cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Sosial Budaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya" : 10 Documents clear
Locus of Control dan Kepuasan Terhadap Proses Pembelajaran (Studi Pada Program Studi Manajemen-Akutansi Universitas Muria Kudus dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Anwar) Robiyanto, Febra; Edris, Mochammad
Jurnal Sosial Budaya Vol 5, No 2 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.993 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan Locus of Control ( LOC ) dari siswa di Universitas Muria Kudus ( UMK ) dan Sekolah Tinggi Ekonomi ( STIE ) Al - Anwar , mengetahui persepsi siswa kepuasan dengan proses pembelajaran , dan untuk menguji secara empiris perbedaan persepsi antara mahasiswa dengan LOC internal dan eksternal pada kepuasan dengan sistem pembelajaran pada UMK dan Al - Anwar STIE Mojekerto. Data yang diperoleh oleh responden mendistribusikan langsung ke fakultas dan mahasiswa di Universitas Muria Kudus secara acak selected.Locus of Control untuk mengetahui ( LOC ) dari mahasiswa Universitas Muria Kudus Kudus ( UMK ) dan Sekolah Tinggi Ekonomi ( STIE ) Al - Anwar dpersepsi siswa tentang kepuasan dengan proses pembelajaran; melakukan analisis deskriptif pengolahan data. Hasil pengujian hipotesis ( HA ) adalah mahasiswa yang memiliki locus of control internal akan menunjukkan tingkat yang lebih tinggi kepuasan dibandingkan dengan siswa yang memiliki locus of control eksternal , menunjukkan bahwa rata-rata (Mean Peringkat ) rating kepuasan bagi siswa yang memiliki internal locus of control ( 41,61 ) lebih besar dari rata-rata (Mean Peringkat ) kepuasan siswa yang memiliki locus of control eksternal ( 31,51 ) . Kata kunci: Locus of Control, kepuasan proses belajar, persepsi siswa
Analisis Pengaruh Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Universitas Muria Kudus Winahyuningsih, Panca; Edris, Mochammad
Jurnal Sosial Budaya Vol 5, No 2 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.04 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas pembelajaran dan kualitas pelayanan dalam hubungannya dengan kepuasan dan loyalitas mahasiswa Universitas Muria Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muria Kudus yang masih terdaftar dan aktif  sampai dengan tahun akademik 2010/2011 berjumlah 5974 mahasiswa. Dengan menerapkan rumus Slovin maka diperoleh sampel sejumlah 375 mahasiswa yang diambil dengan metode purposive sampling. Data diperoleh melalui  kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalitas mahasiswa dapat dibangun dari variabel pembelajaran melalui kepuasan mahasiswa, dan loyalitas mahasiswa juga dapat dibangun dari variabel kualitas pelayanan melalui kepuasan mahasiswa.   Keywords : Pembelajaran, kualitas pelayanan, kepuasan dan loyalitas
Hubungan Orientasi Tanggungjawab Sosial dan Karakteristik Individu Dengan Ketertarikan Perusahaan Masruri, Mohammad; Hanafi, -
Jurnal Sosial Budaya Vol 5, No 2 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.715 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara orientasi CSR dan karakteristik individu dengan Ketertarikan perusahaan. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa di Kudus. Pemilihan mahasiswa dari fakultas ekonomi didasarkan pada pendapat sen & Bhattacharya (2001) bahwa perusahaan pada umumnya menariumencari tenaga kerja yang memiliki keterampilan di bidang bisinis. Cara menentukan responden dengan accidental sampling dengan 100 kuesioner diedarkan. Jumlah sampel ini telah memenuhi persyaratan untuk dapat menggunakan alat analisis SPSS. Pelaksanaan orientasi perusahaan dan karakteristik individu terhadap perusahan baik secara parsial maupun simultan mampu membentuk ketertarikan perusahaan, yaitu dalam membangun reputasi dan norma/nilai perusahaan yang sesuai dengan pandangan masyarakat.   Kata kunci: tanggungjawab sosial perusahaan, karakteristik individu, dan ketertarikan perusahaan
Copying Stress Pedagang Pasar Kliwon Kabupaten Kudus Pasca Kebakaran Dhania, Dhini Rama
Jurnal Sosial Budaya Vol 5, No 2 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.743 KB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) Mengetahui ekspresi dan perasaan pedagang pasar kliwon saat mengetahui kiosnya terbakar, (2) Strategi copyng stres yang dilakukan untuk mengurangi tekanan yangdialami, (3) Bentuk dukungan yang dibutuhkan pedagang agar dapat bangkit kembali. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang pasar kliwonyang kiosnya terbakar. Sampel dalam penelitian ini adalah 99 responden. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan tekhnik accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) sebagian besar ekspresi yang ditunjukkan pedagang saat mengetahui kiosnya terbakar adalah menangis sebanyak 40 %, stres 23 %, dan ada juga yang tetap tenang yaitu sebanyak 19 %. Strategi copyng yang dilakukan para pedagang untuk dapat mengurangi stres atau tekanan yang dialaminya adalah lebih kepada religious coping yaitu berdoa sebanyak 83%, Waktu yang dibutuhkan para pedagang untuk menerima keadaan yang menekan terbanyak adalah berkisar 1 – 3 bulan sebanyak 39 %, lalu yang kedua cukup cepat hanya kurang dari 1 bulan sebanyak 26 %, dan sebanyak 7 % pedagang belum bisa menerima keadaan (3) Untuk kebutuhan dukungan, sebanyak 39 % responden mengatakan membutuhkan dukungan modal, 18 % membutuhkan dukungan modal & spiritual, Dukungan yang dibutuhkan para pedagang dari pengelola pasar kliwon dinilai kurang efektif oleh 77 % pedagang, 13 % menilai aktif.   Kata kunci : copyng stress, pedagang pasar kliwon
Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD Kelas 5 di Kudus Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Murtono, -; Ratnasari, Yuni; Oktaviyanti, Ika
Jurnal Sosial Budaya Vol 5, No 2 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.971 KB)

Abstract

Sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas, kondisi pembelajaran Sains siswa kelas 5 SD Negeri dirasa kurang memadai. Hal ini disebabkan beberapa faktor, yaitu model pembelajaran masih menggunakan metode konvesional yaitu dengan metode ceramah. Akibatnya siswa tidak fokus dalam menerima materi, sehingga pada saat diberikan soal-soal ulangan harian, siswa kurang memahami pertanyaan. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif  dan afektif  siswa sangat rendah. Penelitian ini dilaksanakan di pada bulan Juli sampai Desember 2011 menggunakan metode PTK. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 5 di SD Negeri 1 Mejobo SD Negeri 1 Bae, SD Negeri 1  Burikan, SD Negeri 1 Melati Kidul, dan SD Negeri 1 Panjang. Tehnik pengumpulan data dengan tes prasiklus, tes siklus I, tes siklus II dan tes akhir setelah siklus I dan siklus II. Hasil analisi data penelitian adalah diperoleh nilai kognitif dan afektif mulai awal siklus sampai akhir siklus mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Nilai rata-rata di SD Negeri 1 Mejobo prasiklus: 53,43; siklus I:84,17; siklus II:90  SD Negeri 1 Bae prasiklus:58,23; siklus I:67,68; siklus II:78; SD Negeri 1  Burikan prasiklus:55,53; siklus I:68,25; siklus II:75;   Kata Kunci: model Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil Belajar
Copying Stress Pedagang Pasar Kliwon Kabupaten Kudus Pasca Kebakaran Dhini Rama Dhania
Jurnal Sosial dan Budaya Vol 5, No 2 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) Mengetahui ekspresi dan perasaan pedagang pasar kliwon saat mengetahui kiosnya terbakar, (2) Strategi copyng stres yang dilakukan untuk mengurangi tekanan yangdialami, (3) Bentuk dukungan yang dibutuhkan pedagang agar dapat bangkit kembali. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang pasar kliwonyang kiosnya terbakar. Sampel dalam penelitian ini adalah 99 responden. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan tekhnik accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) sebagian besar ekspresi yang ditunjukkan pedagang saat mengetahui kiosnya terbakar adalah menangis sebanyak 40 %, stres 23 %, dan ada juga yang tetap tenang yaitu sebanyak 19 %. Strategi copyng yang dilakukan para pedagang untuk dapat mengurangi stres atau tekanan yang dialaminya adalah lebih kepada religious coping yaitu berdoa sebanyak 83%, Waktu yang dibutuhkan para pedagang untuk menerima keadaan yang menekan terbanyak adalah berkisar 1  3 bulan sebanyak 39 %, lalu yang kedua cukup cepat hanya kurang dari 1 bulan sebanyak 26 %, dan sebanyak 7 % pedagang belum bisa menerima keadaan (3) Untuk kebutuhan dukungan, sebanyak 39 % responden mengatakan membutuhkan dukungan modal, 18 % membutuhkan dukungan modal dan spiritual, Dukungan yang dibutuhkan para pedagang dari pengelola pasar kliwon dinilai kurang efektif oleh 77 % pedagang, 13 % menilai aktif.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD Kelas 5 di Kudus Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing - Murtono; Yuni Ratnasari; Ika Oktaviyanti
Jurnal Sosial dan Budaya Vol 5, No 2 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas, kondisi pembelajaran Sains siswa kelas 5 SD Negeri dirasa kurang memadai. Hal ini disebabkan beberapa faktor, yaitu model pembelajaran masih menggunakan metode konvesional yaitu dengan metode ceramah. Akibatnya siswa tidak fokus dalam menerima materi, sehingga pada saat diberikan soal-soal ulangan harian, siswa kurang memahami pertanyaan. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif dan afektif siswa sangat rendah. Penelitian ini dilaksanakan di pada bulan Juli sampai Desember 2011 menggunakan metode PTK. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 5 di SD Negeri 1 Mejobo SD Negeri 1 Bae, SD Negeri 1 Burikan, SD Negeri 1 Melati Kidul, dan SD Negeri 1 Panjang. Tehnik pengumpulan data dengan tes prasiklus, tes siklus I, tes siklus II dan tes akhir setelah siklus I dan siklus II. Hasil analisi data penelitian adalah diperoleh nilai kognitif dan afektif mulai awal siklus sampai akhir siklus mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Nilai rata-rata di SD Negeri 1 Mejobo prasiklus: 53,43; siklus I:84,17; siklus II:90 SD Negeri 1 Bae prasiklus:58,23; siklus I:67,68; siklus II:78; SD Negeri 1 Burikan prasiklus:55,53; siklus I:68,25; siklus II:75; Kata Kunci: model Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil Belajar
Locus of Control dan Kepuasan Terhadap Proses Pembelajaran (Studi Pada Program Studi Manajemen-Akutansi Universitas Muria Kudus dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Anwar) Febra Robiyanto; Mochammad Edris
Jurnal Sosial dan Budaya Vol 5, No 2 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan Locus of Control ( LOC ) dari siswa di Universitas Muria Kudus ( UMK ) dan Sekolah Tinggi Ekonomi ( STIE ) Al - Anwar , mengetahui persepsi siswa kepuasan dengan proses pembelajaran , dan untuk menguji secara empiris perbedaan persepsi antara mahasiswa dengan LOC internal dan eksternal pada kepuasan dengan sistem pembelajaran pada UMK dan Al - Anwar STIE Mojekerto. Data yang diperoleh oleh responden mendistribusikan langsung ke fakultas dan mahasiswa di Universitas Muria Kudus secara acak selected.Locus of Control untuk mengetahui ( LOC ) dari mahasiswa Universitas Muria Kudus Kudus ( UMK ) dan Sekolah Tinggi Ekonomi ( STIE ) Al - Anwar dpersepsi siswa tentang kepuasan dengan proses pembelajaran; melakukan analisis deskriptif pengolahan data. Hasil pengujian hipotesis ( HA ) adalah mahasiswa yang memiliki locus of control internal akan menunjukkan tingkat yang lebih tinggi kepuasan dibandingkan dengan siswa yang memiliki locus of control eksternal , menunjukkan bahwa rata-rata (Mean Peringkat ) rating kepuasan bagi siswa yang memiliki internal locus of control ( 41,61 ) lebih besar dari rata-rata (Mean Peringkat ) kepuasan siswa yang memiliki locus of control eksternal ( 31,51 ) . Kata kunci: Locus of Control, kepuasan proses belajar, persepsi siswa
Analisis Pengaruh Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Universitas Muria Kudus Panca Winahyuningsih; Mochammad Edris
Jurnal Sosial dan Budaya Vol 5, No 2 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas pembelajaran dan kualitas pelayanan dalam hubungannya dengan kepuasan dan loyalitas mahasiswa Universitas Muria Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muria Kudus yang masih terdaftar dan aktif sampai dengan tahun akademik 2010/2011 berjumlah 5974 mahasiswa. Dengan menerapkan rumus Slovin maka diperoleh sampel sejumlah 375 mahasiswa yang diambil dengan metode purposive sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalitas mahasiswa dapat dibangun dari variabel pembelajaran melalui kepuasan mahasiswa, dan loyalitas mahasiswa juga dapat dibangun dari variabel kualitas pelayanan melalui kepuasan mahasiswa. Keywords : Pembelajaran, kualitas pelayanan, kepuasan dan loyalitas
Hubungan Orientasi Tanggungjawab Sosial dan Karakteristik Individu Dengan Ketertarikan Perusahaan Mohammad Masruri; - Hanafi
Jurnal Sosial dan Budaya Vol 5, No 2 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara orientasi CSR dan karakteristik individu dengan Ketertarikan perusahaan. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa di Kudus. Pemilihan mahasiswa dari fakultas ekonomi didasarkan pada pendapat sen and Bhattacharya (2001) bahwa perusahaan pada umumnya menariumencari tenaga kerja yang memiliki keterampilan di bidang bisinis. Cara menentukan responden dengan accidental sampling dengan 100 kuesioner diedarkan. Jumlah sampel ini telah memenuhi persyaratan untuk dapat menggunakan alat analisis SPSS. Pelaksanaan orientasi perusahaan dan karakteristik individu terhadap perusahan baik secara parsial maupun simultan mampu membentuk ketertarikan perusahaan, yaitu dalam membangun reputasi dan norma/nilai perusahaan yang sesuai dengan pandangan masyarakat.  Kata kunci: tanggungjawab sosial perusahaan, karakteristik individu, dan ketertarikan perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10