cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : 2355620X     DOI : 10.12928
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018" : 16 Documents clear
Keefektifan pendekatan saintifik berbasis scaffolding terhadap kerja ilmiah siswa Kelas XI pada materi alat optik Mawandi, Sholeh; Prihatiningtyas, Suci; Pertiwi, Novia Ayu Sekar
Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.289 KB) | DOI: 10.12928/jrkpf.v5i2.10926

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menuntaskan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran melalui pendekatan saintifik berbasis scaffolding pada kerja ilmiah peserta didik  kelas XI pada materi alat optik. Rancangan pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen. Penelitian ini menggunakan model ujicoba One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA semester genap MA Darul ‘Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang pada tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis scaffolding pada materi alat optik meliputi RPP, LKS, dan THB berkategori baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik berbasis scaffolding pada materi alat optik telah berjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang dikembangkan. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran menunjukkan kategori baik, hampir seluruh peserta didik aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hasil belajar siswa tuntas secara klasikal. Respons siswa terhadap pembelajaran memberikan respons positif. Kendala yang dijumpai selama pembelajaran berhubungan dengan kemampuan peserta didik dalam presentasi. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan saintifik berbasis Scaffolding terhadap kerja ilmiah peserta didik  kelas XI pada materi alat optik  efektif diterapkan di kelas dan dapat menuntaskan hasil belajar peserta didik. The study aims to complete the learning outcomes of students after learning through a scientific approach based on Scaffolding on the scientific work of class XI students on optical equipment lesson. The design in this study uses quantitative research with a pre-experimental approach. This study uses the One Group Pretest-Posttest Design test model. Research subject was XI grade students of MA. Darul ‘Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang in academic year 2017/2018. The results showed that the validity of learning set using a scaffolding-based scientific approach to the material of optical devices including RPP, LKS, and THB was categorized as good and feasible to be used in learning. The implementation of learning that uses a scaffolding-based scientific approach on optical instrument material has gone well according to the developed RPP. The activities of students during learning show good categories, almost all students actively participate in teaching and learning activities. Student learning outcomes are complete classically. Students respond positively to learning process. Constraints encountered during learning relate to the ability of students in the presentation. Based on the findings above, it can be concluded that learning through the scientific approach based on Scaffolding on XI grade student’s scientific work on the optical equipment lesson is effectively applied in the classroom and complete the learning outcomes of students.
Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi Khoiriyah, Nailul; Abdurrahman, Abdurrahman; Wahyudi, Ismu
Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.631 KB) | DOI: 10.12928/jrkpf.v5i2.9977

Abstract

Kualitas sumber daya manusia yang rendah dipengaruhi oleh kualitas pendidikan di Indonesia yang masih tergolong rendah, sehingga perlu diterapkan pembelajaran yang membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi pendekatan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMAN 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah The Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Data kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,63 dan kelas kontrol sebesar 0,35 dengan kategori sedang. Secara keseluruhan implementasi pendekatan pembelajaran STEM mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.The low quality of human resources is influenced by the quality of education in Indonesia is still relatively low, so it needs to be applied learning that helps students improve their thinking ability. This study aims to determine the implementation of STEM learning approach to improve students critical thinking skills. The sample of this research is the students of class XI MIPA 1 and XI MIPA 2 SMAN 13 Bandar Lampung academic year 2017/2018. The design of this study was The Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Students critical thinking skills data were collected using critical critical thinking test instruments. The results showed that the average value of N-gain in the experimental class was 0.63 and control class was 0.35 in the medium category. Overall implementation of STEM learning approach can improve students critical thinking ability.
Pengembangan instrumen penilaian kinerja peserta didik berbasis pendekatan saintifik pada praktikum pengukuran kelas X SMA Serevina, Vina; Santoso, MM Aris; Rahmat, Cecep
Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jrkpf.v5i2.9951

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja berbasis pendekatan saintifik pada materi pengukuran kelas X SMA untuk mengukur kinerja yang valid dan reliabel.  Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg dan Gall. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta pada bulan Agustus – November 2017.  Tahap uji coba ke peserta didik dilakukan di Kelas X SMAN 73 Jakarta. Penelitian ini menggunakan adalah jenis research and development, studi pengembangan yang dilakukan mengadopsi siklus Borg dan Gall, dengan tahapan studi literature (Research and information collecting), perencanaan (Planning), Pengembangan produk awal (Develop preliminary form of product), Uji coba lapangan skala terbatas (Preliminary field testing), revisi produk (Main product revision), Uji Coba Skala utama (Main field testing), Penyempurnaan hasil uji coba skala utama (Operational product revision). Uji validasi produk (Operational field testing), melakukan revisi akhir (Final product revision) dan Penyebarluasan produk yang dikembangkan (Dissemination and implementation ).  Instrumen  diujikan secara terbatas pada peserta didik kelas X SMA N 73 Jakarta, hasil uji validitas butir dari 57 butir menjadi 48 butir yang valid. Uji Reliabilitas menggunakan Alpha Crobach. Hasil r hitung 0,864 dimana r tabel 0,334, berdasarkan hasil penelitian instrumen penilaian kinerja berbasis saintifik dapat mengukur kinerja pada kegiatan pembelajaran fisika materi pengukuran. This study aims to develop student performance appraisal instruments based on the scientific approach of student performance on high school physics measurement material for a valid and reliable result. This study uses research and development of Borg and Gall. It was conducted at the Jakarta State University in August - November 2017. In the testing phase to the students conducted in X Class of 73 Jakarta Senior High School. It uses the type of research and development, the development studies were conducted using the Borg and Gall cycles, with phase of literature study research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision and dissemination and implementation. The instrument is tested on a limited basis for students of grade X of 73 Jakarta Senior High School, the results of the analysis of the instrument that has been tested its validity have decreased the number of grains from 57 to 48 items valid. While the reliability test using Alpha Cronbach. From the calculation obtained r count 0,864 with r table 0,334, from the results of this study can be concluded that the instruments based on scientific performance appraisal meet the requirements and feasible to be used as an instrument of performance appraisal on the learning activity of physics measurement material.
Metode sinkronisasi : medan gravitasi, medan listrik dan medan magnet dalam proses pembelajaran fisika SMA Kholifudin, M. Yasin
Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.304 KB) | DOI: 10.12928/jrkpf.v5i2.10878

Abstract

Dalam proses pembelajaran fisika tidak lepas dari fenomena alam dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan menghubungkan antar konsep dan daya ingat pesera didik dalam mempelajari konsep; medan gravitasi, medan listrik dan medan magnet rendah sehingga dalam menyelesaikan probelamatika fisika mengalami kendala dan berimbas pada hasil belajar fisika rendah.  Untuk dapat mengatasi hal tersebut penulis memberikan solusi dalam pembelajaran yaitu menerapkan konsep berpikir metode sinkronisasi dalam pembelajaran dengan 3 tahapan berpikir;  1) analisis konsep, 2). menghubungkan antara konsep dasar secara komprehensip, dan 3) aplikatif,  pada materi medan gravitasi, medan listrik dan medan magnet.  Dengan konsep berpikir metode sinkronisasi dalam pembelajaran ketiga konsep tersebut peserta didik merasakan situasi belajar yang menyenangkan, mudah mengingat kembali, dan mampu menemukan hubungan berbagai hal dalam menyelesaikan problematika ketiga konsep dengan katagori soal HOTS. The Physics learning materials stated in syllabus are closely related with natural phenomena in everyday life. Those are interconnected one another. The students’ ability to connect among the materials consept; gravitational field, electric field and magnetic field is inevitably needed for their better understanding of the materials. In fact, this is lour, and this results in their low achievement. To cope with this problem the writer sets forth the so called synchronization method, a way of thingking consisting three stages i.e; analysing the concept of the materials, connecting wholly among the materials, and applying both in the learning processes. The students’ applying the syncronization method during learning processes they are eased at understanding the learning materials and easily recall the materials and funally they learn physic with fun. Besides they are able to solve physics problem in HOTS level. 
Deskripsi sikap siswa SMA di Batanghari berdasarkan indikator normalitas ilmuwan, adopsi dari sikap ilmiah, ketertarikan memperbanyak waktu, dan ketertarikan berkarir di bidang fisika Astalini, Astalini; Kurniawan, Dwi Agus; Nurfarida, Linda Zaenati
Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.688 KB) | DOI: 10.12928/jrkpf.v5i2.10736

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sikap siswa terhadap pelajaran fisika di SMA Kabupaten Batanghari, Beserta kendala yang dihadapi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif kuantitatif dengan prosedur penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah 926 siswa SMA di Kabupaten Batanghari. Instrumen yang digunakan berupa angket dan lembar wawancara. Analisis data kuantitatif menggunakan descriptive statistic sedangkan analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil dari 4 aspek indikator sikap yang dibahas pada penelitian ini adalah pada Indikator normalitas ilmuwan sebesar 8.3 % berkategori baik. Sedangkan adopsi dari sikap ilmiah sebesar 74% berkategori baik. Kemudian pada indikator ketertarikan memperbanyak waktu belajar fisika sebesar 57.9% siswa berkategori cukup, dan pada indikator ketertarikan berkarir di bidang fisika sebanyak 45% siswa juga berkategori cukup. This study is to find out the description of students attitudes toward physics subjects in Batanghari District High School, along with the constraints faced. This research is quantitative-qualitative research with survey research procedure. The subject of this research is 926 high school students in Batanghari District. The instruments used were questionnaires and interview sheets. Quantitative data analysis uses descriptive statistics while qualitative data analysis uses data analysis techniques modeled by Miles and Huberman. The results of the 4 aspects of attitude indicators discussed in this study are on indicators of normality of science as much as 58.3% in the good category. While the adoption of scientific attitudes as much as 74% categorized well. Then on the indicator of interest in increasing the time to study physics as much as 57.9% of students are categorized sufficiently, and on the indicator of interest in a career in the field of physics as much as 45% of students are also categorized as sufficient.
Persepsi mahasiswa terhadap skenario pembelajaran problem based learning Trisnowati, Eli; Ismawati, Riva
Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.361 KB) | DOI: 10.12928/jrkpf.v5i2.10431

Abstract

Model pembelajaran problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran abad 21. Keterlaksanaan proses pembelajaran dapat dilihat dari kesiapan guru dan peserta didik. Kesiapan peserta didik dapat dilihat dari persepsinya terhadap model pembelajaran tersebut. Artikel ini mengkaji tentang persepsi mahasiswa terhadap skenario pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Persepsi mahasiswa dilihat dari tiga aspek yaitu kesiapan, minat, dan profil pembelajaran. Persepsi mahasiswa tentang kepercayaan diri dan partisipasi aktif mahasiswa bukan dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan tetapi lebih dipengaruhi oleh materi yang dipelajari. Persepsi minat mahasiswa terhadap pelaksanaan PBL cukup baik dan persepsi mahasiswa terhadap profil pembelajaran PBL sangat baik. Persepsi mahasiswa terhadap profil pembelajaran sudah sangat baik, hanya saja pada tahapan orientasi masalah dan evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah perlu ditingkatkan karena tahapan ini merupakan salah satu tahapan yang penting dalam model pembelajaran problem based learning. Problem-based learning model is one of the learning models used in the 21st-century learning process. The implementation of the learning process can be seen from the readiness of the teacher and students. Readiness can be seen from their perceptions of the learning model. This article examines the students perception of learning scenarios using problem-based learning. This research uses the quantitative descriptive method. Student perceptions showed three aspects: readiness, interest, and learning profile. Student perceptions about self-confidence and participation not only influenced by using the model but also influenced by the content of the material. The perception of student interest in PBL implementation is good and students perception of the PBL learning profile is very good. Student perceptions of the learning profile have been very good, only at the stage of problem orientation and evaluation of the problem-solving process needs to be improved.
Efektivitas penggunaan alat peraga sederhana berbasis pendekatan sains teknologi masyarakat pada materi fluida statis Prihatiningtyas, Suci; Putra, Ino Angga
Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.419 KB) | DOI: 10.12928/jrkpf.v5i2.10988

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung yang dilakukan oleh peneliti di program studi pendidikan fisika KH. A. Wahab Hasbullah, diketahui bahwa program studi tersebut belum memiliki alat peraga yang mampu membantu mahasiswa memperoleh pengalaman belajar secara langsung melalui praktikum sehingga hasil belajar yang diperoleh masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan alat peraga sederhana berbasis pendekatan sains teknologi masyarakat pada materi fluida statis.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen One Group Pretest-Posttest Design  pada mahasiswa pendidikan fisika semester genap tahun ajaran 2017-2018. Teknik penumpulan data berupa lembar pengamatan RPP dan aktivitas, tes hasil belajar serta angket respon mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana berbasis pendekatan sains teknologi dan masyarakat pada materi fluida statis dapat efektif diterapkan pada mahasiswa. Hal ini dilihat dari hasil keterlaksanaan RPP yang berkategori baik, aktivitas mahasiswa yang dominan melakukan praktikum, hasil belajar mahasiswa rata-rata memiliki nilai 82, respon mahasiswa yang sangat baik terhadap penggunaan alat peraga sederhana fluida statis. Based on the results of interviews and direct observations made by researchers in the physics education program KH. A. Wahab Hasbullah, it is known that the study program does not have visual aids that are able to help the students gain direct learning experience through practicum so that the learning result obtained is still low. This study aims to describe the effectiveness of the use of simple visual aid based on the approach of community science technology on static fluid materials. The quantitative descriptive research method is used with a pre-experimental approach of One Group Pretest-Posttest Design on a physics education student second semester of the academic year 2017-2018. Data collection techniques are RPP observation sheets and activity, a test of learning result and student response questionnaire. Based on the results of research and discussion it can be concluded that learning by using simple visual aid based on science and technology approach of society on the static fluid material can be effectively applied to students. This is seen from the results of the implementation of RPP is categorized well, the student activity is dominant in practicum, student learning outcomes on average has a value of 82, excellent student response to the use of simple static fluid visual aid.
Deskripsi keterampilan proses sains mahasiswa pendidikan fisika pada praktikum suhu dan kalor Darmaji, Darmaji; Kurniawan, Dwi Agus; Lestari, Ayu
Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.492 KB) | DOI: 10.12928/jrkpf.v5i2.10735

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jambi setelah menggunakan penuntun praktikum Fisika Dasar II berbasis Keterampilan Proses Sains ada percobaan suhu dan kalor. Penelitian ini jenis kuantitatif. Penelitian ini mahasiswa yang diikutsertakan yaitu 91 orang. Lembar observasi keterampilan proses sains digunakan mengumpulkan data dan diperkuat dengan wawancara serta dokumentasi.  Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis memperlihatkan jika Keterampilan Proses Sains yang dapat dikuasai mahasiswa yaitu mengukur dan eksperimen. Hasil penelitian diharapkan menjadi pertimbangan bagi program studi fisika untuk melakukan studi terkait untuk mata kuliah praktikum lainnya. The research was conducted to find out the description about science process skill of physics education student of Jambi University on an experiment of temperature and heat. The research is quantitative research with the quasi-experimental method. This research takes 91 students as sample. Observation sheets are used to collect data and reinforced by interviews and documentation. Data were analyzed with descriptive statistics. The results of the analysis show that SPS that can be mastered by students is measuring and experimenting. The result of the study is expected to be the consideration to program and other faculties at Jambi University and other Universities to conduct related studies.
Pengembangan instrumen penilaian kinerja peserta didik berbasis pendekatan saintifik pada praktikum pengukuran kelas X SMA Vina Serevina; MM Aris Santoso; Cecep Rahmat
Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.748 KB) | DOI: 10.12928/jrkpf.v5i2.9951

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja berbasis pendekatan saintifik pada materi pengukuran kelas X SMA untuk mengukur kinerja yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg dan Gall. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta pada bulan Agustus - November 2017. Tahap uji coba ke peserta didik dilakukan di Kelas X SMAN 73 Jakarta. Penelitian ini menggunakan adalah jenis research and development, studi pengembangan yang dilakukan mengadopsi siklus Borg dan Gall, dengan tahapan studi literature (Research and information collecting), perencanaan (Planning), Pengembangan produk awal (Develop preliminary form of product), Uji coba lapangan skala terbatas (Preliminary field testing), revisi produk (Main product revision), Uji Coba Skala utama (Main field testing), Penyempurnaan hasil uji coba skala utama (Operational product revision). Uji validasi produk (Operational field testing), melakukan revisi akhir (Final product revision) dan Penyebarluasan produk yang dikembangkan (Dissemination and implementation ). Instrumen diujikan secara terbatas pada peserta didik kelas X SMA N 73 Jakarta, hasil uji validitas butir dari 57 butir menjadi 48 butir yang valid. Uji Reliabilitas menggunakan Alpha Crobach. Hasil r hitung 0,864 dimana r tabel 0,334, berdasarkan hasil penelitian instrumen penilaian kinerja berbasis saintifik dapat mengukur kinerja pada kegiatan pembelajaran fisika materi pengukuran. This study aims to develop student performance appraisal instruments based on the scientific approach of student performance on high school physics measurement material for a valid and reliable result. This study uses research and development of Borg and Gall. It was conducted at the Jakarta State University in August - November 2017. In the testing phase to the students conducted in X Class of 73 Jakarta Senior High School. It uses the type of research and development, the development studies were conducted using the Borg and Gall cycles, with phase of literature study research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision and dissemination and implementation. The instrument is tested on a limited basis for students of grade X of 73 Jakarta Senior High School, the results of the analysis of the instrument that has been tested its validity have decreased the number of grains from 57 to 48 items valid. While the reliability test using Alpha Cronbach. From the calculation obtained r count 0,864 with r table 0,334, from the results of this study can be concluded that the instruments based on scientific performance appraisal meet the requirements and feasible to be used as an instrument of performance appraisal on the learning activity of physics measurement material. Kata kunci: performance appraisal instrument, scientific approach, borg and gall development model
Deskripsi keterampilan proses sains mahasiswa pendidikan fisika pada praktikum suhu dan kalor Darmaji Darmaji; Dwi Agus Kurniawan; Ayu Lestari
Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.858 KB) | DOI: 10.12928/jrkpf.v5i2.10735

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jambi setelah menggunakan penuntun praktikum Fisika Dasar II berbasis Keterampilan Proses Sains ada percobaan suhu dan kalor. Penelitian ini jenis kuantitatif. Penelitian ini mahasiswa yang diikutsertakan yaitu 91 orang. Lembar observasi keterampilan proses sains digunakan mengumpulkan data dan diperkuat dengan wawancara serta dokumentasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis memperlihatkan jika Keterampilan Proses Sains yang dapat dikuasai mahasiswa yaitu mengukur dan eksperimen. Hasil penelitian diharapkan menjadi pertimbangan bagi program studi fisika untuk melakukan studi terkait untuk mata kuliah praktikum lainnya. The research was conducted to find out the description about science process skill of physics education student of Jambi University on an experiment of temperature and heat. The research is quantitative research with the quasi-experimental method. This research takes 91 students as sample. Observation sheets are used to collect data and reinforced by interviews and documentation. Data were analyzed with descriptive statistics. The results of the analysis show that SPS that can be mastered by students is measuring and experimenting. The result of the study is expected to be the consideration to program and other faculties at Jambi University and other Universities to conduct related studies. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Pendidikan Tinggi, Suhu dan Kalor

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 2 (2021): Oktober 2021 Vol 8, No 1 (2021): April 2021 Vol 7, No 2 (2020): October 2020 Vol 7, No 1 (2020): April 2020 Vol 6, No 2 (2019): Oktober 2019 Vol 6, No 1 (2019): April 2019 Vol 5, No 1 (2018): April 20180 Vol 5, No 1 (2018): April 20180 Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018 Vol 5, No 2 (2018): Oktober 2018 Vol 5, No 1 (2018): April 2018 Vol 5, No 1 (2018): April 2018 Vol 4, No 2 (2017): Oktober 20170 Vol 4, No 2 (2017): Oktober 20170 Vol 4, No 1 (2017): April 20170 Vol 4, No 1 (2017): April 20170 Vol 4, No 2 (2017): Oktober 2017 Vol 4, No 2 (2017): Oktober 2017 Vol 4, No 1 (2017): April 2017 Vol 4, No 1 (2017): April 2017 Vol 3, No 2 (2016): Vol 3: Oktober 20160 Vol 3, No 2 (2016): Vol 3: Oktober 20160 Vol 3, No 1 (2016): Vol 3: April 20160 Vol 3, No 1 (2016): Vol 3: April 20160 Vol 3, No 2 (2016): Vol 3: Oktober 2016 Vol 3, No 2 (2016): Vol 3: Oktober 2016 Vol 3, No 1 (2016): Vol 3: April 2016 Vol 3, No 1 (2016): Vol 3: April 2016 Vol 2, No 2 (2015): Vol 2: Oktober 20150 Vol 2, No 2 (2015): Vol 2: Oktober 20150 Vol 2, No 1 (2015): Vol 2: April 20150 Vol 2, No 1 (2015): Vol 2: April 20150 Vol 2, No 2 (2015): Vol 2: Oktober 2015 Vol 2, No 2 (2015): Vol 2: Oktober 2015 Vol 2, No 1 (2015): Vol 2: April 2015 Vol 2, No 1 (2015): Vol 2: April 2015 Vol 1, No 2 (2014): Vol 1: Oktober 20140 Vol 1, No 2 (2014): Vol 1: Oktober 20140 Vol 1, No 2 (2014): Vol 1: Oktober 2014 Vol 1, No 2 (2014): Vol 1: Oktober 2014 Vol 1, No 1 (2014): Vol I: April 2014 Vol 1, No 1 (2014): Vol I: April 2014 Vol 1, No 1 (2014) More Issue