cover
Contact Name
Dwi Sulisworo
Contact Email
dwi.sulisworo@uad.ac.id
Phone
+62895416066361
Journal Mail Official
bfi@mpfis.uad.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161 Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya
ISSN : 20850409     EISSN : 25500465     DOI : 10.12928
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The coverage of the journal includes but not limited to: Physics Physics Education Computational Physics Experimental Physics Theoretical Physics Astronomy Electronics Instrumentation Sensor Instructional Media Learning strategies Learning Evaluation Learning model
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2023)" : 6 Documents clear
Penerapan reciprocal teaching berbantuan Google Sites untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains siswa smp Wuryanto Puji Siswoyo; Ishafit Ishafit
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya Vol 14, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/bfi-jifpa.v14i1.22350

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Reciprocal Teaching berbantuan Google Sites untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains siswa.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari dua siklus. Paradigma ini dimulai dengan perencanaan, kemudian tindakan, kemudian observasi, dan akhirnya kegiatan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada 26 siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Borobudur. Dalam penelitian ini nilai KKM adalah 65. Sedangkan tingkat keaktifan siswa minimal sedang (33%-66%). Sementara keterampilan komunikasi sains siswa cukup (66%-75%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan Reciprocal Teaching berbantuan Google Sites dapat meningkatkan keaktifan guru pada kategori baik (94%) dan keaktifan siswa meningkat dari kategori sedang menjadi baik (71%), ketuntasan belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal pada Siklus II (77%) dan keterampilan komunikasi sains siswa meningkat dari kategori cukup menjadi baik secara signifikan (79%), sehingga penggunaan Reciprocal Teaching berbantuan Google Sites untuk meningkatkan keterampilan sains siswa SMP berhasil.
Pengembangan bahan ajar science, technology, engineering, mathematics model project-based learning untuk meningkatkan proses sains ditinjau dari kemampuan awal dan sikap ilmiah Rusli Irwanto; Ishafit Ishafit; Moh. Toifur
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya Vol 14, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/bfi-jifpa.v14i1.23282

Abstract

This research aims to develop teaching materials for project-based learning models for science, technology, engineering, and mathematics (STEM). The procedure for developing teaching materials refers to the 4D model (Design, Define, Develop, Disseminate). The research instrument was in the form of teaching material validation sheets and science process skills tests. The design used is a non-equivalent (pretest-posttest) design. Data were analyzed using due diligence and effectiveness analysis. The product, as a result of the development, was tested and involved two covariates: initial ability and scientific attitude. The developed teaching materials have a very valid category, and the feasibility value of the science process skills test questions from the validator is 97% very good category. The resulting product is practical to apply based on the results of learning management. PjBL STEM teaching materials can improve science process skills.
Rancang bangun alat monitoring dan deteksi banjir menggunakan NodeMCU ESP8266 dan HC-SR04 berbasis IoT (BLYNK) Funny Qorry Ain; Imam Sucahyo; Meta Yantidewi
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya Vol 14, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/bfi-jifpa.v14i1.24059

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk merangkai atau membuat alat monitoring dan deteksi banjir menggunakan sensor HC-SR04 berbasis IoT (blynk), serta mengetahui sistem kerja dari alat tersebut. Metode yang dilakukan adalah perancangan perangkat lunak (software) dan perancangan perangkat keras (hardware), setelah dilakukannya perancangan, selanjutnya dilakukan uji coba kerja dari program alat tersebut, apabila alat berjalan dengan baik, maka langkah selanjutnya ialah proses pengambilan data. Hasil yang diperoleh bahwa sistem dan juga alat dapat berjalan sesuai program yang telah dibuat, alat dapat mendeteksi 3 kondisi (aman, waspada, bahaya) dimana saat kondisi bahaya, alat akan memberi 2 peringatan. 1 peringatan secara offline yaitu suara dari buzzer dan 1 peringatan secara online yaitu notifikasi dari aplikasi blynk. Alat dapat memonitoring dalam 2 kondisi, 1 dalam kondisi offline melalui LCD pada alat, 1 dalam kondisi online melalui aplikasi blynk. Kesimpulanya alat dapat bekerja sesuai dengan program yang telah dibuat, dengan nilai error rata-rata sebesar 4,25. Dengan sistem yang dapat mengirimkan peringatan dan monitoring melalui aplikasi blynk.
Pengembangan video pembelajaran online tentang Efek Fotolistrik menggunakan Sparkol Videoscribe pada mata kuliah Fisika Modern Raden Oktova; Panji Waloyo Jati
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya Vol 14, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/bfi-jifpa.v14i1.25024

Abstract

Mahasiswa membutuhkan bantuan pemahaman konsep-konsep abstrak dalam mata kuliah Fisika Modern, termasuk Efek Fotolistrik. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran, dan salah satu jenis media pembelajaran yang menarik dan inovatif adalah video yang dikembangkan dengan menggunakan Sparkol Videoscribe. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran online tentang Efek Fotolistrik dengan Sparkol Videoscribe yang layak digunakan untuk mendukung pembelajaran dan untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi dilakukan menggunakan angket oleh ahli materi dan media untuk mengetahui kelayakan video. Rata-rata tingkat kelayakan yang diberikan oleh ahli materi dan media masing-masing sebesar 83,33% dan 91,11% dengan kategori sangat layak. Setelah dilakukan uji kelayakan media, video pembelajaran yang dikembangkan diunggah ke situs YouTube untuk memudahkan penggunaan media pembelajaran. Uji kepuasan pengguna dilakukan pada 24 siswa sebagai sampel pengguna. Hasil uji kepuasan pengguna diperoleh tingkat kepuasan pengguna sebesar 89,77% dengan kategori sangat memuaskan.
Stellarium sebagai media pengamatan astronomi: Respon siswa suku Sikka Krowe, kelurahan Waipare Hamzarudin Hikmatiar; Azmi Khusnani; Adi Jufriansyah; Fitri Nur Hikmah
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya Vol 14, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/bfi-jifpa.v14i1.24240

Abstract

Penelian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa suku Sikka Krowe yang ada di kelurahan Waipare, kepulauan Flores, Nusa Tenggara Timur tentang kegiatan pengamatan astronomi dengan memanfaatkan stellarium sebagai media pelacak benda-benda langit. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Sebelum penelitian peneliti mengumpulkan data observasi dan dokumentasi untuk mengetahui background dari kelurahan Waipare kemudian memberi materi dan pelatihan untuk pengamatan. Hasil yang diperoleh, siswa masih kurang dalam pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu astronomi namun mereka sangat berminat untuk belajar dan merespon kegiatan dengan sangat positif dengan persentasi analisis angket sebesar 100%. Sebaiknya dalam penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan untuk menggunakan media yang berbeda sehingga bisa menjadi pembeda untuk siswa dalam memilih media yang tepat untuk mereka dalam pengamatan astronomi.
Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah IPBA Fatimah Fatimah; Marnita Marnita
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya Vol 14, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/bfi-jifpa.v14i1.25524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap kemmapuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah IPBA. Literasi digital sebagai bentuk inovasi pembelajaran dimana pada proses implementasinya memanfaatkan media pembelajaran digital yang terintegrasi dalam Learning Management System (LMS). Dalam hal ini media digital yang dikembangkan adalah berbentuk video pembelajaran animasi dan teori dalam bentuk modul pembelajaran yang diunggah pada LMS. Literasi digital ini diharapkan dapat menjadi solusi atau strategi pembelajaran yang dapat mengoptimalkan hasil belajar mahasiswa khusunya pada mata kuliah IPBA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dalam bentuk One Group Design pretest dan post test. Penelitian ini dilaksanakan pada 20 mahasiswa yang ikut mata kuliah IPBA. Setelah data hasil tes terkumpul, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan derajat kebebasan untuk daftar distribusi t adalah (N-1 = 19) dan peluang (1-a) atau pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis tes rata-rata diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 20,79 > 1,73, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa literasi digital dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah IPBA di Universitas Almuslim.

Page 1 of 1 | Total Record : 6