cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
galuh.amadeo@uajy.ac.id
Editorial Address
Jl. Babarsari No. 6, Yogyakarta 55281
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 18296564     EISSN : 25488643     DOI : -
Core Subject : Education,
urnal ILMU KOMUNIKASI has been published since 2004 by Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Atma Jaya Yogyakarta. The publisher only accepts an original work, which has not been published elsewhere. The article should be submitted through this site in accordance with our format (see Author Guidelines). Submitted article will be reviewed and edited for format uniformity, term, and other procedures.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 17 No. 2 (2020)" : 8 Documents clear
Kekuatan di Luar Media Visual dan Pemberdayaan Siswa Pemantau Jentik Shinta Nasution
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 17 No. 2 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.255 KB) | DOI: 10.24002/jik.v17i2.1744

Abstract

Upaya pencegahan DBD (Demam Berdarah Dengue) dilakukan dengan memberdayakan Sismantik (Siswa Pemantau Jentik) melalui promosi kesehatan bermedia. Studi ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor lain di luar media visual (manga dan infografis) yang diduga berpengaruh terhadap pemahaman informasi, persepsi risiko dan sikap Sismantik terhadap pencegahan DBD. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap ketiga variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berhitung, pengalaman, status sosial ekonomi berpengaruh terhadap pemahaman informasi, sedangkan minat, lingkungan sosial budaya dan kemampuan berhitung berpengaruh terhadap persepsi risiko tentang penyakit DBD.
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keinginan Mahasiswa dalam Menggunakan Media Sosial Julianti Cendrawan; Clara R. P. Ajisuksmo
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 17 No. 2 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.698 KB) | DOI: 10.24002/jik.v17i2.1793

Abstract

Penggunaan media sosial memberikan kemudahan pada individu dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini berdampak pada peningkatan jumlah pengguna media sosial di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keinginan individu dalam menggunakan media sosial. Penelitian dilakukan di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta dengan responden penelitian sebanyak 137 mahasiswa strata satu (S1). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perilaku pencarian informasi, perilaku hedonik, dan rasa kekomunitasan terhadap keinginan individu untuk menggunakan media sosial.
ICT for Youth Philanthropy: A Study towards Kitabisa.com and GandengTangan.co.id Yuliana Rakhmawati
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 17 No. 2 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.013 KB) | DOI: 10.24002/jik.v17i2.2012

Abstract

Kaum muda Indonesia telah memprakarsai filantropi strategis dengan mendirikan perusahaan rintisan. Ini menggabungkan potensi filantropi dan TIK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis TIK dari dua startup yang terlibat dalam filantropi kaum muda. Subjek penelitian adalah dokumen media online dari Kitabisa.com dan GandengTangan.co.id. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa TIK dan filantropi pemuda berkontribusi untuk memperkuat kapasitas kaum muda, membangun kolaborasi kaum muda-dewasa, memperkuat keterampilan dan pengetahuan kaum muda, membangun jaringan, dan mempertahankan program. Temuan ini dianalisis menggunakan konsep TIK dan pendekatan filantropi pemuda. Penelitian di masa depan dapat dilakukan dengan mengembangkan pemetaan pola filantropi pemuda di Indonesia.
Perencanaan Darurat Menghadapi Krisis pada Kementerian dan Lembaga Nonstruktural Pusat Rachmat Kriyantono; Arini Ameliyah
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 17 No. 2 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.089 KB) | DOI: 10.24002/jik.v17i2.2191

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan perencanaan darurat krisis oleh humas pemerintahan Indonesia. Penelitian terdahulu menunjukkan perencanaan krisis penting untuk meminimalkan dan membatasi dampak krisis. Contingency plan merupakan bentuk perencanaan darurat krisis yang efektif di era keterbukaan informasi. Peneliti melakukan wawancara kualitatif terhadap 16 informan praktisi humas pemerintah yang masuk peringkat keterbukaan informasi publik. Penelitian ini menghasilkan lima proposisi: posisi struktural humas memengaruhi peran manajemen krisis, konstruksi humas tentang krisis memengaruhi strategi perencanaan krisis, humas pemerintah belum memiliki contingency plan, tim manajemen krisis bukan bagian strategi humas lembaga pemerintah dalam manajemen krisis, dan konstruksi humas terkait krisis memengaruhi strategi manajemen krisis dan hambatannya.
Representasi Anak-Anak dalam Film Jermal Satrya Wibawa
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 17 No. 2 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.844 KB) | DOI: 10.24002/jik.v17i2.2195

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil riset tentang karakter tokoh anak-anak dalam film Jermal (2009). Film ini mengeksplorasi pekerja anak di sebuah jermal, platform pencarian dan pengolahan hasil laut yang berlokasi di tengah laut. Riset ini menggunakan pendekatan analisis naratif dan tekstual untuk mengeksplorasi penggambaran tokoh anak-anak melalui elemen-elemen sinema. Hasil riset menunjukkan bahwa anak-anak dikonstruksi sebagai pihak penurut dalam relasi anak dan orang dewasa. Pekerja anak tereksploitasi oleh industri yang dijalankan orang dewasa. Anak juga harus menerima kondisi dalam keluarga di bawah kendali orang tua. Hasil riset ini juga menunjukkan dominasi laki-laki karena tokoh perempuan hanya dimunculkan melalui narasi.
Persepsi Konsumen terhadap Selebritas sebagai Endorser Iklan Produk Morissan Morissan
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 17 No. 2 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.156 KB) | DOI: 10.24002/jik.v17i2.2399

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara variabel demografis dan sikap terhadap selebritas yang menjadi endorser iklan produk dan menentukan atribut selebritas paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penarikan sampel dilakukan di Jakarta dengan teknik convenience sampling melalui kuesioner online dan diperoleh 436 responden. Temuan menunjukkan bahwa usia dan jenis kelamin memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap konsumen untuk mendukung, netral, atau menolak selebritas endorser, sementara pendidikan dan pendapatan tidak memberikan pengaruh signifikan. Tiga atribut endorser menunjukkan pengaruh signifikan terhadap niat pembelian dan kepercayaan menunjukkan pengaruh terkuat, diikuti keahlian dan kesamaan.
Pola Konsumsi Berita pada Kelompok Khalayak Digital di Kota Bandar Lampung Wulan Suciska; Eka Yuda Gunawibawa
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 17 No. 2 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.411 KB) | DOI: 10.24002/jik.v17i2.2484

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pola konsumsi berita di Bandar Lampung sekaligus melihat jenis media massa serta berita yang dipercaya dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Indikator penelitian berupa akses dan terpaan media serta motif keaktifan khalayak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para digital natives dan digital immigrants memiliki ketertarikan dan pola konsumsi tinggi terhadap berita karena kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi digital dan internet. Hal ini berbeda dengan digital settlers yang tingkat ketertarikan dan pola konsumsi beritanya rendah.
The Jakarta Post Coverage of Indonesian Presidential Candidates in 2019 Nobertus Ribut Santoso; Michelle Anne Noble Sto. Tomas; Ailyn Joy Taguding Peralta
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 17 No. 2 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.901 KB) | DOI: 10.24002/jik.v17i2.3382

Abstract

Penelitian ini menganalisis 119 artikel berita online di The Jakarta Post dari Januari hingga April 2019, terkait pemilu nasional 2019, menggunakan analisis isi berdasarkan pada isu-isu yang dibahas dalam debat nasional yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia. Selain itu, penelitian ini menambahkan segmen kategori yang merangkum isuisu yang diekspos dari tinjauan studi terkait. Uji reliabilitas antarpengkode mendapatkan nilai yang sangat baik (pengkode 1 dan 3: k = 0.83; pengkode 1 dan 2: k = 0.84; pengkode 2 dan 3: k = 0.94). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kandidat mendapatkan kesempatan yang sama untuk dibingkai secara objektif dalam pemberitaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 20 No. 1 (2023) Vol. 19 No. 2 (2022) Vol. 19 No. 1 (2022) Vol. 18 No. 2 (2021) Vol. 18 No. 1 (2021) Vol 18, No 1 (2021) Vol. 17 No. 2 (2020) Vol 17, No 2 (2020) Vol 17, No 1 (2020) Vol. 17 No. 1 (2020) Vol 16, No 2 (2019) Vol. 16 No. 2 (2019) Vol. 16 No. 1 (2019) Vol 16, No 1 (2019) Vol 15, No 2 (2018) Vol. 15 No. 2 (2018) Vol 15, No 1 (2018) Vol. 15 No. 1 (2018) Vol 14, No 2 (2017) Vol. 14 No. 2 (2017) Vol 14, No 1 (2017) Vol. 14 No. 1 (2017) Vol. 13 No. 2 (2016) Vol 13, No 2 (2016) Vol 13, No 2 (2016) Vol 13, No 1 (2016) Vol. 13 No. 1 (2016) Vol 12, No 2 (2015) Vol. 12 No. 2 (2015) Vol 12, No 2 (2015) Vol 12, No 1 (2015) Vol 12, No 1 (2015) Vol. 12 No. 1 (2015) Vol 11, No 2 (2014) Vol 11, No 2 (2014) Vol. 11 No. 2 (2014) Vol 11, No 1 (2014) Vol. 11 No. 1 (2014) Vol 11, No 1 (2014) Vol 10, No 2 (2013) Vol. 10 No. 2 (2013) Vol 10, No 1 (2013) Vol. 10 No. 1 (2013) Vol 10, No 1 (2013) Vol 9, No 2 (2012) Vol 9, No 2 (2012) Vol. 9 No. 2 (2012) Vol 9, No 1 (2012) Vol 9, No 1 (2012) Vol. 9 No. 1 (2012) Vol 8, No 2 (2011) Vol 8, No 2 (2011) Vol. 8 No. 2 (2011) Vol 8, No 1 (2011) Vol 8, No 1 (2011) Vol. 8 No. 1 (2011) Vol 7, No 2 (2010) Vol. 7 No. 2 (2010) Vol 7, No 2 (2010) Vol 7, No 1 (2010) Vol. 7 No. 1 (2010) Vol 7, No 1 (2010) Vol 6, No 2 (2009) Vol. 6 No. 2 (2009) Vol 6, No 2 (2009) Vol. 6 No. 1 (2009) Vol 6, No 1 (2009) Vol 6, No 1 (2009) Vol. 5 No. 2 (2008) Vol 5, No 2 (2008) Vol 5, No 2 (2008) Vol 5, No 1 (2008) Vol. 5 No. 1 (2008) Vol 5, No 1 (2008) Vol 4, No 2 (2007) Vol 4, No 2 (2007) Vol. 4 No. 2 (2007) Vol 4, No 1 (2007) Vol. 4 No. 1 (2007) Vol 4, No 1 (2007) Vol. 3 No. 2 (2006) Vol 3, No 2 (2006) Vol 3, No 2 (2006) Vol 3, No 1 (2006) Vol 3, No 1 (2006) Vol. 3 No. 1 (2006) Vol. 2 No. 2 (2005) Vol 2, No 2 (2005) Vol 2, No 2 (2005) Vol. 2 No. 1 (2005) Vol 2, No 1 (2005) Vol 2, No 1 (2005) Vol 1, No 2 (2004) Vol 1, No 2 (2004) Vol. 1 No. 2 (2004) Vol. 1 No. 1 (2004) Vol 1, No 1 (2004) Vol 1, No 1 (2004) More Issue