cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
ISSN : 2338493X     EISSN : 2809574X     DOI : -
Core Subject : Science,
Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor dalam setahuan, yakni di Bulan April, September, dan Desember. Jurnal Coding telah terindeks oleh Google Scholar dan Garuda, dan akan terus diperbaharui untuk mengikuti perkembangan.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021" : 15 Documents clear
IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR PADA LAYANAN KONSULTASI TAJWID AL-QUR’AN BERBASIS WEB DENGAN METODE FORWARD CHAINING Prawira Putra, Dhany; Rismawan, Tedy; Ristian, Uray
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v9i01.45851

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah Subhanahu wa Ta’ala yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam melalui malaikat Jibril yang sampai kepada umat secara mutawattir dan mempunyai nilai ibadah dalam membacanya. Seiring dengan perkembangan zaman, cara-cara yang dapat dipakai untuk mempelajari Al-Qur’an semakin banyak. Namun media-media tersebut belumlah dapat melayani masyarakat yang mempelajari ilmu tajwid dengan baik, karena masih terdapat kekurangan dalam memberikan informasi tentang ilmu tajwid secara efisien. Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah sistem pakar dalam memberikan layanan konsultasi tajwid kepada masyarakat dengan lebih efisien, dengan memfokuskan sistem layanan layaknya seorang santri yang sedang belajar tajwid secara tatap muka. Sistem dibuat dengan metode forward chaining, dibangun dalam bentuk aplikasi berbasis web. Hasil pengujian menunjukan dari total 95 data uji yang terdiri dari pengujian hukum nun sukun, mim sukun, alif lam, mad, dan huruf ro, semua hasil keluaran sistem telah sesuai dengan hasil yang diberikan oleh pakar. Hasil penelitian membuahkan hasil yang sangat baik, karena sistem memberikan layanan secara cepat, tepat dan dapat memberikan hasil yang sesuai kebutuhan pengguna.
SISTEM PRESENSI MENGGUNAKAN VERIFIKASI PALM PRINT DENGAN METODE PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS DAN EUCLIDEAN DISTANCE Prasetya Elektra Zulfikar; Sampe Hotlan Sitorus; Uray Ristian
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v9i01.45864

Abstract

Pengenalan ciri fisik menggunakan biometrik palm print untuk menentukan identitas seseorang dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan presensi perkuliahan. Presensi perkuliahan yang dilakukan secara manual masih rawan terhadap kecurangan diantaranya pemalsuan tanda tangan dan kecurangan melakukan presensi yang tidak tepat waktu. untuk mengantisipasi terjadi kecurangan pada presensi dibutuhkan sebuah sistem presensi menggunakan biometrik palm print  untuk melakukan  presensi dan mencatat kehadiran beserta waktu presensi sehingga meningkatkan kedisiplinan mahasiswa. Biometrik palm print dapat menjadi solusi dalam mengatasi masalah kecurangan dalam melakukan presensi, karena pola palm print pada setiap orang berbeda-beda dan menyediakan area yang lebih luas untuk melakukan proses pengenalan. Dalam penelitian  ini  diggunakan palm metode Principal Component Analysis untuk mengekraksi nilai fitur yang terdapat pada palm print, kemudian nilai fitur tersebut digunakan untuk melakukan proses pencocokan menggunakan Euclidean Distance dengan menghitung jarak terdekat. Sistem presensi yang dibuat  telah bekerja dengan baik  dengan  menggunakan jumlah data sebanyak 30 citra palm print  sebagai data uji dan 15 citra palm print sebagai data latih  latih, Hasilnya adalah  20 citra uji dapat dikenali dan 10 citra uji tidak dapat dikenali dengan persentase keberhasilan 66,67%. Citra yang tidak berhasil melakukan pencocokan dikarenakan pengambilan sampel citra uji dan citra latih memiliki pencahayaan dan posisi palm print yang berbeda-beda, hal ini akan mempengaruhi pencocokan nilai fitur citra uji terhadap latih  dengan nilai jarak Euclidean Distance yang besar,  sehingga mempengaruhi tingkat kemiripan untuk melakukan pencocokan.
IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO PADA SISTEM PREDIKSI PEMBELIAN BARANG TOKO ABILA COLLECTION BERBASIS WEBSITE Putra, Ade mandala; Rismawan, Tedy; Bahri, Syamsul
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v9i01.45903

Abstract

Toko Abilla Collection merupakan toko pakaian yang menjual berbagai jenis pakaian seperti kemeja, dress dan gamis. Jenis pakaian yang banyak menyebabkan pihak toko kesulitan dalam mengontrol jumlah persediaan dan mengatur jumlah pembelian barang. Oleh karena itu untuk mengatur pengendalian jumah pembelian untuk persediaan barang sebagai keperluan penjualan toko, maka dari itu perlu dilakukan penelitian terhadap jumlah barang yang perlu dibeli untuk penambahan jumlah persediaan masing-masing jenis pakaian dengan cara memprediksi pembelian barang. Pada penelitian ini telah dibuat aplikasi prediksi pembelian untuk menambah persediaan barang menggunakan metode fuzzy Tsukamoto. Data yang digunakan yaitu data persediaan, penjualan, dan barang sisa dari masing-masing jenis pakaian dari Maret 2014 hingga Desember 2019. Pengujian pertama dilakukan dengan membandingkan hasil prediksi menggunakan perhitungan manual dan prediksi menggunakan perhitungan sistem. Dari membandingkan hasil prediksi perhitungan manual dan sistem memiliki hasil perhitungan yang sama. Pengujian kedua dilakukan dengan mencari persentase error menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE). Hasil rata-rata persentase error sistem prediksi pembelian barang menggunakan metode fuzzy Tsukamoto pada masing-masing jenis pakaian adalah 14,93 % untuk kemeja, 8,74 % untuk dress dan 96,17 % untuk gamis.
Deteksi Citra Pornografi dengan Metode Ruang Warna IRGBY Deny Syahputra; Sampe Hotlan Sitorus; Uray Ristian
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v9i01.45848

Abstract

Perkembangan teknologi selain berdampak positif juga berdampak negatif, salah satunya konten yang berisikan materi seksualitas. Peran teknologi memiliki pengaruh yang besar untuk mempermudah dalam mengakses gambar-gambar seperti pornografi. Gambar pornografi dapat dilihat dari bagian tubuh yang terlihat terutama kulit. Karakteristik dari warna kulit memiliki ciri khas untuk dapat memenuhi aspek yang dapat dengan cepat dan tepat memudahkan dalam menentukan gambar pornografi kerena dapat dikenali dengan hanya melihat. Deteksi dengan menggunakan warna kulit merupakan proses menemukan bagian kulit diwilayah gambar. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka dibangun sistem aplikasi untuk mendeteksi citra pornografi dengan metode ruang warna IRgBy. Aplikasi ini melakukan pendeteksian warna kulit pada gambar RGB, yang hasilnya digunakan untuk mengetahui seberapa banyak kulit atau bukan kulit pada suatu gambar. Warna kulit digunakan sebagai data uji sekaligus data pengamatan yang telah melalui proses deteksi yang hasilnya digunakan untuk menentukan gambar tersebut pornografi atau bukan pornografi. Sistem yang dibangun menerima masukan citra digital dalam format bmp atau jpeg. Hasil pengujian 20 citra uji didapatkan hasil benar sebanyak 18 citra uji dengan 2 citra uji yang berhasil tetapi dinilai tidak tepat, sehingga menghasilkan tingkat akurasi sebesar 90%.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO (Studi Kasus: Akademi Farmasi Yarsi Pontianak) Juhardi Juhardi; Ilhamsyah Ilhamsyah; Syahru Rahmayudha
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v9i01.44387

Abstract

Akademi Farmasi Yayasan Rumah Sakit Islam (YARSI) Pontianak setiap tahunnya melakukan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang dibagi menjadi beberapa jalur seleksi, salah satunya adalah Penelusuran Minat Dan Prestasi (PMDP). Jalur seleksi ini menggunakan nilai rata-rata rapot dari setiap mata pelajaran tertentu yang dijadikan kriteria penilaian. Proses seleksi dilakukan dengan cara memilah data pendaftar secara manual. Banyaknya data yang akan diseleksi, sehingga dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu menentukan calon mahasiswa baru. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Fuzzy Tsukamoto dalam metode ini memiliki urutan perhitungan yaitu, pertama melakukan fuzzyfikasi/fungsi keanggotaan, kedua inferensi/implikasi menggunakan rule aturan yang telah di tentukan, dan defuzzyfikasi untuk mendapat hasil akhir dari perhitungan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari pendaftar dengan nilai terbaik, kemudian untuk menentukan pendaftar yang berhak untuk lolos akan dilakukan pengurutan pendaftar dengan nilai tertinggi ke terendah. Sistem ini telah dilakukan pengujian fungsional kepada staf Akademi Farmasi YARSI Pontianak dengan memperoleh hasil sesuai perancangan, serta dengan menerapkan metode Fuzzy Tsukamoto pada sistem hasil perhitungan yang diperoleh sama dengan hasil perhitungan manual metode Fuzzy Tsukamoto pada microsoft ecxel. sistem ini juga dapat menunjukkan detail dari perhitungan menentukan calon mahasiswa baru. Sedangkan pengujian antarmuka tampilan sistem kepada masyarakat umum dan mahasiswa memperoleh persentase 84%.
PENERAPAN TEKNIK LOCATION BASED SERVICE DAN ALGORITMA FLOYD-WARSHALL PADA APLIKASI PENCARIAN FASILITAS KESEHATAN DI KOTA PONTIANAK Fransiskus Julian Adresman; Dedi Triyanto; Rahmi Hidayati
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v9i01.45905

Abstract

Fasilitas kesehatan merupakan tempat dimana masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Pelayanan tersebut dapat diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Pelayanan tersebar mulai dari tingkat provinsi, kabupaten maupun kota. Namun terkadang masih banyak masyarakat yang tidak tahu fasilitas kesehatan yang terdekat dari posisinya jika terjadi kecelakaan. Pada saat terjadi kecelakaan, maka masyarakat akan menuju ke fasilitas kesehatan yang mereka ketahui. Padahal jika terjadi kecelakaan atau terserang penyakit secara mendadak, maka perlu tindakan dengan melakukan pertolongan pertama yang diberikan oleh petugas medis terlatih. Pada penelitian ini, diterapkan teknik Location Based Service untuk mencari lokasi fasilitas kesehatan terdekat dengan pengguna berdasarkan posisi pengguna berada dan menentukan rute terdekat yang dapat dilalui pengguna menggunakan algoritma Floyd-warshall. Hasil dari sistem berupa peta yang menginformasikan posisi pengguna berada, posisi lokasi fasilitas kesehatan terdekat dengan pengguna, informasi yang berkaitan dengan fasilitas kesehatan tersebut serta rute yang dapat dilalui pengguna untuk menuju fasilitas kesehatan terdekat.
PENERAPAN METODE DECISION TREE UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN MUTU BUAH JERUK BERDASARKAN FITUR WARNA DAN UKURAN Robianto Robianto; Sampe Hotlan Sitorus; Uray Ristian
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v9i01.45907

Abstract

Buah jeruk merupakan salah satu buah yang mempunyai banyak varietas. Karena banyaknya varietas yang beragam pada buah jeruk, sehingga sulit untuk menentukan mutu buah jeruk berdasarkan warna dan ukurannya karena ciri-ciri kematangan dari tiap jenis buah jeruk tidaklah sama. Pada setiap jenis buah jeruk umumnya memiliki selisih perbedaan ukuran dan warna yang tidak sama. Pada penelitian berikut dibuat sistem aplikasi website berupa implementasi metode decision tree untuk mengklasifikasikan mutu buah jeruk siam berdasarkan fitur warna dengan model citra HSV dan ukuran menggunakan hasil citra buah. Metode decision tree memiliki kemampuan untuk mempersingkat proses pengambilan keputusan yang kompleks menjadi lebih sederhana dengan struktur berbentuk pohon. Berdasarkan hasil pengambilan 25 sampel citra buah jeruk siam menggunakan kamera telefon genggam, selanjutnya citra tersebut diproses oleh aplikasi klasifikasi. Dari hasil pengklasifikasian citra jeruk siam menggunakan metode decision tree didapat tingkat keberhasilan sebesar 92%. Berdasarkan persentase keberhasilan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Decision Tree Classification dan model citra HSV sangat baik dalam mengklasifikasikan mutu jeruk siam. ­­­­
Pengenalan Wajah Pelaku Kriminal dengan Metode Feature Accelerated Segment Test rifah, rifah; Sitorus, Sampe Hotlan; Ristian, Uray
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v9i01.45873

Abstract

Pengenalan wajah salah satu sistem yang dapat mengenali berdasarkan perbedaan ciri wajah dari seseorang dan sudah banyak dikembangkan diberbagai sistem terutama digunakan sebagai sistem keamanan. Adanya pengenalan wajah dapat digunakan untuk mengenali wajah pelaku kriminal. Pelaku kriminal dalam kehidupan manusia merupakan gejala sosial yang akan selalu dihadapi setiap manusia, masyarakat dan bahkan negara. Maraknya kejahatan yang terjadi saat ini kerap dilakukan secara berulang oleh pelaku kriminal. Pada penelitian ini sistem pengenalan wajah pelaku kriminal dibangun menggunakan metode Feature from Accelerated Segment Test (FAST).  Sistem dibangun agar mempermudah pihak kepolisian dalam mengenali pelaku kriminal yang sudah pernah melakukkan kejahatan agar lebih cepat diketahui identitasnya. Metode FAST suatu algoritma yang sederhana dalam mengenali objek hanya dengan menentukan titik-titik corner pada objek tersebut. Adapun pengenalan wajah dengan metode FAST untuk mengukur kemiripannya dengan City Block Distance. Pada metode jarak City Block Distance dengan melihat semakin kecil jarak total fitur citra uji dengan total fitur citra latih maka wajah dikenali. Dalam penelitian ini sistem pengenalan wajah menggunakan citra wajah uji sebanyak 20 dan tingkat keberhasilan yang diperoleh yaitu 70%. Pencocokan citra wajah terdapat beberapa tidak dapat dikenali dikarenakan fitur citra wajah jaraknya sangat jauh antara citra wajah uji dengan citra wajah latih. Kata kunci: Pengenalan wajah, Feature from Accelerated Segment Test (FAST), City Block Distance                                
ANALISA KINERJA LOAD BALANCING MENGGUNAKAN METODE ROUND ROBIN DAN WEIGHTED ROUND ROBIN Ricky Oktariyadi; Ikhwan Ruslianto; Syamsul Bahri
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v9i01.45871

Abstract

Peningkatan jumlah pengunjung web dapat menyebabkan kelebihan beban pada server. Kelebihan beban ini dapat menyebabkan server berhenti bekerja. Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelebihan beban ini salah satunya adalah dengan menerapkan load balancer pada server. Metode load balancer adalah metode yang digunakan untuk mendistribusikan request atau beban kerja kepada beberapa server atau komputer untuk meminimalkan waktu respon dan menghindari kelebihan beban. Dalam penggunaannya, load balancer menggunakan algoritma penjadwalan dalam proses pendistribusian beban kerja atau request kepada beberapa komputer atau server. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan nilai response time dari load balancer dengan metode round robin dengan load balancer dengan metode weighted round robin. Berdasarkan hasil pengujian 10 sampel pengujian, load balancer dengan metode round robin akan membagikan beban request secara merata pada web server sedangkan load balancer dengan metode weighted round robin akan membagikan beban request sesuai dengan beban yang telah diberikan pada web server. Penelitian ini juga menyimpulkan semakin besar jumlah request yang dikirim maka nilai response time juga akan semakin besar. Perbandingan nilai response time total load balancing metode weighted round robin dengan beban 1:2 dan load balancing metode round robin yang mempunyai spesifikasi server yang sama akan menghasilkan selisih persentase response time total antara 13% sampai dengan 46%.
PENGUKURAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENERAPAN OPEN DATA SYSTEM MENGGUNAKAN MODEL DELONE AND MCLEAN (Studi Kasus : Open Data System Pemerintah Kota Pontianak) Meci Wati Putri; Ilhamsyah Ilhamsyah; Nurul Mutiah
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v9i01.43852

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi penerapan Open Data System Pemerintah Kota Pontianak yaitu Satu Data Kota Pontianak. Satu Data Kota Pontianak merupakan portal Open Data System yang ada di Kota Pontianak sebagai bentuk keterbukaan pemerintah kepada masyarakat di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Pontianak. Open Data System penting untuk diukur untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi penerapannya dengan menggunakan model Delone and Mclean. Model Delone and Mclean adalah salah satu model yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas dari suatu sistem dengan enam dimensi di dalamnya yaitu Kualitas Sistem (System quality), Kualitas Informasi (Information quality), Kualitas Layanan (Service quality), Penggunaan (Use), Kepuasan Pengguna (User satisfaction), Dampak Net (Net Impacts). Dimensi ini kemudian dipetakan dengan siklus Open Data untuk mengetahui hubungan antara keduanya dalam menentukan indikator pertanyaan yang digunakan pada kuesioner penelitian. Kuesioner penelitian ini disebarkan kepada 100 responden yang berada di 6 kecamatan Kota Pontianak dengan hasil Kualitas Sistem (System Quality) dengan nilai rata-rata 3.32 sangat efektif dan efisien, Kualitas Informasi (Information Quality) dengan nilai rata-rata 3.28 sangat efektif dan efisien, Kualitas Layanan (Service Quality) dengan nilai rata-rata 3.25 sangat efektif dan efisien, Penggunaan (Use) dengan nilai rata-rata 3.25 sangat efektif dan efisien, Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) dengan nilai rata-rata 3.28 sangat efektif dan efisien, dan Dampak Net (Net Impacts) dengan nilai rata-rata 3.31 sangat efektif dan efisien. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi perbaikan kepada DISKOMINFO Kota Pontianak.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2024): Edisi April 2024 Vol 11, No 3 (2023): Edisi Desember 2023 Vol 11, No 2 (2023): Edisi September 2023 Vol 11, No 1 (2023): Edisi April 2023 Vol 10, No 03 (2022): Edisi Desember 2022 Vol 10, No 02 (2022): Edisi September 2022 Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022 Vol 9, No 03 (2021): Edisi Desember 2021 Vol 9, No 02 (2021): Edisi September 2021 Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021 Vol 8, No 3 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 2 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 1 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 03 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 02 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 1 (2016) Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Coding Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal CODING More Issue