cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
ISSN : 2338493X     EISSN : 2809574X     DOI : -
Core Subject : Science,
Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor dalam setahuan, yakni di Bulan April, September, dan Desember. Jurnal Coding telah terindeks oleh Google Scholar dan Garuda, dan akan terus diperbaharui untuk mengikuti perkembangan.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi" : 12 Documents clear
IMPLEMENTASI INTRUSION PREVENTION SYSTEM (IPS) MENGGUNAKAN SNORT DAN IPTABLE PADA MONITORING JARINGAN LOKAL BERBASIS WEBSITE , Muhammad Diponegoro, Rudy Suwanto , Ikhwan Ruslianto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.602 KB) | DOI: 10.26418/coding.v7i01.32690

Abstract

Server adalah pusat penyedia layanan dan pengolahan data dalam suatu jaringan, permintaan yang dikirim oleh client akan diolah server. Kinerja server bergantung terhadap paket yang dikirim oleh client pada jaringan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan mengimplementasikan intrusion prevention system (IPS) menggunakan snort dan iptables pada jaringan lokal. Antarmuka website sebagai media pemantauan kinerja server dan penanganan serangan yang terjadi. Deteksi serangan yang dilakukan oleh snort terfokus pada serangan pada port icmp, serangan pada port tcp dan serangan pada port udp. Sistem penanganan iptables menggunakan alamat ip penyerang untuk diberikan aksi, aksi yang dilakukan terbagi menjadi aksi accept, aksi reject dan aksi drop. Pengujian dilakukan dengan kondisi serangan Ping of Death dan Port Scanning. Dari pengujian yang telah dilakukan didapat persentase keberhasilan sistem mendeteksi sebesar 90% untuk serangan ping of death dan 85% pada serangan port scanning. Waktu aksi iptables rata-rata pada 2,27/detik untuk aksi accept, 1,42/detik untuk aksi reject dan 5,0/detik untuk aksi drop. Kinerja cpu server awal adalah 4% naik menjadi 15,3% akibat serangan ping of death dan mendapat kenaikan sebesar 58,1% untuk serangan port scanning (intense scan). Dari pengujian yang telah dilakukan kenaikan berlebihan terdapat pada port udp dapat mengakibatkan kenaikan kinerja server hingga 95%.Kata Kunci: Intrusion Prevention Sistem (IPS), Kinerja Server, Snort, IPTables, Ping of Death, Port Scanning
IMPLEMENTASI TEKNOLOGI MARKERLESS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA FAST CORNER DETECTION BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS MULTIMEDIA BUKU INTERAKTIF KEBUDAYAAN LOKAL KALIMANTAN BARAT) Putra, Satria Islami Wahana
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.959 KB) | DOI: 10.26418/coding.v7i01.30807

Abstract

Buku merupakan salah satu media cetak yang sangat penting untuk dibaca, tidak terkecuali dengan buku kebudayaan lokal daerah. Dalam perkembangan media cetak, umumnya terkesan dan terlihat satu arah sebab hanya bisa dibaca dan terkadang pembaca tidak dapat menerima informasi lebih terutama informasi mengenai buku kebudayaan daerah karena terdapat hanya beberapa gambar di buku tersebut. Pada penelitian ini, Augmented  Reality (AR) dapat diimplementasikan kedalam buku cetak yang dibuat dalam bentuk pengenalan budaya lokal Kalimantan Barat berbasis ponsel Android, sehingga terlihat lebih menarik dan aktraktif untuk dibaca sebab pembaca juga dapat berperan dalam hal ini. AR dalam konsep markerless menawarkan keunggulan dalam penggabungan objek 3D dengan lingkungan realitas, namun hal tersebut harus diimbangi dengan proses pendeteksian marker sebagai objek yang ditampilkan. Pada metode FAST Corner detection yang digunakan, dibahas mengenai apa saja yang dapat mempengaruhi baik atau buruk dari implementasi AR. Sebab FAST merupakan algoritma dalam pengenalan objek 2D yang memanfaatkan tingkat kecerahan suatu objek gambar 2D yang akan dijadikan marker, sehingga setiap nilai dari titik sudut piksel gambar tersebut dapat dikenal oleh sistem. Untuk perolehan hasil dari aplikasi, kamera ponsel mendeteksi marker dengan sudut pandang terdeteksi diantara 0º - 75º dan kadar cahaya sedang pada jarak 0 - 30 cm. Kata Kunci : Kebudayaan, AR, metode FAST, marker 2D, Android.
AUDIT MANAJEMEN RISIKO PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 , Nurul Mutiah, Elvina Harits Rosmawarni , Ilhamsyah
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.289 KB) | DOI: 10.26418/coding.v7i01.30834

Abstract

Teknologi informasi (TI) merupakan bagian yang sangat dibutuhkan oleh suatu organisasi lembaga atau perusahaan. Salah satu lembaga yang melakukan pengelolaan TI yakni UPT TIK pada Universitas Tanjungpura Pontianak. TI memiliki peran yang penting dalam mendukung pencapaian visi, misi dan tujuan organisasi. Oleh karena itu diperlukan tata kelola TI untuk memastikan kesesuaian penerapan TI dengan strategi dan tujuan organisasi. COBIT 5 (Control Objective for Information and related Technology) merupakan kerangka kerja yang di terbitkan oleh ISACA. Sedangkan COBIT PAM (Process Assessment Model) merupakan model yang berisi kerangka dasar yang memberikan panduan dalam menilai dan mengukur tingkat kematangan yang berkaitan dengan teknologi informasi khususnya proses manajemen risiko pengembangan perangkat lunak. Penilaian kapabilitas pada proses manajemen risiko di UPT TIK menghasilkan bahwa proses analisa risiko dan pemantauan risiko masih berada pada level 0. Proses penetapan konteks identifikasi risiko, perencanaan manajemen risiko, komunikasi risiko, mitigasi risiko dan evaluasi risiko masih berada pada level 1. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka diberikan rekomendasi perbaikan yang dapat digunakan untuk meningkatkan level kematangan sesuai dengan tingkat kematangan yang diharapkan. Kata Kunci—Tata Kelola TI, COBIT 5, COBIT PAM, Manajemen Risiko TI
GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA DAN WISATA KALIMANTAN BARAT MENGGUNAKAN METDOE FINITE STATE MACHINE BERBASIS ANDROID , Syahru Rahmayuda, Haris Febriyanto Ramadhan , Sampe Hotlan Sitorus
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.724 KB) | DOI: 10.26418/coding.v7i01.32691

Abstract

Game edukasi merupakan sarana yang digunakan untuk memperkenalkan wisata dan budaya dengan cara yang menarik di era perkembangan teknologi.  Pada penelitian ini dibuat dalam game edukasi yang mengenalkan wisata dan budaya di Kalimantan Barat yang bernama "Borneo Adventure" yang berisi 3 mini game yaitu pertanyaan, tebak gambar dan puzzle. Game dirancang melalui android studio untuk digunakan ke media smartphone khususnya android. Penelitian ini menggunakan metode Finite State Machine untuk mengatur tingkah laku sebuah aplikasi yang berisikan kondisi-kondisi dengan adanya aksi atau kejadian untuk berpindah ke kondisi tersebut. Hal tersebut digunakan pada mini game yang selalu menawarkan pilihan bermain game atau melanjutkan ke kota berikutnya sepanjang game masih berjalan. Pengujian Pengguna menghasilkan nilai 83,1 % dan masuk kategori layak sebagai media pengenalan wisata dan budaya Kalimantan Barat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa game android "Borneo Adventure" memiliki kualitas yang layak sebagai media pengenalan dan mempermudah sehingga masyarakat ingin mengunjungi tempat wisata dan budaya di Kalimantan Barat.Kata Kunci : Game, Wisata Budaya, borneo adventure, Finite State Machine.
RANCANG BANGUN SISTEM PENDETEKSI DAN MONITORING BANJIR MENGGUNAKAN ARDUINO DAN WEBSITE , Irma Nirmala, Hari Kurniawan , Dedi Triyanto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.366 KB) | DOI: 10.26418/coding.v7i01.30812

Abstract

Banjir merupakan bencana alam yang sering melanda Indonesia, terjadinya banjir di suatu daerah atau wilayah mengakibat kerugian harta benda. Pendeteksi ataupun peringatan dini banjir adalah langkah awal untuk memberikan informasi kepada masyarakat guna mengurangi kerugian ketika banjir melanda. Sistem pendeteksi dan monitoring banjir dengan antarmuka website merupakan alat yang dapat memberikan infomasi ketinggian air untuk melihat potensi terjadinya banjir. Sensor utrasonik HC-SR04 berfungsi sebagai alat untuk mengukur ketinggian air. Sistem yang dibuat juga dapat memberikan peringatan tentang status level ketinggian air pada saat siaga, wsapada dan bahaya yang akan mengirimkan pesan melaui SMS gateway menggunakan SIM800L. SIM800L akan mengirimkan pesan peringatan ke 3 nomor ponsel yang berbeda. Sistem juga teringtegrasi dengan media sosial Facebook menggunakan API (Application Programming Interface) dengan nama simonjir dan  pesan peringatan banjir dikirim ke halaman Ant. Pada Telegram menggunakan bot simonjir yang akan mengirimkan pesan peringatan banjir ke channel Info Banjir. Website dapat digunakan untuk informasi pengguna dengan menampilkan grafik ketinggian air, info cuaca dan gauge ketinggian air, serta data rata-rata ketinggian air per jam yang dapat di cetak dalam bentuk file pdf. Kata Kunci : Banjir, Ultrasonik HC-SR04, Website, API, Bot
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengumpulan Dana Panti Asuhan menggunakan Metode Crowdfunding dengan Model Situs Donasi , Dian Prawira, Deni Fadjri , Ilhamsyah
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.762 KB) | DOI: 10.26418/coding.v7i01.30835

Abstract

Crowdfunding menjadi sebuah cara untuk melakukan penggalangan dana yang semakin diminati dan disenangi oleh banyak masyarakat indonesia. Pembuatan website crowdfunding di tujukan untuk Panti Asuhan Kota Pontianak sebagai cara dalam melakukan publikasi dana yang dibutuhkan oleh Panti Asuhan agar menjadi tempat yang lebih baik, nyaman, dan dapat membina bibit muda yang unggul. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) membuat website corwdfunding sebagai tempat pengumpulan donasi secara online dari donatur untuk panti asuhan, dan (2) mengetahui kualitas website crowdfunding berdasarkan standar kualitas perangkat lunak ISO 9126. Sistem informasi satudonasi pengalangan dana menggunakan model pengembangan software waterfall. Pengujian perangkat lunak berdasarkan tiga karakteristik ISO 9126. Pengujian functionality menggunakan pengujian secara langsung oleh tiga panti asuhan kota pontianak. Pengujian usability menggunakan kuesioner yang diujikan kepada 39 responden panti asuhan, mahasiswa, pekerja kantoran dan donatur. Pengujian effeciency menggunakan tool Page Speed Insight. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) functionality website berhasil tanpa error, (2) usability mendapat skor sebesar 1612 berada di antara skor 1560 sampai dengan 1950 yang artinya, hasil borang menandakan responden menilai aplikasi sangat baik dan aplikasi dinilai berhasil, (3) efeciency website memiliki nilai skala antara 50-89 (average) dengan waktu respon maksimal 3,5 detik dengan tolernasi maksimal 10 detik. Kata kunci : Crowfunding, Panti Asuhan Pontianak, satudonasi, Aplikasi Website.
ANALISA LOG WEB SERVER UNTUK MENGETAHUI POLA PERILAKU PENGUNJUNG WEBSITE MENGGUNAKAN TEKNIK REGULAR EXPRESSIONS , Syamsul Bahri, Yogi , Ikhwan Ruslianto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi
Publisher : Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.839 KB)

Abstract

Access log merupakan daftar semua aktifitas pengunjung selama mengakses suatu website. Informasi tersebut akan sangat berguna apabila website mengalami serangan sehingga akan dapat dicari penyebabnya berdasarkan log file yang terdapat pada web server. Namun, untuk mencari informasi yang relevan dari data yang terkait dengan serangan pada log file itu menjadi tugas yang sulit bagi seorang administrator website. Banyaknya permintaan yang dilakukan oleh pengunjung website, akan meningkatkan ukuran rekaman data log yang tersimpan dalam sebuah website. Pada penelitian ini, dibuat sebuah sistem yang berfungsi sebagai alat untuk mengetahui informasi aktivitas pengunjung pada sebuah website menggunakan data access log dengan teknik regular expression. Regular Expression merupakan sebuah bahasa mini untuk mendeskripsikan string atau teks. Regular Expression dapat dipakai untuk mencocokkan sebuah string dengan sebuah pola. Pengujian dilakukan dengan data access log dari tiga website yaitu katakutu.net, berkahbarang.id dan screen6.id. Berdasarkan hasil penelitian, sistem mampu memberikan informasi mengenai pola kunjungan seperti jumlah kunjungan halaman terbanyak, informasi data pengguna dan aktifitas berbahaya pada website. Hasil pengujian pada sistem, mendeteksi 46 serangan Cross Site Scripting, dan 983 serangan Path Traversal dengan total serangan sebanyak 1029 serangan yang merupakan aktifitas berbahaya pada website. Kata Kunci: Access Log, Regular Expression, Web Log Analyzer, Web Mining, Vulnerabilities.
PURWARUPA SISTEM PEMILAHAN DAN PENGHITUNG BERAT SAMPAH LOGAM DAN NON LOGAM MENGGUNAKAN ARDUINO DENGAN ANTARMUKA WEBSITE , Irma Nirmala, Rezza Fahlevi , Dedi Triyanto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (896.627 KB) | DOI: 10.26418/coding.v7i01.30813

Abstract

Banyaknya sampah yang diproduksi oleh mahluk hidup khususnya manusia akan menimbulkan dampak negatif pada lingkungan, maka dari itu perlu adanya proses daur ulang sampah untuk dimanfaatkan kembali. Dalam industri daur ulang perlu dilakukan pemilahan sampah berdasarkan jenis logam dan non logam, namun proses ini masih dilakukan dengan proses manual. Oleh karena itu telah dibuat sebuah purwarupa pemilahan dan penghitung sampah logam dan non logam dengan antar muka website dan liquid crystal display.Sistem yang dibuat ini menggunakan Arduino sebagai modul pengendali utama, sensor proximity inductive sebagai pendeteksi logam yang dibantu dengan motor servo sebagai pemilah sampah dan sensor load cell untuk menghitung berat sampah yang telah dipilah menjadi 2 bagian logam maupun non logam. Hasil perhitungan berat dari sensor load cell akan muncul pada liquid crystal display dan disimpan ke database untuk siap ditampilkan ke antarmuka website, sehingga bisa diakses oleh pengguna melalui jaringan local host. Setelah dilakukan pengujian purwarupa yang dibuat dengan berat sampah sebagai indikator maka diperoleh rata-rata selisih perhitungan sampah logam dan non logam yaitu sebesar 4.5 gram dari hasil 5 kali pengujian dengan berat yang berbeda dan error sebesar 2.62% dari hasil 5 kali pengujian dengan jumlah banyaknya sampah.Kata Kunci : Pemilahan, Penghitung, Sampah, Arduino, Website
TATA KELOLA LAYANAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL VERSI 3 DOMAIN ITSCM , Nurul Mutiah, Selvi Sabrina , Ilhamsyah
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.122 KB) | DOI: 10.26418/coding.v7i01.30836

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, terjadi peningkatan efisiensi serta efektivitas kegiatan bisnis dalam mengembangkan suatu organisasi. Saat ini sistem teknologi dan informasi terintegrasi di pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah, oleh karena itu banyak organisasi yang menerapkan, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi dalam mencapai fungsi teknologi informasi (TI). Agar mencapai fungsi teknologi informasi (TI) bagi  pemerintahan, dibutuhkan sebuah tata kelola (TI)  yang baik untuk perbaikan layanan di sektor publik organisasi-organisasi pemerintahan.Tata kelola (TI) merupakan bagian yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh suatu lembaga atau organisasi. Salah satu lembaga yang melakukan tata kelola TI yakni DISDUKCAPIL Kota Pontianak untuk mencapai tujuan suatu organisasi. ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah sebuah kerangka atau framework yang menggambarkan best practice. Sedangkan COBIT PAM (Process Assesment Model) merupakan kerangka pengukuran suatu model yang digunakan untuk melakukan penilaian dan mengukur tingkat kematangan capability level yang berkaitan dengan teknologi informasi khususnya layanan sistem informasi. Penilaian kapabilitas pada proses layanan sistem informasi domain ITSCM berada pada level 0 untuk tahap inisiasi, requirements and strategy dan implementasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh setelah melakukan penilaian maka diberikan rekomendasi perbaikan yang dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat kematangan yang diharapkan dalam mencapai tata kelola TI yang baik sehingga tujuan organisasi tercapai.Kata Kunci : Tata Kelola TI, ITIL, COBIT PAM, Layanan Sistem Informasi.
IMPLEMENTASI HEALTH CHECKS MONITORING PADA LOAD BALANCER DI SISI WEB SERVER BERBASIS ANDROID , Syamsul Bahri, Bagus Jati Kuncoro , Ikhwan Ruslianto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.456 KB) | DOI: 10.26418/coding.v7i01.30814

Abstract

Aplikasi web yang semakin meningkat penggunaannya dewasa ini menyebabkan kebutuhan akan kinerja web server yang memiliki ketersediaan serta kecepatan tinggi semakin meningkat. Teknologi load balancer yang merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan ketersediaan dan kecepatan kinerja web server. Pada penerapan teknologi load balancer tersebut tetap dapat terjadi masalah seperti, kegagalan web server dan lain – lain yang dapat mengurangi kinerja arsitektur web itu sendiri. Penelitian ini ditujukan untuk membangun sistem arsitektur web server load balancer yang memiliki sistem health check di dalamnya dan dapat dilakukan pemantauan secara real-time berbasis android guna meminimalisir masalah pada web server. Sistem dibuat dengan membangun arsitektur load balancer menggunakan modul pada nginx web server. Pada setiap server dibuat sebuah sistem pemantauan menggunakan pemrograman Node Js. Seluruh informasi terkait ketersediaan sumber daya pada server dipantau melalui sistem tersebut dan kemudian diolah untuk dikirim pada aplikasi klien menggunakan metode WebSocket client-server. Data yang diperoleh dari sistem pemantauan diolah pada sisi aplikasi untuk dapat dianalisa dan dipantau kondisi server tersebut secara real-time. Sistem pada aplikasi dapat membaca nilai data server dan memberikan peringatan atau penanganan  otomatis pada server yang terjadi masalah berdasarkan pemantauan real-time pada aplikasi android. Riwayat masalah pada server juga dapat dilihat pada sisi aplikasi android tersebut. Pengujian dilakukan dengan 5 skenario yang menggambarkan berbagai masalah yang mungkin terjadi pada server. Hasil pengujian menghasilkan pengaruh penggunaan load balancer bagi server dari segi peningkatan kecepatan penanganan request sebesar 67% pada pengujian pertama dan 72% pada pengujian kedua. Sistem health check berhasil mendapatkat data sumber daya server dan mencegah pengiriman request kepada server yang bermasalah.   Kata Kunci: Health Check Server, Load Balancer, Sistem Android, Nginx Server, Node Js, Web Socket

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2024): Edisi April 2024 Vol 11, No 3 (2023): Edisi Desember 2023 Vol 11, No 2 (2023): Edisi September 2023 Vol 11, No 1 (2023): Edisi April 2023 Vol 10, No 03 (2022): Edisi Desember 2022 Vol 10, No 02 (2022): Edisi September 2022 Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022 Vol 9, No 03 (2021): Edisi Desember 2021 Vol 9, No 02 (2021): Edisi September 2021 Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021 Vol 8, No 3 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 2 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 1 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 03 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 02 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 1 (2016) Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Coding Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal CODING More Issue