminar activities. The seminar organized by the Ariyanti Academy of Secretary and Management was conducted in the form of education, motivation, and testimonials. The seminar organized by the academy has its advantages and uniqueness that involves students as the organizing committee, providing door prizes and entertainment, as well as presenting speakers from a variety of different backgrounds. The aim of this research was to see the effectiveness of the seminar organized by the academy in increasing the students’ insights. Benefits of this research includes providing evaluative description of instructional management in university, especially in Ariyanti  Academy of Secretary and Management. This research was conducted using a quantitative approach and using a questionnaire as a data collection technique. The results showed that the seminar organized by Academy of Secretary and Management Ariyanti was in line with the expectations of students as participants in terms of events, resource persons, and facilities.Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti sebagai perguruan tinggi yang berkonsentrasi pada bidang sekretari dan manajemen memiliki manajemen pembelajarannya sendiri. Salah satu manajemen pembelajaran yang dilaksanakan oleh Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti yaitu edutainment yang dikemas dalam bentuk kegiatan seminar. Seminar yang diselenggarakan oleh Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti dilakukan dalam bentuk edukasi, motivasi, dan testimoni. Seminar yang diselenggarakan oleh Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti memiliki kelebihan dan keunikan yang melibatkan mahasiswa sebagai panitia penyelenggara, menyediakan doorprize dan hiburan, serta menghadirkan pembicara dari berbagai latar belakang yang berbeda. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat efektivitas seminar yang diselenggarakan oleh Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti dalam meningkatkan wawasan mahasiswa. Manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai gambaran atas penilaian sebuah manajemen pembelajaran di Perguruan Tinggi, khususnya Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seminar yang diselenggarakan oleh Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti sesuai dengan harapan mahasiswa sebagai peserta dalam hal acara, narasumber, dan fasilitas.
USE OF SIBELIUS SOFTWARE ON UNDERSTANDING OF KNOWLEDGE MATERIAL LEARNING THEORY OF SMK VOCATIONAL SCHOOL Williantoro, Guntur
EDUTECH Vol 19, No 1 (2020)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/e.v1i1.22114

Abstract

This study aims to examine (1) the scientific implementation using the Sibelius software media (2) the effect of using Sibelius Software on the understanding and ability of music theory knowledge (3) the influence on the understanding and ability of music theory knowledge by not using the Sibelius software. This research is an experimental research with Pretest-Posttest design, Nonequivalent Control Group Design. This study used an experimental class and a control class. The population of the study was students of music class I and class II music class I at SMKN 12 Surabaya. The experimental results showed that the pretests of the control class and experimental class students tended to be almost the same. The posttest learning result data showed the difference in the average score between the experimental class and the control class was categorized as very high. Based on the results of the average score, it was obtained that there was an increase in understanding of the material knowledge of music theory subjects in class X SMK in the first semester. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) Implementasi saintifik menggunakan media software sibelius  (2) pengaruh penggunaan Software Sibelius terhadap pemahaman dan kemampuan pengetahuan teori musik (3) pengaruh terhadap pemahaman dan kemampuan pengetahuan teori musik dengan tidak menggunakan  software sibelius. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest, Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas musik I  dan kelas musik II semester I di SMKN 12 Surabaya. Hasil eksperimen menunjukkan pretest mahasiswa kelas kontrol dan kelas eksperimen cenderung hampir sama. Data hasil belajar posttest menunjukkan selisih skor rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berkategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil nilai rata-rata diperoleh bahwa terjadi peningkatan pemahaman materi pengetahuan mata pelajaran Teori musik SMK kelas X semester I.
EFFECT OF PROBLEM-BASED LEARNING AND INITIAL ABILITY ON AUTOMOTIVE ENGINEERING LEARNING OUTCOMES Rufii, Rufii
EDUTECH Vol 19, No 1 (2020)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/e.v1i1.20822

Abstract

The purpose of this study was to examine the differences in the effect of Problem Based Learning) and initial abilities on learning achievement on Light Vehicle Engine Maintenance subjects. This study was a quasi-experimental study with 2 x 2 or 22 factorial designs. A total of 127 eleventh-grade vocational high school students of Light Vehicle Engine Maintenance participated in the study. The data were collected by tests and non-tests. They were then analyzed by 2-way ANOVA. The results showed that the students’ learning achievement was improved when the teacher applied thd Problem Based Learning model without having to look the at students' initial abilities. This is due to the fact that the learning model and the initial abilities did not have a significant interactional effect on the learning achievement. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan pengaruh Problem Based Learning) dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Perawatan Mesin Kendaraan Ringan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2 atau 22. Sebanyak 127 siswa SMK Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan kelas XI ikut serta dalam penelitian tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes. Mereka kemudian dianalisis dengan 2-way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat ketika guru menerapkan model Problem Based Learning tanpa harus melihat kemampuan awal siswa. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran dan kemampuan awal tidak memberikan pengaruh interaksional yang signifikan terhadap prestasi belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 8