cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 19784538     EISSN : 2527421X     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1: Juni 2012" : 10 Documents clear
DESAIN ELEARNING ADAPTIF BERBASIS COGNITIVE STYLEUNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA KELAS XII IPA Kuswari Hernawati
Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 1: Juni 2012
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.688 KB) | DOI: 10.21831/pg.v7i1.2835

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah mempengaruhi sistem pendidikanmenuju paradigma pembelajaran baru dengan proses pembelajaran e-Learning. E-Learning adalahwujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Sistem elearningtelah banyak dikembangkan oleh berbagai lembaga pendidikan baik tingkat perguruan tinggimaupun sekolah. Sistem e-learning yang ada sekarang ini mulai dikembangkan denganmempertimbangkan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda. Model elearning adaptif berbasiskarakteristik peserta didik dikelompokkan menjadi dua yaitu AES-CS (Adaptive Educational Systembase on Cognitive Style) yang proses pembelajarannya diadaptasikan dengan cognitive style (gayakognitif) peserta didik dan AEHS-LS (Adaptive E-Learning Hypermedia System based on LearningStyles) yang proses pembelajarannya diadaptasikan dengan gaya belajar peserta didik. Elearning adaptifmodel AES-CS dapat juga dimanfaatkan untuk pembelajaran matematika SMA khususnya SMA kelasXII IPA. Dalam rancangan sistemnya proses pembelajarannya menggunakan bentuk DIL (DinamicIntelectual Learning), yaitu proses pembelajarannya diadaptasikan dengan tingkat kemampuan danpemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan.Kata kunci: elearning adaptif, cognitive style, matematika SMA kelas XII
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KALKULUS VEKTORBERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKAKNISLEY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI MATEMATIKA MAHASISWA Endang Dedy; Endang Mulyana; Eyus Sudihartinih
Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 1: Juni 2012
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.554 KB) | DOI: 10.21831/pg.v7i1.2840

Abstract

This research is a study of Vector Calculus teaching material development that is designed toactivate all parts of students brain in learning process. The purpose of this research is to improve student’sunderstanding on mathematic subject. This teaching material development is based on Knisley’sMathematic Learning Model. The steps in this model of learning are exploration, elaboration, andconfirmation activities as guided in learning process standards.The research method adopted follows a series of research development developmental research)through thought experiments and instruction experimentation. The study begins with an in-depth studytheoretically develop the syllabus according to Vector Calculus curriculum structure and the distributionof subjects contained in the curriculum UPI 2010. The next step compile teaching materials presented inprint media which comes with interactive computer programs.Lectures by using teaching materials and student assignments that have been developed followingthe steps Knisley’s Mathematic Learning Model effective in improving student competence in vectorcalculus. This is presumably because the students have the opportunity to develop ideas collaborativelywith peers in completing tasks.Keywords: Knisley’s Mathematic Learning Model, exploration, elaboration, confirmation.
EVALUASI DISTRIBUSI GABUNGAN MENGGUNAKANALGORITMA KONVOLUSI DAN REKURSI PANJER Rosita Kusumawati
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7, No 1: Juni 2012
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.059 KB) | DOI: 10.21831/pg.v7i1.2834

Abstract

Evaluasi distribusi gabungan merupakan bagian penting dalam matematika asuransi dan manajemenresiko. Perbandingan evaluasi distribusi gabungan menggunakan algoritma Konvolusi dan rekursi Panjerakan dikaji dalam tulisan ini.Keywords: distribusi gabungan, konvolusi, rekursi panjer
PENERAPAN TEORI GRAF PADA ANALISIS JEJARING SOSIALDENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT MICROSOFT NODE XL Nur Insani; Nur Hadi Waryanto
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7, No 1: Juni 2012
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.38 KB) | DOI: 10.21831/pg.v7i1.2839

Abstract

Pentingnya posisi seseorang di dalam jaringan ataupun suatu organisasi tidak hanya ditentukanoleh seberapa banyak ia terhubung oleh banyak orang tetapi apakah seseorang menjadi jembatan dariorang-orang yang memiliki banyak jaringan. Jadi bukanlah faktor centraliti yang merupakan faktor utamaseseorang dianggap penting, tetapi information broker, yaitu seseorang yang bukan pusat dariketerhubungan banyak orang namun memiliki hubungan dengan orang-orang yang memiliki banyakpengikut, memegang peranan yang lebih penting. Analisa Jejaring Sosial (AJS) memberikan peranpenting dalam menggambarkan interaksi informal dimana ia menggambarkan keadaan interaksi manusiasebagai mana keadaan nyata. Salah satu bentuk jejaring sosial yang dapat dianalisa adalah kepengurusanDekanat FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sampai dengan kepengurusan pada JurusanPendidikan Matematika FMIPA UNY. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa jejaring sosial padastruktur kepengurusan tersebut berdasar garis komando. Dengan menggunakan perangkat lunak bantuMicrosoft NodeXL, struktur kepengurusan Dekanat FMIPA UNY dibawa ke dalam bentuk matematis(teori graf), selanjutnya dianalisa dan diambil kesimpulan dari jejaring sosial yang terjadi berdasarkanproperti/fitur dari graf yang terbentuk. Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa meskipunDekan menduduki posisi teratas dan penting, namun kedudukan Ketua/Sekretaris Jurusan PendidikanMatematika, Kepala Bagian TU dan Kepala Labotorium Pendidikan Matematika, juga menduduki posisipenting didalam kepengurusan Dekanat FMIPA UNY.Kata Kunci: Analisis Jejaring Sosial, Microsoft NodeXL.
KESTABILAN GLOBAL BEBAS PENYAKITFLU SINGAPURA (Hand, Foot and Mouth Disease)BERDASARKAN MODEL SEIRS Eminugroho Ratna Sari
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7, No 1: Juni 2012
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.135 KB) | DOI: 10.21831/pg.v7i1.2833

Abstract

AbstrakPenelitian mengenai penyebaran HFMD pertama dilakukan menggunakan model SIR. Pada model ini,populasi individu yang sebenarnya telah terinfeksi tetapi belum menunjukkan gejala-gejala penyakit tidakdijelaskan. Dalam paper ini akan dibahas mengenai pembentukan model matematika dari penyebaranpenyakit HFMD menggunakan model SEIRS. Adanya penambahan kelas populasi E (Exposed) untukmelengkapi kekurangan pada model sebelumnya. Berdasarkan model, diperoleh titik ekuilibrium bebaspenyakit dan endemik. HFMD tidak akan mewabah jika R0 1. Selanjutnya dilakukan simulasimenggunakan MAPLE 13.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWADENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASIMOODLE Abdul Muin; Rizki Mauliya Ulfah
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7, No 1: Juni 2012
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.953 KB) | DOI: 10.21831/pg.v7i1.2838

Abstract

Pengaruh pembelajaran matematika dengan aplikasi moodle terhadap hasil belajar siswa dibahasdisini. Dalam penelitian ini quasi eksperimen digunakan dengan dua kelompok. Kelompok eksperimendiberikan pembelajaran dengan apliksi moodle dan kelompok control diberikan pembelajaran denganaplikasi power point. Hasil pengujian hipotesis cukup signifikan pada taraf nyata 5%. Hasil inimenunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan aplikasi moodle lebih besardaripada hasil belajar siswa yang pembelajarannya mnggunakan aplikasi powerpoint. Hal ini dapatdiinterpretasikan bahwa penerapan aplikasi moodle dalam pembelajaran matematika dapat mempengaruhihasil belajar mereka. Penerapan aplikasi moodle dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.Keywords: Hasil belajar, aplikasi moodle, aplikasi powerpoint,
PEMBENTUKAN SIGMA DELTA DAN IDEAL PRIMDARI GELANGGANG POLINOM MIRING Amir Kamal
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7, No 1: Juni 2012
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/pg.v7i1.2832

Abstract

...
CONSTRUCTION A CORING FROM TENSOR PRODUCT OF BIALGEBRA Nikken Prima Puspita; Siti Khabibah
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7, No 1: Juni 2012
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.412 KB) | DOI: 10.21831/pg.v7i1.2837

Abstract

In this Paper introduced a coring from tensor product of bialgebra. An algebra with compatible coalgebrastructure are known as bialgebra. For any bialgebra B we can obtained tensor product between B anditself. Defined a right and left B -action on the tensor product of bialgebra B such that we have tensorproduct of B and itself is a bimodule over B. In this note we expect that the tensor product B anditself becomes a B -coring with comultiplication and counit.Keywords : action, algebra, coalgebra, coring.
IDENTIFIKASI KEBUTUHAN SOFT SKILL MAHASISWAPROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FMIPA UNYDALAM RANGKA MEMBENTUK INSAN CENDEKIA, MANDIRI,DAN BERNURANI Elly Arliani; Kana Hidayati
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7, No 1: Juni 2012
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.537 KB) | DOI: 10.21831/pg.v7i1.2831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kondisi soft skill mahasiswa Program StudiPendidikan Matematika saat ini, (2) Mengidentifikasi soft skill apa saja yang dibutuhkan oleh mahasiswadalam rangka membentuk insan cendekia, mandiri, dan bernurani. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPAUNY yang tercatat masih aktif yakni 680 mahasiswa. Sampel penelitian diambil dengan mengacu pada tabelKrecjie. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa angket dan pedoman wawancara untukmahasiswa. Untuk memperkuat temuan yang diperoleh dari mahasiswa, wawancara juga dilakukan kepadabeberapa dosen Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Data dianalisis dengan teknik AnalisisData Deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kondisi soft skill mahasiswa Program Studi PendidikanMatematika FMIPA UNY saat ini adalah sebagai berikut: (a) Aspek kepribadian termasuk kategori sedang,(b) Aspek keterampilan berinteraksi sosial termasuk baik, (c) Aspek keterampilan berkomunikasi termasukkategori baik, (d) Aspek keterampilan presentasi dalam kategori baik, (e) Aspek keterampilan bekerjasamadalam tim termasuk sudah baik, (f) Aspek keterampilan berinisiatif termasuk kategori sedang, dan (g) Aspekketerampilan beradaptasi termasuk kategori sudah baik. (2) Soft skill yang paling dibutuhkan, sebagian besarmahasiswa menganggap bahwa secara berturut-turut aspek kepribadian, kemampuan berkomunikasi, dankemampuan berinisiatif merupakan aspek prioritas utama yang harus diperhatikan untuk menuju terwujudnyainsan cendekia, mandiri, bernurani sedangkan aspek keempat yaitu keterampilan presentasi merupakan aspekprioritas terakhir.
VERTEX ANTIMAGIC TOTAL LABELING PADA GRAPHMULTICYCLE Dominikus Arif Budi Prasetyo pythagors
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7, No 1: Juni 2012
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.236 KB) | DOI: 10.21831/pg.v7i1.2836

Abstract

Pelabelan graf merupakan bagian dari graf yang berkembang saat ini. Jenis pelabelan pada graf bergantungpada domainnya, yakni pelabelan sisi ajaib, pelabelan titik ajaib, dan pelabelan total ajaib. Pelabelan totalajaib pada graf dibedakan lagi berdasarkan komponen graf yang dievaluasi, yakni pelabelan total sisi ajaibdan pelabelan total titik ajaib. Pada pelabelan ajaib, bobot dari komponen graf yang dievaluasi adalah sama,jika bobotnya tidak sama maka dinamakan pelabelan tak-ajaib (antimagic). Misalkan G adalah graf denganbanyak titik p dan sisi q. Suatu pemetaan bijektif dari komponen-komponen graf ke bilangan bulat positif {1,2, …, (p+q)} disebut called (a, d) vertex antimagic total labelling (pelabelan total titik ajaib) dari graf G jikabobot setiap titik (vertex) merupakan barisan aritmetika naik. Pada artikel ini membahas bahwa grafmulticycle mCp memenuhi (a, d) vertex antimagic total labelling dan beberapa bentuk pelabelannya.Kata kunci : graph multicycle, vertex antimagic total labeling

Page 1 of 1 | Total Record : 10