cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
PARADIGMA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 02 (2015): Paradigma, Vol. 12 No. 02 Agustus 2014 - Januari 2015" : 14 Documents clear
PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT DENGAN SISTEM PENGHARGAAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL Studi Empiris pada SMK Di Kabupaten Karanganyar Mardiyati, Endang Mardiyati
PARADIGMA Vol 12, No 02 (2015): Paradigma, Vol. 12 No. 02 Agustus 2014 - Januari 2015
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

This emperical research conducted 2014, is intended to test the hyphothesisabout the influences variables of TQM, interaction between TQM with rewardsystem, and interaction between TQM with organizational commitment tomanagerial performance at the level of SMK in Karanganyar. The research design is survey and quantitative approach. Respondents were teachers and employees in the SMK of public and private school in Karanganyar, who held managerial positions amounted to 142 pearsons from 33 schools. It usesthe regression with the absolute residual test method to test hypothesis.The results of this research showed that the proposed third hypothesis can beaccepted, meaning that TQM (X1), interaction between TQM with reward system (X2) and interaction between TQM with organizational commitment (X3) have positive and significant effect on managerial performance. Keywords : TQM, reward
GAYA KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA PENGARUHNYA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAKARTA RAYA DAN TANGERANG AREA LENTENG AGUNG SITI ZULFAH, Asri Warnanti
PARADIGMA Vol 12, No 02 (2015): Paradigma, Vol. 12 No. 02 Agustus 2014 - Januari 2015
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

This research is concerning The Influence Of Leadership Style, Work Discipline and Work Environment On Employee Productivity In PT. PLN (Persero) Distribution Jakarta Raya and Tangerang Area Lenteng Agung.  The method research used is a causal comparative. The samples taken by The author are 45 respondents based on theory slovin by used value e = 10%. The author used observation, interviews, and questionnaires for the methods of data collection. In the statistic analyst, the author used SPSS program (Statistical Package for The Social Sciences) version 20.00 to search for the validity, reliability, correlation coefficients, multiple determination, multiple regression, test of t and test of F. The data processing is done by SPSS program (Statistical Package for The Social Sciences) version 20.00, the result is r = 0.824 by multiple determination of 67.9% and the balancing is 32.1% shows another factor contribution. For multiple regression values obtained Ý = -2.020 + 0.236X1 + 0.800X2 + 0.027X3 and test of F by ɑ = 5% obtained values Fhitung as 28.894 and values Ftabel as 2.833, that means Fhitung > Ftabel that means Ho is rejected and Ha is a accepted. This shows that there is a significant relationship between Leadership Style (X1), Work Discipline (X2) and Work Environment (X3) together (simultaneously) on Employee Productivity (Y) in PT. PLN (Persero) Distribution Jakarta Raya and Tangerang Area Lenteng Agung. Keywords : Leadership Style, Work Discipline, Work Environment, Employee      Productivity.
EFEKTIFITAS PAJAK REKLAME TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA SURAKARTA SURYANI, Eny Kustiyah
PARADIGMA Vol 12, No 02 (2015): Paradigma, Vol. 12 No. 02 Agustus 2014 - Januari 2015
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

Pajak daerah merupakan sumber pendapatan daerah yang mempunyai kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah adalah Pajak Reklame. Promosi dalam bentuk reklame merupakan satu alat media untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Pemungutan pajak reklame dapat dilihat dari beberapa indikator, salah satunya adalah taraf pencapaian target atau tujuan dan pengaruhnya terhadap Pendapatan Asli Daerah. Tingkat pencapaian atau realisasi atas target atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya merupakan hal utama yang menunjukkan sebuah program terlaksana secara efektif atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui efektivitas pemungutan Pajak Reklame di Kota Surakarta dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2008; 2) mengkaji lebih dalam hasil-hasil pelaksanaan pemungutan Pajak Reklame yang dilakukan oleh DPPKA Kota Surakarta.Hipotesis yang diajukan adalah: 1) Pemungutan Pajak Reklame di Kota Surakarta sudah efektif; 2) Pemungutan Pajak Reklame dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Surakarta. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu pengumpulan data-data hasil pemungutan Pajak Reklame yang dilakukan DPPKA Kota Surakarta selama kurun waktu 5 (lima) tahun dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2008.Analisis data yang digunakan adalah: 1) Analisis Rasio Hasil Guna (Effectiveness); 2) Analisis Kontribusi Pajak Reklame terhadap PAD; 3) Laju Pertumbuhan Pajak Reklame. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) pemungutan pajak reklame yang telah dilakukan oleh DPPKA Kota Surakarta dalam tahun anggaran 2004 sampai dengan tahun anggaran 2008 sudah berjalan cukup efektif. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan yaitu pemungutan pajak reklame di Kota Surakarta sudah efektif, terbukti atau dapat diterima; 2) pajak reklame memberikan kontribusi terhadap peningkatan PAD. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan yaitu pemungutan pajak reklame dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surakarta terbukti atau dapat diterima.Berdasarkan kesimpulan tersebut peneliti memberikan saran sebagai berikut: 1) memberikan informasi tentang tata cara pengurusan reklame; 2) peningkatan sumber daya manusia dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan-pelatihan serta membekali petugas dengan pengetahuan yang cukup sesuai dengan bidang tugasnya; 3) terus diadakan pembinaan dan pengawasan terhadap petugas yang terlibat langsung dalam pelaksanaan pemungutan pajak reklame; 4) adanya sanksi yang tegas dengan penurunan dan pembongkaran reklame yang tak berijin.Kata kunci : Efektifitas Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah (PAD)
ANALISIS PERAN GANDA DOSEN WANITA DI UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA UNIBA Surakarta, Sudarwati
PARADIGMA Vol 12, No 02 (2015): Paradigma, Vol. 12 No. 02 Agustus 2014 - Januari 2015
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh peran ganda terhadap kinerja dosen wanita di Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta.Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dan beberapa observasi serta wawancara langsung dengan dosen wanitadi Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen wanita di UNIBA Surakarta yang berjumlah 36 orang, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 30 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama tidak ada berpengaruh signifikan peran ganda kinerja dosen wanita terhadap kinerja. Dan secara parsial peran ganda dosen wanita juga tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Kinerja. Peran ganda tidak berpengaruh terhadap kinerja dosen wanita dimana para dosen wanita di Uniba Surakarta rata-rata adalah wanita yang telah berkeluarga dan telah memiliki anak-anak yang sudah dewasa bahkan telah berkeluarga. Kinerja dapat dipengaruhi oleh peran ganda sebagai ibu rumah tangga dan sebagai dosen sebesar sebesar 3.2%, sedangkan sisanya 96.8% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Kata kunci : ibu rumah tangga, dosen, kinerja.
BOARD INDEPENDENCE, KINERJA SUPPLU CHAIN DAN KINERJA PERUSAHAAN Fakultas Ekonomi UNS Surakarta, St. Sutrisno
PARADIGMA Vol 12, No 02 (2015): Paradigma, Vol. 12 No. 02 Agustus 2014 - Januari 2015
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

The aim of this study is to get a better understanding on the relationship between board independence and firm performance by considering supply chain performance as the contextual factor. Supply chain and firm performance variables in this study are taken from financial reports of manufacture based company listed in The Indonesia Stock Exchange. Using moderated regression analysis, the result supports the hyphotesis that supply chain performance moderates the relationship between board independence and firm performance. Result of this study shows that, in this globalization era, board independence can only be increasing firm performance when company effectively applying competitive strategy of differentiation by which it is manifested in its supply chain performance. Keywords: board independence, supply chain performance, firm performance, independent directors, outside directors, good corporate governance, competitive strategy. 
KEMAMPUAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN USAHA KECIL MENENGAH PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA UKM KERAJINAN GITAR DI KABUPTEN SUKOHARJO UNIBA Surakarta, Siti Nurlaela
PARADIGMA Vol 12, No 02 (2015): Paradigma, Vol. 12 No. 02 Agustus 2014 - Januari 2015
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

Pembangunan pusat keunggulan industri yang menjadi kompetensi inti industri daerah untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian sumber daya manusia yang berhubungan dengan kinerja keuangan. Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia merupakan salah satu penggerak perekonomian rakyat yang tangguh, mampu menunjukkan eksistensinya dengan tetap survive dalam menghadapi perubahan dalam dunia usaha sejak krisis moneter yang terjadi di Indonesia tahun 1998 dan dilanjutkan dengan krisis global. Permasalahan  yang terjadi adalah banyak pelaku Usaha Kecil Menengah hanya mencatatat jumlah uang yang diterima/dikeluarkan, jumlah barang yang dibeli/ dijual, dan jumlah piutang atau utang tidak mengikuti pedoman dalam penyusunan Laporan Keuangan yang sesungguhnya. Hasil penelitian ini  sangat berguna untuk menilai kinerja usaha dan dapat membantu dalam menghadapi permasalahan dalam menjalankan usaha khususnya Usaha Kecil Menengah. Sehingga untuk mencapai kinerja usaha secara berhasil salah satu cara adalah dengan melakukan penyimpanan catatan bisnis, pengelolaan keuangan, pengelolaan kredit baik pembayaran maupun penagihan dari Laporan Keuangan Adapun bentuk pengaruh yang terjadi adalah pengaruh positif, artinya  jika kemampuan menyusun laporan keuangan yang dimiliki pelaku UKM mempengaruhi kinerja. Meskipun UKM dalam menyusun laporan keuangan yang masih minim tetapi kinerja UKM masih tergolong cukup baik.Kata Kunci : Laporan Keuangan, dan  Kinerja UKM
PENGEMBANGAN MODEL PEMBERDAYAAN BAGI PENGOLAH IKAN GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN (Studi Kasus Pada Pengolah Ikan Di Kabupaten Cilacap) Ida Ayu Kade Rachmawati Kusasih, Christiawan Hendratmoko Budi Istiyanto
PARADIGMA Vol 12, No 02 (2015): Paradigma, Vol. 12 No. 02 Agustus 2014 - Januari 2015
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

The aims of this research are to analyze the power of fish-processor, evaluated by economic and non economic aspect, to analyze the performance of  ishprocessing by R/C ratio, to analyze the role of stakeholders in increasing fishprocessor’s income, and to formulate the strategy of empowerment for fishprocessor. Primary data populated from 109 respondents in South Cilacap Subdistrict.The analysis methods used are descriptive statistics, crosstab analysis, andanalytical of process hierarchy. The results of study indicate that the powers of fish-processor are still less, they have low level income with R/C ratio 1,03 up to 1,67. The roles of stakeholders toward coastal area community are still poor. Therefore, we need strategy to empower them by giving loan (credit), reviving the fish-processor’s organization, and giving information and training about modern technical of fish-processing.Keywords: the power of fish- processor; stakeholders; R/C ratio
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survey pada Pelanggan Speedy Telkom di Kota Surakarta) STMIK Duta Bangsa, Novemy Triyandari Nugroho
PARADIGMA Vol 12, No 02 (2015): Paradigma, Vol. 12 No. 02 Agustus 2014 - Januari 2015
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

Komunikasi merupakan dasar dari kehidupan. Manusia tidak pernah bisa lepas dari komunikasi, karena komunikasi merupakan salah satu cara manusia sebagai makhluk sosial untuk berinteraksi dengan sesama dan dengan lingkungannya. Salah satu bentuk perkembangan komunikasi yang paling pesat adalah yang biasa kita sebut dengan internet. Penyedia jasa akses internet sangata banyak, salah satunya adalah PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Tekanan kompetisi memaksa perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan memenuhi kepuasan pelanggan. Semakin lama, semakin banyak “pemain” baru di dunia layanan jasa akses internet. Oleh karenanya, perlu dilakukan juga suatu telaah mengenai konsep loyalitas pelanggan, yaitu menjaga pelanggan agar tetap setia menggunakan produk Speedy. Kualitas pelayanan terdiri dari lima dimensi, yaitu : keandalan, daya tanggap, jaminan, kemudahan akses, dan penampilan fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pengguna Speedy Telkom di Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience random sampling. Dari hasil analisis data diperoleh model regresi yaitu Y1= 8,118 + 0,148X1 dan Y2          = 14,545 + 0,171X2 dan diperoleh kesimpulan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI PERPUSTAKAAN DIGITAL PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI SWASTADI SUKOHARJO Hestin Mutmainah, Andri Nurtantiono Heny Kurnianingsih
PARADIGMA Vol 12, No 02 (2015): Paradigma, Vol. 12 No. 02 Agustus 2014 - Januari 2015
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze how influences Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use to interest students in the College of Sukoharjo to use the digital library . This research try to apply or the Technology Acceptance Model ( TAM ) which describes the influence Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use on the Acceptance of IT. With the instrument questionnaires , research conducted in three private universities in the region Sukoharjo ie Muhammadiyah University of Surakarta , Univet Bangun  Nusantara and STIE Surakarta with student respondents Colleges in Sukoharjo with sample totaled 300 students with details per University of 100 people . Using multiple regression , F test and t test , this study finally obtain the following results 1 ) Perceived Easy of Use and Perceived Usefulness  are jointly significant effect on the Acceptance use of Digital Libraries the University in Sukoharjo , 2 ) Perceived Ease of Use partially significant effect on the Acceptance use of Digital Libraries the University in Sukoharjo , and 3 ) Perceived usefulness at two universities, namely the Universitas Muhammadiyah Surakarta and Univet Bangun Nusantara Sukoharjo partially significant effect on the use of the Library Reception digital on University in Sukoharjo . While in STIE Surakarta Perceived Usefulness partially no significant effect on Admission use Digital Library. Keywords :Technology Acceptance Model, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use
Pengaruh Sosialisasi, Tingkat Pemahaman, Motivasi, Kepribadian Terhadap Penerapan SAK ETAP Di Kampoeng Batik Laweyan Solo Rochmi Widayanti, Endang Masitoh W
PARADIGMA Vol 12, No 02 (2015): Paradigma, Vol. 12 No. 02 Agustus 2014 - Januari 2015
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP)merupakan standar akuntansi keuangan yang diperuntukkan bagi UMKM. Kehadiran SAK ETAP diharapkan dapat membantu UMKM mempermudah mendapatkan akses pemodalan di perbankan. Namun dalam penerapannya masih banyak kendala.Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh sosialisasi, tingkat pemahaman, motivasi dan kepribadian terhadap penerapan SAK ETAP baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dikuantifisikan. Sumber data adalah data primer. Data dikumpulkan dengan membuat kuesioner kepada pengusaha/pengrajin di Kampoeng Batik Laweyan dengan pengambilan sampel secara random. Hasil pengujian yang diperoleh dari penelitian ini secara parsial adalah variabel Sosialisasi, Motivasi dan Kepribadian berpengaruh positif signifikan terhadap Penerapan SAKETAP, sedangkan variabel TingkatPemahaman tidak berpengaruh positif terhadap Penerapan SAK-ETAP. Hasilpengujian secara simultan keempat variabel independen berpengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,790 atau 79,0 %. Hal ini berarti variabel Sosialisasi (X1), Pemahaman (X2), Motivasi (X3), dan Kepribadian (X4) memberikan konstribusinya sebesar 79,0 % terhadap Penerapan SAK ETAP.Kata kunci : Sosialisasi, Tingkat Pemahaman, Motivasi, Kepribadian, SAK ETAP

Page 1 of 2 | Total Record : 14