cover
Contact Name
Fatma Hermining Astuti
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
spektrum.industri@ie.uad.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55191
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
SPEKTRUM INDUSTRI
ISSN : 16936590     EISSN : 24422630     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Spektrum Industri is a media published scientific articles in the science scope related to engineering and/or industrial management both research and theoretical. Literature review will be considered if it is written by an expert. Spektrum Industri is published by Universitas Ahmad Dahlan in twice a year, every April and October. 5. Scope : Ergonomic, Work System Design and Product Design, Manufacturing System, Quality Management, Operationsal Research System Modeling, Industrial Management, Decision and Information System, Logistics and Supply Chain Management.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2: Oktober 2016" : 20 Documents clear
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIX SIGMA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PELALAWAN Anggraini, Denny Astrie; Satriardi, Satriardi
SPEKTRUM INDUSTRI Vol 14, No 2: Oktober 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.172 KB) | DOI: 10.12928/si.v14i2.4909

Abstract

Kepuasan masyarakat merupakan hal yang penting dilakukan oleh pemberi pelayanan publik salahsatunya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Pelalawan. Oleh karenaitu penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi kualitas pelayanan,mengukur tingkat kualitas layanan yang diberikan saat ini dan memberikan rekomendasi tindakanperbaikan dalam pembuatan Akta Kelahiran. Pendekatan yang digunakan yaitu dengan menggunakanSix Sigma. Pada tahap define dilakukan penyebaran kuesioner terbuka, diperoleh 17 variabel yangmempengaruhi kualitas pelayanan. Selanjutnya dirancang dan disebar kuesioner tertutup. Setelahdinyatakan Valid dan Reliabel maka penyebaran kuesioner sebenarnya dilakukan untuk mengetahuitingkat kepuasan dan kepentingan yang dirasakan masyarakat saat ini. Pada tahap Measure dilakukanpengukuran kondisi saa tini dengan melihat tingkat sigma dan menggunakan diagram IS. Terdapat 8variabel berada pada kuadran Attention dan 9 variabel berada pada kuadran Bravo.Variabel yangberada pada kuadran Attention dicari akar penyebab masalah yang umumnya disebabkan oleh faktorSDM. Pada tahap Analyze digunakan metode 5W-1H. Tahap Improve diketahui elemen-elemen yangterkait dalam pelayanan pembuatan Akta Kelahiran yaitu pimpinan, staf dan masyarakat. Kemudian SOPdibakukan dan dioptimalkan pelaksanaanya. Pada tahap Control dilakukan pengawasan pada setiapproses agar sesuai dengan SOP yang sudah dibakukan.Kata kunci : DMAIC, Diagram IS, Kualitas Layanan, Six sigma.
ANALISIS FAKTOR KEHADIRAN DOSEN DI UNIVERSITAS X Rani, Annisa Mulia
SPEKTRUM INDUSTRI Vol 14, No 2: Oktober 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.769 KB) | DOI: 10.12928/si.v14i2.4914

Abstract

Aspek kualitas pekerjaan berkaitan langsung dengan waktu yang khusus digunakan dosen untuk mengembangkan kemampuan. Maka untuk merealisasikan kualitas dosen yang terbaik , pihak manajemen khusunya dekan membuat peraturan untuk kehadiran dosen adalah minimal 25 jam/minggu. Dengan peraturan ini diharapkan dosen dapat melaksanakan beban kerja dosen sebaik-baiknya. Peraturan ini tertulis dan tertuang pada SK Dekan No 20/2006 pada kampus X. Dengan Menggunakan Analisis faktor mencoba menemukan hubungan atar sejumlah variable-variabel yang awalnya saling independen satu dengan yang lain dimana variable penyebab kekurangan jam dosen datang/minggu adalah keluaraga, manajemen, hubungan social, fasilitas pengajaran, jarak/lokasi, kompensasi transport. Berdasarkan uji Bartley test dan Measure sample of adequate yang pertama maka dengan nilai sig 0.04 dan msa 0.540 . Dengan menggunakan metode principal component analysis maka pembentukan factor hanya ada 1 componen karena nilai eigen value yang mempunyai nilai diatas 1. Faktor pembentuk baru yaitu manajemen, kompensasi dan jarak menjadi satu component.Kata kunci : Analisis factor, Principal component analysis.
ANALISIS BIAYA PERBAIKAN ULIR DI PT. ALLOY MAS OILFIELD SERVICES DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING Andriyanto, Widi; Agustina, Aifrid; Kholil, Muhammad
SPEKTRUM INDUSTRI Vol 14, No 2: Oktober 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.611 KB) | DOI: 10.12928/si.v14i2.4905

Abstract

Sebagai pemula di bidang minyak dan gas PT. Alloy Mas Oilfield Services ingin bersaing dengan perusahaan lain yang telah lama malang melintang di bidang minyak dan gas terutama di sektor perbaikan ulir untk Spec 7-1. Dengan menerapkan perhitungan yang jeli dan riil terhadap aktivitas–aktivitas yang memerlukan biaya, PT. Alloy Mas Oilfiled Services mencoba mendapatkan biaya aktivitasnya. Menggunakan metoda Activity Based Costing untuk menghitung biaya aktivitas dengan mengalokasikan biaya secara tepat akan memudahkan dalam penentuan harga perbaikan ulir tersebut. Dengan mengidentifikasi aktivitas-aktivitas yang ada dalam proses perbaikan ulir, maka akan mendapat besar biaya yang valid untuk perhitungan biaya aktivitas.Dari perhitungan dengan metoda Activity Based Costing,didapat rincian biaya untuk perbaikan ulir Spec 7-1 yang antara lain untuk perbaikan koneksi NC 38 Pin Rp 893,654 , koneksi NC 38 Box Rp 885,006 , koneksi NC 50 Pin Rp 861,527 , koneksi NC 50 Box Rp 883,983 , koneksi 6 5/8 REG Pin Rp 849,489 , koneksi 6 5/8 REG Box Rp 957,082. Dari biaya aktivitas ini bisa digunakan penentuan harga perbaikan ulir saat adanya tender. Sehingga harga yang diberikan akan lebih kompetitif dengan para pesaing.Kata kunci : Perbaikan Ulir, Metoda Activity Based Costing.
MANAJEMEN RANTAI PASOKAN JAGUNG ASALAN PADA CV AMIN DI LAMPUNG TENGAH Budiono, Rahmad; Syaichu, Achmad
SPEKTRUM INDUSTRI Vol 14, No 2: Oktober 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.931 KB) | DOI: 10.12928/si.v14i2.4910

Abstract

Salah satu komoditi palawija yang memiliki peranan yang penting di Indonesia adalah jagung, karena merupakan sumber protein dan kalori yang sangat dibutuhkan oleh ayam peternak. Pengiriman yang belum tepat waktu merupakan penyebab belum efisiennya kinerja rantai pasokan jagung. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi dan mengkaji pengelolaan rantai pasokan jagung pada CV. AMIN, (2) menganalisis kinerja rantai pasokan jagung dalam hal efisiensi dan pelaksanaan kemitraan, dan (3) menganalisis alternatif kebijakan pengembangan manajemen rantai pasokan berdasarkan hasil evaluasi rantai pasokan.Penelitian akan dilakukan di CV. AMIN, Jl. Raya Merapi, Lampung Tengah dan petani mitra yang berada di kabupaten Nganjuk. Penelitian mengenai manajemen rantai pasokan Jagung tersebut dilakukan pada bulan Desember 2012 hingga Januari 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Responden dalam penelitian ini adalah petani jagung yang berada di Nganjuk, Pengepul, pihak CV. AMIN, dan Gudang Ternak. Penelitian dilakukan dengan metode analisis deskriptif kerangka Food Supply Chain Networking (FSCN), analisis tataniaga, dan analisis deskriptif dengan menggunakan kesesuaian atribut.Kata kunci : Manajemen Rantai Pasokan, Jagung Asalan.
ANALISIS KUANTITATIF DAN KUALITATIF PENGENDALIAN BAHAYA TEMPAT KERJA DI PERUSAHAAN MACHINERY PT. X BEKASI Wisesa, Wahyu Setia; Betanursanti, Ida
SPEKTRUM INDUSTRI Vol 14, No 2: Oktober 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.043 KB) | DOI: 10.12928/si.v14i2.4906

Abstract

Perusahaan wajib menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja, tetapi bagaimana manajemen dankaryawan dalam mempraktekan pengendalian bahaya di tempat kerja perlu dilakukan pengkajian.Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh pengendalian bahaya di tempat kerja secarakuantitatif pada perusahaan machinery PT. X Bekasi.Metode yang digunakan adalah kuesioner dan pengamatan lapangan dengan melibatkan 56 karyawansecara acak sebagai responden. Secara kuantitatif kuesioner diolah menggunakan uji statistik denganSPSS versi 21 untuk mencari korelasi secara linier regresi sedangkan secara kualitatif pengamatandidokumentasikan berdasarkan kelengkapan penunjang pengendalian bahaya di tempat kerja.Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya korelasi secara linier antara pengendalian bahaya di tempatkerja (Y), terhadap desain organisasi (X1), faktor pengendalian manusia (X2) dan pengendalian teknis(X3) dalam bentuk : Y= -5,355 + 1,037 . X1 + 0,996 . X2 + 1,017. X3 dengan koefisien determinasi =0,994. Hasil pengamatan kualitatif di lapangan menunjukkan masih perlu peran aktif dari pihakmanajemen perusahaan dan karyawan dalam menerapkan peraturan K3 serta mengendalikan bahaya ditempat kerja.Kata kunci : Pengendalian Bahaya, Desain Organisasi, Faktor Pengendalian Manusia, PengendalianTeknis.
MODEL ADOPSI TEKNOLOGI DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PRODUK PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI KABUPATEN SIDOARJO Wahyuni, Hana Catur; Hartati, Verani; Astuti, Mudji
SPEKTRUM INDUSTRI Vol 14, No 2: Oktober 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.458 KB) | DOI: 10.12928/si.v14i2.4911

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran penting dalam menjaga stabilitas perekonomian.Selain itu, UKM merupakan sektor pekerjaan yang banyak membantu Pemerintah dalam mengurangimasalah pengangguran yang semakin meningkat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model adopsiteknologi yang sesuai dengan UKM di wilayah Kab Sidoarjo. Pengambilan data dilakukan denganmenggunakan kuisioner, sedangkan teknik pengolahan data dilakukan dengan mengunakan metodeanalytical hierarchy proses (AHP ) dan metode teknometrik untuk mengetahui indeks TCC (TotalContribution Coeffisient). Obyek penelitian adalah 2 buah UKM Krupuk di wilayah Sidoarjo.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa komponen teknologi yang terpenting dan mempunyai kontribusi utamapada UKM adalah technoware. Sedangkan, nilai TCC untuk kedua UKM adalah 0,57 untuk UKM krupukAneka dan 0,69 untuk UKM krupuk Rejeni.Kata kunci : AHP, Teknometrik, UKM, TCC.
APPLICATION OF FTA AND FMEA METHOD TO IMPROVE SUGAR PRODUCTION PROCESS QUALITY Andriana, Jojo; Theophilus Noya, Sunday Alexander
SPEKTRUM INDUSTRI Vol 14, No 2: Oktober 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1527.732 KB) | DOI: 10.12928/si.v14i2.4907

Abstract

Defective product is a product that has poor quality and do not meet the standart. This defective productscan give a bad impact to company, such as high production costs and decreased image company. Severalmethods that can be used to improve the quality is Six Sigma DMAIC methodology, FTA, and FMEAmethod. This study is conducted for several purpose, they are to determine the value of sigma level on theprocess of sugar production in PT.PG. Krebet Baru, to determine the factors that cause defectiveproducts in the process of sugar production by the FTA method, and to make a suitable solution based onthe FMEA defective causes. The process sigma level in PT.PG.Krebet Baru is 3.58. That value sigmalevel indicates PT. PG. Krebet Baru is a company that are still growing and need improvement. Theprimary cause of the defects in the production process is a factor of operator and machine. Mode offailure with the highest RPN at 210 is time for steam process is too long, so they need to install theequipment that can detect the water level on sugar. When this equipment is installed, the exact time fordrying will be known and the amount of defective product will be decreased.Keywords : Defective Product, Six Sigma, DMAIC, FTA, FMEA.
ANALISIS Produktivitas Pabrik Spiritus Menggunakan Fungsi Produksi Cobb-Douglas (Studi Kasus Di PT. XYZ Yogyakarta) Jono, Jono
SPEKTRUM INDUSTRI Vol 14, No 2: Oktober 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.497 KB) | DOI: 10.12928/si.v14i2.4912

Abstract

Produktivitas merupakan suatu ukuran penilaian yang digunakan perusahaan untuk mengetahui kinerjaperusahaan dalam melakukan proses produksi. Pengukuran produktivitas perlu dilakukan secara teraturdan terus menerus agar dapat diketahui efektivitas dan efisiensi penggunaan sumber daya perusahaandalam menghasilkan output yang dikehendaki. PT XYZ merupakan perusahan yang memproduksi spirtusdan alkohol. Dalam produksinya mengalami pasang surut setiap tahun . Pengukuran produktivitas dapatdilakukan dengan menggunakan fungsi Cobb-Douglas yang mampu menggambarkan keadaan skala hasil(return to scale). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi produktivitas Pabrik Spiritus PTXYZdengan menggunakan fungsi produksi Cobb-Douglas, dan mengetahui Indeks Produktivitas yangdicapai Pabrik spiritus PT XYZ. Pengukuran produktivitas di Pabrik Spiritus PT XYZ dengan FungsiCobb-Douglas menggunakan dasar perhitungan input berupa tetes tebu dan output berupa alkohol. Hasilpenelitian menyimpulkan bahwa Produktivitas Pabrik Spiritus PT XYZ Yogyakarta menurut fungsiproduksi Cobb-Douglasmengindikasikan bercirikan skala hasil menurun (decreasing returns toscale),dengan elastisitas output sebesar 0,899. Indeks produktivitas Pabrik Spiritus PT XYZ rata-rataadalah sebesar 382 atau 27,2% diatas produktivitas standar dan meningkat rata-rata 5,4% tiap bulan.Disarankan sebaiknya Perusahaan bisa menggunakan fungsi produksi Cobb-Douglas dalam melakukanpengukuran produktivitas perusahaan, selain menggunakan metode pengukuran yang selama ini sudahdipakai untuk membuat kebijaksanaan demi peningkatan produktivitas perusahaan di masa mendatang.Peningkatan produktivitas Pabrik Spiritus PT XYZ masih bisa ditingkatkan karena elastisitasnya beradapada daerah rasional. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan peningkatan efisiensi tenagakerja baik jumlah maupun kualitasnya.Kata kunci : Analisis Produktivitas, Cobb-Douglas.
USULAN PERBAIKAN SISTEM PELAYANAN DI GERBANG TOL PASTEUR BERDASARKAN MODEL SIMULASI Andree, Ignatius; Alfian, Alfian; Juwono, Cynthia Prithadevi
SPEKTRUM INDUSTRI Vol 14, No 2: Oktober 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.536 KB) | DOI: 10.12928/si.v14i2.4908

Abstract

Tol Pasteur merupakan jalan tol di Kota Bandung yang menghubungkan Tol Purbaleunyi dengan Kota Bandung.Terdapat gerbang tol keluar dan gerbang tol masuk yang masing-masing melayani pengendara yang berasal dariTol Purbaleunyi dan yang akan menuju Tol Purbaleunyi. Proses yang terjadi pada gerbang tol keluar adalahpembayaran jasa tol ke operator, sedangkan pada gerbang tol masuk terdapat aktivitas pengambilan tiket yangdilayani oleh mesin otomatis. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, terdapat antrian panjang yang selaluterjadi pada gerbang tol masuk dan keluar di saat akhir pekan. Hal ini mengakibatkan waktu tunggu pengendarayang cukup lama di dalam antrian dan tersendatnya lalu lintas di simpang empat Pasteur yang mengakibatkankemacetan. Banyak keluhan yang muncul tidak hanya dari pengguna tol tetapi juga dari masyarakat yang kebetulanmelalui simpang empat jalan Pasteur. Keadaan seperti ini tentunya perlu diperbaiki. Bekerjasama dengan PT JasaMarga, dilakukan penelitian untuk mencari solusi permasalahan yang dihadapi. Metode dalam studi simulasi yangdimulai dari pengamatan terhadap sistem pelayanan tol, pemodelan konseptual sistem pelayanan di gerbang tol,pembangunan model simulasi, dan eksperimen menggunakan model simulasi akan dilakukan untuk menentukanalternatif perbaikan apa saja yang akan diusulkan bagi sistem pelayanan di gerbang Tol Pasteur ini.Kata kunci : Tol, Antrian, Kemacetan, Simulasi.
PERENCANAAN PRODUKSI MENGGUNAKAN GOAL PROGRAMMING (Studi Kasus di Bakpia Pathuk 75 Yogyakarta) Nafisah, Laila; Sutrisno, Sutrisno; H. Hutagaol, Yan Ellia
SPEKTRUM INDUSTRI Vol 14, No 2: Oktober 2016
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.855 KB) | DOI: 10.12928/si.v14i2.4913

Abstract

Semakin berkembangnya jumlah UKM yang memproduksi bakpia di Yogyakarta maka membuatpersaingan semakin meningkat. Sehingga setiap owner selain harus memiliki inovasi dalam produksi danpemasaran, mereka juga harus memiliki perencanaan produksi yang baik untuk mempertahankanstabilitas keuangan perusahaan. Bakpia Patuk 75 adalah perusahaan yang memproduksi bakpia denganberbagai macam varian rasa.Setiap jenis varian yang dijual memiliki harga pokok produksi dan tingkatpermintaan yang berbeda. Namun demikian perencanaan produksi yang dijalankan perusahaankadangkala tidak dapat memenuhi permintaan pembeli yang berfluktuasi. Akibatnya seringkali terjadikelebihan dan kekurangan produk. Perusahaan berkeinginan meminimalkan biaya produksi dansekaligus memaksimalkan sumberdaya yang dimilikinya.dimana kedua tujuan tersebut memiliki sifat yangsaling bertentangan satu sama lain dalam upaya pencapainnya. Untuk membantu memecahkanpermasalahan multi objektif tersebut digunakan pendekatan goal programming. Hasil perencanaanproduksi dengan menggunakan metode Goal Programming ini mampu menghasilkan kombinasi produkyang dapat dijadikan dasar untuk menentukan jumlah produk yang akan diproduksi berdasarkansasaran-sasaran yang diinginkan perusahaan.Kata kunci : Perencanaan Produksi, Multiple Criteria Decision Making,Goal Programming.

Page 1 of 2 | Total Record : 20