cover
Contact Name
Vincentius Widya Iswara
Contact Email
vincentius@ukwms.ac.id
Phone
+6231-3893933
Journal Mail Official
magister-scientiae@ukwms.ac.id
Editorial Address
Jl. Kalijudan 37, Surabaya 60114
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Magister Scientiae
ISSN : 0852078X     EISSN : 26227959     DOI : https://doi.org/10.33508/mgs
Core Subject : Science, Education,
Magister Scientiae Journal is published twice annually in March and October. This journal contains articles based on research report and critical analysis in teaching and learning. We only accept manuscripts which have not been published in other media, including personal blogs. The contributing manuscripts should be written in English formatted accordingly with the manuscript direction. Contributors would like to give permission for the editors to edit the manuscript without changing its substance.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "No 32 (2012)" : 6 Documents clear
Kebergantungan Nilai Indeks Bias Medium Pada Panjang Gelombang Model Sellmeier Herwinarso .
Magister Scientiae No 32 (2012)
Publisher : Widya Mandala Surabaya Catholic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.467 KB) | DOI: 10.33508/mgs.v0i32.614

Abstract

Persamaan yang menyatakan kebergantungan indeks bias suatu medium terhadap panjang gelombang (dispersi), mula-mula dinyatakan oleh Augustin Louis Cauchy pada tahun 1836, yang kemudian dikenal dengan model dispersi indeks bias Cauchy. Model dispersi indeks bias Cauchy ini didasarkan pada data hasil eksperimen (secara empiris), dan persamaan dispersi indeks bias Cauchy pada dasarnya merupakan persamaan polinom. Salah satu kajian tentang dispersi indeks bias secara teoritis dikemukakan oleh Wilhelm Sellmeier tahun 1871, yang kemudian dikenal dengan Persamaan Sellmeier. Persamaan Sellmeier merupakan persamaan yang menyatakan keterkaitan indeks bias bahan dielektrik transparan dengan panjang gelombang optis yang melalui bahan dielektrik tersebut. Selmeier menggunakan beberapa pendekatanpendekatan tentang elektron-elektron dalam medium, yang pertama adalah anggapan bahwa elektron-elektron medium terikat pada intinya masing-masing oleh suatu yang berkelakuan sebagai gaya pemulih. Kedua, anggapan bahwa elektron yang mengalami percepatan (karena pengaruh gaya luar) juga mengalami redaman radiasi (damping radiation) dengan gaya yang sebanding dengan besar kecepatan electron. Dan elektron dengan spesifikasi yang dinyatakan dalam model pendekatan tersebut, dalam interaksinya dengan gelombang EM yang datang padanya mengalami gaya yang dapat dinyatakan dengan persamaan : F e E exp( i t) o = - w Melalui pendekatan interaksi elektron dengan medium telah diperoleh persamaan dispersi indeks bias suatu medium yang kemudian dikenal dengan Persamaan Sellmeier. Pada Persamaan Sellmeier dapat ditunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan polynomial akan diperoleh persamaan dispersi indeks bias Cauchy.
Inplementasi Polya’s Model pada Problem Solving tentang Aplikasi Integral dalam Fisika I Nyoman Arcana
Magister Scientiae No 32 (2012)
Publisher : Widya Mandala Surabaya Catholic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.438 KB) | DOI: 10.33508/mgs.v0i32.615

Abstract

Inti materi Matakuliah Kalkulus II di Prodi Pendidikan Fisika adalah Integral. Salah satu pokok bahasan pada matakuliah ini adalah Aplikasi Integral dalam Fisika. Aplikasinya berupa penyelesaian masalah (problem solving) dalam soal-soal fisika yang membutuhkan integral. Selain membutuhkan pengetahuan integral, juga diperlukan pemahaman tentang fisika, kemampuan membuat model matematika, keterampilan matematis, dan kemampuan menginterprestasikan hasil perhitungan. Jadi, soal-soal seperti ini sangat komplek dan tidak mudah, akibatnya banyak mahasiswa yang tidak bisa menjawab dengan sempurna. Penelitian ini bertujuan membuat buku ajar yang dapat mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi kalkulus dalam fisika. Alur berpikir dalam buku ini menginflementasikan alur Polya’s Model, suatu model yang ditulis oleh George Polya, seorang matematikawan terkemuka dalam bukunya How to solve it. Polya menyarankan empat tahap dalam pemecahan masalah, yaitu: understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, dan looking back. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Pengembangan dan Peningkatkan Kualitas Pembelajaran (PPKP). Penelitian dilakukan di Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unika Widya Mandala Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inplementasi Polya’s Model dalam bentuk baris-kolom (tabel) antara tahap-tahap Polya dan contoh kasus dapat menuntun mahasiswa mempermudah menyelesaikan masalah tentang aplikasi integral dalam fisika
Suggested Corrections to Textbook Entitled: “Mudah Melakukan Percakapan Bahasa Mandarin Sehari-Hari” Sudono Noto Pradono
Magister Scientiae No 32 (2012)
Publisher : Widya Mandala Surabaya Catholic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.13 KB) | DOI: 10.33508/mgs.v0i32.616

Abstract

The purpose of this paper is to criticize a published book. The writer reviewed a book entitled “Mudah melakukan percakapan Bahasa Mandarin sehari-hari” (“It is easy to speak everyday Chinese”). The writer found many mistakes in this book, which he classified as follows: 1. phonetic, 2. character, 3. diction, and 4. grammar; he focused on the sentences in the conversation part only. Therefore, the mistakes are discussed and the corrections are suggested. The writer hopes that there are no mistakes anymore in published books for learning Chinese in Indonesia.
Pembuatan Modul Petunjuk Praktikum Fisika pada Eksperimen Franck-Hertz G. Budijanto Untung; Tjondro Indrasutanto; Herwinarso .
Magister Scientiae No 32 (2012)
Publisher : Widya Mandala Surabaya Catholic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.036 KB) | DOI: 10.33508/mgs.v0i32.617

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk menunjukkan bahwa energi elektron suatu atom itu terkuantisasi, memahami kurva Franck-Hertz dari peristiwa penyerahan energi yang tidak kontinyu oleh elektron bebas kepada atom Mercury dan menentukan energi eksitasi atom Mercury serta menentukan panjang gelombang foton yang dipancarkan. Dalam penelitian ini telah dibuktikan bahwa energi elektron dalam atom itu terkuantisasi kenyataan ini mendukung teori atom Bohr. Kurva yang terbentuk sangat mirip dengan kurva hasil percobaan Franc-Hertz yang sebenarnya, perbedaan yang ada adalah suhu uap Mercury dalam percobaan ini hanya 1300 C sedangkan aslinya adalah 1800 C. Energi eksitasi yang diperoleh dari percobaan ini adalah 5 eV dan panjang gelombang foton yang dapat diukur dari percobaan ini adalah 2486,25 A0 .
Developing Interactive Multimedia Software for English Learning Y.G. Harto Pramono
Magister Scientiae No 32 (2012)
Publisher : Widya Mandala Surabaya Catholic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1076.36 KB) | DOI: 10.33508/mgs.v0i32.618

Abstract

This paper describes a project aimed to develop interactive multimedia software which is pedagogically attractive and appropriate for Year 2 students of Elementary School to learn English. The software was developed using Macromedia Flash Professional 8. It presented one common theme: Animals. The learning activities provided in the software were carefully designed to help the students develop the four main skills for language acquisition – listening, speaking, reading, and writing – in an integrated way. To gain an optimal product, an evaluation by experts was conducted and the result of this evaluation was used as the basis for revising the software. In addition, a series of tryout by target users were conducted phase by phase. After each phase of the tryout was completed, the software was revised by addressing the results of the tryout to improve its quality. Based on the result of the final tryout, it can be concluded that the developed interactive multimedia software is pedagogically quite attractive and appropriate to help Year 2 students of elementary school learn English
Errors in Writing B. Budiyono
Magister Scientiae No 32 (2012)
Publisher : Widya Mandala Surabaya Catholic University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.036 KB) | DOI: 10.33508/mgs.v0i32.619

Abstract

Errors in language learning may be analyzed by means of the combination of surface and linguistic strategies. The errors in this paper were collected from the end-of-term test of Writing II of group A. The data were classified as addition, omission, and substitution. No ordering errors were found. There are many, however, data of errors about Indonesian food names.

Page 1 of 1 | Total Record : 6